BAN-PT

AKREDITASI PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D-III)

STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

BORANG INSTITUSI
KEMENTRIAN PENDIDIKAN NASIONAL
BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI

BANDA ACEH

2011

1

DAFTAR ISI
Halaman STANDAR 1 VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN STANDAR 2 TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU STANDAR 3 STANDAR 4 STANDAR 5 MAHASISWA DAN LULUSAN SUMBER DAYA MANUSIA KURIKULUM, PEMBELAJARAN, DAN SUASANA AKADEMIK STANDAR 6 PEMBIAYAAN, SARANA DAN PRASARANA, SERTA SISTEM INFORMASI STANDAR 7 PENELITIAN, PELAYANAN/PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, DAN KERJASAMA

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

Ilmu Kesehatan Masyarakat (Jenjang pendidikan S1) 2. PS. PS.com Nomor SK pendirian PS (*) Tanggal SK pendirian PS Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : 05/D/O/2005 : 28 Januari 2005 : An. PS. Menteri Pendidikan Nasional Ketua Jenderal Pendidikan Tinggi Satryo Soemantri Brodjonegoro Program studi yang dikelola oleh unit pengelola program studi diploma: 1. Telepon No. Kebidanan (Jenjang pendidikan D3) BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .2 BORANG UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI Perguruan Tinggi : STIKes Yayasan Harapan Bangsa Darussalam Banda Aceh No. Ilmu Keperawatan (Jenjang pendidikan S1) 1. Faksimili Homepage dan E-Mail : (0651) 45835 : (0651) 45835 : stikes_akbid_yhbd@yahoo.

H. AIF : 0025127304 : Pembantu Ketua I : 01-06-2011 : Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Drs. M.Ed : : Pembantu Ketua III : 01-06-2011 : BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .Kes : 0130115301 : Pembantu Ketua II : 01-06-2011 : Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Sukri Adani.Yusni.Nur Husin. S.M. M.Kes : 0121056401 : Ketua STIKes YHBD : 01-06-2011 : Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Dr.Muchsin. M.Pd.3 IDENTITAS PENGISI BORANG Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan : Drs. H.

tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian STIKes YHBD dilakukan melalui rapat bersama dari jajaran. Penyusunan visi. alumni dan para pakar dibidang pendidikan dan kesehatan. Semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan maka peran STIKes Yayasan Harapan Bangsa Darussalam sangat diharapkan untuk : 1).Peningkatan kebutuhan tenaga profesional terampil dibidang Kesehatan. misi. Pembantu Ketua dan jajaran Ketua Prodi. tujuan dan sasaran di tingkat unit pengelola program studi diploma. 2). 1. misi.Turut serta membangun bangsa dibidang pendidikan khususnya Ilmu Kesehatan. TUJUAN DAN SASARAN SERTA STRATEGI PENCAPAIAN Penguasaan ilmu pengetahuan. staf akademik.Otonomi daerah dalam menghadapi globalisasi diperlukan kesiapan yang memadai dari pemerintah daerah dan masyarakat.1 Jelaskan mekanisme penyusunan visi.1. Ketua. MISI. 3). Berdirinya STIKes Yayasan Harapan Bangsa Darussalam (YHBD) merupakan potensi bagi masyarakat Propinsi Aceh khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya sebagai pusat ilmu pengetahuan dibidang ilmu Kesehatan yang akan mengangkat harkat dan derajat masyarakat. teknologi atau kesenian merupakan unsur pokok yang menentukan bagi perkembangan dan kemajuan suatu bangsa. serta pihak-pihak yang dilibatkan. Visi unit pengelola program studi diploma BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .4 STANDAR 1 VISI.

5. 3. Mengembangkan pengajaran dan kurikulum pendidikan sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan pasar tenaga kerja di tingkat nasional. Melaksanakan dan mengembangkan program pendidikan berdasarkan falsafah Negara. 4. bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat. Misi unit pengelola program studi diploma 1. tujuan institusi dan rancangan konseptual serta bertanggung jawab dalam BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Pancasila dan UUD 1945. Menghasilkan tenaga ahli bidang kesehatan. Mengembangkan kemitraan dengan berbagai lembaga / institusi pengguna jasa kesehatan. Penyediaan sarana dan prasarana perangkat teknologi pendidikan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan peradaban.5 Pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan tenaga kerja professional dibidang kesehatan. 2. Pengembangan penelitian dan riset serta penguatan teknologi dan informasi dibidang kesehatan. regional dan internasional. Tujuan unit pengelola program studi diploma 1. 2. Menyelenggarakan pendididkan yang menghasilkan lulusan profesional dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. professional pemula yang memiliki pengetahuan mengenai masalah kesehatan saat ini dan yang akan datang.

Memprakarsai pengembangan staf akademik melalui program pendidikan yang berkelanjutan.6 menyelenggarakan pendidikan. 5. 3. 1. misi dan sasaran dapat dirangkum sebagai berikut. dimana STIKes Yayasan Harapan Bangsa Darussalam harus mampu : 1. Mempertahankan mutu pendidikan pada taraf yang tinggi dengan bekerjasama dan menggunakan fasilitas serta sumber-sumber pendidikan dari perguruan tinggi atau instansi terkait lainnya. 4. 2. Mengembangkan pendidikan kesehatan dengan memberikan kesempatan melakukan kegiatan penelitian dalam bidang kesehatan. 3.2 Sasaran dan strategi pencapaian Sasaran dan strategi pencapaian dari visi. lulusan yang memiliki kemampuan dalam ilmu BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Menyediakan sarana lingkungan yang mendukung proses belajar mengajar serta mengembangkan diri peserta didik dengan memberikan teori dan praktek pendidikan yang tepat.1. Menyiapkan lulusan yang mampu melakukan penelitian dalam bidang ilmu Kesehatan. 4. Menyiapkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik untuk melanjutkan pendidikan pada program yang lebih tinggi. Menyiapkan Kesehatan. Menyiapkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan. 6.

terutama dalam menghadapi persaingan pasar kerja baik domestik maupun global. memiliki ilmu pengetahuan. perubahan yang terus berkembang. dan tujuan ini. Dengan berlandaskan kepada visi.2 Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi. internet dan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . misi dan tujuan unit pengelola program studi diploma. 1. misi. untuk mempersiapkan diri menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Propinsi Aceh dan sejajar dengan perguruan tinggi negeri. brosur. web site.7 STIKes YHBD berfungsi mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan para mahasiswa sebagai tenaga ahli professional. STIKes YHBD secara bertahap dan berkesinambungan berupaya secara maksimal untuk mengurangi berbagai keterbatasan dan kekurangan baik internal maupun eksternal serta mengupayakan peningkatan yang menyeluruh pada setiap dimensi. Upaya yang dilakukan untuk penyebaran/sosialisasi guna meningkatkan pemahaman sivitas akademika tentang visi. media cetak. pajangan diruang pimpinan STIKes maupun program studi. pertemuan ilmiah. Untuk itu STIKes YHBD siap menghadapi berbagai tantangan. berbudi pekerti yang luhur. melalui home page. misi dan tujuan STIKes YHBD adalah melalui rapat-rapat yang diadakan STIKes. kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki rasa tanggungjawab terhadap ilmu yang dimiliki. leiflet. trampil yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. kesehatan jasmani dan rohani. serta tingkat pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan tentang visi.

. misi yang akan diwujudkan bersama-sama untuk kemajuan STIKes YHBD. Misi dan Tujuan STIKes YHBD dijabarkan kedalam Kurikulum program studi. Visi. menciptakan atmosfir akademik yang kondusif bagi mahasiswa dengan tersedianya kampus yang asri dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung belajar berbasis teknologi. dalam kerja ditunjukkan dengan ketepatan waktu. kenyamanan dan pelayanan maksimal terhadap sivitas akademika. Hal ini dimaksudkan agar seluruh civitas akademika dapat memahami visi. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Meningkatkan mutu proses belajar mengajar dengan prasarana dan sarana yang lebih mutakhir.8 blogspot. yang berisi : Matakuliah yang mampu menghasilkan pembelajaran yang dapat menjadikan lulusan yang profesional dalam ilmu pengetahuan yang berorientasi pada ilmu Kesehatan. Sosialisasi visi juga diterapkan program studi dalam memberikan pelayanan akademik yang lebih baik kepada mahasiswa dengan cara memberikan pelayanan proses perkuliahan yang efektif berdasarkan rasio mahasiswa dengan fasilitas gedung perkuliahan yang ada. Profesionalisme terdapat dalam mata kuliah yang berisi materi-materi yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional.

tanggungjawab dan keadilan unit pengelola program studi diploma dalam mengelola program studi. sistem pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam institusi yang mengelola program studi. transparan. Organisasi dan sistem tata pamong yang baik (good governance) mencerminkan kredibilitas. Uraikan secara ringkas sistem dan pelaksanaan tata pamong di unit pengelola program studi diploma untuk memilih pemimpin dan membangun sistem tata pamong yang kredibel. Untuk membangun tata pamong yang baik. bertanggung jawab dan menerapkan prinsipprinsip keadilan. Dan mampu memberdayakan system pengelolaan yang BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .1. Kepemimpinan STIKes YHBD bersifat visioner yaitu kepemimpinan yang mampu merumuskan dan mengartikulasikan visi yang realistik. Halhal yang menjadi fokus di dalam tata pamong termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan program studi secara kredibel. Tata Pamong Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan. akuntabilitas. transparansi. SISTEM PENGELOLAAN DAN PENJAMIN MUTU 2. mampu mempengaruhi seluruh perilaku civitas akademika. bertanggung jawab dan adil.9 STANDAR 2 TATA PAMONG. akuntabel. KEPEMIMPINAN. transparan. akuntabel. kredibel dan menarik tentang masa depan. STIKes YHBD memiliki kepemimpinan yang kuat.

Pengorganisasian. agar tercapai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi. Pengarahan.Pengembangan Staff. 4). Monitoring dan evaluasi terutama dalam penggunaan sumber daya pendidikan. personalia. Organ dan sistem tata pamong pada STIKes YHBD (good governance) mampu mencerminkan kredibilitas. operasional. serta sistem pengawasan. program pengembangan staf yang operasional.Pengawasan. efisiensi dan produktifitas dalam upaya perwujudan visi. Sistem pengelolaan yang dikembangkan pada STIKes YHBD dapat menjamin berkembangnya kebebasan akademik dan otonomi keilmuan pada program studi. monitoring dan evaluasi yang kuat dan transparan. 5).10 berorientasi pada prinsip pengelolaan perguruan tinggi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. 3). pelaksanaan misi dan pencapaian tujuan serta memelihara integritas yang meliputi : 1).Perencanaan. keuangan dan seluruh sumber daya yang diperlukan untuk meraih keunggulan mutu pendidikan yang diharapkan. serta mendorong kemandirian dalam pengelolaan akademik. 2). transparansi. dilengkapi dengan berbagai pedoman dan manual yang dapat mengarahkan dan mengatur jalannya STIKes. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Tata pamong yang ada memungkinkan terbentuknya sistem administrasi yang berfungsi untuk memelihara efektifitas. Untuk itu STIKes YHBD berusaha memiliki struktur organisasi dengan organ tugas pokok dan fungsi serta personil yang sesuai.

tatacara pemilihan pimpinan. disosialisasikan. Sistem yang efektif (planning. tanggungjawab dan fairness dalam penyelenggaraan. etika dosen. etika dosen. etika ketenaga pendidikan. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . tujuan. organizing. dan laboratorium) diformulasikan. peran dan tugas kepada seluruh unsur di STIKes YHBD. Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama. perpustakaan. Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan dan merumuskan visi yang realistik yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu memberikan arahan. serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur. Tata pamong didukung oleh budaya organisasi dengan menegakkan aturan. fungsi. perpustakaan. controlling serta operasi internal dan eksternal). fungsi dan peran dalam program studi.11 akuntabilitas. dan laboratorium). dilaksanakan dan dievaluasi dan dipantau dengan peraturan dan prosedur. leading. etika mahasiswa. etika tenaga kependidikan. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan. sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi. Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur. system penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi. dan peran dalam program studi. staffing. etika mahasiswa.

Sistem pengelolaan yang dikembangkan dapat menjamin berkembangnya kebebasan akademis dan otonomi keilmuan pada BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Pelaksanaan dan penegakan nilai dan norma institusi. Tata pamong mampu memberdayakan sistem pengelolaan yang berorientasi pada prinsip pengelolaan perguruan tinggi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. dan pencapaian tujuan serta memelihara integritas program studi. disosialisasikan. dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas. pengorganisasian. tenaga kependidikan dan mahasiswa ini didukung dengan adanya mekanisme pemberian penghargaan dan sanksi yang diberlakukan secara konsisten dan konsekuen. Tata pamong didukung dengan penetapan dan penegakan sistem nilai dan norma. dilaksanakan. mahasiswa. Tata pamong yang ada memungkinkan terbentuknya sistem administrasi yang berfungsi untuk memelihara efektifitas. Implementasi tata pamong yang baik dicerminkan dari baiknya sistem pengelolaan fungsional program studi. proses.12 Sistem tata pamong (input. tenaga kependidikan dan stakeholders. pengawasan. dosen. terutama dalam penggunaan sumber daya pendidikan. pengembangan staf. monitoring dan evaluasi. output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan. agar tercapai efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi dalam lingkup program studi. efisiensi dan produktivitas dalam upaya pewujudan visi. dosen. pengarahan. serta dukungan institusi. yang meliputi perencanaan. pelaksanaan misi.

Penugasan untuk staf pengajar muda masih dibatasi sesuai dengan terbatasnya pengalaman mereka. bahwa dosen tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus member kontribusi terhadap penelitian sesuai dengan bidangnya. struktur organisasi dengan organ. program pengembangan staf yang operasional. keuangan dan seluruh sumber daya yang diperlukan untuk meraih keunggulan mutu yang diharapkan. serta mendorong kemandirian dalam pengelolaan akademik. operasional. Untuk membimbing Tugas Akhir yaitu KTI ada regulasi yang harus dipenuhi oleh seorang staf akademik yaitu harus memiliki tingkat golongan tertentu dengan tingkat pendidikan tertentu pula. Untuk itu STIKes YHBD memiliki perencanaan yang matang. serta sistem pengawasan. (2) bidang minat staf pengajar. Sistem Distribusi Beban Kerja Beban kerja mengajar didistribusikan dua kali setahun di dalam pertemuan staf pengajar sebelum dimulai semester baru. Ada beberapa pertimbangan sebelum seorang staf pengajar diberi tugas mengajar suatu mata kuliah. monitoring dan evaluasi yang kuat dan transparan. Karena BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . tugas pokok dan fungsi serta personil yang sesuai. Hal ini juga dilakukan dalam rangka membiasakan dosen muda untuk melaksanakan tugas penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai tuntutan dari tri darma perguruan tinggi. (3) performan mengajar sebelumnya dan (4) beban kerja staf pengajar. dilengkapi dengan berbagai pedoman dan manual yang dapat mengarahkan dan mengatur program studi. yaitu : (1) SKS yang tersedia.13 program studi. personalia.

Alokasi dana dilakukan sangat transparan. Dengan demikian semua staf pengajar dapat memberikan kontribusi dalam membuat keputusan. Program Studi dapat mengajukan proposal pendanaan suatu aktifitas kemudian dirapatkan ditingkat STIKes. Untuk kedepannya distribusi dana penelitian akan diperbesar. Keterlibatan Civitas Akademika Dalam Membuat Keputusan Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. STIKes YHBD mendorong para staf pengajar untuk berkompetisi memperoleh dana penelitian baik tingkat lokal maupun tingkat nasional. semua keputusan diambil dari hasil rapat staf pengajar. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dana penelitian.14 golongan dan tingkat pendidikan staf pengajar pada program studi ratarata telah memenuhi regulasi yang berlaku. Di samping memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menyampaikan ide-ide yang berguna untuk pengembangan STIKes YHBD. Managemen. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . maka beban membimbing tugas akhir terdistibusi merata. Tranparansi Dalam Alokasi Dana. Sudah ada mekanisme yang jelas mengenai distribusi beban kerja staf pengajar dalam aktifitas penelitian dan pengabdian masyarakat. dan sumber Dana Sejauh ini alokasi dana untuk program studi sebahagian besar dikelola oleh STIKes. Beban tugas bergantung pada staf pengajar yang melakukan penelitian. Sayangnya tidak semua staf dapat memperoleh dana penelitian setiap tahunnya.

Koordinasi dan Cara Kerja Unit Pengelola Program Studi Diploma.2 Struktur Organisasi. M. H. dan peran dalam program studi. Tata pamong didukung dengan budaya organisasi yang dicerminkan dengan ada dan tegaknya aturan. M.Kes : Drs. sistem penghargaan dan sanksi serta pedoman dan prosedur pelayanan (administrasi. serta dapat memelihara dan mengakomodasi semua unsur.Eng : Hamini. MA.Yusni.M.H. tatacara pemilihan pimpinan.Kes : Sukri Adani. disosialisasikan.Muchsin. Sistem tata pamong (input. M. laboratorium). M.Alaydinsyah. AIF : Drs. H.Kes : Dr. etika mahasiswa. dilaksanakan. M. fungsi. etika dosen.Nur Husin. SKM. dipantau dan dievaluasi dengan peraturan dan prosedur yang jelas.T.Pd. Zailani. Gambarkan struktur organisasi unit pengelola program studi diploma serta tugas/fungsi dari tiap unit yang ada. Struktur organisasi STIKes YHBD serta tugas dari tiap unit yang ada : Ketua Yayasan BPH Ketua STIKes Puket I Puket II Puket III Ka. H.Ed : Drs.15 Sistem tata pamong berjalan secara efektif melalui mekanisme yang disepakati bersama. M. perpustakaan. output dan outcome serta lingkungan eksternal yang menjamin terlaksananya tata pamong yang baik) harus diformulasikan. proses. etika tenaga kependidikan. Penjaminan Mutu : Ir. S. 2.Kes BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .

Prodi D3-Kebidanan Sek. Badan Pelaksana Harian (BPH) bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari STIKes YHBD. Untuk kelancaran di STIKes YHBD. S.16 Ka. SKM Ka.Kp. SE : Hj. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) : : Mailiza. Secara akademis Ketua melaksanakan kegiatan akademik sesuai masukan-masukan dari senat akademik STIKes YHBD. S. H. S. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Prodi S1 Ilmu Kes-Masyarakat : Drs.SiT Ka. SKM STIKes YHBD dibawah naungan yayasan yang mempunyai tanggungjawab dalam pembiayaan dan pengawasan kegiatan pendidikan secara keseluruhan. Prodi : Aditya Ramadhan. S. akademik maupun kemahasiswaan.Pd : Liana Muslimah. Samsul Bahri. MNSc Sek.Kp. keuangan. Zulkifli Risyad.SiT : Rukiah AR. Prodi S1 Keperawatan : Hj. Nurlela Hasan.Kes Sek. Prodi : Ambia Nurdin. Dalam kegiatan pendidikan. BAAK Ka. MNSc Ka. Prodi : T. S. BAU Ka. M. S. STIKes YHBD dipimpin oleh seorang Ketua yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan kegiatan pada program studi baik administrasi umum. Munira AR.Pd. Dalam kegiatan BPH mendapat masukan dari Senat akademik STIKes YHBD.

Memimpin penyelenggaraan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. d. mahasiswa. Adapun tugas dan fungsi masing-masing adalah sebagai berikut : Ketua STIKes YHBD mempunyai tugas : a. Pembantu Ketua II bidang keuangan dan administrasi umum. Untuk kegiatan pendidikan Ketua dibantu oleh Pembantu Ketua I bidang kegiatan akademik. Bersama-sama ketua program studi. c. e. Membina dan melaksanakan kerjasama dengan instansi badan swasta dan masyarakat untuk memecahkan persoalan yang timbul terutama menyangkut bidang tanggungjawabnya. Disamping itu. Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan di program studi yang berada dalam naungan STIKes YHBD. Mengatasi berbagai permasalahan yang timbul yang tidak dapat diselesaikan oleh ketua program studi f. merealisasikan setiap perubahan pada kurikulum serta turut membantu ketua program studi dalam menyusun jadwal perkuliahan dan menentukan tenaga pengajar BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Ketua dibantu oleh Lembaga Penelitian. Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat dan Lembaga Penjamin Mutu Internal. Pembantu Ketua III bidang kemahasiswaan. membina tenaga pendidikan. Membuat Program Kerja Tahunan b. tenaga administrasi serta hubungan dengan lingkungan.17 Dalam tugasnya Ketua mendapat masukan dari Dewan Penyantun menyangkut penyelenggaraan pendidikan.

18 g. tidak aktif dan lulusan pada tiap semester. Mengkoordinasikan pengajaran c. Membantu kelancaran pendistribusian keuangan. Mengkoordinasikan kelancaran Proses Belajar Mengajar e. f. Menetapkan Dosem matakuliah umum d. Mempersiapkan laporan semesteran dan tahunan Pembantu Ketua I Pembantu Ketua I mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut a. Menyesaikan laporan dan statiktik mahasiswa aktif. kelancaran administrasi pendidikan dan Pembantu Ketua II Pembantu Ketua II mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut: a. Membantu penyelesaian laporan EPSBED (Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri) pada setiap semester. Pembantu Ketua III Pembantu Ketua III mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut: a. Mengkoordinasikan kegiatan kemahasiswaan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Memantau kelancaran proses belajar mengajar b. c. Menginventarisir semua asset dan perlengkapan STIKes YHBD. Mengelola administrasi dan keuangan b. Mengevaluasi pelaksanaan program h.

Penyediaaan angket terhadap proses pembelajaran yang akan dievaluasi oleh program studi dan Puket I. Lembaga Penjaminan Mutu Memonitor proses pembelajaran agar sesuai dengan visi STIKes YHBD. Mengurus administrasi mahasiswa calon penerima beasiswa f. minat dan kreativitas mahasiswa dalam berbagai bidang. Monitoring kinerja dosen terhadap hasil pembelajaran. Kegiatan mahasiswa dan alumni . b. Monitoring SAP dan GBPP Dosen yang dibawakan dalam mengajar. c. Pelaksanaan Penelitian untuk mendukung terwujudnya Tri Darma Perguruan Tinggi . Bertanggung jawab atas pengembangan bakat. Bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen sehubungan dengan bidang kemahasiswaan. Penyebaran Informasi tentang hasil-hasil penelitian di dalam dan di luar negeri dan penyediaan tenaga peneliti yang BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat bertugas/bertanggung jawab terhadap : a. Kegiatan Organisasi Mahasiswa dan Alumni e.. dan d. c. dan b. Tugas menyangkut : a.19 b.

Urusan Administrasi dan Humas dilingkungan STIKes YHBD e. Pengadaan bahan-bahan ATK i.20 berpengalaman sebagai sumber informasi (resource person) bagi para mahasiswa. keamanan dan kenyamanan dilingkungan kampus. Membuat KHS dan Transkrip Nilai program studi BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Agenda dan kearsipan g. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuknya. Menyimpan /memelihara dokumen c. h. Mengatur dan melaksanakan administrasi mengenai kegiatan pendidikan dan pengajaran program studi b. Perlengkapan dan barang-barang inventaris f. Mengatur urusan Surat menyurat. c. d. Badan Administrasi Umum Bidang Administrasi Umum bertugas/bertanggung jawab terhadap : a. Urusan surat menyurat dalam lingkungan STIKes YHBD b. Memelihara barang inventaris Badan Administrasi Akademik Kemahasiswaan (BAAK) Bidang Pendidikan/Pengajaran bertugas/bertanggung jawab terhadap : a. Membantu Ketua Program studi dalam menyelesaikan pengisian KRS mahasiswa c. Memelihara kebersihan.

dan praktikum mahasiswa program studi. h. c. Mengurus penggunaan sarana akademik. Melaksanakan arahan sesuai kebijakan yang ditetapkan pimpinan STIKes YHBD. e. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Membina tenaga dosen. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Bertanggungjawab langsung kepada Ketua b.21 d. Mengurus NPM serta ijazah Prodi h. membuat dan melaksanakan serta mengevaluasi program kerja program studi. jadwal kuliah. Bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen sehubungan dengan bidang pendidikan dan pengajaran. dosen. Membuat konversi Nilai Ketua Program Studi Ketua Program Studi mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut : a. g. e. Menghimpun dan mengklasifikasikan data pencapaian target kurikulum. Bertanggungjawab terhadap kelancaran administrasi program studi. Menjaga hubungan baik antara pimpinan. f. Menyusun statistik kegiatan akademik program studi g. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan sarana akademik i. f. d. pegawai dan mahasiswa. Merencanakan. tenaga administrasi dan mahasiswa. Menyelenggarakan proses belajar mengajar pendidikan. jadwal ujian.

Mengadakan pengabdian masyarakat. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat d. Membantu Ketua dalam memimpin pelaksanaan proses belajar mengajar. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan dan pemenuhan terhadap nilai-nilai konversi mahasiswa persyaratan akademik sesuai peraturan yang berlaku. Mempersiapkan usul mahasiswa berprestasi. l. Bertanggungjawab kepada Ketua Program Studi b. m. Melaksanakan keputusan hasil rapat STIKes YHBD.22 j. h. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . k. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan ujian-ujian. Mempersiapkan usul pengangkatan dosen. dan melaksanakan pembinaan civitas akademika pada program studi. i. Bertanggungjawab pindahan g. Sekretaris Program Studi : a. teknologi pada program studi o. Membuat serta melaksanakan program kerja bidang akademik c. Melaksanakan kegiatan dalam bidang pendidikan dan pengajaran pada program studi n. f. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. e. Bertanggungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan Ujian Akhir Program. Mempersiapkan pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan. Bertanggungjawab terhadap penyusunan laporan rekapitulasi peserta dan hasil ujian.

majalah. UPT Laboratorium UPT Laboratorium bertanggung jawab terhadap : a.23 UPT Perpustakaan UPT Perpustakaan bertanggung jawab terhadap : a. Terpeliharanya sebagainya b. e. dosen maupun karyawan c. Mengusahakan berlangganan jurnal akreditasi baik tingkat nasional maupun internasional. Pelaksanaan praktikum mahasiswa b. Pengusahaan penambahan buku-buku dari berbagai sumber yang ada. dan penggunaan barang/bahan inventaris UPT Laboratorium Komputer UPT Laboratorium Komputer bertanggung jawab terhadap : BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . sehubungan dengan UPT Laboratorium . Bertanggung jawab terhadap dokumen-dokumen. Penanganan administrasi dan kelancaran jalannya roda buku-buku. Pelayanan terhadap Kepentingan mahsiswa mengenai kegiatan praktikum d. berkala. brosur dan organisasi perpustakaan d. Pelayanan peminjaman dan pengembalian buku-buku /literature baik untuk mahasisiwa . Penyimpanan laboratorium c.

24

a. Penggunaan dan pemanfaatan komputer secara optimal b. Pelayanan terhadap kebutuhan praktikum mahasiswa c. Kelancaran pengelolaan data administrasi dan keuangan d. Pengelolaan data akademik (pendidikan/pengajaran)

UPT Praktek Kerja dan Praktek Belajar UPT Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Praktek Belajar (Lapangan, Klinik, Rumahsakit) bertanggung jawab terhadap : a. Praktek lapangan mahasiswa b. Pengurusan kepentingan mahasiswa dalam hal PKL c. Pemeliharaan hubungan dengan tempat praktek d. Dengan sepengetahuan Ketua STIKes YHBD Struktur diatas merupakan penyelenggaraan di STIKes YHBD Keseluruhan

yang juga membuat tugas dan fungsi masing–masing.

bagian tersebut membentuk suatu sistem yang harus dipahami oleh seluruh staf sehingga tidak terjadi dualisme fungsi antara sub-sub

sistem, visi, misi dan tujuan STIKes YHBD dijadikan rel bagi penyelenggara mekanisme yang lebih mikro sehingga diharapkan kesepahaman yang akan menciptakan suasana akademis yang kondusif.

2.3 KEPEMIMPINAN Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

25

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dikenal kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik. Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi. Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi. Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik. Jelaskan pola kepemimpinan dalam program studi, mencakup informasi tentang kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik.

STIKes YHBD menerapkan pola kepemimpinan sistem informasi manajemen terbuka pada staf pengajar dan staf administrasinya, dimana setiap staf akademik diberikan kesempatan untuk memperoleh berbagai informasi secara transparan yang berkaitan dengan STIKes YHBD. Pelaksanaan dialog internal dilakukan melalui rapat-rapat rutin bulanan baik melalui rapat pimpinan maupun rapat senat. Demikian juga rapat penentuan/pembagian mata kuliah dilakukan pada awal semester untuk pembagian kerja secara profesional dan adil. Rapat kerja diadakan setiap tahun untuk mengkaji kemajuan institusi berdasarkan evaluasi diri, dan merumuskan rencana strategis bagi pengembangan STIKes YHBD ke depan.

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

26

Dalam

menunjang

program-program

kerja

sesuai

dengan

semangat otonomi yang berkembang, pimpinan STIKes menunjukkan komitmen yang kuat untuk mendukung keberhasilan program

pengembangan sistem informasi manajemen ini, dengan menyediakan perangkat-perangkat pendukung yang dapat mengoptimalkan sistem informasi manajemen tersebut. Di dalam penataan organisasi, Ketua secara terus menerus berupaya menunjukkan sikap kepemimpinan yang kuat sehingga mampu merangkul semua komponen dan program studi untuk berpartisipasi aktif secara bersama dalam memikirkan program pengembangan STIKes YHBD dan program studi sehingga setiap masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dengan baik. Sehubungan dengan peningkatan kinerja, berbagai pelaksanaan aktifitas direncanakan dan diawasi sehingga pencapaian tujuan

institusional dapat diukur secara rasional. Dengan demikian, STIKes YHBD berkeyakinan dapat terus berkembang dengan komitmen kepemimpinan yang kuat dan dukungan dari seluruh staf untuk terus bekerja sama. Pembenahan basis-data baik di tingkat STIKes dan program studi yang digunakan sebagai bahan utama di dalam pembuatan evaluasi diri dan akreditasi program studi secara terus menerus dibenahi dan ditingkatkan yang akhirnya akan memudahkan pelayanan kepada semua pihak. Dengan sistem pemrosesan sebagaimana yang dipaparkan di atas diharapkan dapat menghasilkan atmosfir akademik yang baik di

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

dan atau kegiatan serta personil.27 STIKes YHBD.4 SISTEM PENGELOLAAN Sistem pengelolaan STIKes YHBD adalah suatu pendekatan sistematik untuk mengelola sumber daya. Dalam proses perencanaan program kerja. Penataan organisasi. Peningkatan kinerja prodi. Pengelolaan sumber daya manusia. staf akademik dan staf pendukung dilingkungan kampus.Hubungan yang saling menguntungkan ini pula akan melahirkan sikap saling percaya. infrastruktur. Terselenggaranya suasana kondusif ini dapat mendorong terciptanya hubungan sehat antara mahasiswa. proses. STIKes YHBD lebih mengedepankan kualitas dengan mengacu kepada evaluasi diri secara BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . kesetaraan dan keterbukaan pada semua aspek akademik di kalangan civitas academica 2. yakni melalui pemberian kewenangan lebih luas kepada program studi terutama sekali dalam proses: Perencanaan program kerja. Sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dilakukan di STIKes YHBD berupa menyusun strategi pengembangan ke arah pemantapan penerapan paradigma baru pendidikan tinggi. Pengembangan sistem informasi manajemen. Manajemen mutu adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan pemangku kepentingan serta memenuhi persyaratan peraturan perundang-undangan serta upayaupaya untuk meningkatkan kinerja organisasi di STIKes YHBD. Termasuk di dalamnya langkah-langkah yang harus diambil untuk meminimalkan akibat dari kelemahan mutu produk dan untuk meningkatkan mutu secara berkelanjutan.

Hasil dari komitmen dan perencanaan kerja yang mantap dan serius dari semua staf serta dukungan dari Ketua yang memadai dan terarah secara reguler. Di samping itu pengelolaan sumber daya dilaksanakan melalui : 1. Pengembangan akademik dan institusional berkaitan dengan pengaturan kelembagaan dalam lingkungan STIKes YHBD yang meliputi proses perencanaan. terarah dan berkesinambungan guna menciptakan mekanisme kerja yang efektif dan efisien. melalui evaluasi diri secara berkala dalam setiap tahun akademik melalui SWOT analisis Hal lain yang perlu mendapatkan perhatian di dalam pengelolaan program studi adalah kondisi internal institusi sendiri. Pemanfaatan bersama sarana dan prasarana yang ada secara maksimal . baik dalam kaitanya dengan kekuatan dan kelemahan maupun langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kekuatan dan mengurangi BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . 2. Membuat strategi dalam mendapatkan berbagai program hibah kompetitif berdasarkan kompetisi yang sehat dan berjenjang melalui mekanisme yang jelas. Menjalin dan meningkatkan mekanisme kerja sama yang jelas dengan institusi terkait terutama di dalam peningkatan efisiensi. penelitian dan pengabdian kepada masyarkat. produktifitas dan kinerja STIKes dalam penyelenggaraan pendidikan.28 berkelanjutan. terarah dan logis berdasarkan evaluasi diri yang objektif. penyusunan tahapan-tahapan pelaksanaan program. pelaksanaan semua fungsi secara terpadu. 3.

Oleh karena itu. Misi dan Tujuan Pendidikan. pembelajaran. 6). serta evaluasi program akademik dan penjamin mutu. dan telah disusun beberapa standart mutu yang akan digunakan antara lain: a. sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk mengoptimalisasikan kekuatan dan meminimalisasikan kelemahan tersebut. Evaluasi diri dibagi dalam empat kajian yakni evaluasi sumber daya manusia dan sistem manajeman SDM. 4). Standar Akademik Standar akademik yang bermutu menjadi visi STIKes. 2.Pengembangan Staf Akademik.Manajemen.5.Visi.Kurikulum Program Studi. 3). sehingga pada akhirnya akan terjadi peningkatan mutu berkelanjutan. evaluasi sistem infrastruktur dan fasilitas lainya. PENJAMINAN MUTU STIKes YHBD telah melaksanakan Sistem Penjamin Mutu yang diberi nama Lembaga Penjamin Mutu Internal yang didirikan sejak tahun 2010.Mahasiswa.Proses Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Studi. 2).Etika.29 kelemahan. 5). dengan standar ini penjaminan mutu dapat melaksanakan tugasnya melalui standar mutu. Standar akademik mencakup : 1).Penelitian dan 9). STIKes YHBD perlu mengidentifikasi secara lebih cermat dan jujur kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan tersebut dalam bentuk evaluasi diri.Sumber-sumber Pengabdian kepada masyarakat. 7). evaluasi sumberdaya finansial dan manajemen keuangan. 8). BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .

Sedangkan penjaminan mutu eksternal berkaitan dengan akuntabilitas terhadap para pemakai lulusan (stakeholders). melalui audit dan assesmen eksternal BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . tujuan standart mutu. mekanisme. proses.30 b. Tanggungjawab dan Wewenang Sistem Penjaminan : Penanggungjawab Pelaksanaan Pelaksanaan Sistem Sistem Audit Mutu Penjaminan Akademik Mutu Akademik Puket I Manajer program audit Mutu Akademik internal (ditunjuk oleh Puket I ) Sekretaris Prodi Tingkat Dokumen Akademik Kebijakan akademik Standar akademik Manual mutu akademik Peraturan akademik Kompetensi lulusan Spesifikasi PS Manual prosedur Instruksi kerja Evaluasi Satuan Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Gugus Penjaminan Mutu Peer Group Mutu (PGM) STIKes         Prodi Kelompok Dosen  Laporan Pelaksanaan Ketua PGM Upaya penjaminan mutu pada STIKes YHBD meliputi adanya satuan organisasi yang bertanggungjawab. antara lain melalui audit internal dan evaluasi diri. Penjaminan mutu terdiri dari penjaminan mutu internal menyangkut input. c. sumber daya (manusia dan non manusia). output dan outcome dalam sistem program studi. dikomunikasikan secara meluas dan dilaksanakan secara efektif untuk semua unsur di STIKes YHBD. prosedur. strategi. sistem informasi dan evaluasi yang dirumuskan secara baik. kegiatan. Kopetensi Lulusan Kompetensi lulusan yang diharapkan mampu menjadi ahli dibidangnya dan melaksanakan tugas secara professional.

kontrol yang baik dari penjaminan mutu akademik. Penjamin mutu mencakup kurikulum (kurikulum yang memenuhi tuntutan stakeholder. kualifikasi lulusan harus sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Sistem penjaminan mutu di STIKes YHBD merupakan cerminan sistem pengelolaan masukan. sehingga semua pemangku kepentingan memperoleh kepuasan. Sistem penjaminan mutu mencerminkan pelaksanaan continuous quality improvement pada semua rangkaian sistem manajemen mutu ( quality management system) dalam rangka memenuhi kepuasan pemangku kepentingan (customer satisfaction). Penjamin mutu ini dibuat dalam rangka : BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . STIKes YHBD memiliki lembaga penjamin mutu (quality insurance). kemampuan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya harus ditingkatkan sehingga mampu bersaing. dampak. Dalam pelaksanaan evaluasi akademik dilakukan secara berkesinambungan. proses. umpan. akreditasi. dan balikan untuk menjamin mutu penyelenggaraan akademik. Penjaminan mutu STIKes.31 misalnya mekanisme sertifikasi. YHBD adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan program studi secara konsisten dan berkelanjutan. monitoring dan evaluasi terhadap dosen. keluaran. program akademik yang ada terhadap perubahan kebutuhan pasar. audit oleh pemerintah dan publik. memiliki sistem proses perkuliahan yang efektif dengan waktu perkuliahan yang flexibel dan tidak mengurangi mutu lulusannya.

Kompetitor yang lebih dahulu melaksanakan sistem penjaminan mutu. e. b. c. Tuntutan terhadap standar nasional dan internasional yang cukup tinggi. Tuntutan terhadap kualitas pada proses pembelajaran.32 a. d. Makin selektifnya masyarakat dalam memilih perguruan tinggi. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Menegakkan sistem pendidikan yang telah digariskan oleh pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Jelaskan sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa baru yang diterapkan pada unit pengelola program studi diploma ini.1 Sistem Rekrutmen Mahasiswa Baru Kebijakan sistem rekrutmen mahasiswa baru mencakup: Kebijakan rekrutmen calon mahasiswa baru.33 STANDAR 3 MAHASISWA DAN LULUSAN 3. proporsi pendaftar terhadap daya tampung dan proporsi yang diterima terhadap yang registrasi. Jalur SPMB adalah penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi secara tertulis dan wawancara setiap awal tahun ajaran. Bila tingkat kompetisi rendah akan berdampak pada kualitas mahasiswa yang masuk (incoming student). sistem pengambilan keputusan. Hal ini didasari pada peningkatan minat masyarakat memilih bidang ilmu Kesehatan. Untuk mendukung proses belajar mengajar termasuk pelaksanaan bimbingan akademik dan nonakademik.1 Mahasiswa 3. kriteria seleksi mahasiswa baru. dan prosedur penerimaan mahasiswa baru.1. Efektivitas implementasi sistem rekrutmen mahasiswa baru untuk menghasilkan mahasiswa baru yang bermutu diukur dari pemenuhan kriteria seleksi. serta efektivitasnya. Rekruitmen mahasiswa baru di STIKes YHBD dilakukan melalui jalur ujian SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). secara keseluruhan jumlah dosen dibandingkan dengan jumlah BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . jumlah peminat. Mahasiswa baru mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

3. tidak tersedianya sistem informasi tersebut menyebabkan berbagai data tumpang tindih dan menambah beban kerja. Meskipun demikian STIKes YHBD menyadari tanggungjawab sebagai lembaga pendidikan yang BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . namun yang sangat penting adalah diperlukan sistem pengelolaan data base mahasiswa dengan berbagai elemen lain sangat menentukan kualitas pengelolaan pendidikan. organisasi profesi termasuk perguruan tinggi dan mereka yang berkepentingan. Untuk menjaring mahasiswa STIKes YHBD melakukan : 1. kondisi ini sangat berdampak pada pelayanan akademik dan disiplin akademik mahasiswa dan dosen. Penyebaran informasi secara lisan oleh para civitas akademika berdasarkan data jumlah. 2. Penyebaran informasi secara meluas melalui media cetak dan media elektronik keberbagai instansi pemerintahan dan swasta. data mahasiswa yang sudah di entry untuk suatu keperluan harus di entry kembali untuk keperluan lain. Menyediakan tempat dan waktu berkonsultasi dilokasi kampus. Seleksi administrasi yang ketat diterapkan STIKes YHBD untuk mencari mahasiswa yang memang menjadi target mahasiswa baru dengan konsiderasi utama bahwa STIKes YHBD menuntut kompetensi-kompetensi yang berbasis ilmu dibidang Kesehatan maka penyaringan harus melalui seleksi yang ketat dengan Uji Tertulis dan Uji Kesehatan. Meningkatnya animo masyarakat untuk kuliah di STIKes YHBD memungkinkan menjaring input student secara lebih berkualitas.34 mahasiswa pada tahun ajaran 2010/2011 menunjukkan rasio dosen : mahasiswa yang ideal yaitu 1 : 20. sehingga berdampak pula pada sistem koordinasi data antar program studi.

Memiliki kualitas keterampilan khusus dalam bidang-bidang ilmu popular guna mendukung keahliannya secara kompetitif. 2. menjadi payung pelindung perpecahan di manapun mereka berada. Disamping program formal tersebut mahasiswa dipersilahkan berkonsultasi dengan pembimbing akademik mereka diluar program reguler. 3. Oleh sebab itu kelemahan-kelemahan dasar yang dimiliki oleh calon mahasiswa dan kemudian menginterpretasikan kelemahan tersebut menjadi keunggulan melalui proses pendidikan yang diselenggarakan. Memiliki kualitas kebangsaan sehingga menjadi perekat yang kuat bagi kehidupan berbangsa. Memiliki kualitas keilmuan yang akan mengantarkan para lulusan menjadi tenaga profesional di bidangnya. 4.35 wajib menjunjung tinggi kejujuran dengan kesadaran. Upaya yang dilakukan STIKes YHBD melalui program Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang bertujuan antara lain untuk penerapan teori. Memiliki kualitas keimanan yang baik dan komprehensif sehingga para lulusan akan menjadi ahli profsional yang jujur dan berakhlak mulia. Rasio dosen mahasiswa dianggap cukup mendukung proses belajar mengajar dalam rangka pencapaian visi dan misi dan tujuan yaitu 1 : 20. Dari proses pembelajaran yang dilakukan pada program studi dilingkungan STIKes YHBD menghasilkan kompetensi akademik yang dimiliki mahasiswa antara lain: 1. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . memberi gambaran umum tentang keadaan sebenarnya dilapangan sehingga ketika saat menjadi ahli madya mempunyai rasa kepercayaan diri yang tinggi dan mampu mengambil keputusan saat menghadapi masalah yang terjadi.

Tuliskan rata-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan selama tiga tahun terakhir dari mahasiswa reguler bukan transfer untuk program studi yang dikelola oleh YHBD.000 3.2.2. mahasiswa baru transfer. Jelaskan pula alasan mahasiswa melakukan transfer.2 tahun Rata-rata IPK lulusan (4) 3. 3. (1) 1 2 3 Hal (2) Mahasiswa baru bukan transfer Mahasiswa baru transfer PSIK (S1) (3) 60 PSIKM (S1) (4) 40 KEBIDANAN (D-III) (5) 318 Total Mahasiswa (6) 418 - Total mahasiswa regular (student 60 40 318 418 body) Catatan: (1) Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi. Lulusan 3. dan proses pelaksanaan.3 tahun 3.3 Uraikan alasan/pertimbangan unit pengelola program studi diploma dalam menerima mahasiswa transfer.36 3.5 tahun 4. (1) 1 2 3 Program Studi (2) PS 1 : PSIK PS 2 : PSIKM PS 3 : KEBIDANAN Rata-rata masa studi (tahun) (3) 4.100 3. siang. dan total mahasiswa reguler untuk masing-masing program studi pada TS (tahun akademik penuh yang terakhir) di unit pengelola program studi diploma sesuai dengan mengikuti format tabel berikut: Jumlah Mahasiswa pada PS: No. kriteria penerimaan.1.2.000 BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . 3. Tidak ada mahasiswa ransfer. sore. baik dari dalam PT maupun luar PT.Tuliskan data mahasiswa baru regular.1. (2) Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain. YHBD dengan mengikuti format tabel berikut : No. dan di seluruh kampus).1. malam.

Sehingga Puket I dan III beserta program studi fokus terhadap BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .2. Rata-rata masa studi sesuai dengan beban SKS yang ada di STIKes YHBD. Kendala yang dihadapi adalah persaingan begitu ketat sehingga STIKes beserta program studi terkadang terfokus dalam penjaringan mahasiswa baru.2 Uraikan pandangan STIKes YHBD tentang rara-rata masa studi dan rata-rata IPK lulusan.37 3. yang mencakup aspek : kewajaran. sistem pembelajaran dan segala aspek yang mendukung pembelajaran. Sementara tugas intern dan pengembangan juga harus dikerjakan. Beban SKS untuk menyelesaikan program studi Ilmu Keperawatan da Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah 144-160 SKS yang terdistribusi kedalam 8 semester. tetapi PTN dalam hal penjaringan mahasiswa untuk kelas mandiri dan sejenisnya membuat PTS kewalahan. STIKes akan mengangkat Puket IV dan jajarannya yang bertugas untuk menjaring mahasiswa baru (promosi) dan kerjasama. sedangkan untuk Program Studi Kebidanan adalah 110 SKS yang terdistribusi dalam 6 semester. Mengenai IPK lulusan sudah memenuhi kriteria penerimaan pegawai baik pemerintahan maupun swasta. Untuk ini kedepannya. Persaingan tidak hanya sebatas antar PTS. Untuk pengembangan dan upaya peningkatan mutu. STIKes YHBD memiliki program pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran antara lain perpustakaan. Sehingga sejak bulan Januari sampai dengan penerimaan mahasiswa baru STIKes terus berupaya semaksimal mungkin promosi sampai kedaerah. dan upaya peningkatan mutu. Uraikan pula kendalakendala yang dihadapi. upaya pengembangan.

Hal ini untuk mendongkrak IPK Lulusan. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang bermuara pada prestasi mahasiswa dibidang akademik dan non akademik.38 proses pembelajaran. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . mutu lulusan dan prestasi mahasiswa. apakah dosen mengajar sesuai dengan SAP dan GBPP yang dibuat di awal perkuliahan. didirikan Lembaga Penjamin Mutu yang berfungsi mengkontrol proses pembelajaran. Untuk peningkatan mutu.

1 DOSEN TETAP Dosen tetap dalam borang akreditasi BAN-PT adalah dosen yang diangkat dan ditempatkan sebagai tenaga tetap pada PT yang bersangkutan. dan dosen yayasan pada PTS dalam bidang yang relevan dengan keahlian bidang studinya. berdasarkan jabatan fungsional dan pendidikan tertinggi.1. dengan mengikuti format tabel berikut : No. dosen tetap yang bidang keahliannya di luar PS 4. Dosen tetap dipilah dalam 2 kelompok. dan mempunyai penugasan kerja minimum 12 jam/minggu. dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan PS 2.1 Tuliskan jumlah dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan masing-masing PS di lingkungan unit pengelola program studi diploma.39 STANDART 4 SUMBER DAYA MANUSIA 4. yaitu: 1. A 1 2 3 4 B 1 2 3 Hal Jabatan Fungsional : Tenaga Pengajar Asisten Ahli Lektor Lektor Kepala TOTAL Pendidikan Tertinggi : S1/D4 S2/Profesi/Sp-1 S3/Sp-2 TOTAL Jumlah Dosen Tetap yang Bertugas pada Program Studi PS-1 PS-2 PS-3 PSIK PSIKM Kebidanan 11 3 1 15 11 4 15 9 4 1 14 9 5 14 30 30 26 4 30 Total di Institusi 50 7 2 59 46 13 59 BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . termasuk dosen penugasan Kopertis. Seorang dosen hanya dapat menjadi dosen tetap pada satu perguruan tinggi.

40 4.1 dan 4.1. pengetahuan dan pengalaman akademik yang memadai. STIKes YHBD selalu berupaya terus mendorong dosen untuk meningkatkan kualifikasi akademiknya masing-masing. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . kualifikasi. dan pengembangan karir. Untuk menjadi Dosen di STIKes YHBD memenuhi beberapa hal yaitu : (1) Syarat umum menjadi Dosen adalah: a.1.1.2 Tuliskan banyaknya pengembangan dosen tetap yang bidang keahliannya sesuai dengan program studi pada unit pengelola program studi diploma dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut : No.1. beberapa dosen sedang mengikuti kuliah.3 Uraikan pandangan unit pengelola program studi diploma tentang data pada butir 4. tunjauan terhadap kualifikasi akademik. Dilihat dari aspek kuantitas maka jumlah dosen : mahasiswa dilingkungan STIKes YHBD berbading 1 : 20 sudah cukup memadai. Dalam hal peningkatan karir juga diupayakan setiap dosen tetap yang telah memenuhi kriteria akan diberikan kesempatan yang sama untuk menjadi pimpinan baik di STIKes maupun di tingkat program studi. (1) 1 2 Hal (2) Banyaknya dosen tugas belajar S2/Profesi/Sp-1 Banyaknya dosen tugas belajar S3/Sp-2 PS-1 PSIK (3) 2 PS-2 PSIKM (4) 1 PS-3 KEBIDANAN (5) 4 Total di Institusi (7) 7 - 4. yang mencakup aspek: kecukupan.2. Jelaskan kendala yang ada dalam pengembangan tenaga dosen tetap. memiliki kualifikasi sebagai tenaga pengajar. berwawasan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. b.

mempunyai waktu dan kesediaan melaksanakan tugas di YHBD. termasuk untuk kegiatan lain yang ditugaskan. memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan bangsa dan negara serta dalam memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan. c. (3) Syarat untuk menjadi Dosen tetap STIKes YHBD adalah: a. b. komunikator. stimulator. memiliki latar belakang disiplin ilmu yang relevan. c. memahami peranan dan kedudukan Dosen sebagai informatori.41 c. dan kanselor. d. mampu mengelola administrasi pelaksanaan tugas-tugasnya dalam peranan dan kedudukannya sebagai Dosen. d. mempunyai moral dan integritas yang tinggi. (2) Syarat khusus menjadi Dosen adalah: a. e. kurikulum. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . moderator. YHBD. b. kedepannya ijazah terakhir serendah-rendahnya magister (S2). memenuhi syarat umum dan syarat khusus menurut ayat (1) dan (2). memiliki jenjang jabatan fungsional Dosen sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. pengetahuan yang memadai tentang metode pengajaran dan teknik evaluasi pendidikan. e. (4) Untuk menjadi Dosen seseorang harus memiliki kemampuan : a. pengetahuan dan pemahaman yang memadai tentang sistem pendidikan tinggi. sistem pengajaran dan sistem evaluasi pendidikan. bersedia mengkhidmatkan diri dalam menjalankan tugas.

42 f. psikologi. kesehatan. (2) Pengangkatan Dosen luar biasa dilakukan berdasarkan kebutuhan program studi yang bersangkutan. pengetahuan dan sikap. (4) Seleksi calon Dosen sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi seleksi administrasi. dan melaksanakan seleksi untuk mendapat calon yang memenuhi syarat diangkat menjadi Dosen tetap STIKes YHBD. Penetapan Dosen Luar Biasa (1) Dosen luar biasa diangkat dan diberhentikan oleh Ketua atas usul dan/atau pertimbangan pembantu Ketua. Penetapan Dosen Biasa (1) Ketentuan pengangkatan dan pemberhentian Dosen PNS DPK diatur menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku (2) Dosen tetap STIKes YHBD diangkat dan diberhentikan oleh BPH atas usul Ketua. potensi akademik. dengan tembusan kepada BPH. (3) Pengangkatan Dosen tetap STIKes YHBD dilakukan melalui jalur seleksi Panitia Seleksi yang di tunjuk oleh Ketua yang mempersiapkan. dan wawancara. kesediaan dan kemauan untuk meningkatkan kualifikasinya dalam keterampilan. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Mempunyai waktu.

43

(3) Dosen luar biasa diangkat untuk masa kerja 1 (satu) tahun akademik dan berdasarkan pertimbangan dan kebutuhan dapat diangkat kembali. (4) Untuk dapat diangkat pertama kali menjadi Dosen luar biasa yang bersangkutan mengajukan permohonan kepada Ketua atau melalui pembantu Ketua dengan melampirkan berkas persyaratan yang ditentukan.

Penetapan Dosen Tamu (1) Dosen tamu diangkat dan diberhentikan oleh Ketua atas usul dan/atau pertimbangan dari pembantu Ketua, dengan tembusan kepada BPH. (2) Pengangkatan Dosen tamu didasarkan atas kebutuhan STIKes YHBD atau Program Studi. (3) Untuk dapat diangkat menjadi Dosen tamu, yang bersangkutan harus mengajukan permohonan kepada Ketua atau melalui pembantu Ketua, dengan melampirkan berkas persyaratan yang ditentukan.

Hak dan Kewajiban (1) Dalam pelaksanaan tugasnya, Dosen mempunyai hak: a. memperoleh penghasilan dan kesejahteraan sesuai dengan ketentuan yang berlaku b. memperoleh pembinaan karir berdasarkan kemampuan dan kualifikasi tertentu yang bermanfaat bagi STIKes YHBD serta kemajuan dibidang ilmu Kesehatan;

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

44

c. memperoleh penghargaan berdasarkan prestasi kerja yang dicapainya yang bermanfaat bagi STIKes YHBD, masyarakat, bangsa dan negara dan/atau bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi; d. memperoleh perlindungan kesehatan dalam melaksanakan

tugasnya, sepanjang pelaksanaan tugas itu tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; e. melaksanakan kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; f. dalam melaksanakan kegiatan akademik, menggunakan

prasarana dan fasilitas pendidikan lain dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku; (2) Setiap Dosen wajib : a. memiliki kepribadian serta loyalitas terhadap Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945, Pemerintah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia; b. menjunjung tinggi kebudayaan nasional yang tidak bertentangan dengan ajaran agama, serta menjunjungn tinggi kehormatan bangsa dan negara; c. mengutamakan tugas-tugas di STIKes YHBD dari pada

mengutamakan kepentingan pribadi; d. berpikir, bersikap dan berperilaku sebagai anggota masyarakat ilmiah, berbudi luhur, jujur, bersemangat, bertanggung jawab dan menghindari perbuatan tercela, menghormati sesama Dosen

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

45

maupun pegawai dan berusaha meluruskan perbuatan tercela dari teman sejawat; e. bersikap terbuka, berdisiplin, rendah hati, peka, teliti, hati-hati, menghargai perbedaan dan pendapat orang lain, menjunjung tinggi kejujuran akademik, menjalankan tugas profesi dengan penuh tanggung jawab dan pengabdian serta menjadi contoh tauladan yang baik dalam menjalankan tugas; f. memegang teguh rahasia jabatan serta tidak menyalahgunakan jabatan, menolak dan tidak menerima sesuatu pemberian yang nyata/ patut diduga secara langsung atau tidak langsung

berhubungan secara langsung atau tidak langsung berhubungan secara tidak sah dengan profesinya; g. senantiasa bekerja keras serta berusaha meningkatkan

kemampuan profesional sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan nasional; h. memperhatikan batas kewenangan dan tanggung jawab ilmiah serta tidak melangkahi wewenang keahlian atau wewenang teman sejawatnya, bertanggung jawab secara pribadi atas pelaksanaan kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik serta atas hasil-hasilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; i. membimbing dan memberi arahan kepada mahasiswa untuk mendapatkan, mengembangkan dan mengamalkan ilmu

pengetahuan, teknologi dan kesenia sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM

setiap Dosen STIKes YHBD terikat dalam menjalankan kode etik Dosen STIKes YHBD. l. yang dipertanggung jawabkan pelaksanaan dan hasil-hasilnya kepada Ketua melalui Ketua Program Studi. di samping memenuhi hak dan kewajiban. memelihara sarana dan prasarana. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .46 j. (3) Dalam menjalankan tugasnya. nama baik serta kehormatan Perguruan Tinggi dan pimpinannya. k.menjaga nama baik dan kehormatan diri sesuai dengan kepercayaan yang diberikan masyarakat. menjaga/ memelihara kehormatan dan kesehatan dirinya. Beban Tugas Dosen (1) Setiap Dosen mempunyai tugas melaksanakan pembinaan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. mematuhi seluruh peraturan dan qaidah yang berlaku di lingkungan STIKes YHBD m. bersikap dan bertindak adil terhadap mahasiswa. pendidikan dan pengajaran. membimbing dan mendidik mahasiswa ke arah pembentukan kepribadian insan terpelajar yang mandiri dan bertanggung jawab. serta tugas lain yang ditetapkan oleh Ketua. bangsa dan negara. kebersihan. (2) Dosen biasa dapat melakukan tugas di luar STIKes YHBD setelah mendapat izin tertulis dari Ketua . ketertiban dan keamanan STIKes YHBD .

hak dan kewajiban. tanggung jawab dan sanksi. diatur di dalam Peraturan Tenaga Kependidikan dan Non Kependidikan 4. Dosen luar biasa dan Dosen tamu.47 (3) Beban tugas Dosen dinyatakan dengan Ekuivalensi Waktu Mengajar Penuh (EWMP) (4) Setiap Dosen membina sekurang-kurangnya 1 (satu) mata kuliah pokok yang relevan dengan disiplin atau keahliannya. tugas. prosedur dan tatacara pengangkatan dan pemberhentian Dosen biasa. jaminan sosial. (1) Jenis Tenaga Kependidikan (2) Jumlah Tenaga Kependidikan di Unit Pengelola Program Studi Diploma dengan Pendidikan Terakhir S3 S2 S1 D4 D3 D2 D1 SMA/SMK (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) 1 2 Pustakawan * 2 2 Laboran/ Teknisi/ 21 Analis/ Operator/ Programer 3 Tenaga administrasi 4 5 11 4 Lainnya : … Total 6 5 34 * Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam bidang perpustakaan 7 7 Uraikan pandangan unit pengelola program studi tentang data di atas yang mencakup aspek: kecukupan. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .2 Tenaga kependidikan Tuliskan data tenaga kependidikan yang ada di unit pengelola program studi diploma dengan mengikuti format tabel berikut: No . dan kualifikasi. serta jenjang jabatan fungsional Dosen. Jelaskan kendala yang ada dalam pengembangan tenaga kependidikan. dan dapat membina 2 (dua) atau lebih mata kuliah yang relevan dengan keahliannya sebagai beban tugas tambahan dalam satu semester (5) Setiap Dosen wajib melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan disiplin ilmu dan keahliannya (6) Jabaran ketentuan tentang persyaratan Dosen.

Para dosen senantiasa dievaluasi baik dari segi akademik maupun non akademik. komputer. tugas. ujian tengah semester dan ujian semester. Dari segi akademik para dosen dievaluasi dari materi pengajaran dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP) yang disusun. Dari segi non akademik pengelola program studi juga melakukan wawancara dengan mahasiswa tentang pribadi dosen khususnya dalam kuliah. Kedepannya akan dibuat minimal S2.48 Kecukupan untuk strata pendidikan terus dilakukan. berhubungan dengan mahasiswa diluar Dosen dan Karyawan a. komitmen terhadap waktu yang diperlukan dalam tugas mengajar dan bimbingan penelitian karya ilmiah serta penampilan. Dosen direkrut berdasarkan pendidikan pengalaman mengajar dan bimbingan mahasiswa. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . kegiatan-kegiatan riset dan publikasi jurnal. Pengembangan STIKes YHBD terus dilakukan dengan perluasan bidang konsentrasi studi serta penambahan sarana atau prasarana untuk proses belajar mengajar laboratorium. Benchmark Upaya pengembangan staf pengajar baik dari segi jumlah maupun mutu dapat dilakukan dengan merekrut dosen dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendalami ilmu-ilmu tertentu baik dalam pendidikan formal maupun non formal. karena STIKes YHBD menerapkan minimal Dosen yang mengajar berpendidikan Sarjana. serta dievaluasi mahasiswa melalui daftar pertanyaan menjelang quis.

Adapun punishment akan dikenakan pada civitas akademika yang melanggar beberapa kode etik umum yang berkenaan dengan statuta. Threshold Dosen yang mengajar pada STIKes YHBD menimal S1.49 Dosen memiliki motifasi dan ciri kedosenan. tata krama dosen mengajar. Hingga saat ini STIKes YHBD telah melakukan pembinaan formal untuk meningkatkan kinerja dosen baik dengan mendatangkan dosen tamu dan tenaga ahli / pakar dari luar STIKes YHBD (tidak termasuk dosen luar biasa). maupun dengan meningkatkan kemauan tugas belajar. tata krama dosen dalam penelitian. Umpan balik atas pengajaran disiplin dosen substansi mata kuliah dapat ditelusuri dari kesesuaian dengan rencana yang tertuang dalam silabus mata kuliah dan masukan mahasiswa yang dikemukakan pada unsur pimpinan. Hal tersebut perlu dicermati agar STIKes YHBD untuk dapat lebih meningkatkan kualitas Dosen dengan menyekolahkan sampai kejenjang yang lebih tinggi. Disamping sistem pengkajian yang mengacu pada situasi dan kondisi yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar dan tenaga administrasi. Statuta STIKes YHBD. tata krama mahasiswa. keputusan Yayasan dan peraturanperaturan yang berlaku di STIKes YHBD. Secara BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . b. tugas dan tanggungjawab dosen dan mahasiswa. Sistem reward bagi dosen yang berkarya mengacu pada anggaran dasar Yayasan. STIKes YHBD berupaya memberikan karyawan dan dosennya fasilitas-fasilitas lain seperti transportasi dan lainnya. Oleh karena itu upaya pengendalian kinerja mereka dilakukan dengan himbauan yang menggugah untuk mengembangkan prakarsa mandiri.

pemerataan akses baik aspek wilayah maupun kemampuan ekonomi. Sistem rekrutmen dan seleksi calon mahasiswa mempertimbangkan kebijakan pada mutu input.50 keseluruhan profil kompetensi SDM yang mengabdi di STIKes YHBD harus ditingkatkan untuk mendukung proses belajar mengajar. Calon mahasiswa baru lulusan SLTA asing harus melegalisasikan ijazah melalui kanwil Depdikbud khusus untuk mahasiswa warga negara asing diharuskan memproses surat izin belajar dari Mendiknas melalui Dirjen Dikti. penelitian dan pelayanan / pengabdian kepada masyarakat. mekanisme rekrutmen yang akuntabel dan kesesuaian dengan karakteristik mutu dan tujuan STIKes YHBD. a. Setiap calon mahasiswa STIKes YHBD wajib mengikuti seleksi administrasi yang meliputi keterangan berkelakuan baik dari sekolah atau dari kelurahan serta surat kenal lahir atau akte kelahiran. Benchmark STIKes YHBD memberi kesempatan seluas-luasnya bagi warga negara RI yang memiliki STTB / Bukti lulus SLTA ataupun sederajat untuk menjadi mahasiswa sesuai dengan program studi pilihan. Walaupun dilakukan secara sistematis namun untuk menjaring mahasiswa yang dilakukan meliputi : BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Mahasiswa Mahasiswa adalah pemangku kepentingan utama internal dan sekaligus sebagai pelaku proses penyelenggaraan akademik yang harus mendapatkan manfaat dari proses pendidikan.

Dengan konsiderasi utama bahwa STIKes YHBD menuntut kompetensi-kompetensi yang berbasis ilmu Kesehatan maka penyaringan dititik beratkan kepada keabsahan berkas. Threshold Seleksi administrasi yang ketat diterapkan STIKes YHBD untuk mencari mahasiswa yang memang menjadi target. STIKes YHBD senantiasa mengamati tersebut.51  Penyebaran informasi secara meluas melalui media cetak dan media elektronik keberbagai instansi pemerintahan dan swasta. Benchmark Mengacu pada Tri Darma Perguruan Tinggi. maka civitas akademika STIKes YHBD menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.   Menyediakan tempat dan waktu berkonsultasi dilokasi kampus Penyebaran informasi secara lisan oleh para civitas akademika berdasarkan data jumlah b. Meskipun demikian STIKes YHBD menyadari tanggungjawab sebagai lembaga pendidikan yang wajib menjunjung tinggi kejujuran dengan kesadaran demikian dapat dimaklumi kelemahankelemahan dasar yang dimiliki oleh calon mahasiswa dan kemudian menginterpretasikan kelemahan tersebut menjadi keunggulan melalui proses pendidikan yang diselenggarakan. kegiatan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Kualitas Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat a. organisasi profesi termasuk perguruan tinggi dan mereka yang berkepentingan.

Kedua darma BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Disamping itu bidang pengabdian kepada masyarakat juga ditunjukkan untuk membangun kemitraan dengan masyarakat.  Melaksanakan pengembangan pola dalam konsepsi pembangunan nasional. wilayah dan daerah melalui kerjasama antara perguruan tinggi dan badan lainnya baik didalam maupun diluar negeri b. Threshold Selama ini topik penelitian dan kegiatan dan pengabdian masyarakat diarahkan untuk mendukung PBM dalam rangka mencapai visi dan misi STIKes YHBD. Adapun batasan pengabdian kepada masyarakat antara lain :   Melaksanakan ilmu pengetahuan Meningkatkan relevansi program di STIKes YHBD sesuai dengan kebutuhan masyarakat  Membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dibidang Kesehatan.52 Sejalan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi STIKes YHBD batasan yang ditetapkan oleh STIKes YHBD adalah (merujuk kepada fungsi pusat penelitian) :   Melaksanakan penelitian ilmiah Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan dan kesenian tertentu untuk menunjang pembangunan   Melaksanakan penelitian pendidikan dan pengembangan institusi Melaksanakan penelitian ilmu dan pengembangan teknologi serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi baik didalam maupun diluar negeri.

Analisis Weakness BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . ANALISIS SWOT A. Namun sayangnya. Adapun dana eksternal yang berhasil dihimpun untuk penelitian yang bersumber dari instansi swasta cukup memadai oleh sebab itu diharapkan dari pemerintah begitu besar. sampai saat ini belum ada penelitian yang memperoleh hak paten atau hak kekayaan intelektual. Sistem reward and punishment dibakukan secara formal dengan sanksi yang mengikat. B. artinya jumlah tenaga pengajar memadai. Sistem dan strategi rekrutmen calon mahasiswa yang dilaksanakan dengan ketat dengan jumlah calon pendaftar yang melonjak tajam setiap tahun serta pengadaan bimbingan karir bagi mahasiswa untuk mengantisipasi permasalahan didunia kerja. • STIKes YHBD mengembangkan instrumen untuk melakukan penelusuran lulusan • STIKes YHBD menghasilkan lulusan sehingga beberapa indikator keberhasilan program juga telah dapat diukur secara maksimal seperti tingkat penerimaan lulusan didunia kerja.53 tersebut juga penting untuk mendekatkan civitas akademika dengan kecendrungan IPTEKS serta realita dunia kerja dan organisasi yang dinamis dalam masyarakat. Analisis Strength • Kekuatan STIKes YHBD dalam sumber daya manusia adalah rasio dosen terhadap mahasiswa cukup kondusif.

• Peningkatan fasilitas pendukung untuk mampu menampung seluruh calon mahasiswa yang mendaftar pada tahun ajaran baru. D.54 • Sebagian besar dosen belum menjalankan pendidikan ketingkat doktoral dan penghimbauan kepada dosen yang berstrata 1 untuk meningktakan kejenjang yang lebih tinggi yaitu pascasarjana. Analisis Threatmen BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . • STIKes YHBD menyediakan dana untuk pengembangan sumber daya manusia seperti dana penelitian bagi para dosen dan dana untuk unit kegiatan mahasiswa • Hasil penelitian yang dilakukan kelak oleh civitas akademika STIKes YHBD bagi pengembangan model didunia peralatan kesehatan. C. Pemanfaatan hasil-hasil penelitian tersebut merupakan kesempatan tersendiri bagi peningkatan prestise dan prestasi STIKes YHBD. • Intensitas pelatihan-pelatihan untuk staf dilingkungan STIKes YHBD perlu ditingkatkan. Analisis Opportunity • Minat dan animo masyarakat untuk melanjutkan pendidikan tinggi dilingkungan Propinsi Aceh secara umum sangat tinggi hal tersebut menjadi peluang bagi STIKes YHBD untuk meningkatkan dan sekaligus menyeleksi calon mahasiswa dengan kualifikasi-kualifikasi tertentu sebagai input bagi PBM.

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .55 • Laju teknologi dan informasi tidak terbendung. Spesifikasi semacam ini mengharuskan STIKes YHBD merefleksi kurikulum agar spesifikasi tersebut dapat dibentuk dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan STIKes YHBD. Spesifikasi kurikulum adalah dengan pembobotan komputerisasi pada mata kuliah. menuntut SDM yang berkualitas. STIKes menyediakan laboratorium untuk digunakan mahasiswa dan penelitian. Hingga tahun ajaran 2011/2012 STIKes YHBD belum banyak menghasilkan aktifitas yang sangat menonjol sehingga hasil kinerjanya sebagai institusi pendidikan masih ditunggu • Dunia kerja yang dinamis serta SDM yang handal sehingga STIKes YHBD harus jeli melihat ancaman yang mungkin muncul dari dinamika itu seperti semakin tajamnya diferensiasi kerja yang diwajibkan munculnya spesifikasi-spesifikasi keahlian.

Mensinkronkan perubahan kompetensi dasar level STIKes dengan kurikulum yang akan direvisi program studi. Penjelasan peraturan tentang kurikulum pendidikan tinggi bidang Kesehatan.1 Kurikulum Kurikulum program studi dilingkungan STIKes YHBD ditinjau setiap dua tahun sekali. Tim ini dikoordinasikan oleh Pembantu Ketua I dan secara umum bertugas untuk : 1. Mendefenisikan kompetensi bersama level STIKes yang harus dimiliki oleh mahasiswa tanpa melihat asal program studi. Selain itu ditingkat STIKes juga dilakukan diskusi mengenai kurikulum yang bersifat umum dengan materi sebagai berikut : 1. Menyusun materi-materi untuk mencapai kompetensi untuk selanjutnya dijabarkan dalam bentuk mata kuliah. Pendanaan dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan perubahan kurikulum. PEMBELAJARAN DAN SUASANA STIKESK 5. misalnya dalam tracer study dan diskusi dengan stakeholder. 3.56 STANDART 5 KURIKULUM. Tahapan penyusunan kurikulum dilakukan dengan pembentukan tim yang terdiri dari Ketua Program Studi ditambah tim perubahan kurikulum masing–masing program studi. 2. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .

serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok. Penjelasan tentang tahapan penyusunan kurikulum 4. kodifikasi mata kuliah. Penilaian terhadap kurikulum yang sedang berlaku di program studi dan perbandingannya dengan kurikulum dari perguruan tinggi terkemuka dengan program studi sejenis. pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan. Penjelasan tentang cara mengidentifikasi kompetensi 5. 3. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya. dan terwujudnya visi program studi. STIKes juga telah mengadakan pertemuan yang materinya tentang peningkatan peran dosen wali dan pengenalan Blogspot. perubahan di sistem database. Selain itu. Penjelasan tentang pemetaan kurikulum Tujuan dari pertemuan kegiatan kurikulum adalah agar tim penyusun kurikulum program studi memiliki panduan tentang proses yang harus ditempuh dan hal-hal teknis yang harus disiapkan dalam rangka perubahan kurikulum di program studi.57 2. sosialisasi kepada seluruh dosen dan mahasiswa. terlaksananya misi. Kurikulum memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama. silabus. STIKes YHBD berperan dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk program studi. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . terkait dengan perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum berkaitan dengan beberapa aktivitas yang masih harus diselesaikan adalah perubahan GBPP dan SAP. rencana pembelajaran dan evaluasi. identifikasi mata kuliah yang akan diekuivalensikan.

metodologi dan proses pengambilan keputusan strategik dan operasional secara integratif. pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku ( soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi . kurikulum terkemuka di Propinsi Aceh dan hasil riset yang dilakukan oleh pengelola terhadap kebutuhan pasar. Kurikulum program studi di STIKes YHBD dikembangkan dari visi. misi dan tujuan. Setiap mata kuliah yang diajarkan oleh tim pengajar yang dikoordinir oleh riset dan pengembangan. Susunan kurikulum pada program studi di lingkungan STIKes YHBD diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dibidang Kesehatan dalam disiplin ilmu dasar. pendalaman intensitas. pemahaman dan penghayatan MPK inti. cakupan dan kedalaman materi.58 Kurikulum dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan. 2. Kurikulum program studi di lingkungan STIKes YHBD dibagi kedalam 5 kelompok mata kuliah yaitu : 1. Kelompok MKK (Mata Kuliah Keahlian): BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Kelompok MPK (Mata Kuliah Pengembangan dan Kepribadian) : Terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan tujuan pengayaan wawasan. Sehingga dapat memenuhi visi dan misi yang didasarkan pada pengamatan terhadap petunjuk yang ditetapkan oleh Dikti. Hal ini dilakukan dengan melakukan evaluasi secara kontiniu. Evaluasi dan pengembangan kurikulum juga dilakukan oleh tim pengajar setiap tahunnya untuk mengikuti pengembangan kurikulum.

mahasiswa diharapkan memahami materi yang disampaikan benar– benar dapat dimengerti. 4. Kelompok MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya) : Terdiri atas mata kuliah yang relevan bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan perilaku berkarya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dimasyarakat untuk setiap program studi.59 Terdiri atas mata kuliah yang relevan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keilmuan atas dasar keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi. yang membatasi tindak berkarya seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya. Dengan pendekatan teori dan praktek. 5. 3. Kelompok MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya) : Terdiri atas mata kuliah yang relevan bertujuan untuk memperkuat penguasaan dan memperluas wawasan kompetensi keahlian dalam berkarya dimasyarakat sesuai dengan keunggulan kompetitif serta komparatif penyelenggaraan program studi. baik secara nasional maupun global. Mahasiswa selain diwajibkan mengikuti kuliah tatap muka secara tetap (minimal 90 %) juga diwajibkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diikuti baik secara individu maupun kelompok serta diskusi pembuatan makalah. Kelompok MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat) : Terdiri atas mata kuliah yang relevan dengan upaya pemahaman serta penguasaan ketentuan yang berlaku dalam kehidupan dimasyarakat. Dalam pelaksanaannya materi setiap mata kuliah diarahkan pada keseimbangan antara teori dan praktek. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .

24 kali pertemuan untuk 4 SKS ( termasuk ujian tengah semester dan semester). Kurikulum program studi di lingkungan STIKes YHBD didesain dengan harapan bahwa mahasiswa banyak melakukan penyelesaian diluar kelas apabila dikomposisikan setiap 1 SKS yang diambil oleh mahasiswa dikelas. satu semester terdiri dari 16 kali pertemuan untuk 12 SKS. perbedaannya pada untuk 2 SKS satu kali pertemuan 100 menit. Untuk menyelesaikan kemandirian tersebut para mahasiswa diberi kuis sebelum memulai pelajaran dan memberikan jawaban–jawaban dari tugas-tugas yang diberikan. mata kuliah inti dan mata kuliah konsentrasi yang harus ditempuh untuk dapat dianggap memiliki kematangan dalam suatu program studi. pengelola program mengajukan perubahan yang disempurnakan ke Kopertis melalui EPSBED dengan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Satu tahun ajaran dibagi 2 semester. untuk 3 SKS 1 kali pertemuan 150 menit. studi kasus dan tugas-tugas bacaan. harus diimbangi sebanyak dua kali lipat diluar kelas dalam bentuk-bentuk tugas paper. Peninjauan dan perbaikan kurikulum Pengelola STIKes YHBD selalu melakukan peninjauan dan perbaikan kurikulum setiap tiga tahun sekali.60 Kurikulum program studi dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan jumlah mata kuliah dasar. Secara keseluruhan untuk menyelesaikan studi di program studi Kesehatan mahasiswa wajib mengikuti dan lulus sebanyak sesuai dengan beban SKS masing-masing program studi. Para mahasiswa diharapkan harus sudah membaca materi yang telah diajarkan sebelum memasuki kuliah tentang materi kulibah tersebut. Untuk 2 dan 3 SKS banyaknya pertemuan dibuat sama.

Pihak pengelola akan memperoleh umpan balik atas materi yang diberikan dosen melalui laporan kehadiran yang wajib diisi oleh dosen. SAP dan GBPP mata kuliah yang ditinjau. • Mekanisme Rapat pimpinan Setelah memperhatikan beberapa hal yang dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk melakukan peninjauan ulang terhadap mata kuliah / kurikulum. Untuk selanjutnya diadakan rapat peninjauan kurikulum BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Dasar Pertimbangan Mata kuliah / kurikulum biasanya ditinjau ulang dengan berbagai pertimbangan. Peninjauan terhadap mata kuliah / kurikulum dilakukan dengan mekanisme sebagai berikut : 1. Bila dimungkinkan untuk penyesuaian dengan visi dan misi program studi dan institusi. c.61 permohonan perubahan atau penyesuaian isi kurikulum sesuai kebutuhan pasar. Setiap dosen yang akan mengajar sesuai acuan silabus beserta buku pegangan yang dianjurkan. Terjadinya perubahan kurikulum secara Nasional b. antara lain ialah : a. Dilengkapi dengan tinjauan Silabus. Acuan silabus ini akan dapat dipakai sebagai rambu bagi dosen tersebut. Untuk memenuhi tuntutan dunia kerja 2. selanjutnya Ketua dibantu Pembantu Ketua I dan unsur program studi mengadakan rapat pimpinan untuk menentukan teknis peninjauan. Sedangkan buku pegangan yang dianjurkan dapat ditambah atau dikembangkan sesuai dengan selera dosen.

Rapat dosen biasanya dilakukan untuk merumuskan dan menetapkan perubahan kurikulum tersebut. Dosen program studi di lingkungan STIKes YHBD. Rapat pada program studi dan menyerahkan hasil rapat kepada Ketua. Melaksanakan hasil rapat sesuai keputusan yang telah disepakati. Tahap-Tahap Peninjauan kurikulum adalah sebagai berikut : 1. Selanjutnya Ketua program studi dapat menindak lanjutinya dengan mengadakan rapat pimpinan dan rapat Dosen. Ketua. Rapat Fungsionaris STIKes YHBD disusul dengan Surat Keputusan Ketua tentang peninjauan Kurikulum.62 dengan menghadirkan Dosen-Dosen senior dan Dosen-Dosen yang berkompeten. setelah memperhatikan beberapa pertimbangan.pertimbangan tersebut ialah seperti tersebut di atas.II. • Rapat Dosen Rapat Dosen adalah bagian terpenting dalam peninjauan ulang terhadap kurikulum/mata kuliah. 3. Pembantu Ketua I. 2.III . 2. • Rapat Senat di STIKes YHBD. Diantara pertimbangan. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Rapat diikuti oleh : 1. Ketua Program Studi dan Sekretaris program studi 3. Peninjauan terhadap mata kuliah / kurikulum dapat juga dilakukan atas usul senat perguruan tinggi.

63 4.2 PEMBELAJARAN Pembelajaran dilakukan dengan kuliah tatap muka dikelas sesuai roster kuliah. atau sewaktu-watu bila sesuai dengan kebutuhan (perubahan kurikulum nasional. diskusi grup studi. Dalam upaya Peningkatan relavansi dan peningkatan kualitas program studi. • Sedangkan kurikulum institusional (lokal) dilakukan peninjauan setelah 4 (empat) tahun. Pengguna Alumni STIKes YHBD. Program strategis ini dilaksanakan agar semua program yang direncanakan dapat dilaksanakan dengan baik dapat dievaluasi berdasarkan performan indikator yang ada dan hasilnya dapat diukur secara rasional baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan upaya : BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Karya Tulis Ilmiah untuk program diploma dan skripsi untuk program sarjana. tutorial. 3. 5. STIKes YHBD telah menyiapkan sejumlah program strategis untuk mencapai tujuan RAISE++ (Relevansi Akademik Atmosfer Internal Manajemen Sustainabilitas Efisiensi dan Produktifitas). penelitian. Untuk kegiatan mandiri seperti penyelesaian tugas-tugas. • Kekerapan Untuk kurikulum inti (nasional) perubahannya sangat tergantung kepada perubahan kurikulum secara nasional. karena dianggap sudah tidak sesuai lagi dengan visi dan misi. atau karena perkembangan tuntutan dunia kerja). dilakukan oleh mahasiswa diluar jam / waktu kuliah. Disamping itu para dosen diwajibkan memberikan bimbingan terjadwal sekitar 3 jam perminggu.

c. Peran STIKes YHBD dalam memonitor dan mengevaluasi pembelajaran dilakukan oleh Pembantu Ketua I bidang akademik.64 a. kemampuan Dosen muda metodologi penelitian-penelitian lain pada level yang lebih tinggi. Pengembangan kurikulum merupakan salah aspek penting. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat peningkatan kemampuan dipandang pengusaan penelitian dapat melalui berbagai upaya yang dalam dan meningkatkan penelitian. Sedangkan buku pegangan yang dianjurkan dapat ditambah BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Dosen harus mengurus jabatan fungsionalnya secara sistematis. b. dalam hal ini untuk tahap pertama evaluasi dan perubahan kurikulum untuk peningkatan kualitas lulusan sesuai dengan tuntutan ilmu dan kebutuhan masyarakat. Acuan silabus ini akan dapat dipakai sebagai rambu bagi dosen tersebut. Untuk itu pengelolaan jurnal dan peningkatan statusnya sangat mendapat perhatian. Setiap dosen yang akan mengajar sesuai acuan silabus beserta buku pegangan yang dianjurkan. Pendidikan kualifikasi dan Pengajaran pengajar melalui dengan upaya harus peningkatan melanjutkan tenaga pendidikan minimal S2 sesuai dengan bidangnya. metoda bimbingan KTI atau bimbingan Skripsi. ujian dan sebagainya melalui system dan ketentuan yang berlaku. Upaya yang telah dilakukan adalah melalui program-program penguatan kelembagaan penelitian dalam hal ini termasuk kemampuan mempublikasi ide gagasan dan konseptual teori dalam berbagai jurnal ilmiah.

bereksplorasi. pelatihan. Selain itu. yang menantang agar dapat mengkondisikan pembelajar berpikir kritis. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . ranah (domain) belajar dan hirarkinya. Sistem pembelajaran mencakup pemantauan. Pendekatan pembelajaran yang digunakan berorientasi pada mahasiswa (learner oriented) dengan kondisi pembelajaran yang mendorong mahasiswa belajar mandiri maupun kelompok untuk mengembangkan ketrampilan kepribadian dan perilaku (soft skills). praktek. Dalam lokakarya. Dalam mengaplikasikan strategi pembelajaran. pembelajaran yang dibangun mendorong mahasiswa mendemonstrasikan hasil belajarnya dalam berbagai bentuk kegiatan. berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber belajar. seperti perkuliahan (tatap muka atau jarak jauh). untuk kerja. diskusi. strategi dan teknik. magang. Strategi pembelajaran memperhitungkan karakteristik pembelajar termasuk kemampuan awal yang beragam yang memungkinkan dosen untuk menerapkan strategi belajar yang berbeda.65 atau dikembangkan sesuai dengan selera dosen. Pihak pengelola akan memperoleh umpan balik atas materi yang diberikan dosen melalui laporan kehadiran yang wajib diisi oleh dosen. dosen mendasarkan pada konsep bahwa setiap orang memiliki potensi untuk berkembang secara akademik dan profesional. Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan. mau menerima masukan untuk menyempurnakan kinerjanya. Kegiatan pembelajaran adalah pengalaman belajar yang diperoleh pembelajar dari kegiatan belajar. kemampuan dan sikap terbuka. lainnya. seminar dan tugas-tugas digunakan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran berbagai pendekatan.

Evaluasi hasil belajar difungsikan untuk mengukur prestasi akademik mahasiswa dan memberi masukan mengenai efektifitas proses pembelajaran. Kajian dan penilaian atas strategi pembelajaran yang digunakan dilakukan melalui perbandingan dengan strategi-strategi pembelajaran terkini. transparan. metoda pengajaran atau prinsip pengajaran. Evaluasi hasil belajar mencakup semua ranah belajar dan dilakukan secara objektif. meliputi kelompok–kelompok kecil mahasiswa bekerjasama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati bersama. Seperti yang digunakan disini istilah model pengajaran mencakup suatu pendekatan pengajaran yang luas dan menyeluruh. dan perbaikan secara berkelanjutan. Misalnya model pembelajaran berdasarkan permasalahan. Dalam model ini mahasiswa seringkali menggunakan bermacam. Istilah model pembelajaran digunakan untuk dua alasan penting. bekerjasama secara kolaboratif. mengemukakan pertanyaan. Istilah model mempunyai makna yang lebih luas dari pada suatu strategi. dan akuntabel dengan menggunakan instrumen yang sahi dan handal serta menggunakan penilaian acuan patokan. menciptakan karya seni dan melakukan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . melakukan penelitian. berdiskusi dan memperdebatkan penemuan.macam ketrampilan dan prosedur pemecahan masalah dan berpikir kritis.66 pengkajian. meskipun salah satu dari beberapa istilah lain. Pendekatan suatu model pengajaran. seperti strategi pengajaran. telah digunakan. Jadi satu model pengajaran dapat menggunakan sejumlah ketrampilan metodologis dan prosedural seperti merumuskan masalah. 1. metoda atau prosedur.

Pola urutan suatu model pengajaran menggambarkan keseluruhan urutan alur langkah yang pada umumnya diikuti oleh serangkaian kegiatan pembelajaran. apakah yang dibicarakan adalah tentang mengajar dikelas. Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil d. Istilah model pengajaran mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi atau prosedur tertentu yaitu : a. pola urutannya dan sifat lingkungan belajarnya. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana mahasiswa belajar (tujuan pembelajaran yang akan dicapai) c. Rasional teoritik yang logis yang disusun oleh para pencipta atau pengembangnya. Misalnya boleh dikatakan bahwa semua dan tugas-tugas khusus yang perlu BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . b.67 presentasi. atau praktek mengawasi anak-anak. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat dicapai 2. Pola urutan pembelajaran menunjukkan dengan jelas kegiatan-kegiatan apa yang perlu dilakukan oleh dosen dan mahasiswa. Model pengajaran dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang penting. urutan kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa. Penggunaan model pembelajaran tertentu memungkinkan dosen dapat mencapai tujuan pembelajaran tertentu dan bukan tujuan pembelajaran yang lain. Pola urutan dari model–model pengajaran mempunyai komponenkomponen yang sama. Seperti yang akan diuraikan bahwa model pengajaran diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya.

pada ruang fisik dan pada sistem sosial kelas. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Menguasai sepenuhnya model-model pengajaran yang banyak diterapkan merupakan proses belajar seumur hidup.68 pembelajaran diawali dengan menarik perhatian dan memotivasi mahasiswa terlibat dalam proses pembelajaran. Tetapi perlu diingat bahwa apabila seorang Dosen terlalu menyimpang dari suatu model atau lingkungan belajar yang diperlukan. yang harus dipahami oleh para dosen jika model-model tersebut ingin dapat dilaksanakan dengan berhasil. Misalnya urutan tahap-tahap kegiatan pada pengajaran langsung berbeda dengan yang terdapat pada pembelajaran yang konvensional. belajar secara kooperatif dan pengajaran berdasarkan masalah. Demikian pula setiap model pengajaran selalu mempunyai tahap menutup pelajaran yang berisi merangkum pokokpokok pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen. diantara Perbedaan-perbedaan inilah terutama berlangsung pembukaan dan penutupan pembelajaran. Setiap model memerlukan sistem pengelolaan dan lingkungan belajar yang sedikit berbeda. Jika dipelajari dengan baik model-model pengajaran ini akan memenuhi kebutuhan para dosen pada awal karir mengajarnya. Namun pola yang satu dengan pola yang lain juga mempunyai perbedaan. Setiap pendekatan memberikan peran yang berbeda kepada mahasiswa. Model pengajaran yang dimaksud adalah pengajaran langsung. dia tidak lagi menggunakan variasi dari model tersebut dan tujuan pembelajaran yang dikehendaki mungkin sekali tidak akan tercapai. Dosen yang kreatif akan mengadaptasi model tersebut agar sesuai dengan situasi pembelajaran yang dihadapi.

5. Pembinaan kemahasiswaan ini dilakukan melalui pembinaan penalaran. menuangkan gagasan. berwatak baik dan kaya ilmu tentang Kesehatan yang relevan dengan otonomi daerah. serta memperluas cakrawala berpikir.69 Model pembelajaran di STIKes YHBD menggunakan sumber lain yaitu sumber teknologi dan sebahagian besar pembelajaran menggunakan laboratorium komputer karena penekanan kurikulum dititik beratkan pada penguasaan tekhnologi komputer. seminar. STIKes YHBD terus menerus melaksanakan pembinaan kemahasiswaan secara terpadu dan berkesinambungan. sehingga lulusan STIKes YHBD tidak hanya mampu dibidangnya. simposium dan kegiatan berwawasan ilmiah Melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan akan dapat melatih diri untuk berani mengemukakan pendapat.3 SUASANA AKDEMIK STIKes YHBD mampu menjadikan dirinya sebagai lembaga ilmiah dan kampus sebagai masyarakat ilmiah. Modul-modul dari Dosen dikemas dalam bentuk buku yang dapat dimiliki semua mahasiswa. Latihan Kepemimpinan Latihan kepemimpinan dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dalam menghadapi masa depan. minat dan kesejahteraan mahasiswa melalui kegiatan sebagai berikut : 1. Sehinggaga Program studi dalam dengan menunjang yang pembangunan nasional menghasilkan lulusan profesional. sehinga proses akademik dapat dilaksanakan lingkungannya secara mampu optimal. 2. Diskusi. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . lokakarya.

Pembinaan Minat Pembinaan minat mahasiswa yang dapat dilakukan adalah kegiatan olah raga dan seni. Suasana akademik yang baik ditunjukkan dengan perilaku yang mengutamakan kebenaran ilmiah. Buletin dan Karya Publikasi Mahasiswa Untuk menumbuhkan gairah membaca. mahasiswa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan kesenian lainnya. maupun dengan pihak luar untuk meningkatkan mutu kegiatan akademik di dalam maupun di luar kelas. Selain itu diharapkan pada tahun-tahun mendatang. bulutangkis. Suasana akademik adalah kondisi yang dibangun untuk menumbuhkembangkan semangat dan interaksi akademik antar mahasiswa . menulis dan sebagainya. ketrampilan (skil). profesionalisme. Direncanakan pada tahun 2011 ini dapat terealisasi. kebebasan akademik dan kebebasan mimbar akademik dan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . gagasan para mahasiswa dapat diterbitkan suatu majalah sebagai sarana komunikasi civitas akademika.70 3. sepak bola. Dengan demikian akan menciptakan suasana akademik yang kondusif. wadah untuk menuangkan ide. yang pada akhirnya dapat meluluskan ahli madya yang memiliki pengetahuan. Kegiatan di bidang seni adalah vokal group dan seni tari. Program Pengenalan Pendidikan Tinggi Orientasi Studi Pengenalan Kampus diberikan bagi mahasiswa baru agar para mahasiswa dapat mengenal lebih jauh keberadaan lembaga untuk mendukung dalam mempersiapan perkuliahan. Bidang olah raga yang akan dilaksanakan adalah bola voli. 5. objektif dan mempunyai semangat yang tinggi. 4. dan memiliki sikap dan prilaku positif.dosen – tenaga kependidikan. pemahaman yang kuat. tenis meja.

silabus dan pembelajaran. 1. pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan ketrampilan kepribadian dan perilaku soft skills. Sistem pembimbingan tugas akhir : rata-rata mahasiswa perdosen pembimbing tugas akhir . 5. Kurikulum harus memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama. mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi.71 penerapan etika akademik secara konsisten. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang. 7. Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevansi dengan tujuan ranah belajar dan hirarkinya. 2. rata-rata jumlah pertemuan / pembimbingan. 6. cakupan dan kedalaman materi. pelaksanaan kegiatan. pendukung dan lainnya yang mendukung tercapainya tujuan. 3. 4. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . berkreasi dan bereksprimen dengan memanfaatkan aneka sumber. terlaksananya misi dan terwujudnya visi. Sistem perwalian : banyaknya mahasiswa perdosen wali. rata-rata pertemuan persemester. efektifitas kegiatan perwalian. Kurikulum harus dinilai berdasarkan relevansinya dengan tujuan. Kurikulum harus memuat mata kuliah yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada pembelajaran untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah. Untuk itu kurikulum harus memuat.

BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .72 kualifikasi akademik dosen pembimbing tugas akhir. ketersediaan panduan dan waktu penyelesaian tulisan.

Praktikum.000. Rp Rp Rp 48.000.-.000.-.000.000. Rp 5.000.000.000. Rp 2.000.000. Rp 2. Rp 2.-. b.600.- Rp 4.000.000. Rp 3.72 STANDART 6 PEMBIAYAAN.Rp 23.016.000.-. 29. 49.000. Rp 26.000.-.-.000.000. Sendiri SPP PRPK SPI Rp 3.-.165. Rp 36. Rp 51. SARANA PRASARANA SERTA SISTEM INFORMASI 6.1.000.-.000.000.200.000. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Untuk dana habis pakai yang dikelola oleh panitia adalah : a.460.438.1.000.952.000.000.200. Rp 2.000. PEMBIAYAAN 6. Diknas Sumber lain Beasiswa Seminar : Pelatihan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Rp 2. Rp 48. Pengelolaan dan jenis dana yang dapat dihimpun meliputi : a.569.1.508.200.-.419.-. Tuliskan jumlah dana termasuk gaji di STIKes YHBD tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut : Alokasi dana berdasarkan kelipatan dari jumlah mahasiswa.000. UAP (Ujian Akhir Program).-. Rp 44.-.000.000.-. Pendaftaran mahasiswa baru.009. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP) b.000.000.000. c.800. dll Sumber Dana (1) Jenis Dana (2) TS-2 (3) Jumlah Dana (juta Rp) TS-1 (4) TS (5) PT. Praktikum Responsi dan Kuliah Penunjang (PRPK) c.-.

Pengeluaran terbesarpun lebih banyak untuk proses pembelajaran.500.000/ tahun dan tahun 2010/2011 adalah Rp 6.000. Dari data-data tiga tahun terakhir.73 6.1. Keadaan ini menunjukkan bahwa kemampuan STIKes YHBD dalam menggali sumber lain selain dari dana SPP masih sangat terbatas. termasuk penggajian dan aktivitas kelembagaan. ATK.000. Pada program anggaran tiga tahun terakhir STIKes secara khusus mengarahkan program-program yang berkaitan dengan peningkatan mutu pembelajaran dan relevansinya.000 / tahun. tahun 2009/2010 menjadi Rp 5.1. Honorarium dan sebagainya. Jumlah penerimaan dana berupa SPP mulai naik pada Tahun Ajaran 2008/2009 menjadi Rp 5. Data menunjukkan bahwa anggaran terbesar diperoleh dari sumbangan masyarakat berupa SPP.000. perolehan dana dari pemerintah dirasakan masih sangat terbatas.2 Uraikan pendapat Ketua STIKes YHBD tentang perolehan dana pada butir 6. Program peningkatan mutu dan relevansi lebih diutamakan kepada kegiatan pemenuhan syarat standar untuk menyelenggarakan program studi. Di samping itu dana kegiatan untuk peningkatan penelitian bidang IPTEK dasar terpadu. penyebarluasan penerapan IPTEK bagi BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .1. Dana yang diperoleh dari masyarakat dialokasikan sesuai dengan kebutuhan baik untuk keperluan operasional. yang mencakup aspek : kecukupan dan upaya pengembangannya. gaji.-/ tahun. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.

6.2 SARANA 6. STIKes memberikan perhatian utama kepada peningkatan mutu manajemen pendidikan tinggi dan peningkatan perguruan tinggi dalam perencanaan dan pengembangan SDM. Masing-masing keperluan dana oleh setiap program studi diajukan kepada STIKes dan sebagai pertanggungjawaban program studi dan unit-unit kegiatan membuat laporan pertanggungjawabannya. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . peningkatan relevansi dan mutu layanan sistem perpustakaan serta peningkatan mutu dan pembinaan kesejahteraan mahasiswa diperoleh baik dari sumbangan masyarakat maupun dari dana bantuan pemerintah.2. Uraian ini mencakup aspek : kecukupan/ketersediaan/akses dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan sarana. Pengelolaan dan penerimaan dana. Selanjutnya program pemerataan pendidikan tinggi ditekankan kepada kegiatan Sustanability yang diarahkan kepada pengadaan dan optimalisasi asset-asset STIKes yang ada di program studi terutama diupayakan untuk menghasilkan revenue.74 kemanfaatan masyarakat.1 Uraikan penilaian STIKes YHBD tentang sarana untuk menjamin penyelenggaraan program Tridarma PT yang bermutu tinggi. Dalam penataan sistem pendidikan tinggi. dilakukan secara terpusat oleh badan penyelenggara.

target kinerja dan anggaran. prasarana dan sarana serta sistem informasi dimana hal ini merupakan elemen penting dalam penjaminan mutu yang merefleksikan kapasitas STIKes YHBD didalam memperoleh. Prosedur penganggaran yang efektif mencakup alokasi penggunaan dan pengendalian pengeluaran. pemanfaatan dan kesinambungan ketersediaan sumber daya yang menjadi landasan dalam menetapkan standar pembiayaan. STIKes YHBD memiliki akses yang memadai. sarana dan prasarana serta sistem informasi. merencanakan. program studi aktif terlibat untuk pengelolaan. Anggaran biaya dikelola secara transparan dan akuntabel. keberlangsungan dan keberlanjutan STIKes YHBD. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Ketersediaan dana yang layak dari yayasan dalam rangka penyelenggaraan program akademik yang bermutu dan tertuang dalam rencana kerja. sarana dan prasarana serta sistem informasi yang dapat diakses oleh STIKes sampai keprogram studi memenuhi standar kelayakan. sarana dan prasarana serta sistem informasi yang diperlukan guna mendukung kegiatan Tri Darma perguruan tinggi. Agar penyelenggaraan akademik yang dikelola oleh STIKes YHBD dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.75 Sistem pengelolaan pembiayaan. baik dari aspek kelayakan. Tingkat kelayakan dan kecukupan akan ketersediaan dana. mutu maupun kesinambungan terhadap pendanaan. mengelola dan meningkatkan mutu perolehan sumber dana. sarana dan prasarana serta sistem informasi harus mampu menjamin kelayakan. Dalam pengelolaan biaya.

Sebagai institusi pendidikan yang sedang berkembang dana yang ada masih belum mencukupi kemampuan financial. Benchmark Disamping sumber dana yang diperoleh tersebut diatas untuk tingkat keberlanjutan sumber penerimaan. Setiap terjadinya kenaikan pendapatan akan identik dengan bertambahnya jumlah mahasiswa dengan demikian semakin besar dana yang akan dikumpulkan akan semakin besar pula investasi fisik yang akan dilakukan. yayasan merupakan faktor pendukung perkembangan dimasa yang akan datang dan bertambahnya jumlah mahasiswa disatu sisi akan menambah jumlah penerimaan. Sumber dana lain tersebut dapat berupa mengusahakan pendidikan jangka pendek dalam bentuk kursus kilat untuk kalangan mahasiswa maupun masyarakat yang berminat mengusahakan biro – biro jasa konsultasi dan usaha – usaha lain yang tidak menyalahi aturan yang ada. STIKes YHBD berusaha dan bekerja keras dituntut untuk menggali sumber-sumber dana lainnya sehingga rencana yang digariskan berdasarkan rencana pendapatan dan belanja selalu dapat dilaksanakan dengan baik untuk memenuhi keseluruhan dana pengembangan disamping dana yang bersumber dari mahasiswa dan pihak lain yang tidak mengikat.76 a. tetapi disisi lain juga menambah beban. Kenaikan penerimaan dari mahasiswa setiap tahunnya belum seimbang dengan kebutuhan rutin dan kebutuhan pengembangan dan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .

Analisis Kesempatan 1. B. Kesempatan untuk bermitra dan bekerjasama dengan instansi – instansi pemerintah dan swasta yang sangat terbuka. Analisis Kekuatan • Yayasan mendukung keperluan pembiayaan operasional berupa dana sarana prasarana • Menyadari beban yang harus ditanggung mahasiswa akibat krisis ekonomi. YHBD. Instansi pendidikan swasta tidak memperoleh subsidi tetap dari pemerintah. Analisis SWOT A. C. STIKes YHBD melakukan kebijakan dengan melakukan angsuran uang kuliah sebanyak 4 kali. Analisis Kelemahan 1. melalui BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . STIKes YHBD mengupayakan bantuan pemerintah penelitian dan kegiatan lainnya.77 untuk meningkatkan penerimaan dari mahasiswa sangatlah sulit untuk dicapai mengingat kondisi perekonomian yang kurang mendukung. Krisis multi dimensional yang terjadi di Indonesia memberi imbas bagi sektor keuangan dan pendidikan yang juga berpengaruh secara langsung pada penyelenggaraan pendidikan di STIKes. 2. 2.

penerimaan juga semakin D. Uraian ini mencakup aspek kecukupan dan kewajaran serta rencana pengembangan dalam lima tahun mendatang. Jumlah lulusan SMU / sederajat banyak belum tertampung di pendidikan tinggi. dimana Perguruan Tinggi Swasta sulit mendapat bantuan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Peralatan laboratorium sudah bisa ditambah mengingat jumlah mahasiswa yang masuk setiap tahunnya semakin meningkat.3 Prasarana 6. khususnya yang digunakan untuk program studi. Kendala yang dihadapi adalah masalah pendanaan. Uraikan kendala yang dihadapi dalam penambahan prasarana.78 3. fakta tersebut merupakan peluang bagi STIKes YHBD untuk mengembangkan diri memaksimalkan penerimaan jumlah mahasiswa sehingga sektor meningkat. pelaksanaan dan monitoring program. Demikian pula pembiayaan tidak mengindahkan faktor efektifitas dan efisiensi dalam perencanaan. • Kompetitor yang semakin kuat di Propinsi Aceh 6. Analisis Ancaman • Jika penerimaan terus berkurang dan pengeluaran cendrung meningkat menjalankan maka STIKes YHBD beresiko tidak mampu bila kegiatan operasional. Program ini sudah dalam perencanaan.3.1 Uraikan penilaian STIKes YHBD tentang prasarana yang telah dimiliki.

000.000. Ketersediaan Sistem Informasi a.000.000.-. Bantuan yang diharapkan STIKes YHBD hanya dari pihak Yayasan dan dana dari SPP. STIKes & Yayasan Rp 197. 92.-.-.000.-.3.2. dalam mewujudkan keadaan ini dibutuhkan kerja keras dengan merekrut mahasiswa baru tanpa meninggalkan mutu dan tujuan pendidikan. 6.79 berupa hibah untuk peralatan laboratorium.-. dengan mengikuti format tabel berikut: Investasi sarana No. 30.-.-.4 Sistem Informasi 6.-.000. alat-alat tulis dan lain-lain. 98.000.000.000.900. (1) 1 2 3 4 5 Jenis Sarana Tambahan (2) Perlengkapan kantor Buku In – focus Software Data Base Administrasi Mahasiswa Peralatan Laboratorium selama tiga tahun terakhir (3) 67.000. STIKes & Yayasan Rp 752.000. internet. STIKes & Yayasan Rp 182. Pendidikan adalah tugas utama pencapaian sesuai dengan visi yaitu menghasilkan ahli madya dibidang ilmu Kesehatan.000.000. STIKes & Yayasan Rp Rp Rp Rp Rp 526.500. 6.-.000.000.1.4. Threshold Pemenuhan kebutuhan informasi dalam lingkungan dilakukan untuk mengimplementasikan sistem manajemen informasi seiring dengan misi STIKes YHBD yakni pengetahuan berbasis kompetensi maka diadakan prasarana yang nyaman.Tuliskan sarana tambahan untuk meningkatkan mutu program penyelenggarakan program Tridarma PT pada semua studi yang dikelola dalam tiga tahun terakhir. Uraikan pula rencana investasi untuk sarana dalam lima tahun mendatang.000. Namun pemanfaatan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .000. STIKes & Yayasan Rp 60. Fasilitas ini antara lain berupa komputer.000.-. Rencana investasi sarana dalam lima tahun mendatang Nilai Investasi Sumber Dana (4) (5) Rp 186.

Pelatihan–pelatihan pengoperasian sistem informasi (seperti pelatihan penggunaan dan pemanfaatan internet) yang diadakan oleh lingkungan kampus dalam hal penguasaan informasi dan teknologi bagi para mahasiswa. e). kelas. 2. cukup nyaman dan pemanfaatannya dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa. ruang dosen. Di masa mendatang STIKes harus memperbanyak buku-buku yang ada di perpustakaan menjadi kebutuhan utama mahasiswa. Peralatan Ruang Kantor Prasarana (kantor. In Fokus. penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. c). Kampus yang asri dipenuhi dengan taman dan pohon rindang. b). Gedung Ruang Kuliah BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . para dosen maupun karyawan juga belum memadai. Note Book dll. Prasarana yang ada dilingkungan STIKes YHBD adalah : 1. Ruang kuliah yang nyaman dengan kapasitas 40 kursi. Rasio terbesar penggunaan sarana ada pada in fokus dan OHP. sehingga alat ini sangat dibutuhkan lebih banyak di masa depan.80 fasilitas tersebut lebih diutamakan untuk kegiatan praktikum. Sarana untuk mendukung suasana akademik yang tersedia ialah a). Ruang kegiatan mahasiswa (BEM). White board dengan ukuran 4 x 2 m. Rasio antara luas gedung dengan mahasiswa sebesar 1 : 20. d). Laptop. Alat bantu mengajar seperti OHP. perpustakaan) sudah memadai. Sedangkan jumlah kursi dan ruang kuliah tersedia cukup. Sarana dan prasarana yang tersedia memiliki rasio yang cukup baik.

81 STIKes memiliki ruang kuliah yang lengkap sesuai dengan keperluannya serta nyaman dan sesuai dengan jumlah mahasiswa. Adapun komposisi penggunaan ruang yang terbesar adalah untuk kegiatan akademik (perkuliahan). Rasio luas ruang kantor sesuai dengan jumlah pegawai. ruang pimpinan. 4. OHP dan pengeras suara. 5. Sebagai sarana penunjang proses belajar mengajar setiap ruang kuliah dilengkapi dengan whiteboard. Rata-rata sarana yang tersedia dimanfaatkan sepenuhnya setiap hari yaitu rata-rata 8-10 jam. dirasakan maka perlu menambah 2 ruang kerja dosen. ruang dosen. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang lebih baik. Pemanfaatan gedung sudah optimal. Laboratorium Memiliki laboratorium inti dan laboratorium komputer. Perpustakaan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Gedung Perkantoran STIKes YHBD mempunyai ruang perkantoran yang cukup memadai dan nyaman. kipas angin/AC. pengeras suara cukup memadai. kursi. screen. Namun sarana ini di masa depan perlu ditingkatkan dengan penggunaan 1 unit LCD. Rasio ketersediaan OHP. ruang administrasi dan ruang lainnya. 3. ruang baca. Gedung Program Studi terdiri dari ruang kuliah.

Menyediakan akademika perangkat bagi seluruh komponen civitas BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Strategi STIKes YHBD dalam rangka pengembangan informasi untuk jangka panjang adalah dengan cara memperluas jaringan lokal maupun global dengan jalan : 1.82 Ruang Perpustakaan cukup sesuai dengan penggunaannya. Pemeliharaan perpustakaan cukup baik dan pekerjaan cukup efisien. Benchmark Sistem informasi yang ada masih perlu ditingkatkan agar layak untuk mendukung proses belajar mengajar dilingkungan kampus dengan jumlah mahasiswa yang meningkat maka sistem informasi manajemen yang perlu ditingkatkan demi efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan program akademik. Tersedia tempat khusus untuk sebahagian mahasiswa. adminstrasi umum dan keuangan. Pengadaan perangkat keras dan perangkat lunak perlu diselenggarakan untuk kepentingan administrasi dan penyebaran informasi. lokasinya sangat mudah dicapai karena terletak di lokasi yang sama dengan ruang kuliah dan perkantoran. b. Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai operator sistem informasi manajemen STIKes YHBD menyelenggarakan pelatihan internet aplikasi program komputer lainnya yang ditingkatkan sesuai dengan tuntunan kebutuhan perkembangan zaman.

dosen dan unsur pimpinan. Mengadakan program pelatihan untuk mengakseskan informasi dengan perangkat yang telah ada kepada seluruh civitas akademika 3. Ada beberapa sistem atau strategi diseminasi kebijakan yang diterapkan perguruan tinggi ini. b. diantara pemakaian komputer sesering mungkin bagi para dosen maupun mahasiswa agar dapat menyerap berbagai informasi yang terbaru dan berguna bagi kegiatan akademis. Benchmark Suasana pengajaran yang akademik yang kondusif dalam proses diterapkan oleh STIKes YHBD merupakan perpaduan dari tiga unsur dari mahasiswa.83 2. Dalam menyebar luaskan kebijakan unsur pemimpin berusaha melakukan sistem dan strategi tertentu antara lain dengan menyiapkan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Threshold STIKes YHBD mengusahakan agar selalu tercipta kegiatan akademik yang kondusif. Menyediakan akses tentang STIKes YHBD secara online melalui internet sehingga mempermudah masyarakat luas (khususnya civitas akademika) untuk mendapatkan informasi lengkap seperti : profil perguruan tinggi dan sistem informasi Diseminasi Informasi a.

sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. b. ANALISIS SWOT a. Analisis Kelemahan • Walaupun memenuhi kebutuhan namun jumlah perangkat masih terbatas baik dalam kuantitas maupun kualitas • Kualitas sumber daya manusia sebagaimana operator perangkat lunak masih harus ditingkatkan • Belum diterapkan sistem teknologi internet secara integral untuk meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa atau lulusan BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Analisis Kekuatan • Sarana dan prasarana di STIKes YHBD cukup memadai untuk mendukung PBM. efisien administrasi sesuai dengan dan menetapkan sistem zaman agar dapat perkembangan memberikan informasi dengan cepat. menciptakan sistem administrasi yang terpadu dalam menjamin terciptanya pengambilan keputusan yang efektif. tepat dan benar. Prasarana mendukung efektifitas sistem manajemen informasi. STIKes YHBD melengkapi lembaga dengan sarana penunjang dipersiapkan penguasaan untuk proses pembelajaran.84 dan melaksanakan pengendalian administrasi dalam kegiatan organisasi agar terarah. Sebagai institusi pendidikan yang mengedepankan aspek penguasaan komputer yang menjadi suatu tuntutan era globalisasi ini.

Analisis Kesempatan • Visi. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Jika STIKes YHBD terlambat mengantisipasi sistem informasi manajemen maka efektifitas dan efisiensi kinerja perguruan tinggi akan tereduksi dan akan tertinggal dari lembaga pendidikan lainnya. misi dan tujuan STIKes YHBD yang berlandaskan pendidikan pada penguasaan ilmu pengetahuan berbasis kompetensi memungkinkan pengelola STIKes YHBD untuk memaksimalkan pemanfaatan fasilitas dan sumber daya yang ada untuk yang sedang mengembangkan sistem informasi manajemen dirintis. Analisis Ancaman • Sistem informasi manajemen bukan hanya satu trend tetapi juga keharusan bagi lembaga pendidikan yang sedang berkembang pesat. d.85 c. • Fasilitas teknologi yang mudah diakses memberi peluang kepada STIKes YHBD untuk pemanfaatan intranet dan internet dalam proses pembelajaran dan manajemen.

dengan mengikuti format tabel berikut. sms.4.86 6. web site. buletin). e-mail. Faksimili. 6.4. Sistem Pengelolaan Data Dengan Dengan Jenis Data Secara Manual Komputer Tanpa Jaringan Komputer Melalui Jaringan (LAN) Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN) (1) Mahasiswa Kartu Rencana Studi (KRS) Jadwal mata kuliah Nilai mata kuliah Transkrip Akademik Lulusan Dosen Pegawai Keuangan Inventaris Perpustakaan Lainnya … (2) (3) √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ √ (4) (5) 6.4 Uraikan rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang dan upaya pencapaiannya. STANDART 7 BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi.3 Jelaskan upaya penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika di STIKes YHBD (misalnya melalui surat. Penyebaran informasi pada STIKes YHBD melalui :Surat yang SMS.4. faksimili. mailing list. dilekatkan pada mading berupa pengumuman.2 Beri tanda √ pada kolom yang sesuai dengan aksesibilitas tiap jenis data.

PENELITIAN 7.100.000.1 Tuliskan jumlah dan dana penelitian yang dilakukan oleh Program Studi di lingkungan STIKes YHBD dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut: Sumber Pembiayaan (1) Pembiayaan sendiri oleh Peneliti PT. Rp 28.000.-.1. 7.000.800.87 PENELITIAN.000.000. TS (4) Rp 30.000.000.TS-1 (3) Rp150.000.000.000. Rp100.TS (4) Rp150.1 dalam perspektif: kesesuaian dengan Visi dan Misi.-.-.2.1.800.000.-. TS-1 (3) Rp 26.2. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM .- Rp 52.1 Tuliskan jumlah dan dana kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh program studi di STIKes YHBD dalam tiga tahun terakhir dengan mengikuti format tabel berikut : Sumber Dana Kegiatan Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat (1) Pembiayaan sendiri oleh dosen PT yang bersangkutan Depdiknas Institusi dalam negeri di luar Depdiknas TS-2 (2) Rp150.) 7.-.000.2.- 7. dsb.000.000.000. pemerintah.-.000.500.100.Rp 70. Rp 42.000. yang bersangkutan Depdiknas Institusi dalam negeri di luar Depdiknas TOTAL TS-2 (2) Rp 24. PELAYANAN/PENGABDIAN MASYARAKAT DAN KERJASAMA 7.000. kecukupan.2 Uraikan pandangan Perguruan tinggi tentang data pada butir 7. Rp 68.500.-. 2 Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat adalah penerapan bidang ilmu untuk menyelesaikan masalah di masyarakat (termasuk masyarakat industri.

) Meningkatkan jaminan mutu internal melalui: a. b. Pemantapan di bidang kurikulum mencerminkan keunggulan. Uraikan pula kendala-kendala yang dihadapi. khas. dan sikap.88 kewajaran. praktik. dan f. Pemantapan administrasi akademik yang meliputi ketenagaan dan organisasi. Upaya peningkatan mutu dilakukan melalui kegiatan: (1. e.) Meningkatkan produktivitas dan daya tampung antara lain melalui: a. Secara konkret program studi dalam lingkungan STIKes YHBD akan bermitra dengan berbagai pihak baik dalam lingkup dunia Kesehatan. maka sejak tahun akademik 2011/2012 penekanan terhadap kompetensi harus terlaksana. yang relevan. (2. upaya pengembangan dan peningkatan mutu. Menyempurnakan prasarana dan sarana pendidikan. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Peningkatan tenaga edukatif baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Memperbaiki suasana akademik yang kondusif dalam lingkup Tri Darma Perguruan Tinggi. c. Sejalan dengan tuntutan kualitas lulusan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan seni. Pemantapan sistem dan cara evaluasi keberhasilan belajar mahasiswa baik secara teoritik. Mengadakan penelitian terapan dan pengabdian pada masyarakat. d.

Membina kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga lain bertujuan untuk mengembangkan sikap ilmiah dan sikap profesional pada seluruh civitas akademika. sehingga mutu pengelolaan program studi di STIKes dan mutu lulusan dapat dipertanggungjawabkan. Selalu mempertanyakan kebenaran suatu pernyataan ilmiah dengan anggapan bahwa kebenaran tersebut masih selalu dapat disempurnakan. Cakap. terampil dan menguasai penuh bidangnya. • • • • • Kritis dan analisis. Membina sikap intelektual. Batasan yang ditetapkan oleh STIKes YHBD adalah (merujuk kepada fungsi pusat penelitian) a. STIKes YHBD senantiasa mengamati kegiatan tersebut.Sikap-sikap tersebut antara lain : • • Obyektif dan demokratis. Berdedikasi tinggi Mengacu pada Tri Darma Perguruan Tinggi. Sederhana.89 b. Melaksanakan penelitian ilmiah BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Mengembangkan efisiensi dan prestasi manajemen program studi secara berjenjang. c. senang berkreasi dan berinovasi. maka civitas akaemika STIKes YHBD menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Melaksanakan pengembangan pola dalam konsepsi pembangunan nasional. Melaksanakan penelitian pendidikan dan pengembangan institusi d.90 b. wilayah dan daerah melalui kerjasama antara perguruan tinggi dan badan lainnya baik didalam maupun diluar negeri Selama ini topik penelitian dan kegiatan dan pengabdian masyarakat diarahkan untuk mendukung PBM dalam rangka mencapai visi dan misi STIKes YHBD. Melaksanakan ilmu pengetahuan b. Adapun batasan pengabdian kepada masyarakat antara lain : a. Membantu masyarakat dalam melaksanakan pembangunan d. Meningkatkan relevansi program STIKes YHBD sesuai dengan kebutuhan masyarakat c. Disamping itu bidang pengabdian kepada masyarakat juga ditunjukkan untuk membangun kemitraan dengan masyarakat. Melaksanakan penelitian ilmu pengetahuan dibidang Kesehatan untuk menunjang pembangunan c. Kedua darma tersebut juga penting untuk mendekatkan civitas akademika dengan kecendrungan IPTEKS serta realita dunia kerja dan organisasi yang dinamis dalam masyarakat. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Melaksanakan penelitian ilmu dan pengembangan teknologi serta penelitian untuk mengembangkan konsepsi baik didalam maupun diluar negeri.

Rona Monalisa MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU 2011 2011 2011 2010 2010 2009 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2013 2013 2013 2010 2013 2010 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu.BLUD. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Nurhayati Hasan BPS. Syarwani BPS. Evayanti BPS. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Zainoel Abidin Rumah Sakit Ibu dan Anak Pemerintahan Aceh Rumah Sakit Umum dr. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. (1) Nama Instansi (2) Jenis Kegiatan (3) Kurun Waktu Kerja Sama Mulai Berakhir (4) (5) Manfaat yang Telah Diperoleh (6) 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Dinas Kesehatan Kotamadya Banda Aceh RSU.91 7.Nurjannah BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Agusmiati BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Fatimah Hasan BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. No. Lindawati BPS. Hannas BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu.3.Irma Ahmad BPS. Hj. Besar BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Revita A. Rusniah BPS.Meuraxa Banda Aceh Rumah Sakit Iskandar Muda Banda Aceh Rumah Sakit Umum Daeah dr. Hj. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Maulidia BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Man Farizah BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu.1 Tuliskan instansi dalam negeri yang menjalin kerjasama* yang terkait dengan program studi/jurusan dalam tiga tahun terakhir. Sinarwati BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Faridah BPS. Mardiani BPS. Rosa Andriani BPS. Rukiya BPS. Zainoel Abidin BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu.3 Kegiatan Kerjasama dengan Instansi Lain 7.

Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Hartini BPS. Siti Faridah BPS. Fauziah BPS. RB. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Nurlaili BPS. Erni Munir BPS. Sinarti BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Yayasan Buah Hati Mama BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Kamsinar BPS. Murniati BPS. Nurjanah BPS. Ratna Ramlah BPS. Rosmini BPS. Julidah BPS. Ruwaida BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Erni Munir BPS. Wahyuni Maya BPS. Ayu BPS. Mutia Yaceb BPS. Ratna BPS.92 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 BPS. Adriana BPS. Yulidar BPS. Darnelis Zam BPS. Aja Gusti BPS. Cut Khairiati BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Puskesmas Seulimun BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Hj. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Kurnia BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Nurbahri BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Jauniwati BPS. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Hj. Faizah Peukan Biluy BPS. Hj. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Hj Suriati MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU MoU 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2007 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 2013 Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. BORANG AKREDITASI INSTITUSI STIKes YAYASAN HARAPAN BANGSA DARUSSALAM . Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu. Mahasiswa dapat praktek dan menimba ilmu.