P. 1
MOTIVASI

MOTIVASI

|Views: 3,327|Likes:
Published by mirzal tawi

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: mirzal tawi on Jul 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/30/2013

pdf

text

original

MOTIVASI

Ns.Mirzal Tawi,S.Kep,MKM

Pengertian
motivasi kerja adalah kondisi yang mempengaruhi, membangkitkan, menggerakkan dan memelihara perilaku seseorang untuk melaksanakan pekerjaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Anoraga, 1998). Suyati (1995), menjelaskan bahwa motivasi kerja adalah dorongan dan keinginan sehingga staf melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan dengan baik demi mencapai tujuan yang diinginkan.

Wahjosumidjo (1994) yang menyatakan bahwa sebagai konsep manajemen dalam kaitannya dengan kehidupan organisasi, motivasi kerja adalah dorongan kerja yang timbul pada diri seseorang untuk berperilaku dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Menurut Zainun (1989), motivasi dapat dipandang sebagai bagian yang fundamental dari kegiatan manajemen dan motivasi merupakan bagian integral dari kegiatan organisasi dalam menggerakkan dan mengarahkan personel mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dimensi/Teori Motivasi
a.Teori Isi (Content Theory)=Teori Kebutuhan 1.Teori Motivasi Konvensional (Taylor) - Tradisional/Klasik. - Pendekatan faktor ekonomi/imbalan. 2.Teori Hirarkhi Maslow (Maslow) - Dasar teori:manusia punya kebutuhan - Fisiologis,aman&nyaman,kebersamaan, penghargaan,aktualisasi diri.

3. Teori Motivasi 2 faktor/Higienis (Herzberg) - Motivation Factors/pemuas - Maintenance Factors/pemeliharaan 4. Teori Motivasi ERG (Aldefer) -Teori motivasi ERG: modifikasi dari teori kebutuhan Maslow. - 3 klp kebutuhan manusia : existence,relatedness dan growth. 5. Teori Kebutuhan Berprestasi (Mc.Clelland) - 3 jenis kebutuhan: need of achievment,need of power dan need of afiliation

b. Teori Proses (Process Theory) Teori ini merupakan proses sebab akibat dari bekerjanya seseorang. 1. T.Harapan/Expectancy Theory (Vroom) - Motivasi seseorang ditentukan oleh interaksi perkalian komponen Valance, Instrumentally dan Expectancy (M=VxIxE)

2. Teori Keadilan/Equity Theory (Adams) - Elemen teori ini : * Masukan :pendidikan,pengalaman,pengetahuan, masa kerja,pengakuan * Hasil : gaji, status, penghargaan, kesempatan untuk berprestasi. * Individu Pembanding :dengan siapa dibandingkan rasio masukan dan hasil tersebut.

Tujuan Motivasi
Merubah perilaku bawahan/ staf. Meningkatkan kegairahan kerja bawahan/ staf. Meningkatkan disiplin kerja bawahan/ staf. Meningkatkan kesejahteraan bawahan/ staf. Meningkatkan prestasi kerja bawahan/ staf. Meningkatkan moral bawahan/ staf. Meningkatkan rasa tanggung jawab bawahan/ staf. Meningkatkan kesetiaan bawahan/ staf terhadap institusi.

Alat untuk Motivasi
Material :insentif berupa gaji, fasilitas dan tunjangan yang memadai. non material, misalnya penempatan yang tepat, kesempatan mengembangkan diri, promosi yang objektif, pekerjaan yang merangsang, memberi penghargaan, bimbingan dan perlakuan yang wajar.

Tehnik Memotivasi
Wahjosumidjo (1994) menggunakan beberapa pendekatan yaitu: The be good approach. The strong approach. Implicit bergaining Competition Internalized Motivation

Tehnik Memotivasi(lanjutan)
Swansburg&swansburg (1999): Self Esteem Job Enrichment Empowerment Lateral Promotion Growth Communication Rewards

Pengukuran Motivasi
Hellriegel dan Slocum (dalam Sujak, 1990). Pengukurannya menggunakan kuesioner yang dirancang berdasarkan pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan fisik dan kenikmatan, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial atau afiliasi, kebutuhan pemenuhan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri. Teori pemenuhan kebutuhan prestasi yang dikemukakan oleh Mc. Clelland. dikembangkan oleh Steers dan Braunstein (dalam Robins, 1996). Kuesioner dirancang dalam konteks umum berdasarkan pada kebutuhan prestasi, kekuasaan dan afiliasi.

Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->