Administrasi dan Organisasi Internasional

Posted: Februari 11, 2012 in Administrasi/Manajemen, Tugas Kuliah

0 Administrasi Internasional Secara sederhana, Administrasi internasional bisa dikatakan sebagai administrasi yang ruang llingkupnya internasional. Administrasi yang diartikan sebagai rangkaian kegiatan kerjasama dalam upaya pemanfaatan segala sumber daya demi mencapai tujuan, hanya tinggal mendefenisikan bahwa kerjasama yang terjadi adalah kerjasama internasional. Lebih lanjut, Administrasi internasional adalah administrasi secara internasional melintasi batas-batas Negara, melibatkan antara Negara dengan Negara,antara Negara dengan organsasi internasional atau antara organisasi internasional satu sama lainnya. Intinya, kegiatan dalam administrasi internasional meliputi dua hal,yaitu : a. Kegiatan Negara yang pada umumnya diatur bedasarkan hukum public b. Kegiatan individu dan kelompok yang pada umumnya diatur berdasarkan hukum perdata. Organisasi internasional Jika administrasi internasional adalah serangkaian proses kegiatan kerjasama intrenasional, maka organisasi internasional adalah wadahnya. Organisasi internasional secara lebih terperinci didefenisikan sebagai adanya pola kerjasama yang melintasi batas-batas negara, dengan didasari struktur organisasi yang jelas dan lengkap serta diharapkan atau diproyeksikan untuk berlangsung serta melaksanakan fungsinya secara berkesinambungan dan melembaga guna mengusahakan tercapainya tujuan-tujuan yang diperlukan serta disepakati bersama, baik antara sesama kelompok non-pemerintah pada negara yang berbeda. Tidak semua kerjasama internasional selalu diwujudkan dalam bentuk organisasi internasional, bisa juga dengan melalui perjanjian dan sekepatan internasional. Sehingga dengan demikian perlu diketahui apa-apa saja unsure yang harus terdapat dalam suatu kerjasama internasionla tersebut agar dapat dikatakan organisasi internasional. Adapun unsure-unsur tersebut meliputi: 1. Kerjasama yang ruang lingkupnya melintasi batas Negara 2. Mencapai tujuan-tujuan yang disepakati bersama 3. Hubungannya bisa saja anatar pemerintah maupun non-pemerintah 4. Struktur organisasi yang jelas dan lengkap 5. Melaksanakan fungsi secara berkesinambungan Adapun menurut couloumbis dan wolfe untuk pendefenisian Organisasi internasional dapat dikaji melalui tiga pendekatan : 1. Dari segi tujuan organisasi, bersifat internasional yaitu bahwa kegiatannya melintasi batas-batas Negara nasional 2. Dari tinjauan terhadap model-model dan kelembagaan organisasi internasional yang dewasa ini. 3. Sebagai proses yang mendekati taraf pengaturan oleh suatu bentuk pemerintahan, dalam hubungan yang mencangkup baik antara Negara dengan Negara maupun natara actor-aktor bukan Negara.

Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yg juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.Kriteria organisasi internasional Kriteria organisasi internasional antara lain: (1) terdiri atas tiga negara atau lebih (aspek materiil internasional. guna mengusahakan tujuantujuan yang diperlukan serta disepakati bersama. (6) hubungan dengan organisasi lain harus dilihat scara independen. aspek administratif. (7) bukti dari aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan harus tersedia. politik. baik pemerintah maupun antar kelompok nonpemerintah (Mc Celland). (2) anggotanya adalah individu atau kelompok kolektif (memiliki hak suara penuh). Keempat aspek tersebut adalah : aspek filosofis. Aspek filosofis merupakan aspek pembentukan organisasi internasional yang berkenaan dengan falsafah atau tema-tema pokok suatu organisasi internasional. Organisasi Internasional merupakan pola kerjasama yang melintasi batas negara dengan didasari struktur organisasi yang jelas dan lengkap serta diproyeksikan untuk berlangsung serta melaksanakan fungsinya secara berkesinambungan dan melembaga. (4) pekerjanya berasal dari berbagai negara. maka ada empat aspek yang menjadi faktor terpenting. Tema keagamaan. Moslem Brotherhood . Bowett. penamaan. ideologi. seperti PBB dan WTO.lokasi geografis dari markas besar. Sebagian besar organisasi internasional. postal or railway administration). or administration (i. (3) struktur formal. bersifat multilateral yg mengambarkan tentang luasnya keanggotaan dan wilayah cakupan kerjanya. 1. C. seperti Organisasi Konferensi Islam (OKI). bidang aktifitas. (8 ) kriteria negatif: ukuran.W. A.e.administrasi internasional Organisasi internasional adalah suatu istilah hubungan internasional yg menunjukkan kerja sama antarbeberapa negara.Definisi Organisasi Internasional adalah organisasi antar pemerintah yang diakui sebagai subjek hukum internasional danmempunyai kapasitas untuk membuat perjanjian internasional[1]. basedupon a treaty of a multilateral rather than a bilateral type and with somedefinite criterion of purpose”.organisasi internasional didefinisikan:“…they were permanent association of governments. aspek hukum. aspek struktural[4]. Sementara menurut D.4 Aspek Pembentukan Suatu Organisasi Internasional Dalam pembentukan suatu organisasi internasional. tata cara kerja dari organisasi internasional disebut administrasi internasional. B. (5) memiliki kontribusi yang sifatnya substansial terhadap anggaran dan bersifat nirlaba.

charter. Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). Mempunyai anggaran atau budgeting yang diatur secara proporsional. Dapat bertindak sebagai pembuat hukum. Diperlukannya constituent instrument. Aspek administratif adalah aspek yang berkenaan dengan administrasi internasional Adanya sekretariat tetap atau permanent headquarter yang pendiriannya dibuat melalui headquarter agreement dengan negara tuan rumah. 3. Tujuan Umum: yg ingin dicapai oleh OI pd umumnya: -memelihara perdamaian & keamanan int. 4. yang menciptakan prinsip-prinsip hukum internasional dalam berbagai instrumen hukum (treaty-making powers). Aspek hukum adalah aspek yang berkenaan dengan permasalahan-permasalahan konstitusional dan prosedural.dan lainnya. (2) Intergovernmental Non-Governmental Organizations(INGOs)/ Privat. (5) Sub-committee Klasifikasi organisasi internasional berdasarkan subjek hukum internasional yang memiliki aspek personalitas yuridis hukum internasional antara lain: (1) Intergovernmental Organizations(IGOs)/ Publik. statute. transgovernmental organizations(International Union of Local Authority). yang memuat prinsip-prinsip dan tujuan. Mempunyai personalitas dan kemampuan hukum. struktur maupun cara organisasi itu bekerja. seperti Asian Pacific Economic Cooperation (APEC). seperti covenant. Adanya pejabat sipil internasional atau international civil servants. Tema kerjasama ekonomi. -memajukan kepentingan umum dan kesejahteraan umum umat manusia -mengembangkan hub persahabatan dan kerjasama di segala bidang . seperti Association of South East Asian Nations (ASEAN). (2) Subsidiary organs.Tema perdamaian. misalnya sebuah organisasi internasional harus memiliki: (1) Principal organs. PBB Tema penentuan nasib sendiri (the right of self-determination) seperti Organization of African Unity (OAU). 2. hybrid INGO (ICRC). (4) Subcommissions. yang dibagi atas tiga bagian: genuine INGO (greenpeace). Aspek struktural adalah aspekyang berkenaan dengan permasalahaan kelembagaan yang dimiliki oleh organisasi internasional tersebut. (3) Commissions/ committee.

NATO Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organisation/NATO) adalah sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949. setiap anggota. Pasal tersebut baru mulai digunakan untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 12 September 2001. Tetapi kekhawatiran terhadap kemungkinan serangan dari Eropa Barat ternyata tidak menjadi kenyataan. yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB. DC pada 4 April 1949. dan perlindungan sosial. Pasal utama persetujuan tersebut adalah Pasal V. PBB Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB (United Nations atau UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Sekretaris Jendral PBB saat ini adalah Ban Ki-Moon asal Korea Selatan yang menjabat sejak 1 Januari 2007. untuk mengembalikan dan menjaga keamanan wilayah Atlantik Utara. sebagai tindak balas terhadap serangan teroris 11 September 2001 terhadap AS . Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Fransisco pada tanggal 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington DC. Semua negara yang tergabung dalam wadah PBB menyatakan independensinya masing-masing. selain Vatikan dan Takhta Suci serta Republik Cina (Taiwan) yang tergabung dalam wilayah Cina pada 1971. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional. London). sedikitnya 192 negara menjadi anggota PBB. sebagai bentuk dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington. Dari 1919 hingga 1946. jika serangan bersenjata seperti itu terjadi. Nama resminya yang lain adalah dalam bahasa perancis : l’Organisation du Traité de l’Atlantique Nord (OTAN). Pasal ini diberlakukan agar jika sebuah anggota Pakta Warsawa melancarkan serangan terhadap para sekutu Eropa dari PBB. namun sidang umum yang pertama dihadiri wakil dari 51 negara dan baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House. 2. dirasakan perlu. Sejak didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945. yang berisi: Para anggota setuju bahwa sebuah serangan bersenjata terhadap salah satu atau lebih dari mereka di Eropa maupun di Amerika Utara akan dianggap sebagai serangan terhadap semua anggota. pengamanan internasional. dalam menggunakan hak untuk mepertahankan diri secara pribadi maupun bersama-sama seperti yang tertuang dalam Pasal ke-51 dari Piagam PBB. terdapat sebuah organisasi yang mirip. Selanjutnya mereka setuju bahwa.-Mengembangkan penghormatan HAM Contoh organisasi-organisasi internasional adalah : 1. lembaga ekonomi. yang mempunyai kekuatan militer terbesar dalam persekutuan tersebut dan dengan itu dapat memberikan aksi pembalasan yang paling besar. baik sendiri maupun bersama-sama. hal tersebut akan dianggap sebagai serangan terhadap seluruh anggota (termasuk Amerika Serikat sendiri). bernama Liga Bangsa-bangsa. termasuk penggunaan pasukan bersenjata. akan membantu anggota yang diserang jika penggunaan kekuatan semacam itu. Hingga tahun 2007 sudah ada 192 negara anggota PBB.

Singapura. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. OKI didirikan di Rabat. dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya. OKI Organisasi Konferensi Islam (OKI) adalah sebuah organisasi antarpemerintahan yang menghimpun 57 negara di dunia. 3. Prinsip Utama ASEAN Prinsip-prinsip utama ASEAN adalah sebagai berikut: » Menghormati kemerdekaan.yang terjadi sehari sebelumnya. yang didirikan di Bangkok. dan identitas nasional setiap negara » Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan. 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia. dan Thailand. Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerussalem. ASEAN Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Berikut ini adalah negara-negara anggota ASEAN: » Indonesia » Filipina » Malaysia » Singapura » Thailand » Brunei Darrussalam » Vietnam » Laos » Myanmar » Kamboja 4. kesamaan. integritas wilayah nasional. kedaulatan. perkembangan Administrasi dalam sejarah dapat dibagi dalam dua fase yaitu: . Malaysia. subversif atau koersi pihak luar » Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota » Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai » Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan » Kerjasama efektif antara anggota Anggota ASEAN : Kini ASEAN beranggotakan semua negara di Asia tenggara (kecuali Timor Leste dan Papua Nugini). Filipina. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November. serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. kemajuan sosial.

pengorganisasian. Sistem adm dibidang teknologi juga telahberhasil dengan adanya taman tergantung. Olehdeocletian. dalam didirikan menara babelsetinggi 650 Feet tampak Magnificient structures were erected. adm perpajakan.a. alat ukur dan hitung yang sudahbarang tentu memperlancar perdagangan.penerapan disiplin. pentingnya effective leader style. Dalam Code Of Hammurabi dikembangkan manajerial guide line were setforth. perdagangan. perdagangan. struktur empire diorganisasi dan dibagi dalam 100 Provinsi.penggunaan staf. Mesir Sistem desentralisasidan penggunaan staf penasehat pada 2000 tahunSM. bahkan pernah digunakan oleh Alexander agung. keseragaman cara dalam pelaksanaan tugas tugas.Pengangkutan. pekerjaan ini butuh sistemadministrasi yang handal • Cina Kira-kira pada tahun 1100 SM cina telah menyadari perlunyaperencanaan. Caesar dan Napoleon . • Babilonia Telah diterapkan administrasi dibidang pemerintahan.Hannibal (182 SM). kepemimpinan dan pengawasan. Organisasi militer juga menyumbang perkembangan studi adm. Disamping itu ada adm perhubungan.komunikasi. Melaluiconfucion dengan adm kepegawaian tiongkok kuno dan Chow yang juga menjabat sebagai perdana mentri berhasil menciptakan apa yang disebut UUD Chow.komunikasi.Fase Prasejarah (dapat dilihat dari beberapa peradaban) • Mesopotamia Mesopotamia telah menjalankan sebagian prinsip-prinsip administrasi dan Manajemen terutama bidang pemerintahan.Pengangkutan (pengangkutan sungai) dan telah digunakannyalogam sebagai alat tukar menukar . peninggalan sejarah berupa Paramida yang diperkirakan 100.000orang selama 20 tahun. productionand inventory control was employed. • Romawi Dipelopori oleh Cicerodalam buku “de officiis” dan “de Legibus” (theLaw) dijelaskan tentang pemerintahan romawi yang berhasil memerintahdan kuasai daerah yang luas dengan bagi-bagi tugas pemerintahan dalamdepartemen-departemenyang disebut “Mangitrates” yang dipimpin olehmagistrator.

administrasi lebih dikenal sebagai “seni” Puncak perkembangan organisasi dan manajemen pada fase sejarah adalahpermulaan abad 18 melalui karya charles babbage (1792-1871) seorangahli matemartika di universitas Cambridge inggris.Adam Smith juga memberi kontribusi tentang pembagian kerja. spesialisasi aktivitas sepanjang garis fungsionaldan konsep staf. orang-orang . material. Lahirnya manajemen ilmiah merupakan fasemodern dalam perkembagan administrasidan merupakan titik awalperkembangan administrasi sebagai ilmu pengetahuan. memberi kontribusidalam hal Hirarki otoritas. lahir pada tahun14 69 ia membuat analisis sistematis tentang Prince’s (manajer) job dandari itu dikembangkan prinsip-prinsip prektis yang digunakan sekarang iniseperti telah ada 500 tahun lalu. Terjadi di inggris antara tahun1700-1785.tanda pembagian kerja. Pada abad 18 dan 19 terjadi revolusi teknologidi inggris. koordinasi mesin-mesin. factory disiplin dan tanda. dimana ditunjukkan bahwa spesialisasi dapat meningkatkan efisiensi. Tenaga manusia digantikan oleh mesin dan mesin-mesin uap menghasilkan tenaga yang lebih murah dan lebih efisien.Perkembangan pemikiran dalam periode waktu hingga 1886 lebihmerupakan adm dan manajemen sebagai praktek pengaturan kerjasamauntuk mencapai tujuan. Pada fase revolusi industri. pada awalnya bukuitu tidak mendapat perhatian tetapi setelah lahirnya gerakan manajemenilmiyah di AS yang dipelopori F. capital. revolusi industri di inggris mengubah manusia di segalabidang termasuk di bidang adm dan manajemen sebagai sebagai teknikdan praktek kerjasama manusia. • Nicolo Machiaveli Merupakan orang yang memberi kontribusi secara individual terhadappengembangan pemikiran administrasi dan management. Dalam bukunya “theeconomy of manufacture” menekankan pentingnya efisiensi dalam usahapencapaian tujuan dan pentingnya pembagian kerja.Fase Sejarah Hingga Revolusi Industri • Gereja katolik Mempunyai sumbangan besar terhadap pemikiran adm melalui praktekadm terutama dalam organisasi 1000 tahun yang lalu.W Taylor (1886) buku tersebut mulaidiperhatikan dan diselidiki. Richard Arkwright memberi kontribusidalam penggunaan efficient managerial principles yang berhubungandengan produksi yang kontinu. Pada fase modern pengembangan administrasi dan manajemen mulai .b. • Revolusi Industri Inovasi teknologi dari revolusi industri memberi impak dinamik terhadappemikiran-pemikiran adm dan manajemen.

Fayol dalam karyanya “AdministrationIndutrialle et Generale” Manajemen Umum dan Industri.W Taylor dalam karyanya“shop Management” (1911) dan H. .menggunakanmetode-metode sehingga fase ini meupakan fase perubahan administrasidan manajemen sebagai prektek dan teknik kerjasama sebagai seni menjadi sebagai ilmu Pelopor pemikiran administrasi dan manajemen sebagai ilmu denganmenggunakan metode-metode ilmiyah adalah F.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful