Jamur Tempe Rhizopus oryzae Nama umum Indonesia: Jamur tempe

Klasifikasi Famili: Mucoraceae Genus: Rhizopus Spesies: Rhizopus oryzae Jamur Roti
Roti Mold Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Jamur Filum: Zygomycota Kelas: Zygomycetes

Order: Family:

Mucorales Mucoraceae Rhizopus Genus: Rhizopus Species: R. stolonifer Nama binomial Rhizopus stolonifer

Rhizopus stolonifer (cetakan roti hitam) adalah luas seperti benang Mucoralean cetakan . Umumnya ditemukan pada permukaan roti, dibutuhkan makanan dan nutrisi dari roti dan menyebabkan kerusakan permukaan di mana ia hidup. Spora aseksual terbentuk dalam sporangia , yang melanggar untuk melepaskan spora matang. Perkecambahan spora ini membentuk hifa haploid dari suatu miselium yang baru stolonifer tumbuh cepat pada suhu antara 15 dan 30 ° C.

Rhizopus stolonifer adalah heterothallic spesies (Schipper 1984), dalam reproduksi seksual terjadi hanya ketika tipe kawin yang berlawanan (yang ditunjuk + dan -) datang dalam kontak. Hasil perkawinan yang sukses dalam pembentukan tahan lama zygospores pada titik kontak. Selanjutnya, zygospore yang germinates dan membentuk sporangium sporangiophore yang berisi + dan - spora haploid. Ada tiga jenis: R. stolonifer menghasilkan lurus, tegak sporangiophores, sedangkan . stolonifer var. lyococcos melengkung. Sebuah spesies yang terkait erat, Rhizopus sexualis , berbeda terutama untuk menjadi homothallic (self-kompatibel).

Distribusi dan habitat
Rhizopus stolonifer memiliki distribusi kosmopolitan Hal ini mampu menyebabkan infeksi oportunistik pada manusia ( zygomycosis ). Hal ini paling sering ditemukan tumbuh pada roti dan buah-buahan lunak seperti pisang dan anggur. Karena spora perusahaan umum di udara, dapat tumbuh dalam beberapa hari dengan menjaga membasahi lembar roti dalam lingkungan, tertutup lembab.

auricula-judae Nama binomial Auricularia auricula-judae Jamur kuping putih Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Jamur kuping merah dalam bentuk kering biasa digunakan dalam berbagai masakan Asia. ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi.Jamur kuping merah Jamur kuping merah (Auricularia auricula-judae. Jamur kuping merah Status konservasi Status konservasi: Aman Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Fungi Divisi: Kelas: Ordo: Famili: Genus: Basidiomycota Homobasidiomycetes Auriculariales Auricularaceae Auricularia Spesies: A. Tubuh buah bertekstur kenyal dan di alam bebas tumbuh di batang pohon mati yang basah dan lembab. Hirneola auricula-judae) adalah salah satu spesies dari kelas Heterobasidiomycetes (jelly fungi) dengan tubuh buah berwarna coklat tua kemerahan dan berbentuk mirip sekali dengan daun telinga manusia. sinonim Auricularia auricula. cari ?Jamur kuping putih .

Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Fungi Divisi: Basidiomycota Upadivisi: Hymenomycotina Kelas: Ordo: Famili: Genus: Spesies: Heterobasidiomycetes Tremellales Tremellaceae Tremella T. "kuping pohon putih"). Jamur kuping putih tidak memiliki rasa dan dimakan karena tekstur yang kenyal seperti jelly dan konon bermanfaat bagi kesehatan. Tubuh buah tumbuh di permukaan kayu yang sudah lapuk dari pohon yang berdaun lebar. tipe sel: sel eukarotik. Reproduksi jamur. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. jamur kuping putih dikenal sebagai 银耳 (pinyin: yin er. berwarna putih dan sangat bening seperti agar-agar. "kuping perak") atau 白木耳 (pinyin: bai mu er. Dalam bahasa Tionghoa. Jamur yang sudah dikeringkan menjadi sangat mengkerut dan harus direndam di dalam air sebelum dimakan. . Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Jamur lebih banyak dijual dalam bentuk kering dan sering digunakan untuk membuat hidangan pencuci mulut. Jamur merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. fuciformis Nama binomial Tremella fuciformis Berkeley Jamur kuping putih (Tremella fuciformis) adalah salah satu spesies dari kelas Heterobasidiomycetes (jelly fungi) dengan tubuh buah seperti berbentuk rumbai-rumbai tidak beraturan. ada yang dengan cara vegetatif ada pula dengan cara generatif. hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

ada yang bersimbiosis dengan ganggang membentuk Lichenes (Lumut kerak). Mucor mucedo : biasa hidup di kotoran ternak dan roti. pada yang multiseluler membentuk spora dari konidia. b. • Reproduksi: . : hidup saprofit pada bangkai ikan. bercabang-cabang dan mengandung banyak inti. Contoh spesies: a. . Contoh spesies : Physarum polycephalum 2 OOMYCOTINA • Tubuhnya terdiri atas benang/hifa tidak bersekat. .Vegetatif: dengan spora. disebut plasmodium . • Hidupnya: ada yang parasit. Rhizopus oligosporus : jamur tempe. 3 ZYGOMYCOTINA • Tubuh multiseluler.fase tubuh buah • Reproduksi : secara vegetatif dengan spora. • Reproduksi: .Klasifikasi Jamur JAMUR DIBAGI MENJADI 6 DIVISI : 1 MYXOMYCOTINA (Jamur lendir) • Myxomycotina merupakan jamur yang paling sederhana.Vegetatif : yang hidup di air dengan zoospora yang hidup di darat dengan sporangium dan konidia. b.Vegetatif : pada jamur uniseluler membentuk tunas-tunas. Phytophora infestans: penyebab penyakit busuk pada kentang. yaitu spora kembara yang disebut myxoflagelata. 4 ASCOMYCOTINA • Tubuh ada yang uniseluler dan ada yang multi se lul er. multiseluler. • Reproduksi: . • Habitat umumnya di darat sebagai saprofit. . • Hifa tidak bersekat. serangga darat maupun serangga air. yaitu: .Generatif : bersatunya gamet jantan dan betina membentuk oospora yang selanjutnya tumbuh menjadi individu baru. • Mempunyai 2 fase hidup. Contoh spesies: a. • Ascomycotina. Saprolegnia sp. saprofit.fase vegetatif (fase lendir) yang dapat bergerak seperti amuba. hifanya bersekat dan berinti banyak.Generatif: dengan konyugasi hifa (+) dengan hlifa (-) akan menghasilkan zigospora yang nantinya akan tumbuh menjadi individu baru.

Volvariella volvacea : jamur merang. roti maupun alkohol. Puccinia graminis : jamur karat. Exobasidium vexans : parasit pada pohon teh penyebab penyakit cacar daun teh atau blister blight. 6. parasit pada jagung. habitat di daerah subtropis 5. satu penyebab kanker hati. 6. Auricularia polytricha : jamur kuping. Aspergillus wentii untuk membuat kecap 7. Peniciliium noJaJum dan Penicillium chrysogenum penghasil antibiotika penisilin. Aspergillus oryzae untuk membuat sake dan kecap.Generatif: Membentuk askus yang menghasilkan askospora.. Amanita muscaria dan Amanita phalloides: jamur beracun. Penicillium camemberti dan Penicillium roqueforti berguna untuk mengharumkan keju. Contoh spesies: 1. 5. 5 BASIDIOMYCOTINA • Ciri khasnya alat repoduksi generatifnya berupa basidium sebagai badan penghasil spora. Neurospora sitophila: jamur oncom. DEUTEROMYCOTIN Nama lainnya Fungi Imperfecti (jamur tidak sempurna) dinamakan demikian karena pada jamur ini belum diketahui dengan pasti cara pembiakan secara generatif. Contoh : Jamur Oncom sebelum diketahui pembiakan generatifnya dinamakan Monilia sitophila tetapi setelah diketahui pembiakan generatifnya yang berupa askus namanya diganti menjadi Neurospora sitophila dimasukkan ke dalam flatoksin salah . Aspergillus flavus menghasilkan racun aflatoksin  hidup pada biji-bijian. 3. • Kebanyalcan anggota spesies berukuran makroskopik. . Claviceps purpurea hidup sebagai parasit padabakal buah Gramineae. 2. Ustilago maydis : jamur api.berguna untuk membuat bir. 8. Contoh spesies: 1. dapat dimakan dan sudah dibudidayakan 2. . 4. parasit pada gandum 6. 4. dapat dimakan dan sudah dibudidayakan 3. Sacharomyces cerevisae: sehari-hari dikenal sebagai ragi.mampu mengubah glukosa menjadi alkohol dan CO2 dengan proses fermentasi.

Banyak penyakit kulit karena jamur (dermatomikosis) disebabkan oleh jamur dari golongan ini. misalnya :Epidermophyton fluocosum penyebab penyakit kaki atlit. ganggangnya berasal dari ganggang hijau atau ganggang biru.. Contoh : • Usnea dasypoga • Parmelia acetabularis . Ascomycotina dan Basidiomycotina. Trichophyton sp. jamurnya berasal dari Ascomycotina atau Basidiomycotina. Microsporum sp. LICHENES / LIKENES Likenes adalah simbiosis antara ganggang dengan jamur.Ascomycotina. jamur yang dari Divisio Zygomycotina. penyebab penyakit kurap. MIKORHIZA Mikorhiza adalah simbiosis antara jamur dengan tumbuhan tingkat tinggi. Likenes tergolong tumbuhan pionir/vegetasi perintis karena mampu hidup di tempat-tempat yang ekstrim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful