Sentrifugasi adalah pemisahan dengan menggunakan gaya putaran atau gaya sentrifugal.

Partikel dipisahkan dari liquid dengan adanya gaya sentrifugal pada berbagai variasi ukuran dan densitas campuran larutan. peralatan sentrifugasi terdiri dari : a. pengendapan sentrifugal/centrifugal settling - tubular : pemisahan liquid-liquid emulsion - disk bowl : pemisahan liquid-liquid b. filtrasi sentrifugal gaya sentrifugal digunakan untuk mendapatkan perbedaan tekanan sehingga slurry dalam filter akan mengalir ke penyaring. pada operasi sentrifugasi dengan cara pengendapan, kecepatan pengendapan dipengaruhi oleh : kecepatan sudut (ω) disamping faktor-faktor lain seperti pada perhitungan kecepatan sedimentasi. laju alir volumetrik umpan dipengaruhi oleh kecepatan sudut (ω), diameter partikel (Dp), densiti partikel dan cairan, viskositas dan diameter tabung centrifuge. gaya-gaya pada sentrifugal separator 1. gaya sentrifugal 2. gaya grafitasi contoh perhitungannya bisa dilihat di buku geankoplis jika pengendapan dengan menggunakan sentrifugal kurang efisien, maka digunakan sentrifugal filrasi. dimana sentrifugal filtrasi ini lebih rumuit dari filtrasi biasa yang menggunakan perbedaan tekanan, dimana area aliran dan gaya dorong meningkat sebanding dengan jarak horizontal.

Campuran heterogen terdiri dari senyawa-senyawa dengan berat jenis berdekatan sulit dipisahkan. Membiarkan senyawa tersebut terendapkan karena adanya grafitasi berjalan sangat lambat. Beberapa campuran senyawa yang memiliki sifat seperti ini adalah koloid, seperti emulsi. Salah satu teknik yang dapat dipergunakan untuk memisahkan campuran ini adalah teknik sentrifugasi, yaitu metode yang digunakan dalam untuk mempercepat proses pengendapan dengan memberikan gaya sentrifugasi pada partikel-partikelnya. Pemisahan sentrifugal menggunakan prinsip dimana objek diputar secara horizontal pada jarak tertentu. Apabila objek berotasi di dalam tabung atau silinder yang berisi campuran cairan dan partikel, maka campuran tersebut dapat bergerak menuju pusat rotasi, namun hal tersebut tidak terjadi karena adanya gaya yang berlawanan yang menuju kearah dinding luar silinder atau tabung, gaya tersebut adalah gaya sentrifugasi. Gaya inilah yang menyebabkan partikel-partikel menuju dinding tanbung dan terakumulasi membentuk endapan (Gambar 15.6).

Hal ini dimaksudkan agar benda yang melakukan gerak melingkar berada dalam keadaan setimbang. Gaya yang arahnya menjahui pusat tersebut dinamakan gaya sentrifugal. sedangkan arah gaya sentrifugal berlawanan dengan gaya sentripetal. Modifikasi tersebut dilakukan dengan cara pemanasan krim. Buah kelapa dihancurkan. Dalam pengolahan minyak kelapa. dan akan dihasilkan padatan dan minyak. Dengan melakukan sentrifugasi dengan kecepatan antara 3000-3500 rpm. dan diperas sehingga didapat bagian santan. Didalam santan terdapat campuran minyak dengan air. Selanjutnya krim diasamkan. [sunting] Latar belakang munculnya gagasan mengenai gaya sentrifugal Ketika sebuah benda atau partikel melakukan gerak melingkar. Banyak sekali orang yang tergoda untuk menambahkan sebuah gaya yang arahnya menjahui pusat lingkaran.6. maka terjadi pemisahan dan terdapat dua bagian yaitu fraksi kaya minyak (krim) dan fraksi miskin minyak (skim). pada benda atau partikel tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran.Gambar 15. di mana peran gaya ini adalah mengimbangi gaya sentripetal. [sunting] Alasan mengenai tidak adanya gaya sentrifugal . sering juga dilakukan modifikasi khususnya dalam pemisahan krim untuk mendapatkan bagian minyak. dimana teknik pemisahan sentrifugasi cukup berperan. Pengendapan dengan teknik sentrifugasi Mari kita perhatikan proses pembuatan minyak kelapa. Gaya sentrifugal adalah lawan dari gaya sentripetal merupakan efek semu yang ditimbulkan ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar. kemudian diberi perlakuan sentrifugasi sekali lagi untuk memisahkan minyak dari bagian bukan minyak. Besar gaya sentrifugal sama dengan besar gaya sentripetal. sentrifugal berarti menjahui pusat putaran. selanjutnya dengan penyaringan kita dapatkan minyak kelapa yang bersih dan jernih.

Apabila terdapat gaya sentrifugal yang arahnya menjahui pusat. . Sebaiknya dipilih tabung centrifuge yang memiliki tutup berulir. jika terdapat gaya total pada suatu benda maka benda tersebut berada dalam keadaan diam atau bergerak dengan laju tetap sepanjang garis lurus. Centrifuge dengan swing-out head (tabung centrifuge yang dapat berayun) lebih aman dibandingkan dengan angle head (dudukan tabung miring) karena menekan terbentuknya aerosol jika menggunakan tabung yang tidak bertutup. Centrifuge modern umumnya dapat mencapai daya sentrifugasi 3000g yang merupakan kekuatan yang cukup untuk mendepositkan bekteri dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa tidak ada gaya sentrifugal. pada benda tersebut bekerja gaya sentripetal yang arahnya menuju pusat lingkaran. Menurut Hukum I Newton. Menurut Collins et al. maka hukum I Newton dilanggar. untuk keperluan mikrobiologis seperti fungsi diatas. Kenyataan yang terjadi. benda tetap melakukan gerak melingkar. Ketika sebuah benda melakukan gerak melingkar.Jika ada gaya sentrifugal yang bekerja pada benda yang melakukan gerak melingkar. CENTRIFUGE Centrifuge dalam mikrobiologi digunakan untuk mengendapkan atau memekatkan sel mikroorganisme sehingga dapat dipisahkan antara medium (supernatan) dan selnya yang mengendap (natan). (2004). dapat digunakan centrifuge dengan kecepatan maksimum 4000 rpm yang dapat menampung 15-50 ml kultur. maka akan terdapat gaya total yang menyebabkan benda bergerak sepanjang garis lurus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful