P. 1
Ilmu Kealaman Dasar Bab 2

Ilmu Kealaman Dasar Bab 2

|Views: 27|Likes:
Published by irowati17

More info:

Published by: irowati17 on Sep 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kuliah Ke II Oleh Ir. Hj. Marsudi Lestariningasih MSi

PERKEMBANGAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

2.1. Metode llmiah sebagai dasar lPA. 2.2. Perkembangan llmu Pengetahuan Alam 2.3. Ruang lingkup llmu Pengetahuan Alam dan Pengembangannya

2.1. Metode llmiah sebagai dasar lPA.


 

Metode ILmiah diperoleh dengan berbagai cara antara lain : 1.Prasangka 2.Instuisi 3.Trial and Error ( Coba-coba)

Pengetahuan Ilmiah disebut Ilmu Pengetahuan memenuhi 4 syarat :


 

1.Objektif , 2. Metodik 3.Sistematik 4.Berlaku Umum

Kriteria Metode Ilmiah


 

1. Berdasarkan Fakta 2. Bebas Prasangka 3.Menggunakan Prinsip-prinsip Analisis 4.Menggunakan Hipotesis 5.Menggunakan Ukuran Objektif 6.Menggunakan Teknik Kuantitatif atau kualitatif,.

Keterbatasan Metode Ilmiah
Data yang digunakan untuk mengambil kesimpulan dari pengamatan. Pancaindera mempunyai keterbatasan kemampuan utk menangkap suatu fakta, shg kemungkinan data yg diambil keliru, shg kesimpulan yg diambil juga keliru.

Oleh karena itu semua kesimpulan ilmiah atau kebenaran ilmu pengetahuan termasuk IPA bersifat tentatif artinya sebelum ada kebenaran ilmu yg dpt menolak kesimpulan itu maka kesimpulan itu dianggap benar. Kesimpulan Ilmiah bisa saja berubah sesuai dg ilmu pengetahuan itu sendiri.

Keunggulan Metode Ilmiah

Ciri khas ilmu pengetahuan adl : bersifat obyektif, metodik, sisitematik dan berlaku umum .


Sikap ilmiah yg terpuji adalah: Mencintai kebenaran ilmu itu tdk absolut, menjurus pd mencari kebenaran terus menerus.

Dg ilmu pengetahuan kita tdk percaya pd tahayul, astrologi maupun peruntungan, krn sgl sesuatu dialam semesta ini tjd melalui proses yg teratur.

Ilmu pengetahuan membimbing kita tdk berpikir scr prasangka, ttp berpikir scr terbuka/ obyektif, suka menerima pendapat orang lain / toleran Metode ilmiah membimbing kita utk tdk begitu saja percaya pd suatu kesimpulan tanpa ada bukti nyata. Membimbing kita utk sll bersikap optimis, teliti dan berani membuat suatu pernyataan yg menurut keyakinan ilmiah benar.

2.2. Perkembangan llmu Pengetahuan Alam

H. W. Fowler dankawan-kawan,1951, mendefinisikan IPA sebagai ilmu yang sistematis dan dirumuskan. Ilmu ini berhubungan dengan gejala-gejala kebendaan dan terutama didasarkan atas pengamatan dan induksi. Nokes di dalam bukunya Science in Education menyatakan bahwa IPA adalah pengetahuan teoritis yang diperoleh dengan metode khusus.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

adalah ilmu yang teoretis, tetapi teori itu didapat dari pengamatan dan eksperimentasi terhadapgejala-gejala alam. Fakta tentang gejala kebendaan/alam, diselidiki dan diuji berulang-ulang melalui eksperimen. Berdasarkan hasil eksperimen itulah dirumuskan keterangan ilmiahnya(teori). Teori pun tidak dapatberdiri sendiri. Teori didasari oleh suatu hasil pengamatan.

Pengetahuan dapat disebut IPA, biIamana memenuhi persyaratan: objeknya adalahpengalaman manusia, berupa gejala-gejala alam. dikumpulkan melalui metode keilmuan serta mempunyai manfaat untuk kesejahteraan manusia.

Teori tidak dapat berdiri sendiri. Teori didasari oleh suatu hasil pengamatan.

Contoh: a. Maxwell tidak akan menyusun teori gelombang elektromagnetik, jikaFaraday tidak berhasil dalam percobaan-percobaannya mengenai induksielektromagnetik. b Planet Neptunus tidak akan ditemukan secara teoretis, seandainyasebelumnya tidak ada pengamatan yang menyaksikan suatu keanehan dalam lintasan planet-planet lainnya.

IPA suatu pengetahuan teoretis yangdiperoleh/disusun dengan cara,melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan, penyusunan teori,

untukmemperoleh ilmu demikian dengan nama Metode Ilmiah.

Cara

2.3. Ruang lingkup llmu Pengetahuan Alam dan Pengembangannya

 

Kelahiran Ilmu Pengetahnan Alam (IPA)Himpunan pengetahuan di atas dapat disebut ilmu pengetahuan, jika digunakanperpaduan antara rasionalisme dan empiris yang dikenal sebagai metode keilmuan atau pendekatan ilmiah. IPA merupakan suatu ilmu yangteoretis. Teori tersebut didasarkan atas pengamatan percobaan-percobaan terhadap gejala alam. Betapa pun indahnya suatu teori dirumuskan, tidaklah dapat dipertahankan kalau tidak sesuai dengan hasil-hasil pengamatan/observasi.

Pengetahuan dapatdisebut IPA dg syarat:

objeknya adalahpengalaman manusia, berupa gejala-gejala alam. dikumpulkan melalui metode keilmuan serta mempunyai manfaat untuk kesejahteraan manusia.

Timbulnya llmu Pengetahuan Alam
Nicoulas Copernicus (1473-1543). Astronom, ahli matematika dan pengobatan. Tulisannya yang terkenal, merombak pandangan astronom zaman Yunani Kunoberjudul DeRevolutionibus Orbium Caelestium yang berarti peredaran alam semesta. Buku itu ditulis pada tahun 1507, namun tidak segera diumumkan, karena prinsip heliosentris (berpusat pada matahari) bertentang dengan kepercayaan penguasapada saat itu.

Pokok ajarannya antara lain:

 

1. Matahari adalah pusat dari sistem solar. Di dalam sistem itu, bumi adalah salah satudari planet-planet lain yang beredar mengelilingi matahari 2. Bulan beredar mengelilingi bumi dan bersama bumi mengelilingi matahari 3. Bumi berputar pada porosnya dari Barat ke Timur yang mengakibatkan adanya siang dan malam serta pandangan tentang gerakan bintangbintang.

Bruno (1548-1600)

1.Jagat raya tak ada batasnya 2. Bintang-bintang tersebar di seluruh jagat raya.Karena keberaniannya mengungkapkan pendapat yang bertentangan denganpenguasa waktu itu, maka la dianggap kemasukan setan, lalu dibakar sampai mati pada tahun 1600.

Johanes Kepler(1571-1630).
1.

2.

3.

Planet-planet beredar mengelilingi matahari, pada suatu garis edar yang berbentuk elips dengan suatu fokus Bila ditarik garis imajinasi, dari planet ke matahari, dan sementara itu, ia bergerak menurut garis edarnya, maka luas bidang yang ditempuh pada jangka waktu yang sama adalah sama. Pangkat dua dari waktu yang dibutuhkan oleh sebuah planet untuk mengelilingi matahari secara penuh adalah sebanding dengan pangkat tiga dari jarak rata-rataplanet itu terhadap matahari.

Galileo Galilei (1564-1642).

Orang Italia, dengan berani mengumumkan penemuannya dengan teleskopnya yang mutakhir pada saat itu, yang bertentangan dengan pandangan penguasa. membenarkan TeoriCopernicus, tentang heliosentris yang jelasjelas bertentangan dengan ajaran agamasaat itu yang homosentris atau geosentris.

Ia menemukan bahwa ada empat buah bulan yang mengelilingiYupiter, adanya gunung-gunung di bulan dan suatu bintik hitam (black hole) dimatahari yang sangat penting untuk dapat menghitung rotasi matahari. Kelompok taburan bintang yang lain sebut Milky Way atau Bima Sakti itu terdiri dari bermilyar bintang dan yang sangat menakjubkan adalah ditemukannya cincinSaturnus.

Antony van Leuwenhoek (1632-1723),

bidang biologi,menggunakan mikroskop hasil karyanya, sehingga dapat melihat bakteri dengan pembesaran 270 kali. menemukan spermatozoa anjing, kelinci, ikan, manusia dan sejumlah binatang lain. Dengan mikroskop dapat mengetahui sel tubuh danperkembangan bakteri.

Malphigbio Malpighi (1628-1694)

menemukan anatomi tubuh dengan percobaan,mula-mula pada katak, kemudian menemukan struktur binatang dan tumbuhtumbuhan.

Dengan rasionalisme dan empirisme yang dikembangkan, ilmu pengetahuan maju dengan pesat, sehingga dikatakan sebagai revolusi ilmu pengetahuan (scientificser.blution). Ilmu dipikirkan untuk kesejahteraan manusia (antologi) dan lahir ilmu terapan (applied science) memungkinkan terjadinya revolusi teknologl(technological revolution).

ILMU PENGETAHUAN aLAM (IPA).


Ilmu Pengetahuan Alam : IPA Klasik IPA Modern

a. IPA Klasik :


bersifat tradisional berdasarkan pengalaman, kebiasaan, atau naluri semata meskipun ada kreasi, namun merupakan tiruan dari keadaan alam sekitar. Contoh : Pembuatan ragi tempe dan ragi tape, meskipun hanya berdasarkan pengalaman petani, namun tanpa disadari petani tersebut telah berkecimpung dalam bidang mikrobiologi, mikologi dan tentu saja tidak lepas dari llmu fisika yang mendasarinya. Pembuatan gula kelapa merupakan proses fisika bersama-sama kimia yang telah tinggi tingkatannya.

b. IPA Modern

diperoleh atas dasar penelitian menggunakan metode ilmiahdisertai pengujian-pengujian berulang kali sehingga diperoleh ilmu yang mantap, baik untuk terapan maupun ilmu murni. Cth: Pemanfaatan energi matahari untuk kegiatan yang berkaitan dengan listrik untuk transportasi, industri maupun rumah tangga adalah merupakan pemanfaatan protonuntuk menimbulkan aliran muatan listrik (elektron), karena perbedaan panas sehingga terbentuklah sel pembangkit tenaga listrik.

 

Tungku sinar matahari telah banyak digunakan yang hanya berprinsip pada titik fokus lensa cekung Energi- panas bumi dapat diubah menjadi energi listrik. Pemanfaatan sampah sisa organisme seperti jerami, sisa tanaman lain ataupun kotoran hewan yang diproses dengan bantuan bakteri, dalam kondisi tertentu menghasilkan gas CH41 COz, CO, HZ S yang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar. Proses di atas sering disebut sebagai energi biogas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->