P. 1
Tugas Kewarganegaraan Bela Negara

Tugas Kewarganegaraan Bela Negara

|Views: 80|Likes:
Tugas Kewarganegaraan Bela Negara
Tugas Kewarganegaraan Bela Negara

More info:

Published by: IndahK.WardhaniPutri on Sep 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2013

pdf

text

original

TUGAS KEWARGANEGARAAN KELOMPOK 3 BELA NEGARA

KAMILAH 110 2009 151

Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi

b. di dalam masa transisi menuju masyarakat madani sesuai tuntutan reformasi. bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan republik indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri. pembelaan negara bukan semata-mata tugas tni.BAB I. sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepadanegara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. tentu timbul pertanyaan apakah pendidikan pendahuluan bela negara masih relevan dan masih dibutuhkan. dari yang paling halus. Keikutsertaan Warga Negara dalam Bela Negara a. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata. keikutsertaan warga negara dalam bela negara secara fisik dapat dilakukan dengan menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia dan Pelatihan Dasar Kemiliteran. hingga yang paling keras. padahal berdasarkan pasal 30 uud 1945. seolah-olah kewajibandan tanggung jawab untuk membela negara hanya terletak pada tentara nasional indonesia. Latar Belakang Bela negara adalah tekad.3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang Kesadaran bela negara yaitu pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang berbunyi “ Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara “.3 Tahun 2002 keikutsertaan warga negara dalam bela negara secara nonfisik dapat diselenggarakan melalui pendidikan kewarganegaraan dan pengabdian sesuai profesi. Spektrum bela negara itu sangat luas. Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. BelaNegara secara Nonfisik Menurut Undang-Undang No. Unsur Dasar Bela Negara 1. Cinta Tanah Air . tetapi segenapwarga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. makalah ini akan mencoba membahastentang relevansi pendidikan pendahuluan bela negara di era reformasi dan dalam rangka menghadapiera globalisasi abad ke 21 Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan Syarat. PENDAHULUAN A. Bela negara biasanya selalu dikaitkan dengan militer atau militerisme. upaya melibatkan seluruh komponen bangsa dalam penyelenggaraan pertahanannegara itu antara lain dilakukan melalui pendidikan pendahuluan bela negara. bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara republik indonesia. Bela Negara secara Fisik Menurut Undang-Undang No. UU no 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara RI mengatur tata cara penyelenggaraan pertahanan negara yang dilakukan oleh tentara nasional indonesia (tni) maupun oleh seluruh komponen bangsa.

meningkatkan hasil pertanian. Membela negara tidak harus dalam wujud perang atau angkat senjata tetapi dapat juga dapat dilakukan dengan cara lain seperti ikut dalam mengamankan lingkungan sekitar. Yakin akan Pancasila sebagai ideologi negara 4. Kesadaran bela negara dibangun sebagai bagian dari sistem pertahanan negara. cinta produksi dalam negeri. sehingga diharapkan nantinya masyarakat mempunyai pemahaman yang sama bahwa bela negara bukanlah domain Kemhan/TNI tetapi merupakan hak dan kewajiban kita semua seluruh warga negara Indonesia. mencegah perkelahian antar perorangan atau antar kelompok. menjaga kebersihan. melestarikan budaya Indonesia dan tampil sebagai anak bangsa yang berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional. mencegah bahaya narkoba. Rela berkorban untuk bangsa & negara 5. . Untuk itu perlu ada sosialiasi secara berkesinambungan kepada masyarakat. Oleh sebab itu pertahanan negara dilaksanakan oleh pemerintah dan dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh warga negara. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada tahun 19 Desember 1948. termasuk belajar dengan tekun dan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler seperti pramuka dan lain sebagainya. Bela Negara bukanlah domain TNI saja. Sebagai warga negara sudah sepantasnya ikut serta dalam bela Negara sebagai bentuk kecintaan kita kepada pada negara dan bangsa.28. Memiliki kemampuan awal bela negara Hari Bela Negara atau HBN adalah hari bersejarah Indonesia yang jatuh pada tanggal 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Mr. Kesadaran bela negara pada hakikatnya merupakan kesediaan berbakti pada negara dan berkorban demi membela negara. Upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran. tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Keputusan ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No. Apabila seluruh warga negara dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat telah memiliki kesatuan paham tentang arti pentingnya hak dan kewajiban dalam bela negara. membantu korban bencana. maka dengan kesadarannya tersebut dapat diimplementasikan dalam bidang dan profesinya dan siap untuk ditransformasikan ke dalam komponen pertahanan negara sebagai unsur Saat ini masih ada kecenderungan masyarakat yang menafsirkan bahwa bela Negara diartikan sebagai militerisme dan menganggap itu merupakan domain TNI. Pertahanan semesta tidak akan dapat dimobilisasi jika warga negara yang menjadi sentral bergeraknya sistem tidak memiliki sifat dan perilaku yang dijiwai oleh kesadaran bela negara. wilayah dan sumber daya nasional lainnya. tetapi merupakan tanggung jawab semua warga Negara sebagai komponen bangsa.2. Kesadaran Berbangsa & bernegar 3.

Letak geografis .

006.968 jiwa).926. Mandailing.018 .086 1.060 2. penduduk Medan diperkirakan telah mencapai 2.010.036. Dengan demikian Medan merupakan salah satu kota dengan jumlah penduduk yang besar. batas wilayah Medan adalah sebagai berikut: Utara Selat Malaka Selatan Kabupaten Deli Serdang Barat Kabupaten Deli Serdang Timur Kabupaten Deli Serdang Berdasarkan data kependudukan tahun 2005. Jumlah penduduk tersebut diketahui merupakan penduduk tetap. Medan salah satu kota di Indonesia yang memiliki populasi orang Tionghoa cukup banyak. dengan jumlah wanita lebih besar dari pria.000 jiwa.174 jiwa > 995.014 2.510 hektar (265. Indonesia.98° 44' Bujur Timur.963.Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. sedangkan penduduk tidak tetap diperkirakan mencapai lebih dari 500.052 1.5 . Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar.5 meter di atas permukaan laut. Secara administratif. Dengan demikian. (1. Kota Medan memiliki luas 26. Karo).036. Mayoritas penduduk kota Medan sekarang ialah Suku Jawa.6% dari keseluruhan wilayah Sumatera Utara.993. Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30' – 3° 43' Lintang Utara dan 98° 35' . Di Medan banyak pula orang keturunan India dan Tionghoa. dan suku-suku dari Tapanuli (Batak. dibandingkan dengan kota/kabupaten lainya. Kota ini merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera.018 jiwa. Tahun 2001 2002 2003 2004 2005 Penduduk 1. Untuk itu topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2.10 km²) atau 3.37. yang merupakan penduduk komuter.

Sebuah bandara internasional baru di Kuala Namu di kabupaten Deli Serdang sedang dalam pembangunan. Gunung Sitoli serta Kuala Lumpur. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan Indonesia tersibuk di luar pulau Jawa. dikuasai oleh orang-orang Mandailing. Selain becak. dalam kota juga tersedia angkutan umum berbentuk minibus (angkot/oplet) dan taksi. karena hanya diperlukan sedikit modifikasi saja agar sepeda atau sepeda motorbiasa dapat digunakan sebagai penggerak becak.339 Sarana dan Prasarana Darat Keunikan Medan terletak pada becak bermotornya (becak mesin/ becak motor) yang dapat ditemukan hampir di seluruh Medan.Palembang.105 2. Alor Setar di Malaysia. penduduk Medan banyak yang berprofesi di bidang perdagangan. Biasanya pengusaha Medan banyak yang menjadi pedagang komoditas perkebunan. Ipoh. bukan di belakang becak seperti halnya di Jawa. Batam.109. Setelah kemerdekaan.121. Penang. Berbeda dengan becak biasa (becak dayung). Malaysia. yang memudahkan becak Medan untuk melalui jalan yang berliku-liku dan memungkinkan untuk diproduksi dengan harga yang minimal.083.102. Layanan kapal feri menghubungkan Belawan dengan Penang. Desain ini mengambil desain dari sepeda motor gandengan perang Jerman di Perang Dunia II.053 2. Laut Pelabuhan Belawan terletak di bagian utara kota.2007 2008 2009 2010 2. Sedangkan profesi yang memerlukan . danSingapura. Udara Bandar Udara Internasional Polonia yang terletak tepat di jantung kota. Padang. menghubungkan Medan dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia seperti Banda Aceh. Pengemudi becak berada di samping becak. Bidang Usaha dan Potensial Sebagai kota terbesar di Pulau Sumatra dan di Selat Malaka. Pekanbaru. Jakarta. Bidang pemerintahan dan politik. becak motor dapat membawa penumpangnya kemana pun di dalam kota. sektor perdagangan secara konsisten didominasi oleh etnis Tionghoa dan Minangkabau.156 2.

4% 1.keahlian dan pendidikan tinggi.7% 7.1% 7.3% 23.7% 8. jujur dan demokratis serta ikhlas sebagai warganegara RI terdidik dan bertanggung jawab.7% 3. dan wartawan.2% 5.3% --Dokter 3.4% Wartawan 3. .4% 0.9% 15. seperti pengacara.9% 10% 14.6% 36. Kepentingan Mahasiswa • Memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban dalam membela negara . Rumusan Masalah Apa saja yang harus dilakukan masyarakat kota Medan dalam mengatasi bela negara di bidang kesehatan ? Bagaimana cara menyelesaikan masalah di Kota Medan mengenai kesehatan masyarakat kaitannya dengan bela negara ? Mengapa Masayarakat Kota Medan masih belum sadar akan pentingnya suatu hal yang menyangkut dalam pembelaan negara Republik Indonesia dibidang kesehatan ? C.8% 5.5% 11.7% 17.7% 3.9% 15. Komposisi Etnis Berdasarkan Okupasi Profesional Etnis Aceh Batak Jawa Karo Mandailing Minangkabau Melayu Sunda Tionghoa Pengacara 2.6% 18. notaris.8% 29.7% Notaris -18.5% 10.1% 20.3% 5.2% B.6% 5.3% 37.7% 10.9% -14. dokter.6% 13. Tujuan dan Analisa a.4% 14. mayoritas digeluti oleh orang Minangkabau.

sehingga menghasilkan pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat bagi kemanusiaan sesuai dengan Islam. 3. Kepentingan Bangsa dan Masyarakat a) Mewujudkan integrasi Negara kesatuan republic indonesia b) Meningkatkan ketahanan nasional dengan pembangunan fasilitas kesehatan yang memadai . 4. Terwujudnya pendidikan kedokteran yang bermutu yang diakreditasi baik secara nasional maupun internasional dan menghasilkan dokter muslim yang bermutu dan mengamalkan profesinya sesuai dengan Islam. Kepentingan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi VISI Terwujudnya Fakultas Kedokteran Islam yang bermutu. Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan Islam. berwibawa dan mampu berkompetisi di forum nasional dan internasional MISI 1. Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai perjuangan. Melaksanakan kajian dan penelitian yang bermutu. konsepsi Wawasan Nusantara dan pembelaan negara.• Menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta dapat mengatasinya dengan pemikiran kritis dan bertanggungjawab berlandaskan Pancasila. cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa. • • b. c. terpandang. Mengembangkan pendidikan kedokteran lanjutan di bidang biomedik. bangsa dan negara. 2. Mampu melakukan kajian-kajian terhadap proses pengembangan konsep dalam merencanakan pembelaan negara Republik Indonesia. Mengembangkan pendidikan kedokteran terpadu yang menekankan pada belajar berdasarkan masalah (problem based learning).

kualitas. D. dan kuantitas pelayanan dan fasilitas kesehatan di daerah terpencil d) Memajukan kesejahteraan rakyat dengan mengedepankan aspek kesehatan yang maju d. c) Menjalankan undang-undang yang telah dibuat pemerintah pusat tentang kewajiban bela negara di bidang kesehatan d) Merubah fasilitas kesehatan yang kurang baik menjadi fasilitas kesehatan yang sangat memadai di daerah tersebut. E. Penelitian kepustakaan yaitu penelitian yang dilakukan melalui kepustakaan mengumpulkan data-data dan keterangan melalui buku-buku dan bahan lainnya dengan masalah-masalah yang diteliti. Metode deskriptif yaitu metode yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suatu masyarakat atau kelompok orang tertentu atau gambaran tentang suatu gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih (Atherton dan Klemmack: 1982) 2. Kepentingan Pemerintah Daerah Kabupaten a) Menomorsatukan fasilitas kesehatan di daerah tersebut b) Memperbaiki kualitas kehidupan sosial dan kesehatan secara keseluruhan. b) Hasil Analisa ini diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan pemerintah kota Medan untuk memperbaiki segala komponen kesehatan yang kurang memadai. . Kontribusi Analisa a) Analisa ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan Ketahanan Nasional yang berhubungan dengan kesehatan yang ada dikota Medan. Metode Analisa 1.c) Meningkatkan mutu. c) Analisa ini diharapkan bisa membuka mata seluruh pemerintah dan jajarannya agar bisa memberikan kontribusi yang lebih baik d) Analisa ini diharapkan bisa membantu rakyat miskin untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang terbaik.

.

Si.BAB II. Pembelaan Negara hal 182.. Winarno. Pradigma Baru Pendidikan dan Kewarganegaraan Pendahuluan Kuliah diperguruan Tinggi. LANDASAN BUKU TENTANG BELA NEGARA DIKOTA MEDAN. M. S.. .Pd.

III POLA PIKIR BELA NEGARA KESEHATAN KOTA MEDAN PANCASIL A UNDANG – UNDANG DASAR 1945 .BAB.

.

b. a. d. 2. Biaya pengobatan yang mahal menjadi kendala orang yang kurang mampu lebih baik berobat kepada dukun. Terkadang tidak memenuhi syarat dalam mengemban tugas sebagai seorang tenaga kesehatan. dan bernegara Menjadi pelaksana kesehatan merupakan salah satu pengabdian terhadap bangsa. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menanamkan sikap bela negara didalam diri masyarakat kota Medan. Perkembangan teknologi transportasi. c. Sistem manajemen sarana kesehatan nasional yang tidak bersifat komprehensif. . b. a. Memberikan pengobatan gratis dengan mengadakan bakti social di kota Medan. c. d. a. d. a. Menurunnya angka kesehatan masyarakat di suatu daerah di kabupaten akibat tidak meratanya pelayanan dan fasilitas kesehatan di daerah tersebut. a. c. Tenaga kesehatan yang kurang berkompeten menyebabkan masyarakat kabupaten tersebut lebih memilih berobat diluar negeri. a. Merusak fasilitas kesehatan yang ada sehingga menghambat pelayanan fasilitas kesehatan kepada rakyat. kesetaraan dan ketahanan social Memberikan kesempatan kepada mahasiswa atau pelajar yang bekerja dibidang kesehatan untuk mengembangkan ilmunya agar bisa dimanfaatkan di daerah Berikan penyuluhan agar orang-orang dengan pemikiran kuno bisa berobat ke dokter bukan ke dukun. c. Menyediakan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang baik dan memadai merupaka kewajiban pemerintah negara dan kabupaten kaitannya untuk membela negara dalam bidang kesehatan. Masih ada beberapa bagian masyarakat yang tidak mendapat pelayanan kesehatan yang memadai karena belum meratanya fasilitas dan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah. . b. d. a. b. Memelihara kesehatan merupakan kewajiban setiap individu untuk menjalankan setiap tugas dan kewajiban dalam kehidupan keluarga. d. III c.ANALISA SYSTEM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TENTANG BELA NEGARA DALAM MENERAPKAN ILMU KESEHATAN DAN KEDOKTERAN DENGAN STUDI KASUS DIKOTA MEDAN STRATEGI PANCASILA SWOT Kesehatan/kedokteran Kota Medan 1. komunikasi dan informasi yang makin menurun Memiliki tenaga kerja kesehatan yang sedikit dan fasilitas kesehatan yang kurang memadai membuat tingkat kesehatan di kota medan masih rendah. Kurangnya pemantauan dari dinas kesehatan tentang kondisi sarana dan prasarana kesehatan di daerah terpencil Para tenaga kesehatan tidak mau lagi bekerja di daerah terpencil karena gaji yang tak sesuai. W KELEMAHAN II c. O PELUANG b. Tidak terciptanya Indonesia yang adil dan demokratis serta meningkatkan kesejahteraan rakyat Akses masyarakat kesehatan yang tidak berkualitas. Melaksanakan peran sebagai pelayan kesehatan dapat menolong sesama manusia yang mengalami kesulitan dan merupakan tugas mulia. Menjadi pelaksana dan pelayan kesehatan bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan waktu belajar yang lama dan sumber daya manusia yang banyak Dilaksanakan kegiatan seminar yang dimaksud untuk memberikan wawasan di bidang kesehatan. b. d. Kurangnya tenaga kerja dalam menjalankan tugasnya di daerah-daerah terpencil jadi masyarakat sering terlantar. a. Terwujudnya bangsa dan negara yang menjunjung tinggi hukum. Penyelenggaraan fungsi pemerintahan dalam dunia kesehatan ke arah cita-cita bangsa dalam membela negara. d. Dengan adanya fasilitas yang memadai. Menjunjung tinggi nilai-nilai hak asasi manusia disegala bidang kesehatan tanpa melupakan kewajiban yang harus dilakukan sebelum dan sesudah mendapatkan hak. Terbatasnya fasilitas kesehatan dan petugas kesehatan sehingga rakyat tidak mendapatkan hak asasi setiap manusia dalam hal kesehatan. Memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat dengan baik dan memadai dapat mewujudkan dan meningkatkan kinerja masyaraka kota Medan Memiliki masyarakat dan pemimpin yang sehat dapat menjadikan meningkatnya mutu kerja aparat. T ANCAMAN IV c. b. Melaksanakan peran sebagai tenaga kesehatan yang dapat menolong sesama manusia yang merupakan tugas mulia. dokterdokter dari luar negeri akan datang dan di Indonesia akan banyak dokter-dokter yang berkualitas Memberikan hak kepada masyarakat untuk memilih fasilitas dan pelayanan kesehatan yang mereka inginkan. berbangsa. S KEKUATAN I c. b. d.

hindari buang sampah sembarangan dan menghindari narkoba. Tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan yang baik dan memadai yang disediakan oleh pemerintah negara dan kota Medan d. V Kesimpulan PENUTUP a.BAB. b. Saran a. Hindari perkelahian. Suatu belanegara bukan hanya para militer atau menjadi tentara pejuan tetapi menjadi warga yang baik dan saling tolong-menolong termasuk. c. b. mencintai wilayah Indonesia dan menjaga tanah air. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa atau pelajar yang bekerja dibidang kesehatan untuk mengembangkan ilmunya agar bisa dimanfaatkan di daerah . c. Warganegara harus mempunyai belanegara. Perlunya kesadaran diri warga Negara membangun suatu bangsa yang kuat d. dikembangkan oleh cinta tanah air. Tenaga kesehatan (dokter) sudah cukup memadai maka sudah tersebar luas di beberapa daerah terpencil di kabupaten kampar. Penyelenggaraan fungsi pemerintahan dalam dunia kesehatan ke arah cita-cita bangsa dalam membela negara.

S.Pd.pemkomedan.si.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA Winarno. M..com www. Bumi Akrasa 2007 www. Pradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan Panduuan Kuliah di Perguruan Tinggi.id/ .go.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->