STUDI TENTANG PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (SMK3) DI PT PLN PERSERO

SKRIPSI
Diajukan Untuk Memenuhi dan Melengkapi Salah Satu Syarat Dalam Menempuh Ujian Sarjana Ekonomi Program Studi Manajemen Pada Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama

Disusun oleh : NAMA NRP : GINGIN SUHARA : 02.03.027

FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA
Terakreditasi (Accredited) Peringkat “A” SK. Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 010/BAN-PT/AK-X/S1/V/2007 Tanggal 19 Mei 2007

2008

14 Januari 1985 Menerangkan bahwa skripsi yang berjudul : “Studi Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT PLN Persero”. Demikian skripsi ini dibuat sebagaimana mestinya dan benar adanya. ( GinGin Suhara ) .SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama Tempat dan tanggal lahir : GinGin Suhara : Bandung. Apabila terbukti bahwa skripsi tersebut bukan hasil pekerjaan saya sendiri. Bandung. saya bersedia menerima sanksi yang telah ditetapkan. merupakan hasil dari pekerjaan saya sendiri. Agustus 2008 Penulis.

Dosen Pembimbing : Semakin ketatnya persaingan saat ini dimana perusahaan harus meningkatkan efisiensi dan efektifitas kinerja. ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarng. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yaitu metode dalam meneliti status kelompok manusia. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah dengan melakukan wawancara dan pengamatan serta melalui penelitian kepustakaan. Achmad Hidayat. suatu objek.E. suatu sistem pemikiran. efisien dan produktif sehingga dapat mengurangi dan mengendalikan resiko kerja yang dapat merugikan seluruh pihak. S. M.ABSTRAK Judul Penelitian : Studi Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan kerja (SMK3) di PT. Tujuan penelitian yang di lakukan di PT PLN Persero ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan SMK3. dan prosedur kerja yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan kerja. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di ketahui bahwa PT PLN Persero. Dengan memperkerjakan karyawan sesuai dengan keahliannya masing-masing serta merealisasikan kebijakan K3 dengan kata-kata yang mudah di mengerti oleh karyawan dan melakukan inspeksi alat keselamatan kerja 2. maka akan tercipta tempat kerja yang aman. maka akan memaksa para pengelola perusahaan untuk dapat bersaing dengan sempurna. kebijakan. Melalui program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. artinya perushaan harus dapat mengikuti dan dan menerapkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta mampu menerapkan pengawasan/pengendalian yang sedemikian rupa. suatu set kondisi. telah menerapkan SMK3 dengan cara menetapkan beberapa peraturan. M. Selain itu juga terdapat masalah dalam penerapannya diantaranya: • Adanya pekerja yang tidak memenuhi kebijaksanaan keselamatan kerja yang di tetapkan oleh perusahaan • Adanya pekerja yang tidak memahami prosedur kerja Melalui hasil penelitian juga di peroleh beberapa solusi dari permasalahan diatas diantaranya 1. pada semua aspek agar dapat mencapai hasil yang efektif dan efisien guna menjamin kelangsungan hidup perusahaan. di harapkan akan menghasilkan sumber daya manusia yang lebih produktif agar dapat menjadi Salah satu keunggulan perusahaan di dalam menghadapi persaingan. . pedoman. Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan mengambil judul: Studi Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT PLN Persero. PLN Persero Dr. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi karyawan mengenai prosedur kerja yang telah di tetapkan serta melakukan briefing-briefing kecil saat akan melakukan tugas atau saat melakukan pekerjaan Maka dapat disimpulkan bahwa jika penerpan SMK3 dilakukan secara professional dan berkesinambungan.Phil.Com. dan untuk mengetahui bagaimana solusi dari masalah yang di hadapi perusahaan pada penerapan SMK3.

S. terima kasih dan penghargaan setinggitingginya kepada: 1. selaku Dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. S. Oleh karena itu. Ak.E. S. bantuan.Phil. Penulisan skripsi ini diajukan untuk memenuhi persyaratan untuk menempuh Ujian Sidang Sarjana Strata Satu (S-1) program studi Manajemen S-1 Fakultas Bisnis dan Manajemen Uniersitas Widyatama. M.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas anugerah yang telah diberikan selama ini. Dr. D. Namun berkat doa. Namun penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna dan masih banyak terdapat kekurangan. Didalam proses penyusunan skripsi ini penulis telah banyak mengalami hambatan dan masalah. 3.E.. . Sutoko. M.. H. tenaga serta pikiran untuk dapat memberikan bimbingan dan pengarahan kepada penulis selama penyusunan skripsi ini. Koesbandijah A. Yth Bapak Dr. 2. Penulis berharap agar skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan.. Hj. 4. M. Yth Bapak Dr. dan dorongan semangat dari semua pihak membuat penulis mampu melalui semua hambatan tersebut dan dapat menyelesaikan skripsi ini.A. Mame S. segala masukan dan kritik yang berhubungan dengan pembahasan dalam skripsi ini akan diterima dengan senang hati.M.E. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan rasa hormat. Yth Ibu Prof. sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini dengan judul : “Studi Tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT PLN Persero. Dalam hal ini penulis telah berupaya dengan sebaik mungkin guna menghasilkan sebuah karya tulis. selaku Rektor Universitas Widyatama. dukungan.A. Ir.S.K.E.Com. Yth Ibu Sri Astuti Pratmaningsih. selaku Ketua Badan Pengurus Yayasan Widyatama. Achmad Hidayat. selaku Dosen Pembimbing yang telah bersedia meluangkan waktu.

Kepada Bapak Kusnadin Beserta Istrinya .. 9. Yth Bapak Iwan Ridwansyah S.5. Seluruh Dosen dan Staf Pengajar yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan studi di Fakultas Bisnis dan Manajemen Program Studi Manajemen Universitas Widyatama. Yth Bapak H.E. 6. Eko. terima kasih atas dorongannya dan semangatnya (Thanks Cit…) 16. 7.E. terima kasih atas masukan-masukan dan semangatnya (Thanks Git…). Teman-temanku di Gaban family. 13. Seluruh Staf Sekretariat dan Perpustakaan Universitas Widyatama. 8. Kepada Kakakku dan Adikku yang memberikan semangat terus menerus. selaku pegawai PLN yang telah membantuk untuk memudahkan mendapatkan izin penelitian. selaku Ketua Proram Studi Manajemen S-1 dan D-3 Universitas Widyatama.PLN Persero yang telah meluangkan waktu. pikiran untuk membantu penulis dalam mengumpulkan data (trima kasih banyak pak!) 12. (Thanks buat supportnya selama ini. 10.. Bapak dan Ibu tercinta.. M. Yana.) 15. Tendi Haruman. Rifky. selaku pegawai PLN Cigereleng yang telah membantu memudahkan mendapatkan data-data penelitian. Bapak Muh : selaku Human Resources di PT. Kepada Citra. Roy terima kasih atas bantuan yang diberikan baik materi maupun spirit (semangat…semangat..) 14.) .. Teman-temanku dari angkatan 2003. yang telah setia memberikan dukungan dan perhatian yang begitu berharga baik materi maupun moril sehingga penulis dapat menyelesaikan studi di Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. (makasih.. Temanku Gita. S. Yth. Yth Ibu Yoyo terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan pendidikan lebih cepat.M. 17. selaku Sekretaris Program Studi Manajemen S-1 Universitas Widyatama. terimakasih atas dukungannya (Thanks Brow) 18.) 11. tenaga. Kepada Bapak Tatang dan Bapak Dedi. Semangat ya buat skrip nya.. (makasih….

Bandung. terima kasih atas dukungannya ( thanks agh… ) 20. Lukman. sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. Usman.) 21. Akhir kata penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada semua pihak yang telah membantu penulis. 22. Teman – temanku di rumah Bayu. Yanto. Teman sepak bola ku di CFC yang tidak bisa penulis sebutkan satu-satu. Sandy.19. Agustus 2008 Penulis . Dudang. Redhy. Kepada Bapak-bapak di tempat main ku di pos satpam Opuy. Budianto. Hendri dan masih banyak yang belum penulis sebutkan. Drajat terima kasih atas semangat yang telah di berikan (ntar odenk nya nyusul okei…. Serta Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang banyak memberikan bantuan untuk menyelesaikan skripsi ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful