DISUSUN OLEH

:
1. NYAI NIA PURBAYANTI (11630038) 2. LUKMAN SIDIQ (11630070) 3. RICKA MUHIBATUL M. (11630024)

Makalah ini membahas tentang partisi dan cara mempartisi hardisk dalam Windows XP dan Windows 7. . Desember 2011 N. pemisahan. Jakarta. pembagian. Dengan dibuatnya makalah ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kita tentang salah satu isi dari perangkat komputer. Pembagian harddisk menjadi beberapa bagian yang digunakan untuk mempermudah manajemen file. Tujuan penggunaan partisi adalah agar mempermudah manajemen aktivitas yang berhubungan dengan backup dan pemeliharaan index. Nia Purbayanti Lukman Sidiq Ricka Muhibatul M.PENDAHULUAN Partisi adalah Penyekatan.

Partisi adalah pengaturan data pada harddisk. karena sistem operasi tidak mengenal partisi logical sebagai Boot Table. PENGERTIAN PARTISI Partisi berasal dari bahasa inggris yaitu partition. Ø Partisi Logical Merupakan bagian dari partisi Extended. Pada partisi ini akan diberikan sebuah sistem operasi agar dapat diboot pada awal booting. PENGERTIAN HARDISK Hardisk merupakan sebuah hardware yang termasuk dalam kategoristorage device. walaupun kita dapat memberikannya sistem pada saat pemformatan. media penyimpanan hardisk merupakan piringan magnetis yang mampu menyimpan bit-bit data yang disebut platter. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data. Dalam sistem berkas bisa diartikan sebagai sebuah bagian dari memori ataumedia penyimpanan yang terpisah secara logis yang berfungsi seolah-olah bagian tersebut terpisah secara fisik. dan setiap partisi mempunyai fungsi tersendiri. partisi hardisk ini merupakan bagian-bagian dalam hardisk yang bersifat logis. Sebelum sebuah hard disk dilakukan pemformatan. Ø Partisi Extended Merupakan partisi yang pembatas antara partisi Primary dan Partisi Logical. terlebih dahulu dipartisi agar dapat mengatur batasan batasan yang digunakan serta besarnya kapasitas yang digunakan. Hardisk ini merupakan sebuah media penyimpanan dalam komputer. Atau bisa juga proses pembagian ruangruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk. digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi. Adapun beberapa jenis partisi yang dikenal adalah sebagai berikut : Ø Partisi Primary Biasanya digunakan sebagai Boot Table yang pertama (Drive C) yang berfungsi sebagai master. Dalam partisi Extended ini bukan sebuah drive. dan biasanya partisi Extended ini terdiri atas beberapa partisi Logical. Dalam partisi ini tidak terdapat sistem operasi layaknya partisi Primary. Dan tentunya bisa dikatakan juga bahwa partisi hardisk ini merupakan “daftar isi” dari hardisk. B. Yang nantinya bit-bit data itu akan dibaca oleh head yang terpasang pada arm.PARTISI HARDISK A. kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut. Tidak seperti media penyimpanan lain. karena hanya berupa pembatas yang berfungsi memisalkan antara partisi Primary dan partisi Logical agar sistem operasi dapat membedakan antara drive C dan drive berikutnya. Dengan kata lain. Partisi ini biasanya dikenal sebagai drive berikutnya. .

Buanglah 2 kotak yeng terceklist/tercentang pada window yang tampil 11. Cara Menginstall Partition Magic Pro 8. maka akan ditanyakan apakah anda ingin membuat Rescue Disket? Untuk contoh ini kita abaikan saja penawaran itu dengan memilih No. 10.0 klik nama hardisk (Disk 1) pada bagian kanan atas window Partition Magic . Cara membuat Partisi Hardisk : 1. 8. Isikan User Name.0 free diinternet Buka folder partition magic kemudian cari file setup. akan menggunakan software Magic Partition. 7. tergantung dari sistem operasi yang digunakan. 3. Aktifkan Software Partition Magic 8. dan lain-lain. 4.0 Setup Kemudian pilih Next.0 2. :F. :E. Company Name dan serial Number yang anda miliki Pilih Yes untuk memberi persetujuan terhadap Licence Agreement yang tampil Kemudian Pilih Next (3x) sampai proses instalasi berjalan secara automatis Setelah proses instalasi selesai. maka akan tampil window Partition Magic 8. Pada sistem operasi WIndows XP. Finish Sekarang komputer telah terinstall Partition Magic 8.0. untuk langkah selanjutnya adalah membuat partisi hardisk dengan bantuan software tersebut. dan seterusnya pada Windows. EXT 3. Cara partisinya menggunakan Software Partition Magic. Seperti jenis File System NTFS. FAT 32. Dan pada pada windows 7 tidak menggunakan penginstalan software.Contohnya drive :D. 2. Download Partition Magic Pro 8. Yang akan kita bahas di sini adalah Cara partisi pada Hardisk dengan sistem operasi Windows XP yang digunakan.exe kemudian klik Tunggu sampai proses persiapan installasi selesai Setelah proses persiapan selesai. 6. Cara partisi pada Harddisk. File System pada harddisk berbeda-beda jenis dan kegunaannya. 5.0 : 1. 9. Setelah tampil window Partition Magic 8.

Pada bagian pick a task (lihat sebelah kiri atas window Partition Magic 8. .3.0) pilih create a new partition.

Silahkan Pilih Next untuk melanjutkan 5. lalu Next 6. Kemudian pilih lokasi partisi. Jika tampil window konfirmasi. untuk memulai proses mempartisi Harddisk Setelah 10 langkah di atas selesai dijalankan maka windows akan restarts untuk memulai proses mempartisi harddisk.4. untuk contoh ini silahkan pilih after C : (Recomended) 7. Jika sudah yakin dengan besarnya partisi harddisk silahkan pilih Finish 9. . Tentukan Besarnya Partisi yang diinginkan di bagian Size dengan berpedoman pada informasi di sebelah kanan kotak tersebut ( Maximum Size & Minimum Size). silahkan pilih YES atau OK. setelah itu pilih Next.0 10. Pilih Hardisk yang akan kita partisi (DISK 2). 8. Sekarang klik tombol apply yang ada di bagian kiri bawah window Partition Magic 8. kemudian tunggu proses tersebut hingga selesai. Setelah besarnya partisi ditentukan maka akan ditampilkan perkiraan partisi harddisk sesuai data yang dimasukkan tadi.

Pilih Disk Management > Pilih Drive yang ingin dibagi. dll. Untuk membuat at partisi hardisk pada windows 7 caranya adalah sebagai berikut : 1.CARA PARTISI HARDDISK DALAM WINDOWS 7 Pada Windows 7 terdapat fitur untuk membuat partisi hardis hardisk k tanpa harus menginstall suatu software seperti partition magic atau easus. lalu klik kanan > Pilih Shirink Volume. . Klik menu start > Klik kanan Computer > Manage 2.

Kemudian tentukan jumlah volume yang akan di buat. Tunggu sampai proses selesai. pada kasus ini saya ingin membuat partisi sebesar 14000MB atau 14GB. . klik next untuk melanjutkan. 4.3. 5. Klik kanan pada partisi baru > New Simple Volume. Proses pembuatan drive baru dimulai. kemudian partisi akan bertambah.

Kemudian kita diminta juga untuk menentukan driver letter. silahkan disesuaikan. 7. Kita akan diminta untuk menentukan jumlah volume drive yang ingin dibuat.6. .

Tanpa di formatpun tidak masalah.8. Klik Finish untuk memproses. Selanjutnya kita harus menentukan format drive serta label dari drive yang ingin kita buat. 10. Selesai. jika diminta untuk memformat partisi silahkan format. . 9.

com/2011/07/27/cara-membagi-partisi-hardisk-tanpamenginstal-software/ 4.com/2007/11/02/partisi-haeddisk/ 3.wordpress. http://ghadinkz23.blogspot. http://aryansetiawan.html .blogspot. Daftar Pustaka 1.com/2010/08/partisi-pada-harddisk. http://astecktkjsusilawati.com/2011/05/partisi-partition-magic.html 2. http://gandhiprima.wordpress.PENUTUP Demikian makalah ini dibuat agar dapat menambah pengetahuan tentang komputer dan dapat membantu mempermudah apabila terdapat situasi dimana harus mempartisi hardisk dalam sistem Windows XP dan Windows 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful