JENIS-JENIS KOLOID

Oleh:

Hanif Miftahul ‘Iza
Ichwan Adi Surya Imas Wahyu Ratna Wulan Intan Fitriani Khalis Fatmawati

(XI IPA 3/11)
(XI IPA 3/12) (XI IPA 3/13) (XI IPA 3/14) (XI IPA 3/15)

• Beberapa jenis koloid, di antaranya:  Sol  Aerosol  Emulsi  Buih  Gel

sol detergen dan tinta.1. . Contoh: Air sungai. sol sabun. Sol • Sol adalah sistem koloid dari partikel padat yang terdispersi dalam zat cair.

Aerosol • Aerosol adalah sistem koloid.2. jika partikel padat atau partikel cair terdispersi dalam gas. . • Aerosol yang memiliki zat terdispersi cair disebut Aerosol cair (contoh: kabut dan awan) • sedangkan yang memiliki zat terdispersi padat disebut Aerosol padat (contoh: asap dan debu dalam udara).

Asap .

dan minyak ikan. kedua zat cair itu tidak saling melarutkan. Emulsi • Emulsi adalah sistem koloid yang fase terdispersi dan medium pendispersinya zat cair. Namun. . mayonaise.3. susu. Contoh: santan.

4. . Buih • Buih adalah sistem koloid yang terdiri atas fase terdispersi gas dalam medium pendispersi zat cair.

Gel • Gel adalah koloid yang wujudnya berada diantara padat dan cair.5. Contoh: agar-agar. Lem .

Jenis Koloid Berdasarkan Fase Terdispersi dan Fase Pendispersinya .

Contoh : Sabun . maka koloid liofil itu disebut koloid hidrofil .Jenis Koloid Berdasarkan Kemampuannya Menyerap Air 1. agar-agar dan kanji. . Koloid Liofil adalah koloid yang fasa terdispersinya suka menarik medium pendispersinya. detergen . Apabila medium pendispersinya air. yang disebabkan oleh kuatnya gaya tarik antara partikel-partike terdispersi dengan medium pendispersinya.

Koloid Liofob adalah sistem koloid yang fasa terdispersinya tidak suka menarik medium pendispersinya. maka koloid liofob disebut koloid hidrofob . Contoh : Sol belerang dan sol-sol logam . Aapabila medium pendispersinya air.Jenis Koloid Berdasarkan Kemampuannya Menyerap Air 2.

Perbandingan Sifat Sistem Dispersi Suspensi. 5. Koagulasi Lain-lain Sukar Reversible Mudah terkoagulasi (kurang stabil) Irreversible ( jika sudah menggumpal. Sifat Daya Adsorbsi terhadap medium Efek Tyndall Kekentalan/Viskositas Sol Liofil Kuat/mudah mengabsorbsi Kurang jelas Lebih besar daripada mediumnya Sol Liofob Tidak mengadsobsi mediumnya Sangat jelas Hampir sama engan mediumnya 4. sukar dikoloidkan kembali) . 3. 1. 2. Koloid dan Larutan. No.

Debu. Liofil b. . . Buih e. Sol c. Aerosol d. Kabut dan awan. dilihat dari fasa zat pendispersi dan zat terdispersinya termasuk koloid jenis . a. Emulsi .Ulangan Dadakan (^___^)’’ 1.

Padat-padat c. . Cair-cair . Padat-cair d. Gas-cair e. . a.2. Fasa Terdispersi dan Pendispersi koloid jenis Buih secara berturut-turut adalah . cair-gas b.

Buih e. Sol d.3. Fasa terdispersinya cair . a. Emulsi b. merupakan ciri-ciri dari koloid jenis . . fasa pendispersinya cair. . aerosol . Emulsi padat c.

4. No Nama Koloid . 4. 3. Sol Emulsi padat buih emulsi Padat Cair Cair cair Cair Cair Gas Cair Pasangan / pernyataan yang benar berdasarkan tabe diatas adalah… a. 4 saja d. 3 dan 4 . 1 dan 3 e. 3 saja b. 1 dan 4 c. Fasa Terdispersi Fasa Pendispersi 1. 2.

Sol dan emulsi . Berdasarkan kemampuan menyerap air koloid dibedakan menjadi….5. Liofile dan lifobile b. Liosorp dan liofil c. a. Liofobil dan emulsi d. Liofil dan liofob e.

6. 1 saja d. 2 dan 3 c. Nama lain dari koloid liofil adalah koloid hidrofil 2. 4 saja e. Sistem koloid liofil adalah koloid yang fase terdispersinya tidak suka menarik medium pendispersinya 3. Gel termasuk koloid liofil Pernyataan yang benar adalah a.agar-agar dan kanji merupakan contoh koloid liofob 4. Sabun. 1 dan2 b. 1.detergen. 1 dan 4 .

Kuat atau mudah mengabsorpsi b.7. Tidak mengabsorpsi mediumnya e. Koloid yang jika terkoagulasi susah di koloid kan kembali c. Apa yang di maksud irefersibel dalam sistem koloid… a. Koloid dimana jika sudah mengumpal sukar dikolidkan kembali d. Sistem koloid yang mengandung fase terdispersi cair .

jika sistem koloid mengabsorpsi e.8. Jika sistem koloid kehilangan sistem absorpsi . Keadaan dimana sistem koloid terdispersi b. Keadaan dimana sistem koloid menggumpal d. Keadaan dimana sistem koloid kurang stabil c. Apa ynag dimaksud keadaan terkoagulasi… a.

1 saja b. 2 dan 3 e.3 dan 4 .9. 3 dan 4 d. No 1 Sifat Daya absorpsi terhadap medium Sol liofil Kua / mudah menabsorpsi Sol liofob Tidak mengabsorpsi mediumnya 2 3 Efek tyndall Koagulasi Sangat jelas Mudah terkoagulasi/ kurang stabil Hampir sama medium nya Tidak jelas Sukar 4 Viskositas Lebih dari mediumnya Pernyataan yang salah adalah… a. 1 dan 2 c. 2.

.Sol b. Buih e.10. Aerosol d. a. Keju merupakan contoh jenis koloid…. Emulsi c. gel .

MERCI  .

D 3. A 4. B . B 9. E 10. B 5. D 6. C 8. C 2. E 7.Kunci Jawaban Quiz 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful