BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan zaman, setiap perusahaan menginginkan perkembangan bisnisnya berkembang secara pesat untuk mendapatkan laba yang sebesar-besarnya. Namun, untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis kegiatan-kegiatan pada perusahaan haruslah didukung dengan teknologi informasi agar kegiatan-kegiatan yang ada dalam perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien selain itu dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi adalah PT. Srijasa Brika Perkasa (BRIKASA), PT. BRIKASA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa industri bidang usaha perbaikan pabrik (engineering) dan perencanaan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan (plant service). Pada saat ini dalam mengelola data barang, data perekrutan pekerja pabrik pada PT BRIKASA dirasa masih kurang efisien, karena terjadi redudansi atau pengulangan proses pencatatan data barang. Selain itu, Waktu yang digunakan dalam menyelesaikan pekerjaan itu cukup lama sehingga membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Melihat permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk membahas topik “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PT BRIKASA PALEMBANG”. Yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi pada PT BRIKASA PALEMBANG.

1

BRIKASA adalah sebagai berikut : 1. Belum menggunakan sistem informasi manajemen yang berbasis komputer guna untuk mendukung kebutuhan informasi yang akurat. Data-data yang telah ada mengalami redundansi. 3. 3.2 Permasalahan Adapun perrmasalahan yang akan penulis angkat dalam penyusunan skripsi pada PT. 2.3 Ruang Lingkup Penelitian ini agar memberikan arah tujuan mengenai apa yang akan dilakukan. lebih baik. Program yang digunakan oleh penulis yaitu Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft SQL Server 2008. Membuat laporan secara cepat dan akurat dengan menggunakan format tabel dan grafik untuk mendapatkan hasil yang digunakan sebagai pertimbangan perusahaan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan produk samping dan perekrutan tenaga kerja untuk perbaikan pabrik. 2. Perancangan hanya dilakukan pada bagian produk samping (by product) yaitu penjualan produk tersebut dan pada bagian perekrutan tenaga kerja. . maka penulis berfokus pada : 1. lebih tepat waktu dari yang telah ada sehingga menghasilkan laporan yang dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk perusahaan dan juga selama ini perusahaan masih secara manual dalam pencatatan data-data barang dan data perekrutan pabriknya.2 1. 1. Proses pembuatan laporan memakan waktu yang cukup lama.

4. Aplikasi yang dihasilkan bertujuan untuk membantu perusahaan khususnya mengenai penjualan produk samping dan perekrutan tenaga kerja untuk perbaikan pabrik. Berikut tujuan dari penelitian bagi perusahaan. 1.1 Tujuan Penelitian ini memiliki beberapa tujuan.4 Tujuan Manfaat 1. 3. Menghasilkan informasi yang bersifat efektif dan efisien Pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan disertai dengan laporan yang berbentuk grafik yang kemudian laporan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan kedepannnya. penelitian ini memiliki manfaat dan berikut ini adalah sebagian manfaat-manfaat yang didapat untuk perusahaan. Mengembangkan Sistem Informasi untuk bagian produk samping (by product) khususnya .4. Bertujuan memberikan informasi yang tepat dan akurat berkaitan dengan penjualan produk samping. 2. 2.2 Manfaat Selain memiliki tujuan. 3. . 1. 1. agar lebih mudah dalam mengetahui konsep sistem yang akan dibangun maka tujuan pengembangan sistem dituliskan.3 1. Menekan jumlah kesalahan akibat kesalahan pencatatan data penjualan barang dan data perektutan tenaga kerja.

1. rumusan masalah. prosedurprosedur. . BAB 3 METODOLOGI Pada bab ini menjelaskan tentang kesatuan metode-metode. efektif dan efisien pada bagian produk samping (by product) dan bagian perekrutan tenaga kerja untuk perbaikan pabrik pada PT BRIKASA PALEMBANG. serta sitematika penulisan. aturan-aturan yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan. ruang lingkup.4 1.6 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan ini dimaksud untuk memberikan gambaran mengenai bab-bab yang akan penulis susun dalam laporan skripsi adalah sebagai berikut : BAB 1 PENDAHULUAN Bab ini merupakan pendahuluan yang mencakup utaian tentanglatar belakang. seni atau disiplin ilmu lainnya. tujuan dan manfaat.5 Keluaran yang dihasilkan Keluaran yang dihasilkan untuk skripsi ini yaitu sebuah aplikasi yang menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft SQL Server 2008 sebagai databasenya. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA Bab ini menguraikan tentang teori umum seperti konsep sistem yang meliputi konsep informasi. Dan aplikasi tersebut dapat melakukan input mengenai data-data penjualan mengenai produk samping dan data-data mengenai perekrutan peribaikan pabrik yang nantinya diharapkan dapat membantu dalam memberikan informasi yang akurat. konsep-konsep pekerjaan. konsep sistem informasi dan teori lainnya yang berhubungan dengan penulisan ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful