P. 1
Proposal Penelitian

Proposal Penelitian

4.0

|Views: 2,050|Likes:
Published by syakur

More info:

Published by: syakur on Jul 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial Share Alike

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

PROPOSAL PENELITIAN

PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN TIK DI SMA
Diajukan sebagai tugas mata kuliah Metode Penelitian

Oleh : ABDAN SYAKUR RABBANI 0608529

Pendidikan Ilmu Komputer Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia 2009

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan jenjang pendidikan teratas pada tahap perkembangan siswa, pada jenjang ini penggunaan teknologi komunikasi dan informasi merupakan sesuatu yang mesti diterapkan agar menjadikan para siswa terbiasa dengan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini ketika mereka melanjutkan pendidikan ke tahap/jenjang yang lebih tinggi, karena persaingan yang ketat di jenjang perguruan tinggi mewajibkan mereka untuk terbiasa dengan penggunaan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin kesini semakin pesat perkembangannya. Penggunaan teknologi komunikasi dan informasi ini lebih dikhususkan pada penggunaan komputer yang merupakan alat bantu yang kegunaannya sudah sangat diperlukan pada berbagai kegiatan khususnya dibidang pendidikan. Dalam hal ini komputer dapat dimanfaatkan untuk menyajikan pembelajaran yang lebih interaktif dengan digunakannya media presentasi yang berbasis multimedia. Media presentasi merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran, pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang tidak membuat jenuh para siswa ketika melaksanakannya, maka dari itu dibuatlah model pembelajaran dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu agar pembelajaran menjadi sesuatu yang menyenangkan, membuat siswa lebih aktif, termotivasi, dan tidak membosankan/jenuh.

Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, tidak semua siswa dapat memahami setiap pelajaran dengan cepat, adakalanya seorang siswa itu dapat memahami suatu pelajaran bila apa yang dijelaskan oleh gurunya disertai dengan penjelasan secara visual/bergambar. Hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dari hasil penelusuran, belum banyak penelitian mengenai pengaruh media presentasi terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada pembelajaran TIK di SMA.

B. Rumusan Masalah Pembelajaran yang bermutu dapat tercapai bila proses pembelajaran dilakukan dengan efektif dan fungsional terhadap pencapaian kompetisi yang dimaksud. Media presentasi yang berbasis multimedia adalah salah satu jalan untuk mencapai tujuan tersebut. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut: 1. Bagaimana pengaruh media presentasi bagi hasil belajar siswa pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi?
2. Apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan

media presentasi pada pembelajaran?

C. Batasan Masalah Batasan masalah yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran jenis presentasi dengan Ms. Power point.
2. Materi pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah hanya pada

pokok pembahasan mengenai Mengidentifikasi aplikasi pengolah kata yang diajarkan di kelas X SMA semester 2.

D. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini ialah sebagai berikut: 1. Untuk mengukur sejauh mana pengaruh media presentasi berbasis multimedia terhadap hasil belajar para siswa pada pelajaran TIK di SMA. 2. Mengetahui perubahan hasil belajar siswa setelah dilakukan penelitian.

E. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan berguna sebagai pertimbangan bagi sekolah dalam menggunakan media presentasi demi peningkatan hasil belajar siswa bukan hanya pada pelajaran TIK saja melainkan pada pelajaran lain yang memerlukan penjelasan lebih mendalam. Selain itu, penelitian ini bisa menjadi rujukan bagi penelitian-penelitian sejenis selanjutnya.

BAB II KAJIAN PUSTAKA

A. Landasan Teori 1. Media Pembelajaran Belajar merupakan hakikat dari kehidupan manusia, selama menjalankan hidup dari lahir sampai kematian menjemput proses pembelajaran pasti akan selalu terjadi. Belajar, merubah yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa. Proses belajar erat kaitannya dengan media yang digunakan, yaitu alat bantu bagi siswa untuk merangsang kemauan belajar siswa. Adapun penjelasan makna dari kata media menurut para ahli adalah sebagai berikut: Menurut Gagne, media adalah berbagai jenis komponen pada lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa belajar. Adapun pendapat Briggs yang menyatakan bahwa media adalah segala alat fisik yang menyajikan pesan serta dapat merangsang siswa untuk belajar. Pembelajaran adalah suatu upaya bimbingan bagi siswa agar secara sadar siswa mempunyai keinginan untuk belajar sebaik-baiknya sesuai dengan tahapan kemampuannya. Jadi pengertian dari Media Pembelajaran adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa yang digunakan sebagai alat bantu untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar sehingga siswa teransang minat dan perhatiannya untuk belajar.

Pada proses pembelajaran, media pembelajaran berguna untuk memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbal yang hanya dengan kata-kata tertulis dan penjelasan lisan, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta daya indera, membuat siswa lebih aktif dan mengurangi sifat pasifnya, mengakomodir perbedaan individu siswa, dan membuat pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan. Peranan Media pembelajaran menurut Gerlac dan Ely (1971:285) ditegaskan bahwa ada tiga keistemewaan yang dimiliki media pembelajaran yaitu: (1) Media memiliki kemampuan untuk menangkap, menyimpan dan menampilkan kembali suatu objek atau kejadian, (2) Media memiliki kemampuan untuk menampilkan kembali objek atau kejadian dengan berbagai macam cara disesuaikan dengan keperluan, dan (3) Media mempunyai kemampuan untuk menampilkan sesuatu objek atau kejadian yang mengandung makna.

2. Media presentasi berbasis Multimedia Media presentasi merupakan salah satu bagian dari media pembelajaran yang merupakan suatu media bagi siswa untuk melengkapi pada proses pembelajaran sehingga diharapkan para siswa lebih memahami pelajaran yang disampaikan. Pada dasarnya media presentasi ini digunakan untuk materimateri yang teoritis. Media presentasi adalah penggabungan antara text, gambar, video, grafik

dan suara menjadi suatu kesatuan penyajian yang menarik untuk disimak, Bahan presentasi pada komputer tersebut dipancarkan ke layar dengan menggunakan proyektor layaknya pemutaran film. Pada penelitian ini, media presentasi menggunakan perangkat lunak aplikasi presentasi yaitu Power Point dari Ms. Office dan Macromedia Flash 8. Kedua aplikasi tersebut memungkinkan untuk membuat media presentasi berbasis multimedia yang menarik karena fitur-fiturnya sudah lebih canggih, terutama pada Macromedia Flash 8.

3. Hasil Belajar siswa Hasil belajar seseorang ditentukan dari berbagai faktor yang

mempengaruhinya, baik itu faktor internal yaitu kemampuan diri dan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan sekitar. Hasil belajar terbentuk dari dua kata yaitu ‘hasil’ dan ‘belajar’ yang masing-masing kata tersebut mengandung arti. Hasil menunjukan pada suatu perolehan akibat dilakukannya suatu aktivitas atau proses yang merubah fungsional awalnya. Dalam suatu input-proses-hasil, hasil dapat jelas dibedakan dengan input akibat dari perubahan oleh proses. Begitu pun pada kegiatan belajar mengajar, setelah belajar siswa berubah perilakunya disbanding sebelumnya. Adapun makna belajar menurut Grounlund (1985 : 25), Belajar adalah proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya. Perubahan itu diperoleh melalui

usaha (bukan karena kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama dan merupakan hasil pengalaman. Belajar dilakukan untuk mengusahakan adanya perubahan perilaku pada individu yang belajar. Perubahan perilaku itu merupakan perolehan yang menjadi hasil belajar. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya (Winkel, 1999 : 51). Aspek perubahan itu mengacu kepada taksonomi tujuan pengajaran yang dikembangkan oleh Benjamin S. Bloom, E. Simpson dan A. Harrow (Winkel, 1999 : 244) yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Media pembelajaran dalam hal ini media presentasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, karena bisa memberi kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga

menghasilkan proses belajar yang lebih baik.

BAB III METODE PENELITIAN

A. Subjek Penelitian Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa SMA kelas X tahun ajaran 2008-2009 sebanyak satu kelas dengan mengambil sampel secara acak, dan dilakukan pada mata pelajaran TIK.

B. Desain Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan memakai pendekatan studi deskriptif, dengan cara melakukan survey ke sekolah yang menjadi objek penelitian lalu melakukan analisa terhadap hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh proses pembelajaran. Analisis ini mencakup observasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi hasil belajar siswa.

C. Instrumen Penelitian Pada penelitian ini, instrumen yang akan digunakan dalam pengumpulan data adalah penggunaan tes uraian dan tes pilihan ganda. Diperlukan untuk memperoleh data berupa respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan pemanfaatan media presentasi yang telah diselenggarakan.

D. Langkah-langkah Penelitian 1. Tahap Persiapan (a) Menyusun skenario pembelajaran. Sebelum melakukan penelitian, dibuat dulu scenario

pembelajarannya, sehingga alur dari pembelajarannya terunut dengan rapih (b) Menyusun bahan media presentasi. Media presentasi yang akan disampaikan pada peserta didik yaitu materi mengenai mengidentifikasi aplikasi pengolah kata.
(c) Menyusun Soal Tes awal dan Tes akhir.

Disusun sesuai tujuan dari penelitian ini dengan merujuk dari materi mengenai mengidentifikasi aplikasi pengolah kata (d) Melakukan perizinan penelitian. Perizinan dari kepala sekolah tujuan dibutuhkan untuk kelancaran penelitian dengan memperlihatkan surat permohonan izin. 2.
i.

Tahap Pelaksanaan Melaksanakan kegiatan pembelajan dengan media presentasi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan sampai tujuan pemahaman materi tercapai. • Pada pertemuan pertama diberikan tes awal bagi siswa dengan hanya 2 butir soal uraian saja dengan waktu 15 menit, ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa

mengenai materi. Dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai mengidentifikasi aplikasi pegolah kata. • Selanjutnya pada pertemuan kedua masih membahas materi dengan mereview pembahasan dari pertemuan awal.
ii. Melakukan tes uji akhir untuk diisi oleh siswa setelah kegiatan

pembelajaran selesai dilaksanakan. Tes akhir terdiri dari 20 soal pilihan ganda dengan waktu pengisian 30 menit. iii. Melakukan pengolahan data dengan uji statistik. 3. Analisis dan Pengolahan Data. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa pengujian statistik sebagai berikut: a. Uji normalitas Bertujuan untuk mengetahui apakah data yang didapatkan terdistribusi normal atau tidak. Uji distribusi normal yang digunakan adalah uji Lillifors. Untuk itu dilakukan langkahlangkah sebagai berikut: a) Menentukan Standar Deviasi (SD) dengan menggunakan rumus:

b) Menentukan Zi yang diperoleh dengan rumus:

c) Menghitung peluang F (Zi) dengan menggunakan rumus F(Zi)=P(Z ≤ Zi)
d) Menghitung proporsi Z1, Z2, Z3, ...., Zn yang lebih kecil atau

sama dengan Zi Proporsi dinyatakan dalam S(Zi). S(Zi) didapat dengan menggunakan rumus:

e) Menghitung selisih F(Zi) – S(Zi) kemudian tentukan harga

mutlaknya
f) Menentukan normalitas dengan ketentuan jika L0 < Ltabel

pada taraf nyata tertentu maka dikatakan data terdistribusi normal b. Perhitungan persentasi efektifitas pembelajaran dengan rumus:
Efektifitas =

∑ ( ≥60 ) X 100 % ∑ siswa

c. Perhitungan Index Gain Perhitungan index Gain dipergunakan untuk memperoleh kriteria peningkatan hasil belajar siswa. (Arikunto, 2002).

DAFTAR PUSTAKA Arikunto, S. Dr. Prof. 2002. PROSEDUR PENELITIAN – Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Wikipedia (2009). Multimedia [online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia (2 Maret 2009) Kusumah, W. (2009). Penggunaan Media Presentasi Pembelajaran Bahasa Indonesia [online]. Tersedia: http://wijayalabs.multiply.com/ (14 April 2009) Riyanto, S. (2009). Media Pembelajaran Presentasi [online]. Tersedia: http://slametriyantompd.blogspot.com/ (18 Maret 2009) Ikasmantri. (2009). Komputer Sebagai Media Pembelajaran [online]. Tersedia: http://blog.ikasmantri07.org/ (18 Maret 2009). Susanti, S. M,Pd. (2009). Bentuk tes dan tingkah laku belajar [online]. Tersedia: http://suyono.com/2008/02/bentuk-tes-dan-tingkah-laku-belajar/ (12 Maret 2009)

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->