P. 1
Kejadian Luar Biasa Dbd

Kejadian Luar Biasa Dbd

|Views: 10|Likes:

More info:

Published by: Vonalia Nurul Annisa on Sep 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/22/2014

pdf

text

original

KEJADIAN LUAR BIASA DBD

Kepala Dinas Kota Lhoksemawesangat terkejut dengan adanya laporan petugas puskesmas banda sakti atas kejadian peningkatan kasus DBD dikelurahan teumpok teungoh. Kepala dinas memerintahkan dr.diana yang bertugas di puskesmas tersebut untuk meneliti kasus ini Kepala Dinas juga meminta agar diteliti variabel faktor resiko dari kejadian luar biasa tersebut. Dokter diana mendiskusikan dengan staf puskesmas konsep penelitian yang akan digunakan. Dapatkah anda menjelaskan jenis penelitian yang sesuai dan penerapannya serta bagaimana prosedur pelaksanaannya?

.Terminologi 1.sifat. Faktor resiko : Faktor / keadaan yang mempengaruhi perkembangan suatu penyakit atau status kesehatan tertentu atau kondisi yang memungkinkan adanya interaksi host.agent.dan ukuran yang dimiliki atau didapatkan oleh satuan penelitian tentang konsep tertentu. 3. Prosedur : Rangkaian tahapan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penelitian : pemikiran yang sistematik mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran kata. 4. Variabel : Sesuatu yang di gunakan sebagai ciri. 2.invorenment.

. Kejadian Luar Biasa : Bila suatu wilayah ditemukan jumlah penderita melebihi jumlah penderita dibulan yang sama pada bulan lalu di wilayah tersebut atau angka kematiannya sudah melebihi 1 %. 6. Konsep : Suatu abstraksi yang dibentuk denganmangeneralisasikan suatu pengertian tidak dapat diukur dan diamati secara langsung.5. status wilayah telah terjadi kejadian luar biasa.

? 7. Apa saja yang termasuk dalam variabel faktor resiko dari KLB DBD. Bagaimana tahap prosedur penelitian.MENENTUKAN MASALAH 1..? 2... Bagaimana konsep penelitian yang dilakukan dr.Diana. Bagaimana peran etika dalam penelitian..? 6.. Apa saja yang perlu dipelajari dalam epidemiologi masyarakat.. Apa saja tujuan penelitian kesehatan. Jenis penelitian yang sesuai untuk meneliti KLB di Tumpok Tengoeh.? ..? 3.? 5.? 4.

. Manfaat apa yang di peroleh dari penelitian dr.8. Bagaimana yang dikatakan kriteria penelitian yang baik.? 12.. Apa peran dari penelitian dalam kasus KLB pada skenario. Apa saja pokok yang harus tertera dalam usulan penelitian.? 14. Apa saja jenis-jenis penelitian kesehatan.. Bagaimana cara memilih judul yang baik dalam suatu penelitian..? 13.. Apa yang menyebabkan peningkatan KLB DBD di Tumpok Tengoeh.? 10.? 9..? 11.? .Diana..

Menentukan atau menguji faktor baru. 4.pelaksanaan(pengumpulan data).MENGANALISIS MASALAH 1. Penelitian survei yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional dan penelitian terapan berdasarkan atas alasan merupakan jenis penelitian yang sesuai untuk kasus KLB DBD di Tumpok Tengoeh.mengadakan analisis terhadap hubungan/interaksi antara fakta-fakta yang ditemukan dalam bidang kesehatan merupakan tujuan penelitian.dan penulisan hasil penelitian merupakan tahap-tahap prosedur penelitian. 3. Frekwensi masalah. penyebaran masalah dan faktorfaktor yang mempengaruhi adalah hal yang perlu dipelajari dalam epidemiologi masyarakat. 2.pengolahan dan analisis data. Persiapan(perencanaan). .

retrospektif. .Diana. Metode penelitian survei yang terbagi atas seksional silang. 9. Survei research terhadap variabel yang diteliti merupakan konsep penelitian dr. Hasil penelitian dapat digunakan untuk gambaran tentang keadaan status kesehatan individu.masyarakat dan hasil penelitian dapat dijadikan sarana diagnosis dalam mencari sebab masalah kesehatan merupakan beberapa manfaat dilakukan penelitian. 6.dan penelitian evaluasi merupakan jenis-jenis penelitian.penelitian terapan. Jumlah keseluruhan orang yang terkena DBD yang belum terkena DBD pada suatu tempat merupakan variabel faktor resiko dari penelitian. Komisi etika penelitian nasional(SK MENKES RI/2002) mengeluarkan pedoman etika penelitian kesehatan.dan metode penelitian eksperimen yang terbagi atas penelitian dasar.5.prospektif.keluarga. 8. 7.penelitian tindakan.

13.tinjauan pustaka.rencana kegiatan. Judul. Memecahkan masalah. .metode penelitian.dan kerangka konsep.anggaran dan daftar pustaka.manfaat.bisa di uji dan dikaji serta bersifat objektif merupakan kriteria penelitian yang baik.latar belakang.10.organisasi penelitian.tujuan.mendapatkan pengetahuan merupakan peran penelitian. dilakukan dengan hati-hati.rumusan masalah.rencana penelitian. Judul cukup ringkas dan specifik dan memberikan gambaran bagaimana penelitian yang akan dilakukan merupakan cara memili judul yang baik dalam penelitian. Jelas tujuan. 12. 14. Tidak adanya tinjauan/penelitian yang dilakukan didaerah tersebut menyebabkan meningkatnya angka kejadian DBD. 11.memberi jawaban.cermat dan teliti.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->