P. 1
Fungsi Bahan Ajar

Fungsi Bahan Ajar

|Views: 53|Likes:

More info:

Published by: Luckyoluz Ramanda Msi on Sep 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/08/2014

pdf

text

original

Fungsi bahan ajar sangat penting bagi seorang pendidik (guru/dosen).

Menurut panduan pengembangan bahan ajar Depdiknas (2007) disebutkan bahwa fungsi bahan ajar adalah sebagai berikut: 1 Pedoman bagi guru yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi

§

yang seharusnya diajarkan kepada siswa.
2

Pedoman bagi siswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya

dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
3

Alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran.

Dengan demikian, fungsi bahan ajar sangat akan terkait dengan kemampuan guru dalam membuat keputusan yang terkait dengan perencanaan (planning), aktivitas-aktivitas pembelajaran dan pengimplementasian (implementing), dan penilaian (assessing). Secara lengkap, fungsi bahan ajar dapat di bagi menjadi fungsi bahan ajar bagi pendidik, fungsi bahan ajar bagi peserta didi, dan fungsi bahan ajar bagi pengembangan pendidikan. Fungsi bahan ajar bagi pendidik Fungsi bahan ajar bagi pendidik, antara lain:
4

Menghemat waktu pendidik dalam mengajar

10 Peserta didik dapat belajar kapan saja dan dimana saja ia kehendaki. antara lain: 15 Sebagai 16 Sebagai satu-satunya bahan sumber informasi proses serta pengawas dan yang pengendali proses pembelajaran. 12 Peserta didik dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri. antara lain: 17 Sebagai media utama dalam proses pembelajaran. pendukung pembelajaran diselenggarakan. 14 Sebagai pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari atau dikuasainya. Fungsi bahan ajar bagi peserta didik Fungsi bahan ajar bagi peserta didik. 11 Peserta didik dapat belajar sesuai kecepatannya masing-masing. antara lain: 9 Peserta didik dapat belajar tanpa harus ada pendidik atau teman peserta didik yang lain. 8 Sebagai alat evaluasi pencapaian atau penguasaan hasil belajar. Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran individual.5 6 7 Mengubah peran pendidik dari seorang pengajar menjadi seorang Meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. . aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang semestinya diajarkan kepada peserta didik. Fungsi bahan ajar menurut strategi pembelajaran Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran klasikal. Sebagai pedoman bagi pendidik yang akan mengarahkan semua fasilitator. 13 Membantu potensi peserta didik untuk menjadi pelajar yang mandiri.

Fungsi Bahan Ajar Fungsi bahan ajar. dan sikap atau nilai yang harus dipelajari siswa. Kompetensi dasar dalam kurikulum dianalisis unsur-unsurnya dan dijabarkan menjadi sub kompetensi. HAKIKAT BAHAN AJAR A. yaitu: 1 Memfasilitasi kegiatan pembelajaran mandiri peserta didik. Uraian materi pembelajaran berisikan butir-butir materi yang penting (key concept) yang harus dipelajari siswa atau dalam bentuk uraian secara lengkap seperti yang terdapat dalam buku-buku pelajaran. mengantisipasi kesukaran belajar. memberikan kesempatan latihan untuk peserta didik. Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran kelompok.dan cara mengevaluasi yang berbeda-beda. Hakikat Pengembangan Bahan Ajar Bahan ajar dikembangkan dari standar kompetensi dan kemampuan kompetensi dasar yang telah ditentukan. dengan cara memberikan informasi tentang latar belakang materi. Jenis materi pembelajaran perlu diidentifikasikan atau ditentukan dengan tepat karena setiap materi pembelajaran memerlukan strategi. C. secara umum berorientasi pada peserta didik secara individual (learner oriented). 21 Sebagai bahan pendukung bahan ajar utama dan apabila dirancang sedemikian rua. Bahan ajar harus mempunyai struktur dan urutan yang sistematis. 19 Sebagai penunjang media pembelajaran individual lainnya. antara lain: 20 Sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses belajar kelompok. selanjutnya diuraikan berdasakan buku sumber yang ada. dan bahan ajar bersifat mandiri. Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah bahan-bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran.18 Sebagai alat yang digunakan untuk menyusun dan mengawasi proses peserta didik dalam memperoleh informasi. baik tentang subtansi maupun tentang penyajiannya yang memasukkan . Bahan ajar atau materi pembelajaran berisikan pengetahuan keterampilan. media. maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. memotivasi peserta didik untuk belajar. B. inforasi tentang peran orang-orang yang terlibat dalam belajar kelompok. menjelaskan tujuan instruksional yang akan dicapai. serta petunjuk tentang proses pembelajaran kelompoknya sendiri.

Prinsip-prinsip Pemilihan Bahan Ajar 7 Learner centered principle. Berhubungan dengan isu-isu seperti kesesuaian tingkat kesulitan bahan ajar dengan tingkat keterampilan berbahasa siswa.sejumlah prinsip yang dapat meningkatkan kompetensi yang hendak dimiliki peserta didik. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika kepada mereka diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam komunikasi dengan menggunakan bahasa itu dalam aktivitas yang bervariasi. 2 Bagi pengajar. pengajar memiliki kebebasan dalam memiliki. 5 Mempertimbangkan kebutuhan dan ketertarikan guru (teacher’s needs and preferences consideration). sebab melalui buku ajar. 4 Mempertimbangkan tujuan pembelajaran. 9 Immerson principle. mengembangkan dan menyajikan materi sejalan dengan prinsip-prinsip intsruksional untuk mencapai tujuan pembelajaran D. Prinsip-prinsip Penyusunan Bahan Ajar 3 Mempertimbangkan karakter siswa. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika aktivitas komunikatif yang diberikan kepada mereka dapat dipahami (comprehensible) dan relevan dengan kebutuhan dan ketertarikan mereka. bahan ajar berfungsi untuk pengembangan kompetensi peserta didik. meningkatkan pengetahuan siswa. mendukung siswa bertanggung jawab atas belajarnya sendiri. 10 Focusing principleyaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika mereka fokus pada bentuk dan ketrampilan bahasa yang bervariasi. Berhubungan dengan isu bagaimana bahan ajar dapat mengeksploitasi dan bukan membatasi keahlian guru. dan harus memungkinkan siswa dapat aktif terlibat dalam pemakaiannya. Pertimbangan ini menyangkut bagaimana bahan ajar mendukung pencapaian kompetensi yang dituntut dalam kurikulum. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika mereka diperlakukan sebagai individu dengan kebutuhan dan ketertarikan mereka sendiri (needs and interest) 8 Active involvement principle. . dan bagaimana bahan ajar dapat mengakomodasi kebutuhan dan ketertarikan siswa. Berhubungan dengan kriteria bahwa bahan ajar harus mempunyai tampilan yang imaginatif dan menarik. ekonomis dari segi pemanfaatn waktu pemakaiannya. E. dan strategi belajar yang bervariasai untuk mendukung proses pemerolehan bahasa. 6 Mempertimbangkan kepraktisan dan kelaziman ( practicalities and general consideration). bagaimana bahan ajar dapat menantang siswa tanpa membuat mereka frustasi.

dan sifat bahasa itu. tentang pentingnya pembuatan bahan ajar. 1) Fungsi bahan ajar bagi pesrta didik. fungsi. maka ada dua klasifikasi utama fungsi bahan ajar sebagaimana di uraikan sebagai berikut: [10]§ a. Bahan ajar mempunyai kontribusi yang besar bagi keberhasilan proses pembelajaran yang kita laksanakan. antara lain: a) Menghemat waktu pendidik dalam mengajar b) c) d) Mengubah peran pendidik dari seorang pengajar menjadi seorang fasilitator Meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif Sebagai pedoman bagi pendidik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan subtansi kompetensi yang semestinya diajarkan kepada peserta didik e) Sebagai alat evaluasi pencapaian atau penguasaan hasil pembelajaran . yaitu fungsi bagi pendidik dan fungsi bagi peserta didik. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika mereka diberikan kesempatan untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri Fungsi bahan Ajar Pembuatan bahan ajar yang menarik dan inovatif adalah hal yang sangat penting dan merupakan tuntunan bagi setiap pendidik. fungsi bahan ajar dapat dibedakan menjadi dua macam.11 Sociocultural principleyaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika mereka menyadari tentang peran. 12 Awarnes principle. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik jika mereka diberikan umpan balik yang sesuai tentang perkembangan yang mereka capai 14 Responsibility principle. yaitu siswa akan belajar bahasa dengan baik apabila mereka menyadari peran dan sifat bahasa itu sendiri 13 Assesment principle. Fungsi bahan ajar menurut pihak yang memanfaatkan bahan ajar Berdasarkan pihak-pihak yang menggunakan bahan ajar. Kembali kepada persoalan utama.

2) Fungsi bahan ajar bagi peserta didik. dengan cara memberikan informasi tentang latar belakang materi. informasi tentang peran orang-orang yang . antara lain: a) Peserta didik dapat belajar tanpa harus ada pendidik atau teman peserta didik yang lain b) Peserta didik dapat belajar kapan saja dan dimana saja c) Peserta didik dapt belajar sesuai kecepatannya masing-masing d) Peserta didik dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri e) f) Membantupotensi peserta didik untuk menjadi pelajar /mahasiswa yang mandiri Sebagai pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan subtansi kompetensi yang seharusnya dipelajari dan dikuasainya b. Fungsi bahan ajar menurut strategi pembelajaran yang digunakan Berdasarkan strategi pembelajaran yang digunakan fungsi bahan ajara dapat dibedakan menjadi tiga macam antara lain: 1) Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran klasikal a) Sebagai satu-satunya sumber informasi serta pengawas dan pengendali proses pembelajaran (dalam hal ini peserata didik bersifat pasif dan belajar sesuai kecepatan pendidik dalam mengajar) b) Sebagai bahan pendukung proses pembelajaran yang diselenggarakan 2) Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran individual a) Sebagai media utama dalam proses pembelajaran b) Sebagai alat yang digunakan untuk menyusun dan mengawasi proses peserta didik dalam memperoleh informasi c) Sebagai penunjang media pembelajaran individual lainnya 3) Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran kelompok a) Sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses belajar kelompok.

Melalui bahan ajar guru atau dosen akan lebih mudah dalam melaksanakan pembelajaran dan mahasiswa akan lebih terbantu dan mudah dalam belajar. maka pembelajar akan mendapatkan manfaat yaitu. memudahkan guru atau dosen dalam melaksanakan pembelajaran. Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh apabila seorang guru atau dosen mengembangkan bahan ajar sendiri.terlibat dalam belajar kelompok. apabila dirancang sedemikian rupa maka dapat meningkatkan motivasi belajar siswa C. pembelajar akan lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran guru atau dosen. menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman guru atau dosen dalam menulis bahan ajar. ketiga. keempat. bahan ajar menjadi labih kaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi. kedua. bahan ajar akan mampu membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara guru/dosen dengan siswa/mahasiswa karena siswa akan merasa lebih percaya kepada guru atau dosennya. serta petunjuk tentang proses pembelajaran kelompoknya sendiri b) Sebagai bahan pendukung bahan belajar utama. Menurut Abdul Majid. yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial siswa/ mahasiswa. yakni antara lain. Bahan ajar dapat dibuat dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik materi ajar yang akan disajikan. kelima. Tujuan Bahan Ajar Bahan ajar merupakan bagian penting dalam pelaksanaan pendidikan. Bahan ajar disusun dengan tujuan menyediakan bahan ajar yang sesuai kebutuhan pembelajar. tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh. sebagai berikut: 1) Membantu siswa dalam mempelajari sesuatu 2) Menyediakan berbagai jenis pilihan bahan ajar . kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. pertama. membantu pembelajar dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh. diperoleh bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa atau mahasiswa. Bahan Ajar disusun dengan tujuan. Dengan tersedianya bahan ajar yang bervariasi.

sebagai suatu upaya untuk memperbaiki mutu pembelajaran.3) Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran 4) Agar kegiatan pembelajaran menjadi menarik.3 Peranan Bahan Ajar[12]§ No 1 2 3 4 5 Peranan Guru Menghemat waktu guru dalam mengajar Mengubah peranan guru dari seorang pengajar menjadi seoarang fasilitator Meningkatkan proses pembelajaran menjadi efektif dan interaktif Peranan Bagi Siswa Siswa dapat belajar tanpa harus ada guru atau teman siswa yang lain Siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja yang ia hendaki Siswa dapat belajar sesuai dengan kecepatan sendiri Siswa dapat belajar menurut urutan yang dipilihnya sendiri Membantu potensi siswa untuk menjadi pelajar mandiri Sedangkan Peranan bahan ajar menurut Iskandar Wassid dan Dadang Sunendar. Peranan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahan ajar sangat penting artinya bagi guru maupun siswa dalam proses pembelajaran.[11]§ D. Tabel 2. baik oleh guru maupun siswa. mudah dibaca dan bervariasi. Oleh sebab itu. Demikian juga halnya dengan siswa. meliputi: 1) 2) Mencerminkan suatu sudut pandang yang tajam dan inisiatif mengenai pengajaran serta mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan ajar yang disajikan. tanpa bahan ajar akan sulit untuk menyesuaikan diri dalam belajar. Tanpa bahan ajar akan sulit bagi guru untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Menyajikan suatu sumber pokok masalah yang kaya. 3) Menyediakan suatu sumber yang tersusun rapi dan bertahap. sesuai dengan minat dan kebutuhan para peserta didik. . apalagi jika gurunya mengajarkan materi dengan cepat dan kurang jelas. Tabel 2.3 diterangkan peranan bahan ajar bagi guru dan siswa. bahan ajar dianggap sebagai bahan yang dapat dimanfaatkan.

4) Menyajikan metode-metode dan sarana-sarana pengajaran untuk memotivasi peserta didik. 6) Menyajikan bahan/ sarana evaluasi dan remidial yang serasi dan tepat guna.[13]§ . 5) Menjadi penunjang bagi latihan-latihan dan tugas-tugas praktis.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->