P. 1
Masalah Sosial

Masalah Sosial

|Views: 20|Likes:
Published by Muh Syafiudin

More info:

Published by: Muh Syafiudin on Sep 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2014

pdf

text

original

MAKALAH

MASALAH-MASALAH SOSIAL MASYARAKAT

Disusun oleh : Nama No. Kelas : Amanda S. N. : 04 : XI IPS 2

SMA NEGERI 2 BATANG
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

). 38. kurang trampil dan kurang nya kemampuan dalam segala hal. pelayanan kesehatan. karena meliputi semua orang yang ada di dalamnya. dll. penreusakan lingkungan sehingga membuat banyak orang modal alam untuk memenuhi kehidupanya. 96. Sementara ini yang dilakukan Biro Pusat Statistik (BPS) untuk menarik garis kemiskinan adalah pendekatan pengeluaran.413 bagi penduduk perdesaan. Kemiskinan “sementara” ◊ kemiskinan ini terkait dengan ketidak adilan seperti upah yang tak sebanding dengan dengan apa yg telah dikerjakan serta sering terjadinya ekploitasi. Menurut data BPS hasil Susenas pada akhir tahun 1998. Humam Hamid tentang Pemanasan Global dan Kemiskinan Lokal (Serambi. karena kemiskianan ini sangatlah berpengaruh besar dalam pertumbuhan serta perkembangan Negara. factor individual ◊ yaitu disebabkan oleh orang itu sendiri seperti kemalasan. yaitu : 1.246 per kapita per bulan untuk penduduk perkotaan dan Rp. lemah fisik.KEMISKINAN Kemiskinan dapat diatikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari atau bisa dikatakan dengan suatu kondisi serba kekurangan dalam arti minimnya materi yang dimana mereka ini tidak dapat menikmati fasilitas pendidikan. namun kemiskinan juga dapat terjadi di Negara yang maju. Beberapa factor penyebab terjadinya kemiskinan adalah : 1. 72. pendapatan. Faktor ini berada di luar diri individu sehingga dalam banyak hal tidak bisa dikendalikan oleh individu tersebut. Selain itu juga terdapat beberapa penyebab utama dari timbulnya kemiskinan Penyebab utama dari timbulnya kemiskinan ini adalah : . kebodohan.780 per kapita per bulan. Angka garis kemiskinan ini jauh sangat tinggi bila dibanding dengan angka tahun 1996 sebelum krisis ekonomi yang hanya sekitar Rp. dan kemudahan-kemudahan lainnya yang tersedia pada jaman modern. psikologis. Faktor-Faktor yang Menyebabkan terjadinya Kemiskinan Kondisi kemiskinan kian hari menjadi sangat fenomenal di ijndonesia. yang membahas dua katagori kemiskinan. Dari indikator ekonomi secara teoritis dapat dihitung dengan menggunakan tiga pendekatan. yaitu pendekatan produksi. garis kemiskinan penduduk perkotaan ditetapkan sebesar Rp.959 per kapita per bulan dan penduduk miskin perdesaan sebesar Rp. dan pengeluaran. termasuk pemungutan yang sangat memberatkan dan memeras rakyat. dan social ( sikap malas. ◊ kemiskinan ini terjadi karena factor-faktor biologis.. dll 2.. 27. Kemiskinan “kronis”. Seperti ditulis Dr. 23/05/2009). tetapi sangat mempengaruhi individu tersebut. 2. Kemiskianan tidak hanya terjadi di Negara sedang berkembang. Faktor Struktural ◊ faktor stuktural ini begitu besar mengambil peran dalam penciptaan kemiskinan.

dan sempitnya lapangan pekerjaan 3. terbatasnya akses serta rendahnya mutu layanan kesehatan. memburuknya kondisi lingkungan hidup dan sumberdaya alam 6. 7. meluasnya korupsi dan rendahnya jaminan sosial terhadap masyarakat. terbatasnya kecukupan dan mutu pangan 2. pendidikan. kurangnya pengawasan serta perlindungan terhadap asset usaha 4. besarnya beban kependudukan yang disebabkan oleh besarnya tanggungan keluarga.1. tata kelola pemerintahan yang buruk yang menyebabkan inefisiensi dan inefektivitas dalam pelayanan publik. kurangnya penyesuaian terhadap gaji upah yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan seseorang 5. .

Saudaranya-kah ? Mereka juga punya masalah sendiri.net/1 jan 1970). Masalah kriminalitas pelajar merupakan masalah yang kompleks terjadi di berbagai kota di Indonesia. Sejalan dengan arus modernisasi dan teknologi yang semakin berkembang. Perlakuan kasar dan tidak menyenangkan dari lingkungannya. Kriminalitas pelajar. Masa kanak-kanak dan masa remaja berlangsung begitu singkat. Tindakan kriminalitas yang melibatkan . cepat dan mudah. teman-teman. konflik-konflik psikologis yang menggantung harus diselesaikan. dari tahun ke tahun dan bahkan dari hari ke hari semakin rumit. perampok dan juga teroris. akan banyak membantu mengurangi kenakalan pelajar. Terkait dengan hal di atas Mahasiswa termasuk di dalamnya. baik pada saat remaja maupun pada masa kanak-kanaknya. maka arus hubungan antar kota-kota besar dan daerah semkain lancar. Kriminalitas pelajar biasanya dilakukan oleh pelajar-pelajar yang gagal dalam menjalani proses-proses perkembangan jiwanya. dan gagalnya proses perkembangan jiwa remaja tersebut. Minimal tidak menambah jumlah kasus yang ada. memberikan lingkungan yang baik sejak dini. Trauma-trauma dalam hidupnya harus diselesaikan. dari masa ke masa. seperti sebuah lingkaran hitam yang tak pernah putus. Dunia teknologi yang semakin canggih. Para pakar psikolog selalu mengupas masalah yang tak pernah habis-habisnya ini. disertai pemahaman akan perkembangan anak-anak kita dengan baik. orang tua. maupun trauma terhadap kondisi lingkungannya.” (sumber Whandi. Pertanyaannya : tugas siapa itu semua? Orang tua-kah ? Sedangkan orang tua sudah terlalu pusing memikirkan masalah pekerjaan dan beban hidup lainnya. Secara psikologis. bahkan mungkin mereka juga memiliki masalah yang sama. Pelaku kriminalitas disebut seorang kriminal. Pemerintah-kah ? Atau siapa ? Tidak gampang untuk menjawabnya. Bahkan hal ini sudah terjadi sejak dulu. psikis. dan mereka harus diberi lingkungan yang berbeda dari lingkungan sebelumnya. Dalam paper ini kami akan mengupas tindakan kriminal yang terjadi dikalangan mahasiswa khususnya mahasiswa UNNES. maupun lingkungannya sejak kecil. kriminalitas pelajar merupakan wujud dari konflik-konflik yang tidak terselesaikan dengan baik. dengan perkembangan fisik. seperti kondisi ekonomi yang membuatnya merasa rendah diri. pembunuh.KRIMINALITAS Kriminalitas atau tindak kriminal segala sesuatu yang melanggar hukum atau sebuah tindak kejahatan. Tetapi. dan emosi yang begitu cepat. Biasanya yang dianggap kriminal adalah seorang maling atau pencuri. 1. disamping memudahkan dalam mengetahui berbagai informasi di berbagai media. disisi lain juga membawa suatu dampak negatif yang cukup meluas diberbagai lapisan masyarakat. Sambung menyambung dari waktu ke waktu. Contoh Kriminalitas Akhir-akhir ini fenomena kriminalitas pelajar makin meluas. Emosi dan perasaan mereka rusak karena merasa ditolak oleh keluarga.

Namun.Si. Ketidak sabaran untuk segera lulus 3. Pramuka. Setiap meninggalkan kamar kost pastikan kunci lemari dan pintu kost agar hal – hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. pengaduan tentang tindakan kriminalitas oleh mahasiswa maupun masyarakat sekitar kampus hampir tidak pernah. M. Melalui organisi – organisasi kemahasiswaan. Mengerahkan petugas keamanan. Motor. 2. Pencinta Alam (Mahapala). Penyebab Kriminalitas Penyebab tindakan kriminalitas di lingkungan UNNES adalah: 1. dll. Adanya kesempatan untuk melakukan tindakan kriminalitas 2. Universitas maupun fakultas memfasilitasi kegiatan mahasiswa untuk melakukan kegiatan postif. 4. Ingin mencari jalan pintas 4. 4. Mahasiswa UNNES di sekitar kampus tidak lah sedikit.. seperti: kehilangan barang – barang berharga (HP. Dengan mengikuti kegiatan kampus akan terdorong untuk selalu berbuat positif karena mendapat pengaruh positif dari anggota organisasi lainnya. Tidak mengenakan barang – barang mewah dengan berlebihan ditempat umum yang dapat memancing pihak lain untuk melakukan tindak kriminal . Mengaktifkan peran serta orang tua dalam mendidik anak melalui pertemuan orang tua mahasiswa dan pihak kampus untuk memantu perkembangan anak – anaknya. 3. Mentalitas yang labil 3. 2. misal: dengan diadakannya razia malam hari untuk menjaring mahasiswa yang melanggar norma asusila. Mengikuti dan aktif dalam kegiatan organisasi kampus. tindakan kriminalitas yang berkatagori berat seperti perampokan dilakukan oleh pihak luar dan mahasiswa hanyalah sebagai korban. Menurut pemaparan Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi. Meningkatkan keamanan. Pasang alarm pada motor agar motor terdeteksi apabila menjadi sasaran tindak pencurian 6. Solusi Solusi untuk mencegah tindakan kriminal dapat dilakukan dari pihak internal maupun eksternal. Kemauan dari pelaku sendiri 6. Kondisi lingkungan tempat bersosialisasi 5. 3. missal: Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pemasangan CCTV di lingkungan kampus yang rawan tindakan kriminalitas. Bapak Bambang Prishardoyo. b) Solusi dari pihak internal sebagai berikut: 1. Himpunan Mahasiswa (HIMA). Laptop. dll) 5. a) Solusi dari pihak eksternal sebagai berikut: 1.

Temuan itu nantinya akan dilaporkan ke Menteri Pendidikan. Saat ini. memutarbalik. Korupsi menurut Black’s Law Dictionary korupsi adalah perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk memberikan suatu keuntungan yang tidak resmi dengan hak-hak dari pihak lain secara salah menggunakan jabatannya atau karakternya untuk mendapatkan suatu keuntungan untuk dirinya sendiri atau orang lain." kata Haryono di Universitas Jenderal Soedirman. Haryono juga ditugaskan untuk memeriksa kerjasama-kerjasama yang dilakukan Unsoed dengan pihak lain. "Pemeriksaan ini dilakukan agar Unsoed taat aturan dengan manajemen keuangan yang transparan dan kredibel agar kinerjanya baik. Tim akan mengumpulkan informasi dari seluruh pejabat Unsoed terkait kasus dugaan korupsi itu.8 miliar." katanya. Menurut dia. Selain menanyakan dugaan kasus korupsi Unsoed. berlawanan dengan kewajibannya dan hak-hak dari pihak lain. kerjasama yang dilakukan . Haryono juga mengumpulkan informasi tentang pengelolaan keuangan di Unsoed. rusak. hasil temuan itu akan dijadikan acuan tindak lanjut kebijakan pengelolaan keuangan di perguruan tinggi. Rabu (6/3). menggoyahkan. Haryono mengatakan bahwa Menteri Pendidikan Muhammad Nuh sudah mendengar soal dugaan kasus korupsi di Unsoed yang menjerat sejumlah petingginya. Contoh Korupsi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Haryono Umar mendatangi Universitas Jenderal Soedirman. Kedatangan mantan wakil Ketua KPK ini untuk menelisik dugaan korupsi di kampus itu dengan PT Aneka Tambang. Nilai kerugian negara akibat korupsi itu diduga mencapai Rp 2 miliar dari total proyek senilai Rp 5. Kejaksaan negeri Purwokerto sendiri telah menetapkan tiga petinggi termasuk Rektor Unsoed Edy Yuwono. Menurut dia. yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya. dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. Selain itu. "Kami dapat informasi ada banyak permasalahan di Unsoed. Kejaksaan Negeri Purwokerto sedang menyidik dugaan kasus korupsi kerjasama Unsoed dengan PT Antam. Purwokerto. Jawa Tengah. menyogok) menurut Transparency International adalah perilaku pejabat publik. baik politikus politisi maupun pegawai negeri. tim yang dipimpin Haryono Umar juga melakukan audit keuangan terutama pengelolaan dana Badan Layanan Umum. 1. Menteri Nuh langsung memerintahkan dirinya untuk segera menelisik kasus tersebut.KORUPSI Korupsi (bahasa Latin: corruptio dari kata kerja corrumpere = busuk. Setelah itu. Dia mengatakan. kata dia.

Adapun sebab-sebabnya. b) Kelemahan pengajaran dan etika. Menurut dia. dan kemampuan membuka peluang usaha adalah wujud rendahnya pendidikan. Ketidakmampuan pemimpinuntuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga. Keinginan yang berlebihan tanpa disertai instropeksi diriatas kemampuan dan modal yang dimiliki mengantarkan seseorang cenderung melakukan apa saja yang dapat mengangkat derajatnya. c) Kolonialisme dan penjajahan. sistem pengelolaan keuangan BLU memang terbilang baru. lebih memilih pasrah dari pada berusaha dan senantiasa menempatkan diri sebagai bawahan. "Ini untuk tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak terulang ke depannya. Minimnya ketrampilan. seumurhidup atau di buang ke Pulau Nusakambangan.2. Penjajah telah menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang tergantung. Pembantu Rektor II Unsoed. kata dia. tanpadisertai dengan bentuk-bentuk pengimplementasiannya. f) Tidak adanya hukuman yang keras. Penyebab Korupsi Korupsi dapat terjadi karena beberapa factor yang mempengaruhipelaku korupsi itu sendiri atau yang biasa kita sebut koruptor . Eko Haryanto menyambut baik kedatangan Irjen yang sedang melakukan audit itu. Hukuman sepertiitulah yang diperlukan untuk menuntaskan tindak korupsi." kata dia menambahkan. "Kami akan audit kerjasama-kerjasama yang dilakukan Unsoed dengan pihak lain. ." terangnya. antara lain: a) Ketiadaan dan kelemahan pemimpin. g) Kelangkaan lingkungan yang subur untuk perilaku korupsi. Selain melibatkan Irjen Kemendikbud. Unsoed perlu belajar lebih lanjut lagi. e) Kemiskinan. Pola pengajaran etika dan moral lebih ditekankan pada pemahaman teoritis. merupakan peluangbawahan melakukan korupsi. skill. d) Rendahnya pendidikan. Haryono juga akan menggandeng KPK untuk mengawasi pengelolaan keuangan di perguruan tinggi termasuk Unsoed. Hal ini terkait dengan sistem pendidikan dan substansi pengajaran yang diberikan. sangat rawan dimanipulasi dan menjadi ladang korupsi. seperti hukuman mati. Masalah ini sering pula sebagai penyebab timbulnya korupsi.

Dengan demikian kenakalan remaja merupakan perbuatan yang melanggar hukum yang dapat dikenai sanksi pidana bagi yang melanggar larangan tersebut. Bahkan hingga Minggu dini hari yakni pukul 04. narkoba. bagi sebagian orang khususnya yang masih remaja. dan delinquency yang berarti kejahatan. lantaran tugas dan kewajiban semakin bertambah.00 Wita. Seperti halnya Sabtu malam sebelum-sebelumnya.00 Wita.00 Wita. Dari berbagai pengertian tentang kenakalan remaja atau juvenile delinquency dapat disimpulkan bahwa kenakalan remaja atau juvenile delinquency memiliki arti kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja. menjadi malam yang panjang. Jadi secara etimologis juvenile delinquency adalah kejahatan anak. Sabtu malam adalah malam yang mungkin melelahkan. mesum dan balap liar. Senjata tajam dan api (sajam dan senpi). membuat mereka dituntut untuk dapat menyesuaikan diri secara efektif. atau bahkan pacar (bagi polisi yang belum menikah). Secara etimologis pengertian juvenile delinquency berasal dari kata juvenile yang berarti anak. sampai dengan pukul 24. Tujuannya menciptakan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Masa remaja dikenal dengan masa Strom dan Stres dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan psikis yang bervariasi. Namun bagi polisi. . Masa remaja identik dengan lingkungan sosial tempat berinteraksi. minuman keras (miras). 1. hingga warga yang tak ber-KTP menjadi sasaran. Kendati harus mengorbankan kebersamaan bersama anak dan istri. Contoh Kenakalan Remaja Sabtu (16/3) malam atau malam minggu. Itu adalah aim utama dalam setiap gelaran razia. satu per satu tempat yang dianggap rawan terjadinya penyimpangan dan tindak kriminal diobok-obok. polisi kembali harus turun ke jalan untuk melakukan razia. yang kadang dilakukan dari pukul 22. agar tetap kondusif.KENAKALAN REMAJA Kenakalan remaja sering diartikan terjemahan dari juvenile delinquency. Sasaran sejumlah kawasan yang dianggap rawan tindak kriminal.

Pengaruh Budaya Asing .Seperti halnya yang dilakukan Polsekta Samarinda Ilir. hotel di Jl Pulau Sulawesi dan Jl Niaga Selatan. namun tak seorang joke pasangan yang dikeler ke mobil patroli. razia hotel yang dilakukan kepolisian bukan berniat mencari pasangan mesum yang kedapatan berduaan di dalam kamar. Kendati polisi mengobok-obok hotel tersebut dan mendapati sejumlah pasangan bukan suami istri. Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arief Prapto S. melalui Kapolsekta Samarinda Ilir Kompol Hanifa M Siringoringo SIK. Kehidupan Keluarga 2. Razia bertajuk Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Mahakam 2013. Yakni di Jl Labung Mangkurat. Kehidupan masyarakat modern 3. “Namun lebih kepada fokus mencari narkoba. Sekelompok remaja lari tunggang langgang kala melihat kelipan lampu rotator mobil patroli yang datang mengarah ke lokasi tempat mereka nongkrong. setelah situasi wilayah hukum Polsek Ilir. Dua orang remaja tak dapat berkutik lantaran terlihat mabuk miras oplosan dari alkohol pembersih luka yang dicampur minuman berenergi. Samarinda Ilir. didampingi Kanit Reskrim Ipda Yunus Kelo menuturkan.” tandasnya. Samarinda Ilir. menyasar sejumlah tempat sekelompok remaja berkumpul. Seperti di kawasan Jl Udang. Kelurahan Sungai Dama. Samarinda Kota. Razia joke kemudian dihentikan. Penyebab Kenakalan Remaja Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi remaja yang nakal antara lain: 1. akibat adanya tindak kejahatan yang dapat merugikan orang lain. Lima engine sekelompok remaja yang berhamburan itu diamankan karena ditinggal begitu saja. Usai mengobrak-abrik lokasi ngumpul sekelompok remaja yang tepat berada di belakang kantor Kelurahan Sungai Dama. polisi bergerak ke tiga hotel melati. Karena razia yang kami lakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas. (oke/ica) 2. Kelurahan Pelita. diperkirakan sudah dalam keadaan kondusif. maupun berbagai alat atau senjata yang ada kaitannya dengan tindak kriminal.

sehingga remaja tidak termotivasi untuk melakukan hal-hal yang negatif. penanaman rasa tanggungjawab sosial. . dan biasanya dilakukan oleh anak remaja yang berusia 16-18 tahun. Cara moralistis menekankan pada upaya pembentukan dan pembinaan moral dan mental remaja. Selain itu upaya pencegahan kenakalan remaja juga dapat dilakukan dengan cara berusaha mengerti pribadi anak dan minatnya serta memberikan cinta kasih yang simpatik. sekolah dan masyarakat umum. saran yang baik buat anak remaja itu adalah Dibutuhkan pendekatan yang baik terhadap remaja yang diawali dari keluarga. Kesimpulannya kenakalan remaja sebagai perilaku yang melanggar norma-norma yang ada dalam masyarakat. Cara ablisionalitis dalam pencegahan kenakalan remaja dilakukan dengan mengurangi sebab-sebab yang mendorong anak remaja melakukan perbuatan delinkuen. Jadi. Minimnya pengawasan orang tua beserta para guru dan masyarakat umum menyebabkan remaja melakukan perbuatan yang negatif. yang dapat dilakukan melalui penyuluhan kesadaran hukum bagi anak dan remaja. penanaman kesadaran beragama dan penyuluhan tentang sebab-musabab kenakalan remaja. Pencegahan dan Penanganan Kenakalan Remaja Usaha-usaha pencegahan kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara moralitas maupun abolisionalistis.3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->