Pentingnya Komunikasi Lintas Budaya

Dalam kehidupannya, manusia tidak pernah lepas dari komunikasi. Komunikasi merupakan hal yang teramat penting dalam kehidupan manusia. Komunikasi ini terjadi akibat dari kehidupan sosial manusia. Pengertian komunikasi sendiri adalah suatu proses penyampaian pesan dari suatu pihak kepada pihak lain agar tejadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Sedangkan, komunikasi lintas budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis baik komunikasi verbal maupun non verbal dengan memperhatikan faktor-faktor budaya disuatu daerah, wilayah atau negara. Perbedaan-perbedaan ekspektasi budaya dapat menimbulkan resiko yang fatal, setidaknya akan menimbulkan komunikasi yang tidak lancar, timbul perasaan tidak nyaman atau timbul kesalahpahaman. Akibat dari kesalahpahaman-kesalahpahaman itu banyak kita temui dalam berbagai kejadian yang mengandung etnosentrisme dewasa ini dalam wujud konflik-konflik yang berujung pada kerusuhan atau pertentangan antar etnis. Sebagai salah satu jalan keluar untuk meminimalisir kesalahpahaman-kesalahpahaman akibat perbedaan budaya adalah dengan mengerti atau paling tidak mengetahui bahasa dan perilaku budaya orang lain, mengetahui prinsip-prinsip komunikasi lintas budaya dan mempraktekkannya dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam dunia bisnis, komunikasi lintas budaya menjadi elemen yang sangat penting khususnya komunikasi lintas budaya sangat bayak digunakan dalam berbagai aspek seperti melakukan kesepakatan bisnis dengan rekan bisnis yang berbeda budaya. Maka dari itu perlu mempelajari komunikasi lintas budaya agar menghindari kesalahpahaman dengan orang lain dalam berkomunikasi karena antar satu budaya dengan budaya lain itu berbeda. Oleh sebab itu mempelajari Komunikasi Lintas Budaya menjadi sangat penting. Adapun menurut Litvin (1997) tujuan dari komunikasi lintas budaya adalah sebagai berikut : a. Menyadari budaya sendiri b. Lebih peka secara budaya c. Merangsang pemahaman yang lebih besar atas budaya sendiri d. Memperluas dan memperdalam pengalaman seseorang, e. Belajar menghargai orang baik secara pendapat atau kelakuan f. Mempererat hubangan dengan orang yang berbeda budaya dll.

Page | 1

Sebagai contoh. (Samovar & Porter 1997). Sebagaimana diketahui. menegosiasikan kontrak atau menangani hubungan bisnis potensial. Page | 2 . Dengan semakin terbukanya peluang perusahaan multinasional masuk ke wilayah suatu negara dan didorong dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Budaya menuntun peran yang akan dimainkan seseorang. Pada akhirnya budaya akan bermanifestasi ke dalam bagaimana seseorang menjalankan bisnis. di mana orang batak relatif lebih berterus terang. Sedangkan orang dari budaya Jawa kurang berterus terang dan berbicara dengan volume lebih pelan. komunikasi antar budaya menjelaskan interaksi antar individu dan kelompok – kelompok yang memiliki persepsi yang berbeda dalam perilaku komunikasi dan perbedaan dalam interpretasi. Komunikasi antar-budaya merupakan proses komunikasi yang terjadi antara dua pihak atau individu yang berbeda latar belakang baik budaya. bagaimana mereka bekerja. berbicara dengan volume lebih keras. di suatu perusahaan akan berinteraksi dengan orang Batak yang menganut budaya batak. Bagaimanapun diperlukan suatu pemahaman bersama antara dua orang atau lebih dalam melakukan komunikasi lintas budaya. seperti bagaimana seseorang berkomunikasi dengan orang lain. bagaimana mereka berpakaian. Beberapa studi mengenai komunikasi antar budaya menguji apa yang terjadi dalam kontak dan interaksi antar budaya ketika proses komunikasi mencakup orang–orang yang secara budaya tersebar. atau pun bahasa. dan bagaimana mereka memperlakukan suatu produk. termasuk siapa berkomunikasi dengan siapa. setiap daerah yang ada di Indonesia ini memiliki kekhasan budaya yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. dan dengan cara bagaimana mereka berkomunikasi. apa yang mereka komunikasikan. latar belakang. disuatu perusahaan mungkin akan ada orang dari suku Jawa (budaya Jawa). Budaya keduanya berbeda. baik melalui tulisan maupun tulisan. maka pada saat itulah kebutuhan akan komunikasi bisnis lintas budaya menjadi semakin penting artinya. bagaimana seseorang menghargai orang lain. Ringkasnya. dan sulit dibedakan antara marah dengan bercanda.Dengan melihat perkembangan atau tren yang ada saat ini. Jandt (2004: 4) mengatakan bahwa komunikasi antar budaya tidak hanya komunikasi antar individu tapi juga di antara “kelompok–kelompok dengan identifikasi budaya yang tersebar’’. bagaimana mereka meyakini atau mempercayai sesuatu yang sudah turun-temurun dan nenek moyang mereka. etnis. bagaimana mereka memanfaatkan waktu yang ada. Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat kaya dengan aneka macam budaya merupakan salah satu contoh yang sangat berharga bagi para pelaku bisnis dalam menerapkan komunikasi bisnis lintas budaya. komunikasi bisnis lintas budaya menjadi sangat penting artinya bagi terjalinnya harmonisasi bisnis di antara mereka.

materi penyajian dan pendeskripsian produk diharapkan tidak bersifat terlalu eksplisit. Proses pemasaran dan periklanan produk bertujuan utama untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. bukan hanya kita yang mendapatkan keuntungan tapi juga pihak lain antara lain likungan sekitar kita karena dengan kita melakukan komunikasi lintas budaya tidak ada kesalah pahaman dari komunikasi dan dengan kita mempelajari komunikasi lintas budaya diharapkan kita terhindar dari berbagi macam konflik ketika kita memasuki dunia kerja yang berhubungan dengan komunikasi lintas budaya. Begitu pula dengan kegiatan pemasaran atau iklan. sampai dengan interaksi dengan masyarakat asli di daerah dimana perusahaan melakukan kegiatan ekspansi tersebut. Page | 3 .dan contoh lain adalah perusahaan nike yang mengiklankan produk barunya di china yang menceritakan seorang anak muda laki-laki dengan memakai sepatu produk nike melakukan kungfu dan memecahkan patung – patung di china ini membuktikan sepatu produk nike sangat kuat. Oleh karena itu komunikasi lintas budaya ini merupakan hal penting yang perlu di perhatikan karena dengan kita bisa melakukan komunikasi lintas budaya dengan baik apalagi di dunia bisnis. Tapi di lain sisi. Baik dari segi bahasa. Contohnya adalah iklan di negara-negara Asia seperti Indonesia. maka diperlukan lah proses komunikasi antar. yang masih belum terbuka pada hal-hal yang berbau seks bebas. Pada perusahaan berskala besar yang lebih sering mengadakan kegiatan-kegiatan transasksi bisnis berskala besar dengan melibatkan banyak orang dari berbagai negara. yaitu di atas jam sepuluh malam. Contoh lain dari komunikasi antar-budaya dalam kegiatan pemasaran misalnya adalah materi penyajian produk pada iklan yang dipasang pada daerah tertentu. kendala-kendala bahasa dan budaya seringkali dapat menghambat proses dari transaksi bisnis itu sendiri.budaya yang efektif. dan budaya dari masyarakat yang terdapat pada daerah yang dituju terlebih dahulu. Sebelum memasang iklan mengenai produk tertentu. perusahaan juga harus menghargai budaya dan istiadat yang berlaku di suatu wilayah dimana perusahaan tersebut melakukan kegiatan pemasaran. perusahaan juga harus mengetahui karakteristik. adat istiadat.Contoh dari penerapan komunikasi antar-budaya dalam bisnis sangatlah luas . yaitu dengan tidak menayangkan adegan-adegan porno pada iklan. Penanyangan iklan produk sejenis ini juga diharapkan tidak dilakukan pada saat jam tayang anak-anak dan keluarga. Agar kedua hal tersebut dapat berjalan secara selaras. pemahaman adat istiadat antar rekan kerja.tapi di lain sisi pemerintah china dan masyarakat china mersa sangat tersinggung karena di china mereka mempunyai budaya menghormati patung-patung .dengan adanya masalah ini iklan tersebut harus di cabut dan manajer pemasaran nike harus meminta maaf pada masyarakat china.

Dalam banyak hal. kita harus menyadari factorfaktor budaya yang mempengaruhi komunikasi ini. hubungan antara budaya dan komunikasi bersifat timbal balik. Kita perlu memahami tidak hanya perbedaan-perbedaan budaya tetapi juga persamaanpersamaanya. perhatikan atau abaikan. Keduanya saling mempengaruhi dari apa yang kita bicarakan. gaya bicara dan perilaku kita perlu di sesuaikan dengan lawan bicara agar tidak menyinggung lawan bicara.baik dalam budaya kita maupun dalam budaya pihak lain. baik dalam budaya kita maupun dalam budaya pihak lain. apa yang kita lihat. menentukan dan menghidupkan budaya kita. memelih saluran atau media yang tepat serta meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Berbagai cara untuk mengatasi hambatan dalam komunikasi lintas budaya dalam bisnis antara lain memelihara iklim komunikasi terbuka. memegang teguh etika berkomunikasi. Saling memahami artinya keadaan di mana seseorang dapat memperkirakan bagaimana orang lain memberi makna atas pesan yang dikirim dan menyandi balik pesan yang diterima. Page | 4 . bagaimana kita berpikir dan apa yang kita pikirkan dipengaruhi budaya. bagaimana kita membicarakanya. kita harus menyadari factorfaktor budaya yang mempengaruhi komunikasi ini. Pemahaman atas perbedaan-perbedaan budaya ini akan menolong kita mengetahui sumber-sumber masalah yang potensial.Perlu diingat bahwa setiap budaya berbeda-beda. Budaya takkan hidup tanpa budaya. sedangkan pemahaman atas persamaan-persamaanya akan membantu kita lebih dekat kepada pihak lain dan pihak lain pun merasa lebih dekat kepada kita. Demi terciptanya komunikasi antar budaya yang berhasil. bagaimana kita membicarakanya dan apa yang ketahui turut membentuk. Demi terciptanya komunikasi antar budaya yang berhasil. Pada giliranya apa yang kita bicarakan. Masing-masing tak dapat berubah tanpa menyebabkan perubahan pada yang lain. menggunakan pendekatan berkomunikasi yang berpusat pada penerima. Komunikasi antar budaya yang efektif terjadi apabila muncul mutual understanding atau komunikasi yang saling memahami.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful