PROPOSAL PROYEK PENGHIJAUAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 PANGKALAN

A. LATAR BELAKANG Lingkungan merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk hidup. Lingkungan merupakan karunia Allah yang tidak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaikbaiknya. Salah satu cara pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan (reboisasi) secara terencana. Sebagai lembaga pendidikan yang berwawasan lingkungan, dalam beberapa tahun ini SMA Negeri 1 Pangkalan telah menjalankan beberapa program pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Namun, karena kondisi geografis sekolah yang tanahnya labil, kurang tanaman serta rawan longsor maka diperlukan upaya yang lebih ekstra. Upaya tersebut terutama perihal peningkatan kerjasama dengan masyarakat agar permasalahan dapat

ditindaklanjuti secara gotong royong. Berkaitan hal tersebut di atas, SMA Negeri 1 Pangkalan bermaksud menyelenggarakan proyek penghijauan di lingkungan sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan dan penanggulangan bencana longsor. Dengan terlaksananya program ini, semoga dampak positifnya dapat dinikmati dalam jangka panjang pada beberapa tahun ke depan.

B. TUJUAN 1. Menjadikan lingkungan SMA Negeri 1 Pangkalan sebagai kawasan hijau. 2. Memberikan rasa aman, nyaman, dan tentram di lingkungan SMA Negeri 1 Pangkalan. 3. Menjadi media pembelajaran untuk siswa, terutama untuk mata pelajaran IPA dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

5 Tahun 1967 tentang ketentuan-ketentuan pokok kehutanan (Bab V. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Pelaksanaan kegiatan ini insya Allah berlangsung pada Waktu Tempat : September s/d Desember 2014 : SMA Negeri 1 Pangkalan . tentang perlindungan hutan). 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya 4. E. air. Pasal 33 UUD 1945 ayat (3) yang berbunyi : Bumi. DASAR PENYELENGGARAAN 1. 2. KERJASAMA PENYELENGGARAAN Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama SMA Negeri 1 Pangkalan dengan berbagai pihak tanpa mengikat. Hijau Bumiku” F. dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. 04 Tahun 1982 yang berbunyi : Lembaga swadaya masyarakat berperan sebagai penunjang bagi pengelolaan lingkungan hidup.C. TEMA KEGIATAN “Penghijauan Lingkungan SMA Negeri 1 Pangkalan. Undang-undang No. D. 3. Undang-undang No. Pasal 19 Undang-undang No. Hijau Sekolahku.

Partisipasi dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk terselenggaranya kegiatan ini dengan baik dan lancar. September 2013 Sekretaris FARIDA NURLAELASARI SITI FADILAH RACHMAWATI .000.000. ANGGARAN BIAYA • Pembelian bibit. • Upah tenaga kerja. PENUTUP Demikian kerangka acuan kegiatan ini kami sampaikan.- Rp 5.- H.000.000. Rp 100.100. alat.700.+ Jumlah Rp 5. dan bahan. • Pembelian pupuk.G. Hal-hal yang dianggap perlu dan belum tercantum dalam proposal akan diatur kemudian.. • Survey. Semoga Allah SWT senantiasa berkenan meridhoi kita semua Ketua Pangkalan.000.000.Rp Rp 500.

PROPOSAL KEGIATAN PENGHIJAUAN SEKOLAH SMA NEGERI 1 PANGKALAN Disusun Oleh : Farida Nurlaelasari Siti Fadilah Rachmawati SMA NEGERI 1 PANGKALAN KARAWANG 2013 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times