LAKIP KESBANG 2013

1

2

KATA PENGANTAR
Dalam rangka memenuhi akuntabilitas implementasi program dan kegiatan berdasarkan Rencana Kerja Tahun 2012, disusun buku Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Bima sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan sumber daya di lingkungan Bakesbang, pol dan linmas Kabupaten Bima sepanjang tahun 2012. LAKIP ini berisi gambaran perkembangan pelaksanaan program dan kegiatan serta capaian sasaran strategik yang dilaksanakan pada Tahun 2012, dan merupakan capaian kinerja tahun pertama pelaksanaan Rencana Starategis (Renstra) Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2012-2016. Banyak hal yang telah dicapai dalam kurun waktu satu tahun pertama dalam kaitannya dengan Renstra, namun demikian masih terdapat berbagai permasalahan dan tantangan ke depan yang perlu diselesaikan. Untuk itu diperlukan komitmen dalam mengawal perkembangan dan dinamika di bidang pembangunan, pemerintahan dan sosial kemasyarakatan daerah secara konsisten dan berkesinambungan sesuai dengan visi dan misi oleh seluruh jajaran di lingkungan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. Kiranya laporan ini dapat menjadi masukan bagi perumusan kebijakan selanjutnya, dan diikuti dengan peningkatan manajemen kinerja yang lebih baik serta kerja keras oleh seluruh jajaran Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima, sebagai salah satu wujud pengabdian kepada bangsa dan Negara pada umumnya dan daerah Kabupaten Bima pada khususnya. Bima, 2012

Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima,

(Drs, SYAFRUDDIN H. AHMAD) NIP 196007211992031010

3 KATA PENGANTAR DAFTAR ISI RINGKASAN EKSEKUTIF BAB I : PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Maksud dan Tujuan C. Organisasi 1. Struktur Organisasi 2. Tugas Pokok 3. Fungsi 4. Kewenangan D. Sistimatika BAb I BAb II BAb III Bab IV BAB II : Pendahuluan Perencanaan dan Perjanjian Kinerja Akuntabilitas Kinerja Penutup

PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA A. RENCANA STRATEGIS TAHUN 2012 -2016 1. 2. 3. 4. B. 1. 2. 3. Agenda Pembangunan Badan KESBANGPOLINMAS Kab Bima Visi dan Misi Tujuan Dan Sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kebijakan Dan Program Strategis Dinas / Badan / Kantor Arah Kebijakan Umum APBD Badan KESBANGPOLINMAS Kabupaten Bima. PERJANJIAN KINERJA TAHUN 2012 PERJANJIAN KERJA DINAS / BADAN / KANTOR KABUPATEN BIMA.

BAB III :

AKUNTABILITAS KINERJA A. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 1. 2. 3. 4. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-sasaran 1 Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan 1 Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-sasaran 2 Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan 2

Saran . Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-sasaran 3 Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan 3 Analisis Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Sasaran Analisis Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan B. 6.saran Lampiran – lampiran . 2. C.4 5. Analisis Capaian Kinerja Tahun 2011 atau 2012 Akuntabilitas Keuangan Akuntabilitas Keuangan Sasaran 1 BAB IV : PENUTUP A. 1. Kesimpulan B.

misi. sebagaimana terdapat dalam Penetapan Kinerja Tahun 2012 yang merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Strategis Pemerintah Kabupaten Bima 2012-2016. Dalam penyusunan LAKIP ini disajikan tentang Indikator Keberhasilan dan Kegagalan dalam pencapain sasaran. Secara keseluruhan capaian kinerja Badan Kesatuan Bangsa. Dalam konteks pengklasifikasian tingkat keberhasilan diukur dari tingkat capaian yang telah ditetapkan.) sedangkan capaian Kinerja sebesar ( 100%). Secara kumulatif capaian kinerja Bakesbang.). Dengan demikian. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten mempunyai 4 (empat) sasaran strategis dan 5 (lima) yang kemudian dijabarkan dalam 4 (empat).5 RINGKASAN EKSEKUTIF Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Badan Kesatuan Bangsa. maka secara umum kinerja Badan Kesbang. analisis kinerja dan evaluasi kinerja guna menyajikan satu informasi yang utuh atas upaya yang telah dilakukan dan tingkat capaian dari target pada tingkat sasaran program. Pol dan Linmas Kabupaten Bima dapat dinyatakan berhasil. Sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2012-2016. sehingga diperlukan pola pengukuran kinerja mulai Rencana Strategis. tujuan dan target yang telah ditetapkan dalam Penjanjian Kinerja. dan berakhir sampai dengan pengukuran kinerja atas sasaran program kegiatan yang dilakukan dalam rangka pencapain visi. . Laporan ini berisi penetapan kinerja dan akuntabilitas kinerja.tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Penetapan Kinerja (PK). dimana termasuk didalamnya akuntabilitas keuangan. Pol dan Linmas Kabupaten Bima berdasarkan Sasaran pada tahun 2012 mencapai tingkat persentase (100%. Badan Kesatuan Bangsa. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima disusun dengan maksud memberikan gambaran mengenai pelaksanaan program dan kegiatan berbasis kinerja. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima berdasarkan prosentase capaian kinerja baik yang berbasis sasaran maupun tujuan strategis adalah sebesar (100%.

. Hal tersebut diorientasikan pula untuk menjadi bagian yang terintegrasi dalam suatu upaya konstruktif dan berkelanjutan guna mengoptimalkan dan menyempurnakan kinerja Pemerintah Kabupaten Bima di waktu yang akan datang. dilaksanakan evaluasi terhadap program-program yang belum optimal dalam suatu koridor atas serangkaian pembanding capaian kinerja dalam kurun waktu satu 1 (satu) tahun terakhir membandingkan dengan tahun sebelumnya guna memperkuat formulasi komparatif yang komperhensif.6 Memperhatikan pada tingkat capaian kinerja tersebut.

gangguan. dan diakumulasikan dalam beberapa program utama dalam Pembangunan tahun 2012 yaitu: contoh (1) Peningkatan keamanan dan kenyamanan. hambatan. (4) Peningkatan dan pemantapan perlindungan kepada masyarakat dalam menghadapi ancaman. Politik dan Perlindungan Masyarakat Tahun 2012 guna .7 BAB I PENDAHULUAN A. yaitu: “ TERWUJUDNYA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SEGALA ASPEK MELALUI ANTISIPASI POTENSI KONFLIK DAN PENANGANAN SECARA DINI KERAWANAN SOSIAL SERTA MELUPAKAN SEGALA PERBEDAAN ”. Untuk memenuhi kewajiban dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya serta pelaksanaan kebijakan sesuai dengan tugas dan kewenangannya dalam pencapaian tujuan sebagai komitmen organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Latar Belakang Tahun 2012 merupakan tahun pertama implementasi Rencana Strategis (RENSTRA Badan Kesatuan Bangsa. sepanjang tahun 2012 telah dilaksanakan berbagai kebijakan program dan kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah Badan Kesatuan Bangsa. (3) Peningkatan kesadaran politik bagi masyarakat sehingga bisa memahami budaya politik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. dan tantangan (AGHT) terutama ancaman dari terjadinya konflik antar Desa dan antar Kampung. Dalam konteks pelaksanaan Rencana Strategis Tahun 2012-2016.2016. Rangkaian program/kegiatan pada Tahun 2012 adalah bagian integral dalam mendukung pencapaian tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah 2012-2016 Pemerintah Kabupaten Bima. Politik dan Perlindungan Masyarakat diarahkan antara lain sebagai upaya untuk (1) Peningkatan Kegiatan Administrasi Kesekretariatan (2) Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Untuk Memperkuat Rasa Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Agar Tetap Utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima mewujudkan visi tahun 2012 . maka disusunlah Laporan Akuntabilitas Kinerja Badan Kesatuan Bangsa. (2) Pengembangan wawasan kebangsaan (3) “ Peningkatan Pemahaman Politik Bagi Masyarakat ”. yang dilaksanakan dalam kerangka Tahun 2012-2016.

5. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2007 Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2008. 7. 6.8 memberikan gambaran Kinerja Pokok Bakesbangpolinmas pada Tahun 2012. Undang-Undang Nepotisme. 11. Kolusi dan . Penyusunan LAKIP Tahun 2012 ini disusun berdasarkan beberapa landasan sebagai berikut: 1. Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah antara Pemerintah. 12. Pemerintah Daerah Provinsi dan daerah Kabupaten/Kota(Lembaran Negara Tahun 2007 Nomor 82. 2. Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2005 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2005-2009. LAKIP ini juga disusun karena memenuhi amanat dari peraturan perundangan terkait. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Nomor XI/MPR/1998 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan bebas Korupsi. Peratruran Pemerintah Nomor 208 Tahun 2000 tetang tatacara Pertanggungjawaban Kepala Daerah 9. Undang-undang nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan daerah 8. Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah( Lembaran Negara Tahun 2007 Nomor 89. 4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah. Kolusi dan Nepotisme. 3.TambahanLembaran Negara Nomor 4737) 10. Tambahan Lembaran Negara Nomor 4741). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2005 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 Tentang Penyelenggaraan Negara Yang Bersih dan Bebas dari Korupsi. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara. Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 Tentang Laporan Kinerja Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

16. 15. Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2008 tentang Pembentukan. Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2010 tentang Rencanan Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) tahun 2010 – 2015. Penyusunan laporan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai pelaksanaan Program dan Kegiatan Strategis dalam Rencana Strategis Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima Tahun 2012–2016 yang telah dilaksanakan pada tahun 2012. Terkait dengan hal tersebut.9 13. Peraturan Daerah Nomor 02 tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Daerah Kabupaten Bima (Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 02 . Maksud dan Tujuan Penyusunan LAKIP ini disusun dalam rangka memenuhi salah satu unsur dari rangkaian implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Badan Kesatuan Bangsa. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima dalam menjalankan tugas dan perannya sesuai dengan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik. ( Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 3. melalui penyajian gambaran atas pelaksanaan tugas yang diemban dalam berbagai program dan kegiatan selama tahun anggaran 2012. maka tujuan LAKIP ini adalah untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja di lingkungan Badan Kesatuan Bangsa. Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bima 03). susunan. Fungsi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Bima. Kedudukan. Di samping itu untuk memberikan umpan balik terhadap upaya peningkatan kinerja dan pemanfaatan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk mewujudkan visi dan misi dalam Renstra Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima Tahun 2012 – 2015. Peraturan Bupati Bima Nomor 5 Tahun 2011 tentang Rincian Tugas.Tambahan Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor 02) 14. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. Tambahan Lembaran Daerah Tahun 2008 Nomor . Dalam LAKIP tahun 2012 menyajikan laporan mengenai hasil-hasil yang telah dicapai berdasarkan indikator kinerja yang dituangkan dan ditetapkan dalam Penetapan Kinerja Tahun 2012. B.

pelaksanaan kesatuan bangsa. partai politik. pengkajian masalah strategis dan perumusan kebijakan dan pelaksaan peningkatan sumberdaya manusia dan perlindungan masyarakat. . pelaksanaan kesatuan bangsa. .Melakukan perumusan rencana peraturan daerah sesuai dengan peraturan dan perundang-undanmgan yang berlaku. partai politik. pelaksanaan kegiatan. evaluasi. pelaksanaan kesatuan bangsa. pengawasan. .Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan hubungan antar lembaga. pengkajian masalah strategis dan perumusan kebijakan dan pelaksanaan peningkatan sumberdaya manusia dan perlindungan masyarakat. Kasubag/Kasubid. Kepala. .Melakukan penyusunan rencana program kerja tahunan dan rencana startegis sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Struktur Organisasi Dalam menyelenggarakan kewenangan sebagaimana diuraikan di atas. Badan Kesatuan Bangsa. Kasubbid. Organisasi 1.Melakuakan perumusan kebijakan dan pelaksanaan hubungan antar lambaga.Melakukan sosialisasi hubungan antar lembaga.10 C. pengkajian masalah strategis dan perumusan kebijakan dan pelaksanaan peningkatan sumberdaya manusia dan perlindungan masyarakat.Malakukan pengumpulan dan pengolahan data sebagai bahan informasi untuk penyusunan rencana dibidang kesatuan bangsa dan politik. serta berikut : . Kabid. Politik dan Perlindungan Masyarakat dipimpin oleh Kepala badan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah dengan tugas melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi. Jajaran komponen beserta unit satuan kerja tersebut dapat diuraikan di bawah ini : a. .Melakukan monitoring. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima didukung oleh para pejabat dan staf yang tersebar pada jajaran/komponen Sekretaris. partai politik. Tugas Kepala Bakesbangpolinmas tersebut dibantu oleh seorang sekretaris. dan para Kepala Bidang. dengan uraian sebagai . . Kasubag. Badan Kesatuan Bangsa.

11 .Malakukan penilaian terhadap bawahan atas pelaksanaan tugas yang diberikan.Melakukan pengelolaan urusan perlengkapan rumah tangga Badan. Sekretaris Badan Merupakan unsur Pelaksana dan mempunyai tugas melaksanakan : .Melakuakan pengelolaan urusan kepegawaian di lingkup Badan.Mangumpulkan data sebagai bahan informasi dalam penyusunan rencana program kerja dan laporan kerja Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat. .Melakukan penyusunan rencana dan program kerja pada unit sekretariat. . bimbingan kepada bawahan guna pelaksanaan tugas dan peningkatan kwalitas kerja. arahan dan petunjuk terhadap bawahan agar dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas. .Melakukan pengelolaan urusan keuangan dalam lingkup Badan. . . Sekretaris Bdan berada di bawah Kepala Badan dan bertanggung jawab kepada kepala Badan dan dibantu oleh Kepala Subag Bagian Umum dan Kepegawaian.Melakukan tugas-tugas yang diberikan Bupati.Melakukan penyusunan rencana peraturan Daerah di Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat. . .Melakukan monitoring dan mengeevaluasi serta pelaksanaan administrasi umum sesuai dengtan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Melakukan pembagian tugas kapada bawahan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.Melakukan koordinasi dalam mendunkung kelancaran tugas.Melakukan penilaian terhadap bawahan atas pelaksanaan tugas yang diberikan.Malaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan diatas. . .Melakukan pembagian tugas terhadap bawahan agar tugas dapat diselesaikan. . pembinaan. dan kasubag keuangan. b. . .Melakukan bimbingan. . .Malakukan pembinaan. . rencana dan program kerja serta membuat laporan pelaksanaan tugas Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan .Penyusunan Masyarakat. Kasubag pelaporan dan perencanaan.

pelaksaan pembinaan wawasan rencana kerja pada bidang Idiologi dan wawasan . Kepala Bidang Idiologi & Wawasan Kebangsaan Merupakan pelaksana tehnis Badan dan mempunyai tugas . Kepala Bidang Idiologi dan Wawasan Kebangsaan berada di bawah Kepala Badan dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris Badan.Melakuakn penyusuna rencana kegiatan/program di bidang Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan. menganalisis kualitas demokrasi. bangsa. Kepala Bidang ini dibantu oleh beberapa kasubid yaitu Kasubid Kesatuan Bangsa dan Kasubid Bina Idiologi dan Wawasan Kebangsaan. pemantapan dan pemeliharaan stabilitas wawasan kebangsaan dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa. c.Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan serta melakukan koordinasi guna mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.12 serta dibantu oleh beberapa staf dalam rangka pelaksanaan tugas pada sekretariat. .Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.Melakukan pembinaan. . . .Melakukan pengkajian dan analisis faktor-faktor perekat dan penghambat terciptanya kasatuan bangsa. .Malkuakn pembagian tugas bawahan dalam pelaksanaan tugas. . .Melakukan pengumpulan dan pengolahan data sebagai bahan informasi penyusunan Kebangsaan. pelaksaan pembinaan ketahanan bangsa. serta dibantu oleh beberapa staf dalam rangka pelaksanaan tugas pada bidang tersebut. bimbingan terhadap bawahan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik.Melakukan evaluasi pelaksanaan kebijakan kesatuan bangsa dalam memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa. .Melakukan perumusan kebijakan dan fasilitas pelaksanaan pembinaan pembaruan kebangsaan. .Melakukan penilaian terhadap bawahan atas pelaksaan tugas yang diberikan. pelaksanaan pembinaan demokratisasi.

Melakukan pengumpulan. parpol. Melakukan perumusan kebijakan dalam membina hubungan dengan lembanga penyelenggara pemilu. Melakukan mendataan terhadap aktifitas partai politik lembanga swadaya masyarakat (LSM) dan ormas. Melakukan pembinaan. Melakukan koordinasi. Kabid. Kabid. pengolahan data sebagai bahan informasi penyusunan dan porgram. bimbinga kepada bawahan agar dapat melaksanakan tugas dengan kualitas kerja yang baik. 3. ormas dan LSM. monitoring dan evaluasi Ormas. Agama. Ekonomi dan Kemasyarakatan. Melakukan penyusanan rencana kegiatan di bidang Pengkajian Masalah Startegis . serta dibantu oleh beberapa staf dalam rangka pelaksanaan tugas pada bidang ini e. lembaga swadaya masyarakat dan ormas. 8. Memberikan penilaian terhadap bawahan atas pelaksaan tugas yang di berikan 10. Budaya. Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Merupakan unsur Pelaksana dan mempunyai tugas melaksanakan : 1. 5. 9.13 d. Melakukan penyusunan rencana pada program pada Sub bidang Hubungan penyelengara pemilu dan Parpol. Melakukan sosialisasi peningkatan perang serta masyarakat dalam kegiatan politik. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di berikan oleh atasan. ini dibantu oleh beberapa kasubid Bina Politik dan Kasubid Bina Sosial. 2. Koordinasi antar lembaga pada supra struktur politik dan infra struktur politik. 6. LSM dan Partai Politik 7. pembinaan pada partai politki. 12. Melakukan pembagia tugas kepada bawahan agar pekerjaan dapat disalesaikan 11. Kepala Bidang Bina Politik & kemasyarakatan Merupakan unsur Pelaksana dan mempunyai tugas melaksanakan 1. Bina Politik dan Kemasyarakatan berada di bawah Kepala Badan dan bertanggung jawab kepada kepala Badan melalui sekretaris Badan. Pendataan ulang. 4.

Politik dan Perlindungan Masyarakat terutama dalam hal keamanan.sosial budaya dan ketertibaan umum guna mewujudkan stabilitas politik. . Melakukan penilaian terhadap bawahan atas pelaksanaan tugas yang di berikan 9. Melaporkan pelaksanaan tugas kepada atasan 10. 7. Melakukan pembagain tugas kepada bawahan dalam melaksanakan tugas Melakukan pembinaan. Melakukan pungumpulan. Melakukan perumusan kebijakan dalam inplementasi pelaksanaan pengkajian masalah startegis dalam langkah mewujudkan serta memantapkan persatuan dan kesatuan bangsa. Melakukan pengkajian dan analisan masalah-masalah startegis idiologi politik. Pol dan Linmas Kab.ekonomi. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di berikan oleh atasan Kepala bidang ini berada di bawah Kepala Badan dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris.pengolahan data sebagai bahan informasi penyusunan rencana kerja terkait dengan pengkajian masalah-masalah idologi politik. Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat.sosial budaya dan ketentraman dan keamanan daerah. Tugas Pokok Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2010 Perubahan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2008 tentang Pembentukan. Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bima Kepala Badan Kesbang. Bima dibantu oleh beberapa Kepala Bidang dan staf yang memiliki tugas pokok membantu sebagian tugas Bupati.14 2. SDM dan HAM dan Kasibid Identifikasi Pencegahan dan Penanganan serta dibantu oleh beberapa staf dalam rangka pelaksanaan tugas pada bidang tersebut.sosial budaya 3.bimbinga terhadap bawahan agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang di berikan dengan baik 8.ekonomi. Kedudukan. Kepala Bidang ini dibantu oleh beberapa Kasubid Bina Kelembagaan. Melakukan koordinasi dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas 6. Satlinmas. Susunan. 5. 4. dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang Kesatauan Bangsa.ekonomi. 2.

Kewenangan Dalam rangka pelaksanaan fungsi-fungsi sebagaimana tersebut diatas. 4.15 Selanjutnya berdasarkan Peraturan Bupati Kabupaten Bima Nomor 5 Tahun 2011 tentang Rincian Tugas. Fungsi. Politik dan Perlindungan Masyarakat menyelenggarakan beberapa fungsi yaitu: a. dan Tata Kerja Lembaga Tekhnis Daerah Kabupaten Bima. Fungsi Untuk melaksanakan tugas sebagaimana tersebut di atas. Perumusan Kebijakan dan Pelaksanaan Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan b. Politik dan Perlindungan Masyarakat yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan. Politik dan Perlindungan Masyarakat c. Badan Kesbang. Politik dan Perlindungan Masyarakat . Pelaksanaan Tugas Lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan Tugas dan Fungsinya. Bakesbangpolinmas memiliki kewenangan-kewenangan meliputi: a. Politik dan Perlindungan Masyarakat e. Perumuskan kebijakan tekhnis Bidang Kesatuan Bangsa. Evaluasi Pelaksaan Kebijakan Kesatuan Bangsa. Perumusan Kebijakan dan Pelaksanaan Bina Ideologi dan wawasan Kebangsaan d. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan pemerintah daerah Bidang Kesatuan Bangsa. serta berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah dengan tugas membantu Bupati dalam menyelenggara sebagai tugas Pemerintah. Politik dan Perlindungan Masyarakat b. Pembinaan dan Pelaksanaan Bidang Kesatuan Bangsa. Perumusan Kebijakan dan Pelaksanaan Bina Politik dan Sosial kemasyarakatan c. pembangunan dan Sosial Kemasyarakatan Kabupaten Bima 3. Pol dan Linmas berkedudukan sebagai unsur Pelaksana Tugas Pemerintah di Bidang Kesatuan Bangsa. Badan Kesatuan Bangsa. Perumusan Kebijakan dan Pelaksanaan Perlindungan Masyarakat d.

fungsi dan wewenang Badan /Dinas/Kantor. Rencana Kerja Badan . Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. Misi. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima disusun LAKIP Tahun 2012 dengan sistematika sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Bab ini berisi pengantar LAKIP Tahun 2012 berupa Pengantar. dan target capaian dalam upaya pencapaian Sasaran Stratejik Badan Kesatuan Bangsa.analisis capaian kinerja per-sasaran dan per-tujuan. permasalahan. BAB II PERENCANAN DAN PERJANJIAN KINERJA Bab ini berisi gambaran umum uraian Rencana Strategis yang menjabarkan Visi. dan Tujuan serta Sasaran-sasaran yang akan dicapai dalam konteks rencana jangka menengah. kendala utama. Selain itu disajikan pula akuntabilitas keuangan yang . Data Organisasi berdasarkan Perda No.7 tahun 2010 meliputi: uraian tugas pokok.16 e. serta Sistematika Penyusunan LAKIP. Perumusan kebijakan dan Pelaksanaan peningkatan sumber daya manusia satuan perlindungan masyarakat (Penjabaran Kewenangan KESBANGPOLINMAS sesuai PERDA Kabupaten Bima Nomor 3 Tahun 2010) C. konflik dan Bencana f. kegiatan. Sistematika. Untuk menggambarkan akuntabilitas kinerja Badan Kesatuan Bangsa. Maksud dan Tujuan. serta Rencana Kinerja dan Perjanjian Kinerja Tahun 2012 sebagai gambaran dan acuan dalam penyusunan LAKIP Tahun 2012. Perumusan Kebijakan dan Pelaksanaan kesipan terhadap ancaman. BAB III AKUNTABILITAS KINERJA Bab ini berisi uraian evaluasi capaian kinerja per-sasaran dan pertujuan. termasuk termasuk factor pendorong keberhasilan. yang memuat program. dan langkah strategi penanganannya serta perbandingan capaian kinerja 2011 dan 2012.

.17 menggambarkan realisasi anggaran dalam mendukung pelaksanaan kegiatan tahun 2012 terkait dengan tugas pokok dan tugas-tugas strategis lainnya. BAB IV PENUTUP Bab ini berisi ringkasan dari tinjauan pelaksanaan kegiatan dan kinerja Badan Kesatuan Bangsa. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima tahun 2012 yang dirangkum ke dalam kesimpulan terhadap Akuntabilitas Kinerja serta Rencana Tindak Lanjutnya.

hambatan dan tantangan (AGHT) konflik Dalam pelaksanaanya. Politik dan Perlindungan Masyarakat tahun 2012-2015. dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima.18 BAB II PERENCANAAN DAN PERJANJIAN KINERJA A. serta acuan kerja bagi Badan Kesatuan Bangsa. Hal tersebut di tempuh melalui Politik beberapa strategi pokok pembangunan pada Badan Kesatuan Bangsa. strategis Pokok tersebut dijabarkan ke dalam 2 (dua) agenda pembangunan pada Badan Kesatuan Bangsa. Kesadaran. pemahaman. yaitu.Bima 20122015)). Pemantapan Wawasan dan Kesatuan Bangsa b. Meningkatkan dan memantapkan perlindungan pada masyarakat terhadap ancaman. ketertiban masyarakat dan penegakan supremasi hukum dalam RPJMD Kab. dijabarkan program-program pembangunan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun yang secara paralel direfleksikan pada 9 terutama ancaman . Mengacu pada beberapa agenda pokok pembangunan tahun 2012-2015 serta prioritas pembangunan di atas. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. dan program pembangunan yang direncanakan dalam kurun waktu lima Tahun 2012. yaitu kenyamanan lingkungan meliputi 3 kegiatan pokok yaitu : a. Renstra Tahun 2012-2015 merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bima tahun 20122015 serta dilaksanakan dalam kerangka mewujudkan visi dan misi pembangunan dalam penyelenggaraan pembangunan lima tahun kedepan. dan Pengamalan Agama. Pembinaan politik kepada masyarakat sehingga betul-betul memahami etika perpolitikan sesuai perundang-undangan yang berlaku c. gangguan. misi.2015. Renstra tersebut berisi strategi pokok dalam penjabaran agenda pembangunan jangka menengah. serta nilai-nilai sosial budaya agenda peningkatan ketentraman. RENCANA STRATEGIS TAHUN 2012 -2015 Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bima Tahun 2012-2015 dituangkan kedalam dokumen Rencana strategis (Renstra) Tahun 2012-2015 yang berisi penjabaran visi. Lebih lanjut agenda pembangunan tersebut dilaksanakan setiap tahun dengan penekanan prioritas sesuai dengan kebutuhan pada setiap tahun yang telah direncanakan.

5.19 (sembilan) sasaran strategis pokok Bakesbangpolinmas dalam bentuk Renstra Tahun 2012-2015. 1. Politik dan Perlindungan Masyarakat. Keberhasilan program ini dapat dilihat dari terciptanya kerukunan hidup antar umat beragama yang saling hormat menghormati walaupun berbaur suku dan ras serta etnis yang berbeda dan hal ini tercipta atas upaya pembinaan yang di lakukan oleh aparat pemerintah dalam hal ini Badan Kesbang Pol dan Linmas. 4. 3. serta nilai-nilai sosial budaya. dengan mempertimbangkan potensi serta kondisi lingkungan strategis yang ada maupun perspektif tahun-tahun selanjutnya. dan Pengamalan Agama. 2. Sejalan dengan hal tersebut. Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima tahun 2012-2015 sebagai berikut : 1. suku dan etnis agar mampu menciptakan kebersamaan dalam menciptakan kehidupan yang harmonis semua suku kehidupan yang harmonis dan etnis dalam kehidupan kemasyarakatan. tokoh masyarakat. Renstra Tahun 2012-2015 disusun dengan memperhatikan beberapa aspek pembangunan Badan Kesatuan Bangsa. dapat dijelaskan beberapa aspek pembagunan sesuai agenda dan program pembangunan pada rencana strategis. a. . tokoh agama. Agenda Pembangunan Kabupaten Bima 1) Agenda Kesadaran. Program pemantapan kerukunan hidup inter dan antar umat beragama merupakan program dalam rangka peningkatan toleransi kerukunan umat beragama serta peningkatan pemahaman tokoh masyrakat. yaitu. 6. 7. tokoh agama. pemahaman. Program Pemantapan kerukunan Hidup inten dan antar umat beragama. Aspek Wawasan kebangsaan Aspek Idiologi Aspek Politik Aspek Agama Aspek Ekonomi Aspek Sosial Budaya Aspek Keamanan dan Ketertiban Selanjutnya.

etnis maupun tidak langsung melalui media masa dalam rangka menciptakan kerukunan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dengan terwujudnya kondisi sosial budaya seperti itu maka masyarakat dapat merasakan kehidupan yang aman. Langkah yang dilakukan untuk mengatasi hambatan di atas adalah dengan cara koordinasi dan kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah khususnya dalam meningkatkan pengamanan lingkungan dengan kegiatan sosialisasi untuk terus meningkatkan toleransi kerukunan dalam kehidupan sosial budaya. pemahaman. hubungan manusia dengan alam maupun hubungan manusia dangan tuhanya. mengandung makna bahwa masyarakat dalam menjalankan aktivitas keseharian selalu di landasi dengan nilai-nilai budaya semakin baik yang ditandai dengan semakin harmonisnya hubungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lain (interaksi sosial). nyaman dan damai sekaligus sebagai modal utama keberhasilan semua program pembangunan. Program peningkatan ketahanan sosial budaya merupakan program yang di upayakan untuk menciptakan lingkungan sosial yang nyaman dan tertib. agama. koordinasi serta kesdaran yang baik. serta partisipasi masyarakat yang tinggi dalam menjaga keamanan dan kententraman lingkungan masyarakat yang di dorong oleh kondisi masyarakat yang sadar akan nilai-nilai agama dan nilai-nilai sosial budaya masyarakat. Program Peningkatan Ketahanan Sosial Budaya. pemuda.20 Faktor yang mendukung program ini adanya upaya pemerintah baik pemerintah pusat dan daerah dalam memberikan pembinaan baik secara langsung tatap muka dengan masyarakat. Faktor penghabat dalam program ini adalah masih kurangnya kesadaran dan pemahaman serta pengalaman masyarakat terhadap nilai agama yang masih rendah begitu juga pemahaman dan pengalaman nilai sosial dan norma hukum masih kurang. sehingga kasus-kasus moral dapat menurun. Peningkatan kesadaran. b. Disamping itu pergeseran Bidan politok semakin kuat karena perubahan paradigma berpolitik bangsa indo9nesia yang semakin terbuka dan bebas sehingga banyak . Keberhasilan program ini didukung sistim kerjasama. hal ini menimbulkan kondisi keamanan kurang kondusif.

juga revitalisasi peran parpol dengan memberikan pembinaan terhadap parpol serta di dukung dengan pembinaan ketahanan sosial budaya guna penguatan identitas sosial dan budaya dengan pembinaan dan pengembangan secara lebih intensif. Faktor pendukung program ini dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengembangkan wawasan kebangsaan melalui kegiatan orientasi terhadap berbagai kelompok masyarakat. ormas dan LSM.21 menimbulkan konflik politik yang terjadi yang meresahkan masyarakat secara nasional maupun daerah Kabupaten Bima pada khususnya. . Faktor penghambat adanya pergeseran budaya dan politik semakin kuat karena perubahan paradigma berpolitik bangsa indonesia yang semakin terbuka dan bebas sehingga banyak menimbulkan konflik politik yang meresahkan masyarakat baik secara nasional pada umumnya dan Daerah kabupaten bima pada khususnya. Keberhasilan program ini di dukung dengan adanya korelasi yang inten dari kesadaran masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dengan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat agar masyrakat mampu memahami akan nila-nilai luhur budaya bangsa indonesia pada umumnya dan nilai budaya daerah pada khususnya baik dalam budaya politik maupun etika politik kabupaten bima. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan. Program wawasan kebangsaan adalah merupakan program yang berperan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa untuk tetap kukuhnya suatu wilayah negara kesatuan republik indonesia (NKRI). c. Disamping itu program ini di dukung dengan kegiatan pendataan dan revitalisasi peran Ormas dan LSM yang ada pada wilayah kecamatan sekabupaten Bima. Wawasan kebangsaan sebagai wawasan nasional bangsa indonesia di bangun atas pandangan bangsa indonesia yang di dasarkan pada kontelasi dalam penyelenggaraan pembangunan nasional untuk pencapaian tujuan nasional.

etnis. a. Politik dan Perlindungan Masyarakat. dalam rangka peningkatan peran tokoh agama. Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Menjaga Ketertiban dan Keamanan.22 2) Agenda Peningkatan Ketentraman. Keberhasilan program ini didukung sistem kerja sama. Hal ini dapat di atasi dengan meningkatkan pengembangan masyarakat dan komunitas intelejen daerah dalam mengawasi masalahmasalah yang mengganggu ketertiban dan ketentraman keamanan baik yang terjadi di masyarakat maupun dalam kerwanan sosial keamanan daerah pada umumnya. Program Pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan adalah dalam rangka peningkatan stabilitas keamanan dan ketentraman masyarakat dengan menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang tetap terjaga keamanannya dari segala masalah-masalah maupun konflik yang terjadi baik secara horisontal maupun fertikal. suku dan lain-lain. Ketertiban Masyarakat dan penegakan Supremasi Hukum. petugas keamanan. 1. Selanjutnya dapat di jelaskan isu-isu strategis yang di hadapi sesuai dengan program pada Badan Kesatuan bangsa. . serta melalui peningkatan peran lembaga keagamaan dalam menata dan menjamin terselenggaranya kerukunan dan kehidupan beragama yang berkualitas. Faktor penghambat dalam program ini masih belum intensifnya sistim identifikasi pengkajian terhadap bebagai masalah-masalah yang terjadi dalam mendeteksi hambatan dan nggangguan yang mengarah pada stabilitas ketentraman daerah dengan adanya brbagai aksi-aksi demonstrasi. Peningkatan pemahaman dan pengalaman ajaran agama. koordinasi yang baik terutama dari unsur komunitas intelijen daerah dalam mengatasi setiap gejala maupun peristiwa yang berpotensi mengganggu stabilitas daerah baik konflik yang terjadi antar desa maupun antar kampung dalam menciptakan keamanan dan ketentraman daerah. Isu program Pengembangan Wawasan Kebangsaan a.

Peningkatan pemahaman masyarakat terhadap perundangundangan. rekat Perguruan tinggi. Meningkatkan ketersedian produk hukum daerah yang sesuai dengan kebutuhan daerah yang di tandai dengan meningkatnya kuantitas dan kelengkapan perangkat aturan yang di terapkan dalam menindak kasus kejahatan dan pelanggaran yang menimbulkan nggangguan kamtibmas daerah. antara lain : a. Isu program Pendidikan Politik Masyarakat. 3. melaui peningkatan frekuensi dan cakupan wilayah sosialisasi perundang-undangan. Peningkatan akuntabilitas keuangan yang terukur dalam pertanggungjawaban realisasi anggaran dan bantuan sesuai peroleh suara yang diperoleh oeh Partai Politik c. untuk Negara Kesauan Republik Indonesaia . b. Ormas/LSM. Meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kerukunan hidup Sosial. makmur 2. Meningkatkan memperkuat peran daya Parpol. Mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya Bangsa dalam rangka membangun kebersamaan mencapai cita cita luhur (NKRI) yang Adil.23 b. bangsa dan Toga/Toma dan TNI/Polri sebagai pilar utama yang mendorong dan komunitas/kesatuan perlindungan masyarakat. Isu program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan. a. Peningkatan peran aktif Ormas dan LMS dalam upaya membangun Daerah melalui keterlibatan secara langsung maupun tidak lansung sebagai mitra kerja pemerintah sehingga dapat dicapai suatu keadaan masyarakat yang kondusif b. Budaya agama dan Ekonomi kemasyarakatan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku d.

keselarasan. Hal tersebut di lanjutkan dalam bentuk kegiatan pembangunan yang kemudian di operasionalisasikan pada sasaran kegiatan. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima adalah secara prinsip melaksanakan tugas-tugas yang telah di rencanakan secara konfrehensip yang di mulai dari perancanaan tingkat dusun (musbangdus). Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. hal tesebut di wujudkan dalam visi Badan Kesatuan Bangsa.24 4. Substansi upaya untuk merealisasikan sasaran-sasaran kegiatan tersebut setelah di lakukan pengkajian terhadap faktor-faktor strategis yang ada dan berkembang dalam pelaksaan tugas pemerintahan. Desa (musbangdes). “TERWUJUDNYA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM BERBAGAI ASPEK” Makna dari visi tersebut dapat di jelaskan sebagai berikut: Terjadi keserasian. keseimbangan dalam berbagi aspek kehidupan masyarakat yang di lakukan dengan cara mengantisifipasi segala potensi konflik dan kerawanan sosial dengan melakukan penanganan secara cepat dan tepat serta melupakan segala perbedaan yang ada. Isu program Pencegahan Dini dan Penaggulangan Konflik Meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan dengan melakukan upaya-upaya pendekatan serta koordinasi yang baik dengan unsur Kominda berkerjasama dengan Linmas yang ada di desa-desa Visi dan Misi a. kecamatan(UDKP) secara tingkat Kabupaten (Rakorban) dengan berbagai dimensi pembangunan yang tidak dapat di pisahkan antara satu dan yang lainya. pembangunan dan sosial kemasyarakat daerah yang diwujudkan dalam visi Badan Kesatuan Bangsa. . yang sekaligus merefleksikan kesinambungan upaya pengembangan dan pemantapan penyelengaraan sistim pemerintahan. pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Visi Visi : Mencerminkan gambaran peran dan kondisi yang ingin diwujudkan di masa depan.

Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima sebagai berikut : 1. Tujuan dan Sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Bakesbangpolinmas 2012-2016. Penjelasan terhadap masing-masing misi adalah sebagai berikut : 1. Politik dan . Sasaran dan tujuan yang ditetapkan pada Renstra 2012-2016 ini disusun Indikator Kinerja Utamanya dan lingkup sasaran dan tujuan Renstra 20122016 Disamping itu. rumusan sasaran dan tujuan yang akan digunakan dalam penyusunan LAKIP ini adalah rumusan sasaran Renstra 2012-2016 yang termasuk dalam IKU Badan Kesatuan Bangsa. Memberikan kebebasan pada masyarakat untuk berperan aktif serta berpartisipasi dalam melakukan pendidikan politik sehat.25 b. Sebagai penjabaran atau penerapan dari pernyataan misi tersebut di atas. menetapkan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam periode waktu 2012-2016. Misi Misi : Merupakan peran stratejik yang diinginkan dalam mencapai visi. Mengembang upaya dialogis dan kebebasan berpendapat untuk memecahkan masalah dalam rangka keutuhan masyarakat. 5. 2. Misi Badan Kesatuan Bangsa. sehubungan dengan penetapan Indikator Kinerja Utama. Membangun kebersamaan dan silahtuhrahmi serta solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari. Meciptakan suasana kebersamaan dalam berbagi aspek kehidupan masyarakat dengan mempererat talisilahtuhrahmi dan solidaritas sosial. Memecahkan setiap masalah. 3. konflik dan kerawanan sosial yang terjadi dengan dialog dan memberikan kebebasan berpendapat bagi masyarakat untuk menyampaikan segala aspirasi dalam rangka keutuhan dan keharmonisasian kehidupan. 2. Mengembang peran serta partisipasi politik. 3. rumusan sasaran Renstra yang termasuk dalam IKU adalah sasaran strategis sesuai sasaran yang ditetapkan pada komponen-komponen Bakesbangpolinmas. Oleh sebab itu.

ketertiban dan ketentraman lingkungan masyarakat dari berbagai ancaman. 5. . 2. 8. suku dan agama serta etnis. Terwujudnya kinerja keuangan yang akuntabel. Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan SDM aparatur. 8.2016. Terwujudnya pelaksanaan administrasi perkantoran yang prima. 2. ketertiban dan ketentraman masyarakat dengan mendeteksi secara dini masalah-masalah yang menjadi potensi konflik baik horisontal maupun vertikal dalam kehidupan bermasyarakat. Meningkatnya keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat. 4. 9. Meningkatnya pembinaan politik kepada Ormas. Terwujudnya stabilitas daerah dari nggangguan dan pariwisata yang merugikan daerah. Meningkatnya fungsi diteksi dini terhadap setiap gejolak yang terjadi baik berupa potensi konflik maupun potensi bencana yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta benda. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk tetap terjaganya keutuhan negara kesatuan republik indonesia. 7. 6. Sasaran Renstra Tahun 2012-2016 1. Terjalinya hubungan kelembagaan dan kemitraan yang baik dengan organisasi. Dengan demikian rumusan tujuan dan sasaran tersebut sebagai berikut: a. Meningkatnya stabilitas keamanan. Meningkatnya kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 4.26 Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima Tahun 2012. Tujuan Renstra Tahun 2012-2016 1. 3. Meningkatnya keamanan. 5. LSM. Meningkatnya kinerja keuanagan yang akuntabel. Terpenuhinya sarana dan prasarana aparatur yang memadai. b. Toga dan Toma. 6. 3. Meningkatnya sarana dan prasarana aparatur yang optimal. 7. Meningkatnya sistim administrasi perkantoran yang prima. Meningkatnya kapasitas aparatur yang profesional.

situasi dan kondisi serta kerawanan sosial masyarakat. Program Dari Kebijakan tersebut merupakan ketentuan-ketentuan yang bersifat statis. b. Program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keaman . Mengembangkan Hubungan dan Kemitraan dengan semua organisasi politik. Mengembangakan sistim identifikasi. 6. Program pelayanan adminnistrasi perkantoran 2. suku dan kelompok masyarakat sebagai upaya keutuhan wilayah NKRI. Pol dan Linmas Kabupaten Bima dalam 5 (lima) tahun kedepan sebagai brikut : 1. ketertiban. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan 6.27 9.analisis. 3. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana aparatur 3. etnis. strategis yang diimplementasikan dalam beberapa program Badan kesatuan Bangsa. 5. Kebijakan 1. ketentraman dan kenyamanan lingkungan masyarakat 2. ditetapkan beberapa kebijakan strategis yang saling terkait sebagai berikut : a. agama. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima Tahun 2012-2016. Peningkatan kegiatan pencegahan terhadap adanya potensi konflik dan bencana alam. Program Peningkatan Disiplin Aparatur 4. Kebijakan dan Program Strategis Sebagai penjabaran langkah-langkah menuju tercapainya sasaran yang ditetapkan dalam Renstra Badan Kesatuan Bangsa. Meningkatkan keamanan. ormas pemuda 4. Program Peningkatan pengembangan sisitim pelaporan capaian kinerja dan keuangan 5. Memelihara dan mengembangkan hubungan antara lembaga. Peningkatan pemahaman dan kesadaran pengurus organisasi politik dalam melakukan pendidikan politik untuk masyarakat.

Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima Tahun 2013 yang merupakan perjanjian kerja (kontrak kerja ) antara pimpinan dengan bawahan dalam hal ini Bupati sebagai pengambil kebijakan dengan pimpinan SKPD sebagai pelaksanan kebijakan yang akan dijadikan tolak ukur dalam pengukuran kinerja Pemerintah Kabupaten Bima Perjanjian Kinerja untuk mendukung kegiatan dan program pembangunan dalam Rencana kerja yang dialokasikan pembiayaannya melalui Rencana Kerja Badan Kesatuan Bangsa. keamanan. Terwujudnya peningkatan pemahaman dan kesadaran pengurus organisasi sosial politik dalam melakukan pendidikan politik untuk masyarakat. Rencana Kerja Tahun 2012 tersebut merupakan acuan pelaksanaan kegiatan untuk Tahun Anggaran 2012 yang berisi kebijakan. PERJANJIAN KERJA BAKESBANGPOLINMAS Dalam rangka mengimplementasikan kebijakan jangka menengah sebagaimana diuraikan dalam Rencana Strategis Tahun 2012-2016 di atas. Terwujudnya kerukunan inter dan antar umat beragama. b. . disusunlah Rencana Kerja Badan Kesatuan Bangsa. Program Pendidikan Politik Masyarakat 8. Arah Kebijakan Umum Sesuai dengan kondisi obyektif yang dihadapi serta antisipasi peluang dan tantangan di Tahun 2012 sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa. Program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Konflik B. Terselenggaranya dialog terbuka dan intensif mewujudkan sikap saling pengertian antar kelompok etnis masyarakat dan agama. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima dan Anggaran Kabupaten Bima dalam (RKA/DPA) Tahun 2012. kelompok masyarakat untuk mengatasi persoalan bersama. a. c. dan stabilitas social yang kondusif dalam masyarakat. d. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima di berbagai bidang pemerintahan. program dan kegiatan pembangunan dengan uraian sebagai berikut: 1. Meningkatkan stabilitas politik.28 7. pembangunan dan sosial kemasyarakatan serta kebijakan program dan kegiatan Tahun 2012 diarahkan pada upaya-upaya.

300..... Program Peningkatan Disiplin aparatur a) Pengadaan Seragam Olahraga Pegawai dan Anggota Linmas Inti Kab. 2.000...000.%) tahun 2012 dan tahun 2011 adalah Rp. a) Kegiatan pemeliharaan rutin / berkala gedung kantor b) Kegiatan pemiliharaan rutin / berkala mobil jabatan c) Kegiatan pemeliharaan rutin/ berkala perlengkapan gedung kantor d) Kegiatan pemeliharaan rutin / berkala meublair Rp..(...... Program dan Kegiatan APBD tahun 2012 1. 3.640..4.000 Rp.000 Rp.000 Rp.. Bima Rp... 25. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima tahun 2012 dialokasikan sesuai dengan pagu definitive APBD Tahun 2012 sebesar Rp. 2... 4..429.(.. 35.000 Rp.. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran. 15..500.000 Rp.800.000 3... 2.000 Rp.......(100 %) dan tahun 2011 adalah Rp.000 Rp.....000 Rp....000..000.000 2...000 Rp. Secara Definitif APBD Badan Kesatuan Bangsa.000 Rp.....29 2... 880.000.. 2. 2.. SDA dan Listrik Kegiatan Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perijinan Kendaraan Dinas/Operasional Kegiatan penyediaan jasa administrasi keuangan Kegiatan penyediaan alat tulis kantor Kegiatan penyediaan barang cetakan dan penggandaan Kegiatan penyediaan komponen instalasi listrik/ penerangan bangunan kantor Kegiatan penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Kegiatan penyediaan bahan bacaan dan PP Kegiatan Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi kedalam daerah Rp.000 Rp.%) dibandingkan dengan tahun 2011 dengan beberapa program kegiatan sebagai berikut : a.....500..... 4..500. a) b) c) d) e) f) g) h) i) j) Kegiatan penyedian jasa surat menyurat Kegiatan penydiaan jasa komunikasi.000 Rp..(1..500..%).500... Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima Tahun 2012 tersebut mengalami kenaikan sebesar Rp..000. APBD Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima Sesuai dengan APBD Badan Kesatuan Bangsa. 612.000 (100. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur..000 . 8.. 267.000. 7..000.%) serta Alokasi Anggaran Dana Dekonsentrasi dan tugas Perbantuan Rp. 2.500...431.700. 9.

000 Rp.000 b) c) Kegiatan pembinaan peran PARPOL di Kab. Program Pendidikan Politik Masyarakat a) Kegiatan pendataan dan revitalisasi peran Ormas dan LSM Rp. Program Peningkatan Pengembangan Sistim Pelaporan Capaian dan Keuangan a) Kegiatan penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja SKPD b) c) Kegiatan penyusunan pelaporan keuangan akhir tahun Kegiatan penyusunan pelaporan semesteran dan prognosis realisasi anggaran Rp. 2.000.000.000 8. Bima Rp.30 4. 120. 2. Bima Kegiatan monitoring Sosial. 50.500.000. Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Menjaga Ketertiban dan Keamanan a) b) Kegiatan komunitas intelejen daerah (KOMINDA) Kegiatan penanganan dan pencegahan potensi konflik Rp.000 Rp.000.000.000 7. 20. 35.000.000 Rp.000.000 .500. 2. 330. Program Pencegahan Dini Dan Penanggulangan Konflik Kegiatan peningkatan SDM dan kesejahteraan anggota Linmas Inti Kab.500. Agama dan Ekonomi Kemasyarakatan (SBAEK) Rp.000. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan a) b) Kegiatan peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama Kegiatan orentasi tenaga pelaksana pembauran bidang pendidikan peningkatan kesadaran masyrakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa (Pelatihan Paskib) Rp. 110. Budaya.000 5.000 6.000 Rp. 35. 45.000 Rp.

- Kendaraan Dinas/Operasional Penyedian Asministrasi Keuangan Kegiatan Penyediaan Alat Tulis Kantor Penerangan Bangunan Kantor Kegiatan Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor Kegiatan Kegiatan Koordinasi Penyediaan Rapat dan Bahan Bacaan dan PP Kedalam Daerah Program pelayanan administrasi perkantoran dilaksanakan dalam rangka peningkatan proses penataan dan penyelesaian administrasi perkantoran yang .31 3.900.4.12X 2.Jasa 6X 8.000.000.486031.075. Program Pelayanan Administrasi Perkontoran Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dalam program Pelayanan Administrasi Perkontoran sebagai berikut : Kegiatan No 1 2 3 Kegiatan Kegiatan Kegiatan Penyediaan Penyediaan Penyediaan dan Jasa Jasa jasa Tersedianya Tersedianya Terpenuhnya SKPD Tersedianya Administrasi SKPD Tersedianya Barang Cetakan dan Kantor 6 7 Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan Kegiatan Komponen 8 9 10 Penyediaan Instalasi Listrik Penyediaan Alat Tulis Kantor SKPD Tersedianya Instalasi Listrik Dan Penerangan Kantor 2X 12 X 10 X 9.Jasa Surat 12 X 12 X 2X Sura Menyurat Komunikasi.yang Memadai Tersedianya Peralatan dan Perlengkapan SKPD Kantor Tersedianya Bahan Bacaan Untuk SKPD – rapat Meningkatkan Aperatur Tersedianya Dinas SKPD Total jumlah anggaran 72.Perlengkapan SKPD 12 X 3. Perjanjian Kinerja Tahun 2012 Perencanaan dan perjanjian kinerja merupakan suatu proses awal dari rangkaian usaha untuk mencapai tujuan.32.620.700.031 Kinerja Dengan Perjalanan Konsultasi 12 X 2. Bakesbangpolinmas memiliki 8 (Delapan) program kerja tahun 2012 sebagai berikut : a.000. SDA dan Listrik Pemeliharaan 4 5 Kegiatan Perizinan Jasa Menyurat SKPD Komunikasi Jasa 1.6.946.000.825.000.000.Daya Air dan Listrik SKPD Pemiliharaan Dan Perijinan Sasaran Target Anggaran (Rp) 1.450.000.000.250.000.000.640.

000.000.000. 2 secara Sasaran 3 kantor rutin / 12 X dan 12 X 2. b. perlengkapan .32 baik meliputi penyediaan jasa surat menyurat.250.000. pemiliharaan dan perijinan kendaraan dinas operasional.000. penyediaan alat tulis kantor. Program Peningkatan Sarana Dan Prasarana Aperatur. penyediaan jasa administrasi keuangan.Target 4 12 X Anggaran 5 2.000. mobil jabatan. penyediaan jasa komunikasi SDA dan Listrik.000.250. penyediaan komponen instalasi listrik. penerangan bangunan kantor dan kegiatan yang berkaitan dengan keperluan pelayanan administrasi kantor dan semua kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.500. Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari program peningkatan sarana dan prasarana aperatur adalah : No 1 1 Kegiatan 2 rutin / berkala gedung gedung kantor.12 X 2.13.perlengkapan Program ini dilaksanakan untuk terpeliharanya sarana dan prasarana aperatur dalam rangka memenuhi proses pelaksanaan tugas dengan baik yang merupakan faktor yang sangat penting dalam kelancaran administrasi pemerintahan yaitu terpeliharanya meubelair.- Kegiatan pemiliharaan Terpiliharanya berkala SKPD Kegiatan pemiliharaan Terpeliharanya rutin / berkala mobil mobil jabatan 3 secara jabatan rutin berkala SKPD Kegiatan pemiliharaan Terpeliharanya rutin / berkala perlengkapan kantor secara rutin / berkala SKPD 4 Kegiatan pemeliharaan Terpeliharanya rutin / berkala meubelair gedung meubelear Total jumlah anggaran kantor secara rutin / Berkala SKPD 20.

Pol dan Linmas Kabupaten Bima.750. c. Program Peningkatan Disiplin Aparatur.543.543.33 kantor dan gedung kantor yang ada dilingkungan SKPD Badan Kesbang.- linmas Program ini dilaksanakan sebagai salah satu pendorong terciptanya kualitas pegawai yang baik yang semakin berwibawa dan dapat menjalankan dengan tugas sempurna dan lancar serta dengan peningkatan SDM aparatur linmas yang profesional dalam penanggulangan dan berbagai macam bencana dan konflik di Kabupaten Bima. .750.pakaian pegawai inti Target 4 12 x Anggaran 5 24. Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari program peningkatan disiplin aparatur adalah : No 1 Kegiatan 2 Olahraga dan linmas inti Sasaran 3 pegawai Terpenuhinya Jumlah seragam dan SKPD Total jumlah anggaran 24.

Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari program peningkatan pengembangan sistim pelaporan capaian kinerja dan keuangan adalah : No 1 1 Kegiatan 2 Kegiatan Sasaran 3 Target 4 Anggaran 5 2.- penyusunan Tersedianya laporan 2 Dok keuangan prognosis anggaran SKPD penyusunan Tersedianya laporan 2 Dok dan realisasi pada pelaporan semesteran semesteran dan prognosis realisasi prognosis anggaran Total jumlah anggaran anggaran SKPD 6.realisasi pada 2. 3 Kegiatan SKPD 2. 2 Kegiatan pelaporan akhir tahun.000. kinerja keuangan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan dalam tahun 2012.000.000.000.000. e. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan.000.34 d.- penyusunan Tersedianya laporan 2 Dok pada laporan capaian kinerja keuangan dan ikhtisar realisasi semesteran kinerja SKPD.000. Program Peningkatan Pengembangan sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan.000. Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari program Pengembangan Wawasan Kebangsaan adalah : .- Program ini di laksanakan untuk mengukur kinerja satuan kerja perangkat daerah dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi yang telah di jabarkan dalam program kegiatan tahunan dan RKA / DPA SKPD dengan menyampaikan laporan capaian kinerja kegiatan.

000.35 No 1 1 Kegiatan Toleransi dalam Beragama 2 Kegiatan Tenaga Pembauran Pendidikan Masy.000. No 1 1 Kegiatan 2 Kegiatan Intelijen {KOMINDA) Sasaran 3 Komunitas Stabiltas Daerah Keamanan Ketertiban Daerah dan Target 4 12 X Anggaran 5 93.000.000.- 2 Kegiatan dan Penanganan Melakukan Pencegahan koordinasi intens dan dengan komunikasi yang Anggota Kominda dan masyarakat 12 X 42.- Potensi Konflik Total jumlah anggaran 135.000. Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Menjaga Ketertiban dan Keamanan adalah : 2.000.000.- Peningkatan Meningkatkan (Peningkatan Kesadara Bangsa Luhur Budaya Bangsa) Total jumlah anggaran f. Akan Kegiatan 2 Sasaran 3 Kerukunan kerukunan dalam Kehidupan kehidupan beragama Orientasi Meningkatkan Pelaksana Pemahaman Bidan Masyarakat akan nilai luhur budaya dan Nila-nilai hidup bernegara 342.1 Thn 302.- .000.Target 4 18 Kec Anggaran 5 40.000.508. Program Pemberdayaan Masyarakat untuk Menjaga Ketertiban dan Keamanan.508.000.

000.000. Program Pencegahan Dini Penanggulangan Konflik Kegiatan yang dilaksanakan dari Program Pencegahan Dini Penanggulangan Konflik adalah : No 1 Kegiatan Anggota Kab. Budaya. LSM Yayasan LMS 12 X 2 Kegiatan Bima Pembinaan Unsur Partai 4 X 27. Program Pendidikan Politik Masyarakat Kegiatan – kegiatan yang dilaksanakan dari Program Pendidikan Politik Masyarakat adalah : h.000. Bima Total jumlah anggaran 116.000 Sosial. No 1 1 Kegiatan 2 Sasaran 3 Peran dan Yayasan dan Target 4 Anggaran 5 30. Agama Agma.Monitoring Tokoh-tokoh Ekonomi Budayawan dan Masyarakat 12 x 16. Politik 3 Kegiatan dan Kemasyarakatan (SBAEK) Total jumlah anggaran 73.- Peran PARPOL di Kab.000.000. h.000.36 g.800.000. Revitalisasi Ormas.Kegiatan 2 SDM dan Kesejahteraan inti Linmas Inti Sasaran 3 Target 4 Linmas 12 x Anggaran 5 116.000.800.- Peningkatan Anggota .000.- Kegiatan Pendataan dan Ormas.

Politik dan Perlindungan Masyarakat memiliki 9 (sembilan) tujuan strategis dan 25 (Dua Puluh Lima) sasaran strategis (contoh). Terciptanya rasa kebersamaan dalam menjaga nilai-nilai luhur budaya 6. Meningkatnya fungsi deteksi dini terhadap setiap gejolak yang terjadi baik potensi konflik maupun bencana yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta benda Tujuan-tujuan tersebut dijabarkan dalam beberapa sasaran yang tertuang dalam Rencana strategis sebagai berikut: Adapun sasarannya sebagai berikut : 1. Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa untuk tetap terjaga dengan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 7. Terpenuhinya Sistem Pelaporan keuangan yang akuntabel 5. Terwujudnya stabilitas ketertiban dan keamanan yang kondusif . Terpeliharanya Sarana dan Prasarana aparatur yang memadai 3. Meningkatnya Kinerja keuangan yang akuntabel 5. Meningkatnya sistem Administrasi perkantoran yang prima 2. Yayasan. Jumlah sasaran dan tujuan diambil dari dokumen rencana strategis. Meningkatnya Pembinaan Politik kepada Ormas. Adapun tujuan strategis dimaksud sebagai berikut: 1. Politik dan Perlindungan Masyarakat diukur dari tingkat keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran strategisnya yang dituangkan dalam Rencana Strategis (Renstra Badan Kesatuan Bangsa. LSM. Toga.37 BAB III AKUNTABILITAS KINERJA Akuntabilitas kinerja Badan Kesatuan Bangsa. Tersedianya sumber Daya Manusia (SDM) yang Capak dan handal 4. Toma dan Tokoh Pemuda 8. Meningkatnya Stabilitas keamanan. ketertiban dan ketentraman lingkungan masyarakat 6. Meningkatnya Kapasitas Aparatur yang Prosesional 4. Terwujudnya pelaksanaan administrasi perkoantoran yang prima 2. ketertiban dan ketentraman masyarakat dalam mendeteksi secara dini masalah-masalah yang terjadi baik konflik horisontal maupun vertikal dalam kehidapan bermasyarakat 9. Meningkatnya kemanan. Meningkatnya Sarana dan Prasarana Aparatur yang Optimal 3.

38 7. Visi Badan Kesatuan Bangsa. . Terciptanya tatanan pendidilan politik yang sehat. Tersedianya kesejahteraan dan SDM anggota Linmas Inti yang handal Pada bab ini disajikan evaluasi dan analisis capaian kinerja menurut sasaran dan tujuan tersebut serta akuntabilitas keuangannya. Politik dan Perlindungan Masyarakat memiliki indikator sasaran sebanyak 8 (Delapan) indikator sasaran. dengan uraian lebih lanjut sebagai berikut : (RPJMD) Kabupaten Bima Tahun 2012 – 2016. EVALUASI CAPAIAN KINERJA TAHUN 2012 Secara umum Badan Kesatuan Bangsa. A. Politik dan Perlindungan Masyarakat “TERWUJUDNYA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT Yaitu DALAM BERBAGAI ASPEK ” yang telah ditetapkan pada Tahun Anggaran 2012 sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Bupati Bima Nomor ………Kabupaten Bima Tahun 2012 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Dalam pelaksanaannya. terbuka dan jujur 8. Politik dan Perlindungan Masyarakat telah dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Bima Tahun 2012 – 2016. Badan Kesatuan Bangsa.

. Persuratan 3 Tresedianya menyurat SKPD Tersedianya komunikasi SKPD jasa sumber surat 4 12 X 5 100 % 6 12 X 7 100 % 2 Peningkatnya kesediaan Daya air dan Listrik Badan 12 X 100 % 12 X 100 % daya air dan Listrik Tersedianya pemeliharaan perijinan SKPD jasa dan 12 X 100 % 12 X 100 % 3 Meningkatkannya Pelaksaan aparatur Tugas kendaraan alat 12 X 12 X 100 % 100 % 12 X 12 X 100 % 100 % 4 5 Meningkatnya kinerja Aparatur Pemerintah Meningkatnya Kinerja Aparatur Pemerintah Tersedianya Tulis Kantor SKPD Tersedianya barang cetakan dan 12 X 100 % 12 X 100 % Penggadaan SKPD 6 Meningkat Kinerja Tersedianya Intaliasi Listrik......... Tabel 1 : Capaian Kinerja Sasaran Pelayanan Administrasi Perkantoran tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL.. . Sasaran 1 : Meningkatnya Sistem Pelayanan Administrasi Perkantoran.. CAPAIAN % 1 1 penataan 2 Menigkatnya Adm.. kantor memadai penerangan yang Aparatur Pemerintah 7 Meningkatnya Kinerja Pelaksanaan Tupoksi Aparatur Pemerintah Tersedianya peralatan Perkantoran dengan baik Tersedianya bacaan Meningkatnya kinerja aparatur tersedianya perjalanan SKPD Dinas dengan bahan 10 X 100 % 12 X 100 % 8 9 Meningkatnya kinerja aparatur Pemerintah Meningkatnya kinerja aparatur Pemerintah 12 X 10 X 100 % 100 % 12 X 12 X 100 % 100 % Jumlah Capaian Realisasi .39 Uraian lebih lanjut dapat dijelaskan sebagai berikut : 1.... ... Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Sasaran a..

... penyedian alat tulis kantor. penyedian komponen instalasi listrik.. penyediaan barang cetakan dan penggandaan.. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan baik dan lancar serta mencapai peningkatan pada tahun 2012 b. menyediaan jasa komunikasi SDA dan listrik..... Tabel 2.. CAPAIAN % 1 1 2 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana aparatur yang memadai 3 Terpeliharanya gedung kantor SKPD secara mobil mobil SKPD dan rutin dan berkala Terpeliharanya dinas secara berkala dan rutin operasional 4 12 X 5 100 % 6 12 X 7 100 % 2 Meningkatnya dan prasarana mendukung Badan sarana yang kinerja 12 X 100 % 12 X 100 % 3 Meningkatnya kualitas sarana da prasarana aparatur pelaksanaan Badan dalam tugas Terpeliharanya perlengkapan kantor SKPD gedung secara 12 X 100 % 12 X 100 % rutin dan berkala Terpeliharanya meublear kantor SKPD gedung secara .. penerangan bangunan kantor dan kegiatan yang berkaitan dengan keperluan pelayanan administrasi kantor.... sehingga pada tahun 2012 mengalami peningkatan capaian 100% . Sasaran 2 : Terpeliharanya sarana dan prasarana aparatur yang Optimal. meliputi 10 kegiatan seprti penyediaan jasa surat menyurat. : Capaian Kinerja Sasaran tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL. pemiliharaan dan perijinan kendaraan Operasional Dinas. penyedian jasa administrsi keuangan...40 Pelaksanaan administrasi perkantoran dapat terlaksanakan dengan baik... 100% 12 X 100 % 12 X 100 % 4 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana aparatur dalam proses pelaksanaan tugas rutin dan berkala Jumlah Capaian Realisasi Indikator kinerja pada sasaran ini adalah meningkatanya kualitas sarana dan prasarana aparatur yang memadai dengan adanya penyediaan anggaran pemiliharaan sarana dan prasarana yang cukup. .

terkendali dan kondusif Sehingga capaian kinerja pada tahun 2012 terdapat pengadaan pakaian Linmas sejumlah 80 orang atau (100. CAPAIAN % 1 1 2 2 Meningkatnya kinerja aparatur pemerintah Tersedianya laporan capaian kinerja dan keuangan SKPD 3 Tersedianya administrasi SKPD Tersedianya laporan keungan semester Tersedianya laporan prognosis anggaran SKPD realisasi pada 4 12 Kali 4 Kali 5 100 % 100 % 6 12 Kali 4 Kali 7 100 % 100 % 3 Tersedianya laporan kinerja dan keuangan SKPD 12 Kali 100 % 12 Kali 100 % Jumlah Capaian Realisasi .. Sasaran 4 : Meningkatnya Kinerja Keuangan yang Akuntabel Tabel 4..%) sedangkan pada tahun 2011 pengadaan pakaian Linmas sejumlah 70 orang atau (100%)... d..... 100% . : Capaian Kinerja Sasaran tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL......... CAPAIAN % 1 1 2 Meningkatnya kapasitas Linmas aparatur 3 Terpenuhinya jumlah pakaian seragam Linmas dan TRC 4 70 Org 5 100 % 6 85 Org 7 100 % Jumlah Capaian Realisasi .. .. .. Tabel 3...41 c....... 100% Indikator kinerja dari sasaran ini adalah meningkatnya kapasitas aparatur anggota Linmas dalam rangka kesiagaan dan pengamanan berbagai masalah dan konflik yang terjadi di masyarakat sehingga mampu menciptakan keadaan masyarakat Kabupaten Bima yang aman dan tertib dari berbagai konflik dapat teratasi.... : Capaian Kinerja tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL.. Sasaran 3 : Meningkatnya Disiplin Aparatur......

.. . laporan keuangan baik laporan capaian kinerja keuangan maupun laporan prognosis capaian realisasi dari pagu anggaran yang tersedia serta ketersedianya dokumen laporan pada tahun 2012 yaitu capaianya 100%. 100 % 1 Kali 100 % kesadaran akan nilai-nilai luhur bangsa budaya Jumlah Capaian Realisasi . .. 100% Indikator kinerja dari sasaran ini adalah meningkatkan toleransi dan kerukunan hidup beragama serta peningkatan pemahaman dan penghayatan generasi muda akan nilai-nilai luhur perjuangan bangsa pada Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab. Bima e.42 Indikator kinerja dari sasaran ini adalah meningkatnya kinerja aparatur Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab... Bima Capaian kinerja keuangan pada tahun 2012 tidak mengalami masalah.. 5 100 % 6 12 Kali 7 Peningkatan toleransi dan kerukunan hidup beragama Toleransi dan kerukunan hidup beragama Meningkatkan 100 % 2 Peningkatan Pemahaman penghayatan masyarakat (Generasi Muda) akan nilai-nilai luhur bangsa perjuangan dan 1 Kali. Sasaran 5 : Meningkatnya Rasa kebersamaan dalam menjaga Nilai –nilai luhur Budaya bangsa (Wawasan Kebangsaan) Tabel 5 : Capaian Kinerja tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL. Bima dengan peningkatan capaian kinerja pada tahun 2012 tidak mengalami masalah.......... CAPAIAN % 1 1 2 3 4 12 Kali.... laporan capaian kinerja kegiatan ini maupun laporan prognosis capaian realisasi dari pagu anggaran yang tersedia dengan ketersediaan dokumen laporan pada tahun 2012 yaitu capaian 100%. Kebarhasilan capaian kinerja ini karena semakin tingginya SDM aparatur bidang keuangan yang ada pada Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.

. TARGET CAPAIAN % 1 1 2 Koordinasi dan Konsultasi langkah-langkah Pemerintah kebijkan Stabilitas 3 Anggota Kominda Daerah Seluruh Komponen Masyarakat 4 6 kali 5 100 % 6 6 kali...43 f. laporan capaian kinerja kegiatan ini maupun laporan prognosis capaian realisasi dari pagu anggaran yang tersedia dengan ketersediaan dokumen laporan pada tahun 2012 yaitu capaian 100%..... . 100 %i 6 Kali 100 % dan stabilitas Harga yang 3 Laporan dan Pembukuan Administrasi Parpol yang baik dan akuntabel 6 Kali 100 % 6 Kali 100 % ... 7 100 % 2 Terpeliharanya 12 Kali..... Yayasan dan LSM di Kab. 7 100 % 2 Kerukunan Beragama terjangkau Antar tetap Umat terjaga 6 Kali.. Bima 3 Lembaga dan Organisasi Kemasyarakat an Seluruh Komponen Masyarakat Partai Politik 4 12 Kali. 100% Indikator kinerja dari sasaran Program ini adalah terwujudnya Stabilitas Keamanan dan ketertiban yang aman dan damai di Daerah Kabupaten Bima. Sasaran 6 : Terwujudnya Stabilitas Ketertiban dan Keamanan yang Kondusif Tabel 6 : Capaian Kinerja tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN TARGET REALISASI CAPAIAN % Tahun 2012 REAL.. TARGET CAPAIAN % 1 1 Tersedianya 2 Data yang memadai tentang Ormas. 100 % 12 Kali 100 % keamanan Daerah Jumlah Capaian Realisasi . Bima dengan peningkatan capaian kinerja keuangan pada tahun 2012 tidak mengalami masalah. 5 100 % 6 12 Kali. Terbuka dan Jujur Tabel 7 : Capaian Kinerja tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN TARGET REALISASI CAPAIAN % Tahun 2012 REAL... meningkatnya kinerja aparatur Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab. Sasaran 7 : Terciptanya Tatanan Pendidikan politik masyarakat yang Sehat.. g.

Ekonomi masyarakat meningkatnya kinerja aparatur Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.. a.. laporan keuangan baik laporan capaian kinerja keuangan maupun laporan prognosis capaian realisasi dari pagu anggaran yang tersedia dengan ketersediaan dokumen laporan pada tahun 2012 yaitu capaian 100%. Partai Politik dan Sosial. Tujuan 1 : Meningkatnya sistim perkantoran yang prima... Bima dengan peningkatan capaian kinerja keuangan pada tahun 2012 tidak mengalami masalah. Tujuan 3 : Meningkatnya kapasitas aparatur yang profesional. Bima dengan peningkatan capaian kinerja keuangan pada tahun 2012 tidak mengalami masalah.... Evaluasi capaian kinerja tahun 2012 pertujuan. Bima. Tujuan 2 : Meningkatnya sarana dan prasarana aparatur yang optimal c. LSM.. b..... CAPAIAN % 1 1 2 Pemberdayaan masyarakat menjaga dan keamanan dalam ketertiban 3 Menjaga dan ketertiban keamanan 4 12 Kali 5 100 % 6 12 Kali 7 100 % dalam masyarakat . Tujuan 4 : Meningkatnya keuangan yang akuntabel. laporan keuangan baik laporan capaian kinerja keuangan maupun laporan prognosis capaian realisasi dari pagu anggaran yang tersedia dengan ketersediaan dokumen laporan pada tahun 2012 yaitu capaian 100%....... .. . ... 2.. Sasaran 8 : Pencegahan Dini dan Penanggulangan Konflik Tabel . 100% Indikator kinerja dari sasaran Program ini adalah terpenuhinya data dan informasi sebagai dasar monitoring dan evaluasi perkembangan tentang keberadaan Ormas . kinerja aparatur Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab..44 Jumlah Capaian Realisasi . h............ 100% Jumlah Capaian Realisasi Indikator kinerja dari sasaran program ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan daerah Keb. d.. : Capaian Kinerja tahun 2012 Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL..

Capaian kinerja tujuan dapat terukur dari rata-rata indikator sasaran pada Program Pelayanan Administrasi Perkantoran. Program Peningkatan Sarana dan Parasana Aparatur. maka capainnya diukur dengan rata-rata setiap capaian Tujuan masingmasing sasaran mencapai 100 % 3. Sasaran 5 : Meningkatnya Keamanan dan Ketertiban Lingkungan Masyarakat Capaian sasaran tersebut di ukur dengan 3 (tiga) indikator kinerja sasaran yaitu meningkatnya ketertiban dan perlindungan masyarakat dengan cara menciptakan situasi kamtibmas dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan pemerintahan dan pembangunan sosial kemasyarakatan Kabupaten Bima yang di dukung dengan kegiatan komunitas intelejen daerah (KOMINDA) kegiatan penanganan dan .45 Untuk pengukuran capaian kinerja pertujuan dilakukan dengan mengukur capaian indikator sebagai mana pada sasaran tersebut di atas. Evaluasi capaian kinerja persasaran a. Program Peningkatan Disiplin Aparatur dan Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Tabel 1 : Tujuan Capaian Kenirja 1. NO 1 1 2 3 4 NO INDIKATOR KINERJA TUJUAN 2 Rata – rata capaia Tujuan 1 Rata – rata capaia Tujuan 2 Rata – rata capaia Tujuan 3 Rata – rata capaia Tujuan 4 Jumlah Capaian Kinerja CAPAIAN % 3 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % Berdasarkan tabel tujuan diatas dicapai melalui 4 (empat) Capaian kinerja tujuan.

... dalam nyang Meningkatnya kesejahteraan jumlah anggota linmas dalam penanggulangan konflik 3X 100 % 12 Kali 100 % Jumlah Capaian Realisasi .. Sehingga pada tahun 2012 telah mlaksanakan 4 kali pembinaan (100%) melakukan pertemuan dengan masyarakat... Sedangkan pada tahun 2012 tidak ada kegiatan yang berbau sara. Sedangkan indikator meningkatnya keamanan dan ketertiban masyarakat adalah terciptanya suasana keamanan dan ketertiban masyarakat yang semakin tentram baik dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan keluarga sehingga . . Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % TARGET Tahun 2012 REAL.. yang ditunjang pula oleh anggota Linmas Inti yang terus bekerja dan mengantisipasiterjadi adanya potensi konflik dan potendi bencana alam di semua Kecamatan dan Desa .... tokoh agama.. dan para santri pada beberapa pondok serangkaian dengan masalah-masalah konflik yang terjadi pada masyarakat...6 Kali 7 100 % 2 Meningkatnya keamanan ketertiban masyarakat 4X 100 % 12 Kali 100 % 3 Terciptanya keamanan masyarakat kondusif. 100% Indikator kinerja dari sasaran ini adalah pemberdayaan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan adalah dengan melakukan upaya pencegahan dan penanganan konflik yang terjadi di desa Kanca kecamatan Parado dan Desa Kalampa Kecamatan Woha mendatangi jamaah ahmadiyah untuk memberikan bimbingan juga melakukan kunjungan pada pesantren sanolo dengan memberikan pembinaan pada beberapa santri agar menjalankan sariat islam dengan baik tidak menyimpang dari koridor-koridor al’quran dan hadist. CAPAIAN % 1 1 2 Pemberdayaan masyarakat menjaga dan keamanan dalam ketertiban 3 Penanganan masyarakat terjadi konflik Semakin dan kesadaran masyarakat menjaga dan keamanan dalam ketertiban tingginya dalam bila 4X 4 5 100 % 6 ...46 pencegahan potensi konflik....

Hal ini dapat diwujudkan dengan dilakukan pertemuan dengan masyarakat oleh tim komunitas intelejen daerah (KOMINDA) Kabupaten Bima. Meningkatnya keamanan dan ketertiban masyarakat. 4. Capaian kinerja capaian dapat terukur dari rata-rata indicator sasaran pada program pemberdayaan masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan yaitu : NO 1 1 2 3 4 NO INDIKATOR KINERJA TUJUAN 2 Rata – rata capaia Tujuan 1 Rata – rata capaia Tujuan 2 Rata – rata capaia Tujuan 3 Rata – rata capaia Tujuan 4 Jumlah Capaian Kinerja CAPAIAN % 3 100 % 100 % 100 % 100 % 100 % . Ketertiban dan Ketentraman Lingkungan Masyarakat Berbagai ancaman. Selanjutnya indikator sasaran yaitu terciptanya keamanan dalam masyarakat yang kondusif yaitu memberikan kesejahteraan kepada anggota Linmas Inti guna meningkatkan kapasitas dan kualitas kinerja anggota Linmas sejumlah 70 orang hal ini terbukti dengan semakin terciptanya keamanan Kabupaeten Bima yang kondusif. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 per-Tujuan Tujuan 5 : Meningkatnya Keamanan. 3. Untuk pengukuran capaian kinerja tujuan ini dilakukan dengan mengukur capaian indicator kinerja yaitu : 1. 2. Keberhasilan dalam indikator sasran ini adalah di dukung oeleh semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menciptakan kantibmas dalam lingkungan pemerintah Kabupaten Bima.47 mamapu menciptakan situasi kantibmas yang kondusif. dalam tahun 2012 telah melakukan 4 kali pertemuan antara lain di Aula pertemuan Kepala Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab. Bima hal ini mengalami peningkatan dibanding pada tahun 2011 yaitu 3 kali pertemuan. Pemberdayaan masyarakat dalam menjaga ketertiban dan keamanan. Terciptanya keamanan dalam masyrakat yang kondusif.

. .. capaianya di ukur rata-rata capaian ketiga indicator kinerja tujuan dimaksud.... kelompok dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara diwujudkan dengan adanya pengakuan dan keyakinan bangsa dan negara terhadap adanya tuhan dan menjauhi larangannya sesuai dengan tuntutan agama yang di anutnya. Pada tahun 2012 Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.. bertempat di Aula Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab. Dengan capian masing-masing sasaran 100% maka rata-rata capaian adalah 100% dengan demikian capaian kinerja tujuan juga sebesar 100%... kelompok dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Jumlah Capaian Realisasi . 3 Peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama di masyarakat 3X 4 5 100 % 6 6 Kali 7 100% Suku...48 Berdasarkan tabel diatas kiranya tujuan dicapai melalui 3 (Tiga) capain kinerja tujuan maka tujuan. Bima melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh agama. . TARGET CAPAIAN % 1 1 antar 2 Terciptanya semua toleransi Agama.. Tabel sasaran Capaian 6... 5.. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan Sasaran 6 : Meningkatnya kesadaran dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara dari semua Suku dan Agama serta Etnis. 100% Indikator kinerja dalam sasaran ini adalah terciptanya toleransi antar semua agama.. suku... Tahun 2011 NO INDIKATOR KINERJA SASARAN REALISASI TARGET CAPAIAN % Tahun 2012 REAL.. Bima sebanyak 4 kali pertemuan hal ini mengalami peningkatan karena pada tahun 2011 tidak ada kegiatan yang menyangkut kerukunan umat beragama karena disebabkan tidak tersedianya anggaran walaupun teleh di programkan dalam anggaran tahun 2011. sehingga sangat diperlukan adanya nilai toleransi dan kerukunan kehidupan beragama dimasyarakat tidak melakukan diskriminasi antar umat beragama.

. berbangsa dan bernegara. Dengan capia sasaran 100% maka rata-rata capaian adalah 100% dengan demikian capaian kinerja tujuan juga sebesar 100%... Tujuan 6 : Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa untuk tetap menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. Untuk mengukur capaian kinerja tujuan ini dilakukan dengan mengukur capaian indikator kinerja yaitu : Terciptanya toleransi antar semua agama. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Sasaran 2 a.49 6...... Tabel : Capaian Tujuan 6. kelompok dalam kehidupan bermasyarakat... INDIKATOR KINERJA 2 Pendataan refitalisasi Yayasan Jumlah Capaian Realisasi dan peran Tahun 2011 REALISASI TARGET CAPAIAN % 4 5 3X dalam 100% Tahun 2012 REALISASI TARGET CAPAIAN % 6 7 4 Kali 100% NO 1 SASARAN 3 Pembinaan masyarakat dan ketertiban menjaga keamanan ormas. 7. Evaluasi Capaian Kinerja tahun 2012 per-tujuan. 100% . ... Sasaran 7 : Terjalinya hubungan kelembagaan dan kemitraan yang baik dengan organisasi.. Capaian sasaran tersebut diukur dengan 1 (satu) indikator kinerja sasaran dapat dilihat pada table di bawah ini. LSM DAN . NO 1 Jumlah Capaian Kinerja NO INDIKATOR KINERJA TUJUAN 2 Rata – rata capaia Tujuan 1 CAPAIAN % 3 100 % 100 % Berdasarkan tabel diatas dicapain melalui 1 (Satu) capain kinerja tujuan maka tujuan capaianya di ukur rata-rata capaian ketiga indicator kinerja tujuan dimaksud.. suku..

.50 Indikator kinerja dari sasaran ini adalah pendataan dan refitalisasi peran Ormas dan LSM.. Tujuan Pembinaan kepada LSM.. Toga dan Tokoh masyarakat... Tujuan 8 : Meningkatnya pembinaan politik kepada Ormas. Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Tujuan 2 b.. Keberhasilan kegiatan ini berkat peran Badan Kesbang Pol dan Linmas dalam mendata Ormas dan LSM sehingga diketahui.. 100% Tahun 2012 REAL. TARGET CAPAIAN % 6 7 4 kali .. jumlah Ormas dan LSM yang aktif dan berapa Ormas dan LSM yang illegal yang berada di Kabupaten Bima. Dalam melakukan pembinaan terhadap Ormas dan LSM tahun 2012 targe nyat 4 (Empat) kali kegiatan pendataan pada tahun 2012 dengan jumlah Ormas dan LSM 228. INDIKATOR KINERJA 2 Tahun 2011 REALISASI TARGET CAPAIAN % 4 5 3X . Ormas adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan agar mampu membantu mensukseskan pembangunan sesuai dengan fungsi Ormas.. 8. Sasaran 8 : Peningkatan pemahaman dan kesadaran pengurus organisasi politik dalam melakukan pendidikan politik untuk masyarakat. Untuk pengukuran capaian kinerja tujuan ini dilakukan dengan mengukur capaian indicator kinerja yaitu : Tabel : Capaian Tujuan 8 NO 1 NO INDIKATOR KINERJA TUJUAN CAPAIAN % 3 100 % 100 % 2 Rata – rata capaia Tujuan 1 Jumlah Capaian Kinerja Berdasarkan tabel diatas dicapai melalui 1 (Satu) capain kinerja tujuan maka tujuan capaianya di ukur rata-rata capaian indicator kinerja tujuan dimaksud. Dengan capian sasaran 100% maka rata-rata capaian adalah 100% dengan demikian capaian kinerja tujuan juga sebesar 100%.. 100% 100% NO 1 SASARAN 3 Pembinaan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban Mendataan dan refitalisasi peran ormas dan LSM Jumlah Capaian Realisasi ...... LSM sebagimana diuraikan dalam UU Nomor 8 Tahun 1985 tentang Ormas dan LSM. LSM.

Analisis Capaian Kinerja Tahun 2012 Per-Sasaran a. . Badan Kesbang Pol dan Linmas sehingga jumlah parpol di Kabupaten Bima di tahun 2012 meningkat dari tahun sebelumnya. penyediaan jasa administrasi keuangan. Analisis Capaian Kinerja Tahun 2012 Untuk pengukuran capaian kinerja per . pemiliharaan dan perijinan kendaraan oprasional.51 Indikator kinerja refitalisasi peran parpol. dan verifikasi administrasi parpol merupakan kegiatan pendidikan politik masyarakat yang dapat di lahat perjalanan dan kondisi politik pada Kabupaten Bima memiliki peran yang sangat positif di mata masyarakat dengan lahirnya kebijakan-kebijakan pemerintah dan peraturan perundangan Bidang politik dan pemerintahan.tujuan pada tahun 2012 dilakukan dengan menghitung rata-rata capaian kinerja sasaran yang mendukungnya atau terkait dengan tujuan tersebut. B. Capaian sasaran terwujudnya administrasi perkantoran dengan di laksanakan 10 kegiatan yaitu : penyediaan jasa surat menyurat. penyediaan komponen instalasi listrik. penyediaan jasa komunikasi SDA dan listrik. Perubahan yang terjadi terutama aspek pembinaan politik. 1. penyedian alat tulis kantor. penerangan bangunan kantor dan kegiatan yang berkaitan dengan keperluan pelayanan administrasi kantor dan kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan dengan baik dan lancar serta mencapai target 102 kegiatan atau ( Mencapai 100% ) keberhasilan pelaksanaan administrasi perkantoran berkat dukungan SDM aparatur yang semakin tinggi memahami penataan administrasi dengan baik serta dukungan dana APBD yang cukup. yang sebulumnya di lakukan oleh pemerintah secara langsung bergeser pada organisasi social politik. Sejalan dengan reformasi pola perjalanan politik menunjukan perubahan yang sangat siknifikan dengan sprit pendewasaan politik yang berlangsung antar dan untuk masyarakat. Sasaran 1 : Terwujudnya pelaksanaan administrasi perkantoran yang prima. penyediaan barang cetakan dan pengadaan.

. d. Sasaran 3 : Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan SDM aparatur. hal ini telah mencapai target berkat dukungan dana dan SDM yang cukup. ikhtisar realisasi kinerja SKPD.52 b. keberhasilan ini berkat dukungan dana dan adanya SDM sehingga mencapai sasaran 100%. laporan keungan akhir tahun. Capaian sasaran meningkatnya pengetahuan dan kemampuan SDM aparatur merupakan peran yang sangat penting dalam kelancaran tugas dan fungsi organisasi juga mampu memahami dang mengembangkan organisasi dengan baik serta memberikan kontribusi nyta dalam menjaga stabilitas keamanan Kabupaten Bima. semesteran prognosis realisasi anggaran. Sasaran 2 : Terpenuhinya sarana dan prasarana aparatur yang baik. Capaian sasaran ini merupakan pencapaian dapat di laksanakan dengan sempurna dan tepat waktu baik penyusunan laporan maupun penyampaian laporan seperti penyusunan. mobil jabatan. mengembangkan sistim informasi dalam penanggulangan daerah konflik dan daerah rawan sosial keamanan serta meningkatkan profesionalisme satuan Linmas. Sasaran 4 : Tewujudnya kinerja keuangan yang akuntabel. Program kegiatan ini telah mencapai target yang telah di tentukan. perlengkapan kantor dan gedung kantor yang ada di lingkungan SKPD Badan Kesbang Pol dan linmas Kabupaten Bima dan telah memenuhi target 48 kali dan telah mencapai 100%. keberhasilan tersebut juga di dukung dengan peningkatan kapasitas SDM aparatur dalam pemanfaatan sarana dan prasarana sehingga selalu terpelihara dengan baik c. Capaian sasaran ini didukung dengan semakin tingginya kesadaran aparatur pemerintah dalam memilihara sarana dan prasarana yang ada seperti meublear. Keberhasilan sasaran ini di topang dengan kegiatan kesiagaan dalam penanggulangan dalam berbagai bencana dan konflik. penyampaian laporan capaian kinerja dan keuangan. capaian kinerja.

dengan masyarakat dalam rangka pencegahan potensi konflik agar dapat perkelahian meningkatkan kualitas kemanan dan politik yang dapat menyelesaikan persoalan dan masalah konflik di daerah kabupaten bima. Kegiatan ini telah mencapai target 9 kali ( 100% ). Pendataan dan revitalisasi peran ormas. Sasaran 7 : Terjalinnya hubungan kelembagaan dan kemitraan yang baik dengan organisasi. Keberhasilan tersebut . Sasaran 6 : Meningkatnya kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. dan generasi muda sehingga hasil dapat mencapai target 8 kali ( 100% ). mengurangi dan mencegah terjadinnya dengan melalui pertemuan antar kampung. Capaian sasaran ini dapat di wujudkan dengan dilaksanakan pembinaan terhadap suku dan etnis yang merupakan salah satu menyatukan suku dan etnis yang ada di Kabupaten Bima di samping itu dilaksanakan kegiatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan beragama serta orianrasi pelaksanaan pembauran bidang pendidikan kesadaran masyarakat akan nilai luhur budaya bangsa. Capaian sasaran ini terdatanya lembaga – lembaga atau ormas – ormas yang ada dan masih aktif berperan sesuai dengan fungsi dan bidang masing – masing. Capaian Sasaran Pelaksanaan program pencegahan dini dan penanggulangan konflik adalah salah satu tugas Badan Kkesatuan Bangsa Politik dan Pelindung Masyarakat Kab Bima. tokoh agama. Sasaran 5 : Meningkatnya keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat. g. hal ini di dukung oleh sumber dana yang ada Dan SDM serta partisipasi tokoh masyarakat. Capaian sasaran ini adalah adannya dukungan dan kemitraan lembaga – lembaga organisasi yang mampu menjalin hubungan yang baik dalam berbagai kegiatan dan menciptakan kondisi yang harmonis antaran lembaga organisasi dan pemerintah sehingga terwujud kepemerintahan yang baik. LSM dan revitalisasi peran dan bantuan parpol serta pembinaan ketahanan sosial budaya daerah. Kegiatan ini telah mencapai target 100%. suku dan agama serta etnis. f.53 e.

Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan untuk tetap utuhnya NKRI. h. etnis dan golongan. d. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pengaruh luar idiologi lain yang bertentangan dengan pancasila dan UUD 1945. dan ormas yang ada. Mengembangkan sistim informasi yang tepat dan cepat. . Meningkatnya profesionalisme pegawai. Meningkatkan peran partai politik. Analisa capaian tujuan dilaksanakan analisa capaian yang secara menyeluruh semua kegiatan pada tahun 2012 pencapaian presentase hasil adalah 100% hal ini didukung oleh beberapa tujuan dan sasaran adalah : a. Mengalisis dan mengevaluasi kegiatan administrasi perkantoran. Sasaran 8 : Peningkatan pemahaman dan kesadaran pengurus organisasi politik dalam melakukan pendidikan politik untuk masyarakat. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu hidup rukun dan tentram antara semua pemeluk agama. 1. pemerintah dan para LSM. politik lebih banyak menyangkut pelaksana pemerintahan lembaga-lembaga yang harus mampu menciptakan tujuan politik yang santun demi kemasalahan masyarkat pada umumnya. h. b. c. toga.54 karna adannya dukungan dana dari SDM serta adannya pemahaman dan kerja sama yang baik antaran petugas. f. e. Disamping itu telah dilakukan pendidikan politik dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana parpol. g. toma dan tokoh pemuda sebagai pilar utama dalam memperkuat kesatuan bangsa. suku. Capaian sasaran ini dengan terlaksananya pendataan atau revitalisasi parpol yang ada di pemerintahan Kabupaten Bima sebagai wujud kesadaran poltik masyarakat Kabupaten Bima dalam berpolitik sejalan dengan etika polituk yang meningkatkan tujuan masyarakat bukan tujuan pribadi atau seseorang. Analisis Capaian Per-Tujuan. Ormas/LSM. Renofasi dan penggandaan sarana kantor serta perbaikan gedung kantor.

j. Meningkatkan peranan anggota / Linmas Inti di dalam memberikan pertolongan dan bantuan sehingga dapat mengurangi atau meminimalisir korban baik jiwa manusia maupun harta benda. k. Menyiapkan sarana dan tenaga yang diperlukan untuk memberikan pertolongan atau bantuan kepada masyarakat pada saat terjadi ancaman bencana alam. Meningkatkan peran partai politik. Meningkatkan bangsa. Meningkatkan peranan Kominda dalam mendeteksi potensi konflik dan semua masalah strategis lainya (IPOLEKSOSBUD) yang terjadi didaerah. Memberikan bimbingan dan pendidikan wawasan kebangsaan kepada generasi muda dan anggota paskibraka. sosial. Melakukan mitigasi terhadap potensi bencana alam yang mengancam keselamatan masyarakat. ketertiban dan ketentraman peranan tokoh budaya dan tokoh agama dalam mengantisipasi pengaruh globalisasi yang tidak sesuai dengan budaya . stabilitas keamanan. m. berbangsa dan bernegara. politik. mendeteksi potensi-potensi bencana dan konflik. budaya (IPOLEKSOSBUD) yang bisa menggangu stabilitas daerah. Meningkatkan masyarakat. r. p. Meningkatkan peranan forum kewaspadaan dini masyarakat ( FKDM ) dalam mengantisipasi. l. t. Mendeteksi secara dini masalah-masalah yang bisa menjadi potensi konflik horisontal dan vertikal dalam kehidupan bermasyarakat. Memfasitalisasi partai politik guna meningkatkan kemampuan dalam menyukseskan pembangunan bidang politik. q.55 i. Ormas/LSM dalam ikut serta mensuksekan pembangunan di Kabupaten Bima. n. s. o. Mengkaji dan menganalisa semua masalah yang terjadi yang mengangkut idiologi. ekonomi.

Program Pendidikan Politik Masyarakat.secara umum. Dukungan anggaran untuk pencapaian sasaran 1 sampai 8 sebesar Rp. 1.dan belanja modal sebesar Rp.057. 167.Terealisasi Rp.000. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan.781. 792. lokasi anggaran tersebut di pergunakan untuk menunjang kegiatan oprasional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima. Pagu anggaran Rp. Pengembangan Masyarakat untuk Menjaga Ketertiban dan Keamanan.741.000. program peningkatan sarana dan prasaran aparatur. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima disajikan menurut sasaran. program Pencegahan Dini dan Penanggulangan Konflik.140. Program peningkatan Disiplin aparatur.000..000. 880.119.000.56 C. Akuntabilitas keuangan pendukung capaian kinerja Badan Kesatuan Bangsa.Atau (100%) yang terbagi atas belanja pegawai sebesar Rp. .000. Program peningkatan pengembangan sistim pelaporan capaian kinerka dan keuangan.. AKUNTABILITAS KEUANGAN. yang dialokasikan kepada komponen pengelola Badan Kesatuan Bangsa. 689.000.. 23. 880..Belanja barang dan jasa Rp.. Akuntabilitas Keuangan Sasaran 1 sampai 8.(Delapan Ratus Delapan puluh Juta Rupiah) dari mata anggaran. Politik dan Perlindungan Masyarakat sebagai berikut : Program Pelayanan administrasi perkantoran.

Parpol yang Program dalam Dini Penggungulangan Konflik 880.000.000 % 100% administrasi perkantoran kinerja dan keuangan .000.000 100% dan prasarana aparatur sarana dan prasaran perkantoran Program aparatur peningkatan 25.508.000.000 116.000 6.000 73.057.781 100% Pencegahan dan 120.000 342.750 100% perkantoran PROGRAM Program pelayanan PAGU ANGGARAN RP 80. 2012 No 1 SASARAN Terwujudnya pelaksanaan administrasi yang prima 2 Terpeliharanya yang memadai 3 Meningkatnya pengetahuan kemampuan aparatur 4 Terwujudnya keuangan Program pelaporan 5 Meningkatkan Pemahaman Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur budaya bangsa dan hidup bernegara 6 Terjalinya kelembagaan kemitraan dengan 7 masyarakat Peningkatan pemahaman dan peran LSM .000. Ormas serta 8.000 792.000 100% mendapat bantuan dana Pemberdayaan masyarakat Keamanan Jumlah menjaga ketertiban dan yang organisasi hubungan dan baik dan Program pemberdayaan masyarakat menjaga Program dan ketertiban Pendidikan 90.000 100% 7.000 100% Program pengembangan wawasan kebangsaan peningkatan sistim capaian 375.660.000.000 24.000.500.000 135.000.000.51 Tabel Pagu dan Realisasi Anggaran Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima TA.500.000.000.000 REALISASI ANGGARAN RP 72.000 100% yang baik dan akuntabel pengembangan dan SDM sarana Program peningkatan 22.800.000 100% Politik masyarakat untuk keamanan 160.000 20.543.000.

namun demikian di dalam pelaksanaan kegiatan masih terdapat beberapa kendala yakni terkait dengan proses pengelolaan dan penyelesaian administrasi pencairan anggaran. maka capaian kinerja Badan Kesatuan Bangsa. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima telah melakukan banyak hal dan cukup berhasil. Badan Kesatuan Bangsa. Dalam kurun waktu lima tahun pelaksanaan Rencana strategis (Renstra) Badan Kesatuan Bangsa. dan diharapkan dapat berperan sebagai alat kendali sekaligus pendorong atau pendukung terwujudnya penyelengaraan tata pemerintahan yang baik (good governance). Secara umum. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima mempunyai 26 (dua puluh enam) sasaran dan 4 (empat) tujuan strategis yang kemudian dituangkan ke dalam pelaksanaan 8 (Delapan) program.52 BAB IV PENUTUP A. maka kinerja Bakesbangpolinmas Kabupaten Bima dapat dikategorikan tercapai dengan sukses. Sebagaimana yang dijabarkan dalam Rencana Strategis Tahun 2012-2016. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Kesimpulan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah terhadap tujuan reformasi bangsa Indonesia. Badan Kesatuan Bangsa. dan juga kinerja tujuan komulatif adalah 100 %. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima yang merupakan bagian dari institusi pemerintah daerah menyusun LAKIP sebagai wujud pertanggungjawaban atas kinerja yang memberikan gambaran tentang perkembangan capaian kinerja. baik yang berkaitan dengan kontekstualisasi persoalan maupun komitmen terhadap upaya menata kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Bima yang diukur dari capaian kinerja sasaran komulatif adalah 100%. Oleh karena itu. Memperhatikan angka komulatif dari masingmasing kinerja tersebut. Namun dalam implementasinya masih terdapat permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian dan penyelesaian. pelaksanaan program/kegiatan Tahun 2012 berdasarkan tugas pokok dan fungsi Badan Kesatuan Bangsa. misalnya Proses pencairan .

Bima ke depan dalam menerapkan manajemen kinerja dan keuangan. Dalam rangka menunjang penerapan sistem SAKIP yang baik maka perlu mengatasi berbagai persoalan sebagaimana yang telah diuraikan di atas. muncul pula beberapa permasalahan didalam evaluasi penerapan LAKIP. Diperlukan sarana dan prasarana yang memadai terutama sarana transportasi perjalanan Dinas. Diperlukan tambahan biaya untuk keamanan dan ketertiban masyarakat 3. B. Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten pemerintahan yang baik. antara lain seperti kurang tertibnya dalam melengkapi dan menyusun dokumen-dokumen RPJMD. Di bawah ini diuraikan beberapa saran-saran sebagai berikut: Contoh Saran-saran 1. Sebagai tindak lanjut dan upaya pemecahan masalah dilakukan penataan administrasi. peningkatan kapasitas dan kualitas aparatur pemerintah daerah secara terprogram dan berkelanjutan guna mendukung kinerja Badan Kesatuan Bangsa.53 Disamping itu. keselarasan program dan sasaran. Saran-Saran. Perlu dilakukan upaya nyata untuk peningkatan pemahaman tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. serta kemampuan praktis dalam menyusun dokumen-dokumen kinerja seperti memberikan pelatihan dan bimbingan SAKIP secara komprehensif kepada Aparatur 2. sehingga pada gilirannya dapat mewujudkan . dan sebagainya. Rencana Kerja (Renja) serta masih kurang tepat dalam perumusan indikator. misalnya belum adanya Rencana Kinerja Tahunan. dokumen kinerja.

POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT Jalan Soekarno Hatta Nomor 167 Raba-Bima. suku ethis dan berbagai kelompok 4 Kali Terpeliharanya Sarana dan Prasarana yang memadai guna kelancaran Tugas Meningkatnya Kemampuan dan Keahlian SDM Apatarur 115 Org 12 Dok Peningkatan Pengembangan sistem Pelaporan Capaian Pelaporan Pencapaian Kinerja Keuangan yang lancara dan tetap waktu 48 Kali TARGET 4 92 Kali SASARAN STRATEGIS 2 Pelayanan Administrasi Perkantoran . RENCANA KINERJA TAHUN 2012 BADAN KESATUAN BANGSA. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT SATUAN PERANGKAT DAERAH TAHUN AJARAN NO 1 1 2 3 4 5 : BADAN KESATUAN BANGSA...BADAN KESATUAN BANGSA. (0374) 43043 E-mail :.. PEMERINTAH KABUPATEN BIMA . Fax. Nusa Tenggara Barat (84115) Telp (0374) 43043.. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT : 2012 INDIKATOR KINERJA 3 Optimalissi Kinerja Pelayanan Administrasi Perkantoran yang cepat dan lancar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Peningkatan Disiplin Aparatur Kinerja dan Keuangan Pengembangan Wawasan Kebangsaan Terciptanya toleransi antar agama. Website :.

AHMAD NIP 196007211992031010 .masyarakat 6 7 8 Pemberdayaan Masyarakat untuk Menjaga Ketertiban dan Semua potensi konflik dapat terdeteksi dan teratasi secara dini sehingga Kemanan Pendidikan Politik masyarakat Pencegahan Dini dan Penanggulangan koflik tercipta kemanan. ketertiban dan ketentraman di masyarakat Terciptanya budaya politik yang sehat dan demokratis sesuai dengan Undang-undang Terdeteksinya setiap potensi bencana alama dan bencana sosial dapat dideteksi secara dini 92 Kali 4 Kali 4 Kali Raba-Bima. 2013 Kepala Badan Kesbang. SYAFRUDDIN H. Drs. Pol dan Linmas Kabupaten Bima.

000.. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT SATUAN PERANGKAT DAERAH TAHUN AJARAN NO 1 1 Terwujudnya SASARAN STRATEGIS 2 sasaran perkantoran yang prima 2 3 alncar dalam : BADAN KESATUAN BANGSA.000..000.500.pelayanan prasarana kepada yang PROGRAM /KEGIATAN 5 administrasi ANGGARAN 6 80.. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT Jalan Soekarno Hatta Nomor 167 Raba-Bima.500.BADAN KESATUAN BANGSA. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT : 2012 INDIKATOR KINERJA 3 TARGET 4 92 Kali Peningkatan perkantoran 48 Kali 68 Orang Peningkatan sarana dan prasarana aparatur Peningkatan disiplin aparatur 25.- .. Nusa Tenggara Barat (84115) Telp (0374) 43043. PEMERINTAH KABUPATEN BIMA PENETAPAN KINERJA BADAN KESATUAN BANGSA. Website :.000.22.000. Fax. (0374) 43043 E-mail :.- administrasi Pelayanan administrasi perkantoran yang cepat dan memberikan sarana dan masyarakat Terpenuhinya sarana dan prasarana Terpeliharanya aparatur yang memadai aparatur serta kesadaran dan tanggung jawab memadai guna kelancaran tugas Meningkatnya kualitas Sumber daya Terwujudnya aparatur yang berkualitas 4 Terwujudnya kinerja keuangan yang peLaporan capaian kinerja keuangan yang lancar akuntabel dan tepat waktu 12 Dokumen Peningkatan system capaian pengembangan kinerja dan 7.000.

781.000.000.dengan lembaga Legislatif. 880.000. Pemberdayaan kantibmas masyarakat dalam menjaga 4 Kali Pemberdayaan masyarakat untuk 160.000.000.000. Yayasan dan Partai Terciptanya komunikasi timbal balik yang harmonis pertemuan kebangsaan Jumlah Anggaran Tahun 2012 : Rp. Ormas dan LSM.000.057. 2013 Kepala Badan Kesbang. suku dan etnis 6 Melakukan deteksi dini setiap gejala Semua potensi konflik dapat terdeteksi dan teratasi pada terganggunya stabilitas daerah 7 8 Politik Masyarakat JUMLAH dan ketentraman di masyarakat 4 Kali pertemuan 12 kali Pencegahan Dini dan 120. bernegara dan suku dan etnis dalam masyarakat bermasyarakat bagi semua pemeluk agama. SYAFRUDDIN H.762. FERRY ZULKARNAIN.pertemuan Penaggulangan Konflik Pendidikan politik Masyarakat 90.kehidupan berbangsa. Pol dan Linmas Kabupaten Bima.000. 4 Kali Pengembangan wawasan 375. AHMAD NIP 196007211992031010 . LSM.000. ST Drs.000.dan potensi ancaman yang mengarah secara dini sehingga tercipta kemanan.(Tujuh Ratus Enam Puluh Dua Juta Lima Puluh Tujuh Ribu Tijuh Ratus Delapan Puluh Satu Ruupiah) Bima.000. Bupati Bima. ketertiban pertemuan menjaga KAMTIBMAS Ormas.keuangan 5 Meningkatnya kesadaran dalam Terciptanya toleransi inter/antar pemeluk agama.000. H.880.(Delapan Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah) Realisasi AnggaranTahun 2012 : Rp.

000. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT SATUAN PERANGKAT DAERAH TAHUN AJARAN NO 1 1 2 3 4 5 prima memadai daya aparatur Terwujudnya kinerja keuangan yang akuntabel Meningkatnya kesadaran dalam : BADAN KESATUAN BANGSA. Fax.- % 6 81 % 93 % 98 % 75 % 91 % Terwujudnya sasaran administrasi perkantoran yang Pelayanan administrasi perkantoran yang cepat dan Terpenuhinya sarana dan prasarana aparatur yang Terpeliharanya sarana dan prasarana yang memadai guna kelancaran tugas aparatur peLaporan capaian kinerja keuangan yang lancer dan tepat waktu kehidupan Terciptanya toleransi inter/antar pemeluk agama.508.750. Nusa Tenggara Barat (84115) Telp (0374) 43043.000. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT : 2012 SASARAN STRATEGIS 2 INDIKATOR KINERJA 3 alncar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat TARGET 4 92 Kali 48 Kali 68 Orang 12 Dokumen 5 Kali pertemuan REALISASI 5 72. (0374) 43043 PEMERINTAH KABUPATEN BIMA PENGUKURAN KINERJA BADAN KESATUAN BANGSA.000. bernegara dan bermasyarakat bagi semua dan etnis dalam masyarakat Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan sumber Meningkatnya kemampuan dan keahlian sumber daya .24.BADAN KESATUAN BANGSA.6.20. suku berbangsa.543.946.031.000.000. POLITIK DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT Jalan Soekarno Hatta Nomor 167 Raba-Bima.342.

(Delapan Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah) Realisasi AnggaranTahun 2012 : Rp.057.stabilitas daerah yang baik dengan Ormas. FERRY ZULKARNAIN. Pol dan Linmas Kabupaten Bima. 880.762.000.800. H.73.000.(Tujuh Ratus Enam Puluh Dua Juta Lima Puluh Tujuh Ribu Tijuh Ratus Delapan Puluh Satu Rupiah) Bima. suku dan etnis 6 Melakukan deteksi dini setiap gejala dan potensi Semua potensi konflik dapat terdeteksi dan teratasi ancaman 7 yang mengarah pada terganggunya secara dini sehingga tercipta kemanan.pemeluk agama. LSM dan Parpol 8 12 Kali 135.- 82 % Terjalinnya hubungan kelembagaan dan kemitraan Terwujudnya budaya politik yang sehat dan demokratis sesuai dengan undang-undang 78 % Melkukan deteksi dini setiap gejala dan potensi Semua potensi konflik dapat terdeteksi dan teratasi ancaman yang mengarah pada terganggunya secara dini sehingga tercipta kemanan.781. ketertiban dan ketentraman di masyarakat stabilitas daerah 97 % Jumlah Anggaran Tahun 2012 : Rp.000. Bupati Bima.660.000. ketertiban dan ketentraman di masyarakat 4 Kali pertemuan 4 Kali pertemuan 116. AHMAD NIP 196007211992031010 . 2013 Kepala Badan Kesbang. ST Drs.600.000. SYAFRUDDIN H.

Memperdayakan masyarakat dalam memperkokoh daya rekat komunitas. PROGRAM KEGIATAN 7 Peningkatan Perkantoran Adm 1 1 2 a.RENCANA STRATEGIK (RS) TAHUN 2010 S/D 2015 INSTANSI VISI MISI : : : BADAN KESBANG. prasarana kantor yang 2 Terlaksananya perbaikan gedung kantor. POL DAN LINMAS KABUPATEN BIMA TERWUJUDNYA HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM SEGALA ASPEK MELALUI ANTISIPASI POTENSI KONFLIK DAN PENANGANAN SECARA DINI KERAWANAN SOSIAL POLITIK SERTA MELUPAKAN SEGALA PERBEDAAN a. Meningkatkan profesionalisme a. Mengembangkan peran serta dan partisipasi politik masyarakat. b. Membangun kebersamaan dan silahturahmi serta solidaritas sosial dalam kehidupan sehari-hari. Peningkatan dan tertibnya pengelolaan Pegawai. administrasi di sekretariat. Fasilitasi pemantapan kebangsaan. Toma. Masyarakat daerah rawan horizontal di Kab. NO TUJUAN URAIAN STRATEGIS TARGET 5 1 tahun KEBIJAKAN 6 a. LAKIP dan MUSRENBANG Tingkat Kecamatan. Mengembangkan upaya dialogis dan kebebasan berpendapat untuk memecahkan setiap masalah dalam rangka keutuhan masyarakat. konflik a. b. Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan capaian kinerja dan Keuangan Idiologi dan Wawasan Kebangsaan 3 Sistem administrasi perkantoran berjalan lancar Administarasi perkantoran berjalan dengan baik dan lancar. Meningkatkan profesionalisme Pegawai. RENSTRA. Bima. Sarana dan memadai. SASARAN STRATEGIS URAIAN 3 INDIKATOR 4 Tersusunnya Buku Laporan RENJA. c. Toga. nyaman. Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda. Menganalis dan mengevaluasi kegiatan administrasi perkantoran. Terciptanya keseragaman bagi semua Pegawai. Mengembangkan system informasi yang tepat dan sesuai. b. Terciptanya lingkungan kerja yang yang tepat dan sesuai. 1 tahun 4 wawasan a. a. Renovasi dan pengadaan sarana dan prasarana kantor serta perbaikan gedung kantor Menganalis dan mengevaluasi kegiatan administrasi perkantoran a. c. 1 tahun . Mengembangkan system informasi b. 1 tahun Renovasi dan pengadaan sarana dan prasarana kantor serta perbaikan gedung kantor.

b. d. Lembaga Legislatif. d. Ormas dan LSM. Parpol. Melakukan diteksi dini dan kajian menunjang kebijaksanaan 1 tahun a. Mengidentifikasi. Mengembangkan kerjasama dan kemitraan dengan media massa dalam penyebaran informasi kesatuan bangsa dan linmas. Pengurus organisasi pemuda. Pembentukan Forum Umat beragama. menimbulkan kesenjangan situasi dan kondisi konflik serta b. e. Bima. Sosialisasi UU politik pada Toga. 1 tahun 5 a. Memantapkan kesadaran berbagsa dan bernegara melalui pembauran bangsa dan wawasan kebangsaan. LSM. Ormas dan LSM di Daerah serta Toga/ Toma. Optimalisasi peran Orpol. c. Pemberdayaan Ormas/LSM. Menganalisis. 6 a. Sosialisasi bahaya Narkoba kepada Generasi Muda. Toma dalam rangka integrasi komunitas/bangsa. Fasilitasi kebijakan pelaksanaan hubungan Eksekutif dengan Lembaga Legislatif. Pembinaan ketentraman dan dengan nilai-nilai yang telah daerah rawan sosial keamanan. a. Suku/Etnis dan Siswa SMA sebagai pemilih umum. Dialog interatif dan pencerahan secara priodik. c. a. Toga/Toma dan TNI/Polri sebagai pilar utama yang mendorong dan memperkuat daya rekat komunitas/kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat. Toma dalam rangka mensukseskan Pemilu. Siswa SLTA di Kab. Meningkatkan peran Parpol. Mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam perbedaan. Meningkatnya kesadaran masyarakat tentang Undang-undang Politik. organisasi Se Kab. Perguruan tinggi. g. memprediksikan a. monitoring dan evaluasi Ormas. Peningkatan pelaksanaan pembauran b. Bima. f. e. Pendataan dan identifikasi masalah pemantapan wawasan kebangsaan dan pembauran bangsa. b. h. b. bangsa. a. Sosialisasi wawasan kebangsaan. Terakomodir/teradaptasinya a. Ormas. Memfasilitasi kegiatan infrastruktur Bina Politik dan sosial politik guna memacu kualitas dan Kemasyarakatan kemandiriannya. d. Penanganan konflik dan kerawanan perubahan yang terjadi dan tidak dan mempetakan perkembangan sosial keamanan (kontijensi). b. Refitalisasi peran Orpol. Mempetakan perkembangan Perlindungan Masyarakat situasi dan kondisi konflik serta kerawanan sosial di daerah. Penyelenggara Pemilu. Memelihara dan mengembangkan kerukunan sosial antar dan internal umat beragama. LSM. LSM dan Partai Politik. f. Koordinasi antar lembaga pada supra struktur politik dan infra struktur politik. Instansi Lembaga Pemerintah. b. etnis. Toga. b. c. c. Orientasi tenaga pelaksana pembauran demokratisasi dan ketahanan bangsa bidang pendidikan. dan Etnis. e. Toga dan Toma. ketertiban masyarakat dalam melembaga dalam masyarakat b. Fasilitasi peningkatan upaya kemasyarakatan dan lain-lain.b. c. b. Suku. Ormas. Ormas/LSM. Bima pembentukan Forum Perdamaian Kec. mengevaluasi situasi dan kondisi rawan konflik . d. suku dan kelompok-kelompok masyarakat lainnya sebagai potensi bangsa. Terdatanya semua Ormas/LSM seKab. Peningkatan peran Toga/Toma. Ormas/LSM sebagai perekat komunitas bangsa yang antara lain diarahkan pada materi responsif zender. Ormas/LSM. Pendataan ulang. Refitalisasi peran Toga/Toma. c. Toma. Toga.

Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA). f. Tanggap darurat bencana alam. Drs. Mengembangkan system informasi dalam penanggulangan daerah rawan konflik dan daerah rawan sosial keamanan Meningkatkan kesiagaan dalam penanggulangan dalam berbagai bencana. Pol dan Linmas Kabupaten Bima. HUT NTB. Mengembangkan kemitraan dalam (Komunitas Intelijen Daerah) Kab. Meningkatkan peran KOMINDA c. Memantapkan peran dan fungsi satuan pelaksana penanggulangan bencana ( SATLAK PBP). Bima. d. c. serta rawan sosial di daerah. Tetap eksisnya kehidupan kolektif komunitas dalam keperbedaan dan terbangunnya toleransi sesama warga dalam konteks keyakinan serta terbangunnya situasi dan kondisi yang tidak saling memarjinalkan. f. k. linmas. Hari Jadi Bima dan Pelatihan Paskibraka. g. SYAFRUDDIN H. e. membina keamanan dan ketentram di Bima. AHMAD NIP 196007211992031010 . b. Diklat dan Santi Aji Linmas menghadapi Pemilihan Gubernur. g. Tercegahnya brutalisme dan kekerasan di tengah kehidupan kolekitf dan terpeliharanya ketentraman dan tibum. Membentuk sitem perlindungan masyarakat dalam menangulangi berbagai ancaman. d. c. Pemberdayaan kemitraan peran d. strategis terhadap berbagai gejala. Sosialisasi rencana Hak Azasi Manusia (RANHAM). d. daerah. Peningkatan analisis dan pengkajian serta penanganan masalah strategis daerah. Kewaspadaan dini masyarakat dalam media masa dalam penyebaran rangka penjabaran Peraturan informasi kesatuan bangsa dan Mendagri Nomor : 12 Tahun 2006.serta tercegahnya masyarakat dari konflik horizontal. Mendapatkan data yang lebih awal dan akurat sehingga diharapkan akan tercipta tindakan penanganan dan antisipasi secara tepat dan cepat sehinga tugas dapat diselesaikan dengan cepat. e. j. Meningkatkan profesionalisme satuan linmas.Penanganan Konflik. c. TIBMAS. Peningkatan sarana operasional Satlak PBP dan pembentukan pembinaan Team Reaksi Cepat (TRC). 2013 Kepala Badan Kesbang. h. i. Perjalanan dinas dalam daerah dalam rangka monitoring di desa rawan konflik (potensi konflik). pemerintah di bidang pertahanan gangguan IPOLEKSOSBUD dan dan keamanan.

Pendataan dan Revitalisasi Peran Ormas dan LSM a. Pembentukan Forum Umat beragama. Terciptanya komunikasi timbal balik politik dan infra struktur politik. Se Kab. Tetap eksisnya kehidupan kolektif komunitas dalam keperbedaan. pembentukan Forum Perdamaian Kec. lintas agama. yang harmonis dengan lembaga b. a. Peningkatan dan Pencegahan Potensi Konflik c. c. a. Administarasi perkantoran berjalan d. Tercegahnya brutalisme dan kekerasan di tengah-tengah kehidupan kolektif. b. Terlaksananya perbaikan gedung prasarana kantor serta perbaikan gedung kantor. kantor c. a. Sosialisasi wawasan kebangsaan. Peningkatan Pemahaman 1 Kali 1 tahun . POL DAN LINMAS : 2013 SASARAN INDIKATOR KINERJA TARGET PROGRAM URAIAN KEGIATAN INDIKATOR KINERJA 7 SATUAN TARGET KET 1 1 2 3 4 1 Tahun 5 Kesekretariat 6 a. c. g. Perkantoran. b. monitoring dan evaluasi Legislatif. Perkantoran yang baik Prasarana Aparatur c. Pendataan ulang. Perkantoran b. Tersusunnya Buku Laporan RENJA. Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya bangsa. dan Etnis. Toga. f. Bela Negara Bagi Generasi Muda c. Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-nilai Luhur Budaya Bangsa (PASKIBRAKA) d. Terdaftarnya Jumlah LSM Ormas dan Yayasan b. Mengemukanya tema-tema kegiatan lintas suku. Renovasi dan pengadaan sarana dan b. Toleransi dan Kerukunan dalam Hidup Beragama yang baik b. Tingkat Kecamatan. Koordinasi antar lembaga pada supra struktur a. Terbangunnya tolelansi sesama warga dalam konteks keyakinan. Peningkatan Sarana dan Terlaksanannya sistem Adm. d. Mengembangkan system informasi yang tepat RENSTRA. Terpliharanya ketentraman dan ketertiban umum. Bima. c. Meningkatkan profesionalisme Pegawai. f. Peningkatan Toleransi dan an Wawasan Kerukunan dalam Kehidupan Kebangsaan Beragama b. Suku. Menekan Potensi Konflik di masyarakat d. Pendataan dan identifikasi masalah pemantapan wawasan kebangsaan dan pembauran bangsa. LAKIP dan MUSRENBANG dan sesuai. b. e. d.RENCANA KERJA TAHUNAN (RKT) SKPD TAHUN NO URAIAN : BADAN KESBANG. Dialog interatif dan pencerahan secara priodik. Tercegahnya masyarakat dari konflik horizontal. Menganalis dan mengevaluasi kegiatan dengan baik dan lancar. Ormas dan LSM. Pembinaan Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda. Terbangunnya situasi dan kondisi yang tidak saling memarjinalkan. lintas etnis dan lintas kelompok lainnya dalam masyarakat. Orientasi tenaga pelaksana pembauran bidang pendidikan. Kinerja Administrasi Optimalisasi Pelayanan Adm. Peningkatan Pengembangan sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan a. Farum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB) 1 Kali 1 tahun 3 1 Tahun Pendidikan politik Masyarakat a. Toma. administrasi perkantoran a. 2 1 Tahun Pengembang a. e. Peningkatan 8 1 Kali 9 1 tahun 10 a.

agama. Yang stabil. g. Komunitas Intelijen Daerah n Potensi dan (KOMINDA) Pemeliharaan KAMTIBMAS 4 Kali 1 tahun b. c. Optimalisasi peran Orpol. Ormas. Suku/Etnis dan Siswa SMA sebagai pemilih umum. Mendapatkan data yang lebih awal dan akurat sehingga diharapkan akan tercipta tindakan penanganan dan antisipasi secara tepat dan cepat sehinga tugas dapat 4 Kali c. c. Ormas. Terjalinnya hubungan koordinasi yang terpadu antar instansi dan lembaga penyelenggara pemilu. Toma. Terpetanya daerah rawan konflik sehingga mudah dalam penanganannya. Terciptanya stabilitas keamanan dan stabilitas sosial dalam rangka supremasi hukum. f. Peningkatan analisis dan pengkajian serta penanganan masalah strategis daerah. Tercapainya Pemahaman dan Kapasitas sebagai Anggota Parpol b. g. Kewaspadaan dini masyarakat dalam rangka penjabaran Peraturan Mendagri Nomor : 12 Tahun 2006. Terciptanya kondisi SBAEK yang baik b. Diperoleh data/informasi perkembangan situasi/kondisi secara dini sehingga dapat diambil tindakan kebijakan dalam penanganan permasalahan. d. Mengidentifikasi. 1 Tahun Pemberdayaa a. terhadap Ormas b.2018 4 a. b. Monitoring Sosial. Diklat dan Santi Aji Linmas menghadapi Pemilihan Gubernur. LSM. Meningkatkan peranan dan kesadaran Media masa dalam pemberiataan. d. Toma dalam rangka mensukseskan Pemilu. Tercapainya kehidupan sosial. Adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah dan Porpol dalam membangun Daerah a. e. f. brutalisme dan kekerasan di tengah kehidupan kolekitf dan terpeliharanya ketentraman dan tibum. h. g. Terjalinnya hubungan yang harmonis antar LSM dengan Pemerintah. i. Penanganan Konflik. 1 Kali a. e. Memperoleh bahan untuk pengambilan kebijaksanaan yang cepat dan tepat. Mengembangkan kemitraan dalam membina keamanan dan ketentram di daerah. Tercapai Kondisi PILKADA yang aman dan terkendali a. Melakukan diteksi dini dan kajian strategis terhadap berbagai gejala. g. Refitalisasi peran Orpol. 1 Kali d. c. Terbentuknya Forum Toga/Toma. Ormas/LSM. f. b. Tanggap darurat bencana alam. Sosialisasi UU politik pada Toga. e. memprediksikan dan mempetakan perkembangan situasi dan kondisi konflik serta daerah rawan sosial keamanan. Komunitas Intelijen Daerah (KOMINDA). a. Sosialisasi bahaya Narkoba kepada Generasi b. Memudahkan arus penerimaan dan pengiriman informasi. Memperoleh bahan untuk pengambilan kebijaksanaan yang cepat dan tepat. Refitalisasi peran Toga/Toma. LSM. LSM dan Partai Politik. Tenaga Intel dan instansi terkait/petugas lapangan yang ada di Bakesbang Linmas. budaya. gangguan IPOLEKSOSBUD dan TIBMAS. Budaya. Toga. Ormas/LSM sebagai perekat komunitas bangsa yang antara lain diarahkan pada materi responsif zender. c. ekonomi masy. Monitoring PILKADA Gubernur tahun 2013 .Ormas. Toma dalam rangka integrasi komunitas/bangsa. Toga. b. Pembinaan dan Verifikasi Parpol yang mendapat bantuan dari Pemerintah Tugas LSM. Terciptanya stabilitas keamanan dan stabilitas sosial dalam rangka supremasi hukum. d. Daerah rawan konflik dan rawan sosial keamanan. Terdatanya Jumlah TPS b. Agama dan Eakonomi Masyarakat Muda. e. h. d. f. Penanganan dan Pencegahan a. Peningkatan peran Toga/Toma. a. Meningkatnya kesadaran Politik masyarakat. Tercegahnya Potensi Konlik 4 Kali . Terakurasinya data Ormas/LSM. b.

b.5 a. Mendapatkan data yang lebih awal dan akurat sehingga diharapkan akan tercipta tindakan penanganan dan antisipasi secara tepat dan cepat sehinga tugas dapat diselesaikan dengan cepat. SYAFRUDDIN H. Peningkatan sarana operasional Satlak PBP dan pembentukan pembinaan Team Reaksi Cepat (TRC). Anggota b. Drs. 1 Tahun Peningkatan Kemampuan / Kesejahteraan Petugas Kamtibmas Peningkatan Kesejahteraan Anggota Linmas Inti Kab Bima a. Perjalanan dinas dalam daerah dalam rangka monitoring di desa rawan konflik (potensi konflik). Terakomodir/teradaptasinya perubahan yang terjadi dan tidak menimbulkan kesenjangan dengan nilai-nilai yang telah melembaga dalam masyarakat serta tercegahnya masyarakat dari konflik horizontal. Pol dan Linmas Kabupaten Bima. 2013 Kepala Badan Kesbang. c. AHMAD NIP 196007211992031010 . Tetap eksisnya kehidupan kolektif komunitas dalam keperbedaan dan terbangunnya toleransi sesama warga dalam konteks keyakinan serta terbangunnya situasi dan kondisi yang tidak saling memarjinalkan. kesejahteraan Linmas Inti 4 Kali 1 tahun Bima. d. Tercegahnya brutalisme dan kekerasan di tengah kehidupan kolekitf dan terpeliharanya ketentraman dan tibum. Terpenuhinya diselesaikan dengan cepat.

4.07 Dsn. Langgudu Kab. Bima dan sdra H. tani Rt.07 Dsn. 2. tiang milik sdra Ishaka. Bima yang disebabkan arus pendek. 06/03 Desa Soki Kec. Hala. Belo Kab. Bima yang dilakukan oleh Ayah Kandungnya Sdra Busran M. Bima. Kasus ini sudah ditangani oleh pihak Kepolisian Kec. Sakolo Desa Laju. . Langgudu Kab. Pada Tanggal 11 Januari 2012 Pukul 11.00 Wita telah terjadi pembunuhan terhadap anak kandungnya an. 02/07 dusun diha Desa Ncera Kec. Yani. Kec. kejadian ini disebabkan oleh kedua orang tuanya berkelahi tiba-tiba bapak korban melempar isterinya sehingga mengenai korban (anaknya) dan mengalami luka robek pada bagian kepala hingga meninggal dunia. Rt. Langgudu dan menahan pelaku (ayah kandung korban). 27 tahun. tani Rt. Bima yang dilakukan sdra Kalimutu. Belo Kab.45 Wita telah terjadi hujan deras disekitar Desa Soki dn Desa Ncera dan sdra Salahudin bersama temanya sdra Habibi Desa ncera melaksanakan mandi hujan dijalan raya lintas Desa Soki dan Desa Ncera tiba-tiba sdra Kalimutu melemparkan batu ke arah sdra Salahudin sehingga jatuh dan meninggal di TKP. 57 tahun.45 tahun . Akibat kejadian tersebut sdra Salahudin mengalami luka pada dada dan luka robek di mulut sedakan pelaku sdra Kalimutu melarikan diri dan masih dalam pencarian pihak Kepolisian untuk situasi di TKP aman terkendali dan sudah diturunkan pihak Polres Kabupaten dan Brimob untuk melaksanakan pengamanan TKP. Bima pada saat mandi hujan dan sdra Kalimutu melakukan pelemparan dengan batu ke arah sdra Salahudin hingga jatuh dan meninggal. 01/05 dusun diha Desa Ncera Kec. tani Rt. Perempuan. 08/05 Dusun Diha Desa Ncera Kec.DATA KONFLIK TAHUN 2012 Selama tahun 2012 di beberapa Desa dan kecamatan di Kabupaten Bima terjadi beberapa kasus konflik atau perkelahian antar Desa (konflik Horizontal) antara lain: 1. Rt. 25 tahun. 30 tahun. Pada Tanggal 13 Januari 2012 Pukul 16. tani.tani Rt. 18 Bulan. Sakolo Desa Laju Kec. Kronologis kejadian pada Pukul 15. Belo Kab. 3. Nor. Belo Kab.00 wita telah terjadi pembunuhan terhadap sdra Salahudin.

5.

Kronologis kejadian, pada saat kejadian kebakaran pemilik rumah tidak ada ditempat dan api dapat dipadamkan pada Pukul 20.00 wita oleh 2 unit mobil pemadam kebakaran Kab. Bima dan di bantu warga setempat. Akibat kejadian tersebut Dua Unit Rumah terbakar Kerugian : a. Korban jiwa b. Materil c. Kerugian : Nihil : 2 unit Rumah terbakar bersama perabot rumah tangga. : ± 50 juta

6.

Pada Tanggal 21 Januari 2012 Pukul 15.30 Wita telah terjadi perkelahian antara Sdra. Kaharudin, 55 tahun, tani, Dsn Tengge Desa Tolowata Kec. Ambalawi Kab. Bima dengan Sdra. Nurdin, 55 tahun, Dsn Tengge Desa Tolowata Kec. Ambalawi,

7.

Kronologis kejadian :Sdra. Nurdin memperkosa anaknya Sdra Karahudin an. Sumanti, 27 tahun, gadis idiot dan bisu perbuatannya di ketahui oleh orang tuanya sehingga terjadi perkelahian menggunakan parang kedua korban di larikan di Puskesmas Ambalawi. TKP dalam penjagaan dan permasalahannya sedang di tangani Polsek Kec. Ambalawi. akibatnya kedua belah pihak mengalami luka parah di bagian kepala, punggung, kaki dan telapak kaki terbelah,

8.

Pada Tanggal 31 Januari 2012

Pukul 16.00 Wita

telah terjadi pembunuhan

terhadap sdra Salahudin, 27 tahun, tani Rt. 02/07 dusun diha Desa Ncera Kec. Belo Kab. Bima yang dilakukan sdra Kalimutu, 25 tahun, tani Rt. 06/03 Desa Soki Kec. Belo Kab. Bima pada saat mandi hujan dan sdra Kalimutu melakukan pelemparan dengan batu ke arah sdra Salahudin hingga jatuh dan meninggal.
9.

Kronologis kejadian pada Pukul 15.45 telah terjadi hujan deras disekitar Desa Soki dn Desa Ncera dan sdra Salahudin bersama temanya sdra Habibi Desa ncera melaksanakan mandi hujan dijalan raya lintas Desa Soki dan Desa Ncera tiba-tiba sdra Kalimutu melemparkan batu ke arah sdra Salahudin sehingga jatuh dan meninggal di TKP.

Akibat kejadian tersebut sdra Salahudin mengalami luka pada dada dan luka robek di mulut sedakan pelaku sdra Kalimutu melarikan diri dan masih dalam pencarian pihak Kepolisian untuk situasi di TKP aman terkendali dan sudah diturunkan pihak Polres Kabupaten dan Brimob untuk melaksanakan pengamanan TKP
10. Pada 080130 Mei 2012, telah terjadi pembacokan di Desa Ntonggu Kec. Palibelo

Kab. Bima terhadap Sdr. Anshari (Anak kandung kepala Kesbanglinmas Kab.Bima Drs. Syafrudin), 27 thn, Mahasiswa, Rt. 01 Rw.01 Desa Tonggorisa Kec. Palibelo Kab. Bima yang dilakukan oleh orang tak dikenal pada saat acara orhen yang terindikasi pelaku dan korban mempunyai dendam lama dan sampai saat ini pelaku pembacokan belum ditangkap.
11. Akibat kejadian, Sdr. Anshari , 27 thn, Mahasiswa, Rt. 01 Rw.01 Desa Tonggorisa

Kec. Palibelo Kab. Bima mengalami luka bacok dibagian tilang rusuk sebelah kiri tembus kebelakang dan saat ini korban masih dirawat di RSUD Bima, sementara pelaku pembacokan masih dalam penyelidikan dan pengejaran pihak Kepolisian.
12. Pada Pukul 15.30 wita Masyarakat Desa Teke memblokir jalan menuju Desa

Ntonggu sampai sekarang karena belum terungkap pelaku pembacokan.
13. Pada 230910 September 2012 telah terjadi Pembacokan di Ds Renda Kec. Belo

Kab.Bima telah terjadi kasus penganiayaan dgn sebilah parang Kronologis kejadian. Sekitar Pukul 09.10 Wita terjadi percekcokan antara Sdra Nurdin H. Muhamad 40 thn Petani Ds Roi Kec. Belo Kab. Bima ( Paman ) dgn Sdra Abdul Khaer 25 thn Petani Ds Ngali Terkait permasalahan sebidang tanah warisan keluarga yang berlanjut terjadinya saling serang dgn parang. akibat kejadian tersebut Sdra Nurdin mengalami luka bacok di tangan kiri dan di jari manis hampir putus dan di rawat di RSU Muhamadiyah Kota Bima sedangkan Sdra Abdul Khaer mengalami luka robek mulai dari telinga sampai bibir di bagian kiri dan di rawat di RSUD Raba Bima. saat ini kasus di tangani oleh Polsek Belo.
14. Pada Tanggal 17 Oktober 2012 Pukul 13.15 Wita telah terjadi perkelahian antara

Desa Dadi Bou Kec. Woha Kab. Bima dengan Desa Samili dan Desa Kalampa Kec. Woha Kab. Bima, bentrokan tersebut berawal dari penganiayaan siswa SMA N 2 Woha An. A. Hafid asal Desa Dadibou oleh rekan sekolahnya asal Desa Kalamp yang terjadi pada siang hari di sekolah setempat.

15. Akibat dari bentrokan tersebut, kerugian yang di alami oleh ke dua belah pihak

sampai dengan Tanggal 17 Oktober 2012 adalah: 1. Korban meninggal 1 (satu) orang An. Karman, 28 Tahun asal Desa Samili Kec. Woha Kab. Bima 2. Korban luka-luka 8 (delapan) orang An: a. b. c. d. e. f. g. h. Tasrif, 44 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada paha kiri. Nanang, 24 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada dada kanan. Gunawan, 23 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada punggung kanan. Mustar, 30 Tahun, Asal Desa Kalampa, luka pada kaki kiri. Ramli, 25 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada tangan kiri. Arif, 31 Tahun, Asal Desa Renda, luka pada bibir dan lidah. A. Bakar, 35 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada tungkai kaki kanan. Bakar Abdullah, 45 Tahun, Asal Desa Samili, luka pada dada kanan

3. Pada Tanggal 18 Oktober 2012 Pukul ………. Wita terjadi bentrokan lanjutan antara Desa Dadibou Kec. Woha Kab. Bima dengan Desa Samili dan Desa Kalampa Kec Woha Kab. Bima 4. Akibat dari bentrokan tersebut, kerugian yang di alami oleh ke dua belah pihak sampai dengan Pukul 17.00 Wita adalah sebagai berikut: a. b. Rajak, 30 Tahun, Asal Desa Dadibou, luka pada jempol dan telapak kaki kanan. Mursalim Hasanudin, 21 Tahun, Asal Desa Dadibou, luka pada kaki kiri Salahuddin
16. Warga dari ketiga Desa yang bertikai masing-masing mengungsi ke luar Desa dan

membawa serta barang-barang yang bisa dipikul dan ditenteng, karena merasa khawatir akan menjadi korban dari pertikaian tersebut.
17. Pada 25 Desember 2012 Pukul 14.30 Wita telah terjadi perkelahian antar kampung,

yaitu antara warga Desa Rabakodo dengan warga Desa Talabiu Kec. Woha Kab. Bima.

Imran (40) warga Desa Rabakodo. 19600721 199203 1 010 . mengalami luka rober pada dahi. SYAFRUDDIN H.18. b. KEPALA BADAN KESBANG. mengalami luka memar pada sejumlah bagian tubuhnya. Tarsan (32) warga Desa Rabakodo. yaitu: a. Arifudin (27) warga Desa Talabiu. c. AHMAD NIP. Korban dalam kejadian tersebut ada 3 orang. POL DAN LINMAS KABUPATEN BIMA Drs. mengalami luka robek pada batang hidung. bibir bagian bawah dan sejumlah benjolan pada kepala.

Lambu. Bima yang dilakukan oleh Gabungan Masyarakat Sape yang dikoordinatori oleh Sdra. jumlah massa ± 7000 orang dengan menggunakan kendaraan Mobil Truk 24 unit. jumlah massa ± 50 orang dengan tuntutan : Cabut SK Bupati Nomor 188 dan hentikan kegiatan eksplorasi Tambang Emas di Kec. Parado. Umran 22 tahun. dan Kecamatan Lambu sering terjadi aksi Demo dan Unjuk Rasa penolakan terhadap ijin tambang. Pada Pukul 11.30 Wita telah terjadi unras yang di lakukan oleh masyarakat Kec.00 Wita unras membubarkan diri dengan tertib dan aman tanpa ada yang menerima tanggapan. Bima. Pada Tanggal 04 Januari 2012 Pukul 10. Selain masalah penolakan terhadap ijin tambang. Bima dengan tuntutan segera mencabut SK 188 tentang Ijin Pertambangan.00 Wita unras membubarkan diri dengan tertib dan aman tanpa ada yang menerima tanggapan. Bima yang dilakukan oleh Forum bersama dan Mahasiswa dengan jumlah massa ± 25 orang korlap sdra Berry. Desa Ngali Kec. Bima dengan tuntutan : Agar Bupati Bima segera mundur dari Jabatannya karena tidak mampu memimpin Kabupaten Bima dan Mencabut SK Bupati Nomor 188. Desa Rato Kec. Pada Pukul 14. masalah yang masih terjadi dalam tahun 2012 walaupun tidak begitu mempengaruhi KAMTIBMAS adalah masih adanya pihak-pihak yang merasa tidak puas terhadap hasil pelaksanaan PILKADA Kabupaten Bima tahun 2010. Haris 28 tahun. Pick Up 68 unit. Lambu Kab. Mahasiswa STKIP.   Pada Pukul 12.  2. Pada Tanggal 26 Januari 2012 Pukul 12. Sape Kab.00 Wita telah terjadi unras di depan Kantor Camat Kec. Sape dan Kec. Mahasiswa Universitas mataram (UNRAM). Belo Kab. Lambu Kab.00 Wita telah terjadi unras di depan Kantor DPRD Kab.KEADAAN KAMTIBMAS DI KABUPATEN BIMA TAHUN 2012 Keadaan KAMTIBMAS DI Kabupaten Bima selama tahun 2012 relatif aman terkendali walaupun dibeberapa kecamatan seperti Wera. 37 tahun. Adapun beberapa gangguan KAMTIBMAS yang terjadi di Kabupaten Bima selama Tahun 2012 adalah sebagai bereikut: 1. Bis 1 unit dan serpeda motor ± 1000 unit Korlap Sdra. .

b. 4. Mobil Dinas Taft di rusak 1 unit. massa membakar dan melakukan pengrusakan sejumlah fasilitas antara lain : a. Pagar Kantor Bupati Bima di bongkar massa. e. Mobil kawat berduri Polri di rusak 1 unit. f.00 Wita. c. Lima unit Motor terbakar massa  Pada Pukul 14. Dalam aksinya massa melakukan penyanderaan terhadap mobil pengangkut BBM milik Pertamina sebagai tanda Anti terhadap Penanaman modal Asing yang dianggap merusak perekonomian bangsa. POL DAN LINMAS KABUPATEN BIMA Drs. Kantor KPUD terbakar 1 unit. 19600721 199203 1 010 . KEPALA BADAN KESBANG.3. i. AHMAD NIP. Lambu. Pada Pukul 15. Kab. Mobil tangki air di rusak 1 unit. Kantor Bupati Bima terbakar 1 unit.30 massa setelah membebaskan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan kembali ke Kec. g. Sape dan Kec. Bima 5.Sape dan Kec. Mobil PMK rusak 1 unit. terjadi UNRAS di Jalan Lintas Bandara – Talabiu. d. Mobil L 300 di rusak 1 unit. oleh massa dari LMND. h. SYAFRUDDIN H.30 Wita massa memaksa membuka blockade kawat berduri yang di pasang oleh aparat polres Kab Bima dan berhasil masuk. Pada Pukul 13. Bima. Lambu Kab.30 Wita massa bergerak menuju Lembaga Pemasyarakatan dan membebaskan tahanan 39 orang yang di tahan terkait kasus insiden Pelabuhan Kec. Pada Tanggal 05 Desember 2012 Pukul 10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful