CHARACTER BUILDING

1

Apa itu Kekuatan diri sendiri? Apa itu Kelemahan diri sendiri? 2 .

1. Ada kemauan Yakinlah pada diri sendiri Bersyukur Tersenyum 3 . 4. 2. 3.

 Mengakui kelebihan orang lain 4 . Membatasi sikap perilaku  memudahkan dalam mencari jalan keluar terbaik  Mengupayakan agar kelemahan bukan penghambat. tetapi justru pemacu semangat untuk meningkatkan kemampuan yang menjadi kelebihan kita.

 Niat / Keyakinan  Optimis dan Semangat  Berusaha  Intropeksi  memperbaiki  Bersyukur dan  Tersenyum 5 .

 Kekuatan dan kelemahan (fisik dan Psikis) Tanggapan atas kekuatan dan kelemahan Peran Aset Pikirkanlah kekuatan-kekuatan Anda berulang kali. kekuatan Anda mempresentasikan diri Anda Peran Liabilitas Ambillah tiga kelemahan yang paling atas dan lakukan sesuatu terhadapnya.1. 2. Kita harus selalu berusaha untuk menjadi semakin baik  6 .

dan perubahan-perubahan yang sudah terjadi dalam diri kita  7 . Dia dapat mengibaratkan dirinya dengan sesuatu hal.Pengenalan diri yang semakin baik memungkinkan seseorang mampu memiliki konsep diri yang tepat. yang kita sebut sebagai simbol diri sendiri  Simbol diri ini dapat saja kita ubah sejalan dengan bertambahnya pengenalan kita tentang diri sendiri. yang dengan tepat menggambarkan dirinya  Kita bisa mengibaratkan diri kita dengan sesuatu hal.

Hal-hal itulah yang menghantar Anda untuk sukses. jangan sampai menghalangi langkah Anda  Apa yang merupakan lampu hijau? Teruskan dan kembangkan. karena menghalangi langkah Anda untuk sukses  Apa yang merupakan lampu kuning? Hatihati. 8 .  Catatan: Anda dapat melakukan hal yang sama untuk setiap lingkungan penting di luar diri Anda.Apa yang merupakan lampu merah? Anda harus menghentikannya.

tafakur. seperti: rekoleksi.Perlu introspeksi diri  Merefleksikan diri pada saat-saat tertentu  Mengikuti kegiatan rohani.  Minta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman  Berusaha belajar dari pengalaman sendiri dan orang lain 9 . muhasabah. camping rohani. dsb. retret.

dengan mengoptimalkan penggunaan akal sehat dan suara hati. Mengendalikan diri.  Membangun kepercayaan diri: membangun cara-cara berpikir yang meningkatkan kepercayaan diri  Mengenal dan mengambil inspirasi dari tokohtokoh teladan  Berpikir positip dan optimis terhadap diri sendiri 10 .

cepat bosan. Koleris – Kuat Bakat : menjadi pemimpin dan berkeinginan kuat. suka memotong pembicaraan orang lain. berantakan dan tidak konsisten. Tidak kenal takut dan selalu mencoba cara-cara baru. 11 .1. bisa manipulatif dan tidak punya perasaan. 2. cenderung bossy. semangat di depan tetapi kehilangan motivasi di akhir jalan. Sanguin – Populer Bakatnya : menjadi pembicara. Public Relations. dan marketing. Kelemahannnya : keras kepala. Kelemahannya : suka pelupa. mudah marah.

moody. berbakat menjadi mediator. Melankolis – Perfeksionis   Kekuatannya : cenderung perfeksionis. selalu kuatir. suka analisis.3. pendengar yang baik. tidak mudah mempercayai orang lain. kreatifitasnya tinggi. depresif dan menyendiri. Mereka bakat menjadi seniman. peneliti dan ilmuwan. Phlegmatis – Damai   12 . 4. lamban. Kelemahannya : cenderung negatif. Kelemahannya : cenderung penakut. pendendam. dan tidak dapat mengambil keputusan.

Kelemahan Anda Kenali dan ketahui benar-benar agar Anda secara sadar dapat mengetahui diri Anda ketika Anda sedang dikuasai oleh hal-hal negatif ini. 13 . Kepribadian Anda 2. Kekuatan Anda Pilih satu yang Anda bisa fokuskan setiap harinya untuk memperkuat diri Anda. 3.1.

mengambil inspirasi dari tokoh-tokoh teladan. berpikir positif dan optimis terhadap diri sendiri 14 .Perlu intropeksi diri. membangun kepercayaan diri. temperamen dan bakat ? • Kita sebaiknya mengenal diri dari dalam ke luar (in-out) dan bukan dari luar ke dalam (out-in) • Untuk mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan kita seharusnya : .• Sudahkah aku semakin mengenal diriku dengan lebih baik dari segi fisik. mengendalikan diri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful