I. PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang

Di dalam laboratorium dapat ditemukan berbagai macam alat mulai dari yang sederhana, seperti alat-alat dari gelas, sampai kepada alat yang cukup rumit, seperti pH meter ataupun alat lainnya. Alat-alat sederhana di laboratorium tersebut ada yang terbuat dari kaca, plastik, karet, kuarsa, platina, logam, dan lain-lain. Peralatan tersebut ada yang berfungsi sebagai wadah, alat bantu, dan pengukuran volume dengan berbagai ukuran. Peralatan wadah pengukur volume larutan, ada yang ditera dengan teliti dan ada yang tidak perlu ditera dengan teliti. Peneraan yang sangat teliti dilakukan terhadap alat ukur seperti pipet volumetrik, pipet Mohr, labu takar, dan buret. Pegukuran dengan alat tersebut akan mempengaruhi hasil secara kuantitatif. Mahasiswa akan diperkenalkan dan diajarkan macam dan cara menggunakan alat-alat yang umum dipakai dalam praktikum. Dengan mempelajari macam dan cara penggunaan peralatan yang ada diharapkan mahasiswa akan mahir dan terampil dalam penggunaan alat tersebut sehingga praktikum maupun penelitian akan berjalan dengan lebih lancar.

II. TUJUAN 1. Mahasiswa dapat mengetahui alat-alat laboratorium 2. Mahasiswa dapat mengetahui cara penggunaan dan fungsi dari alat-alat laboratorium 3. Mahasiswa dapat menggunakan peralatan di dalam laboratorium dengan benar

III.ALAT DAN BAHAN

Pengamatan alat-alat meliputi nama. ketelitian. gambar dan fungsi alat yang akan dipakai selama praktikum.IV. . PROSEDUR • • Persiapan alat yang akan digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN .V.

VI. KESIMPULAN .

DAFTAR PUSTAKA .

JAWABAN PERTANYAAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful