SAMBUTAN DAN KHOTBAH

By Andhyka Cakrabuana Adhitama

kembali Pengertian sambutan/khotbah Contoh sambutan Pokok-pokok isi sambutan/khotbah .

Ex : Khotbah Jumat. Sambutan salah satu jenis pidato yang memuat suatu rangkaian kalimat yang disampaikan secara tertulis maupun secara lisan dalam menyambut suatu acara atau kegiatan yang akan dilaksanakan.Pengertian sambutan/ khotbah Khotbah pidato yang memiliki unsur keagamaan. Ex : Sambutan Ketua Panitia suatu kegiatan .

harapan.Pokok-pokok sambutan/ khutbah 1. pesan. salam penutup) . Isi atau materi sambutan / khotbah secara sistematis 4. Penutup (kesimpulan. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi 3. Pembukaan dengan salam pembuka 2.

Sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian semua. Tapi tetap saya juga mendoakan teman2 semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. . Berkat jerih payah semua guru. ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka perpisahan ini. baik ke SMA. kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih dengan semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. tidak pernah pilih kasih dalam mendidik. sangat sabar dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. ke SMK. serta teman-teman yang saya cintai. Juga untuk teman-teman semua. yang dengan sangat baik. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya pada hari ini kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah. Selama bersekolah. Bapak dan Ibu Guru. Para hadirin yang saya hormati. kami pun dapat lulus dari SMP ini. karena kita sudah bersama-sama selama 3 tahun ini.Contoh sambutan/ khutbah Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah. Mudah-mudahan semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini dapat diberikan kesehatan yang baik dan diberi kebahagiaan selalu. ke STM maupun institusi pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

sebagai akibat dari hembusan glamouria kehidupan di era informasi yang menglobal dewasa ini. niscaya akan terjadi kesesatan dan akan merata kekacauan sehingga kesengsaraan menjadi-jadi. bahkan negara pun akan hancur binasa. sejak rasul yang pertama yakni Nabiyyullah Adam as. baik segi ilmiah maupun amaliyahnya. baik lahir maupun batin di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Pertengkaran dan permusuhan pun akan muncul dan menebar di mana-mana. . Andaikan amar ma’ruf dan nahi munkar dilalaikan dan dilengahkan.Contoh Khutbah AMAR MA’RUF DAN NAHI MUNKAR: PILAR KEUTUHAN UMMAT Amar ma’ruf (menyuruh kebaikan) dan nahi munkar (mencegah kemungkaran) di dalam agama Islam menempati kedudukan puncak dan kepentingan yang utama. Di samping itu. sampai dengan yang terakhir yaitu Nabiyyul Mustafa Muhammad Rasulullah saw. Kita berlindung kepada Allah azza wa jalla dari keadaan yang mengerikan seperti dikemukakan tersebut di atas. kita juga mohon perlindungan kepada Allah jangan sampai perintah amar ma’ruf dan nahi munkar itu terabaikan atau bahkan terhapus dari permukaan kehidupan ummat Islam pada khususnya. Perintah amar ma’ruf dan nahi munkar telah ditegaskan dalam firman Allah swt.: ‫آل عمران(ولتكن منكم أمة يدعون إلى الخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وأولئك هم االمفلحون‬: 104) “Wajiblah di antara kamu suatu ummat (golongan) yang mengajak kepada kebaikan dan menyuruh kepada yang ma’ruf dan melaran yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang berbahagia”. Disadari dan diyakini sepenuhnya bahwa tidak ada yang dapat dimintakan perlindungan dan pertlongan selain dari pada Dzat yang Maha Esa Allah swt. Oleh karenanya Allah mengutus rasul-rasul.