P. 1
Basis Data

Basis Data

|Views: 28|Likes:
Published by zib07
contoh makalah
contoh makalah

More info:

Published by: zib07 on Sep 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/03/2014

pdf

text

original

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Tuhan yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui tentang database sebuah penyewaan buku. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Makalah ini memuat tentang “Database Penjualan HP” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap pentingnya Membaca. Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penulis mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

Tasikmalaya, Juni 2012

Penulis

Daftar Isi Bab 1 ......................................................................................................... 1.1 Pendahuluan .......................................................................................... Latar Belakang ...................................................................................... Bab 2 ......................................................................................................... Basis Data Penjualan HP ............................................................... 2.1 Sub Judul IR Diagram Penjualan HP .............................................. 2.2 Kamus Data .......................................................................................... 2.3 Relasi Antar Tabel Penjualan HP ................................................... 2.4 Struktur Tabel Penjualan HP .......................................................... Bab 3 ........................................................................................................... Basis Data Penjualan HP ............................................................... 3.1 Spesifikasi Software yang digunakan dalam pembuatan Database...... 3.2 Spesifikasi Hardware yang digunakan dalam Pembuatan Database.... Bab 4............................................................................................................ 4.1 Kesimpulan sub judul dan saran............................................................

Bab 1 1.1 Pendahuluan Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya. Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan dan kecanggihan teknologi juga tidak hanya pada jaringan internet begitupun dalam sebuah pembentukan aplikasi (software) yang berguna dengan contoh : database, animasi, dan coding program, semua itu berguna untuk dunia sosial. Database adalah salah satu program penyimpanan data yang befungsi untuk menjalin aplikasi dengan aplikasi lainnya, misal nya untuk data penjualan, penyewaan, atau pun transaksi bisnis.

1.2 Latar Belakang Basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari database tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan mengambil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data. Pemrosesan basis data sebagai perangkat andalan sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan perusahaan. Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai media penyimpanan data. Kehadiran basis data dapat meningkatkan Daya saing perusahaan tersebut. Basis data dapat mempercepat upaya pelayanan kepada pelanggan, menghasilkan informasi dengan cepat dan tepat sehingga membantu pengambilan keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan informasi yang ada. Banyak aplikasi yang dibuat dengan berlandaskan pada basis data antara lain semua transaksi perbankan, aplikasi pemesanan dan penjadwalan penerbangan, proses regristasi dan pencatatan data mahasiswa pada perguruan tinggi, aplikasi pemrosesan penjualan, pembelian dan pencatatan data barang pada perusahaan dagang, pencatatan data pegawai beerta akrifitasnya termasuk operasi penggajian pada suatu perusahaan, dan sebagainya. Beberapa informasi pada perusahaan retail seperti jumlah penjualan, mencari jumlah stok penjualan, mencari jumlah stok yang tersedia, barang apa yang paling lakudijual pada bulan ini, dan berapa laba bersih perusahaan dapat diketahui dengan mudah dengan basis data. Pada perpustakaan, adanya aplikasi pencarian data buku berdasarkan judul, pengarang atau kriteria lain dapat mudah dilakukan dengan basis data. Pencarian data peminjam yang terlambat mengembalikan juga mudah dilakukan sehingga bisa dibuat aplikasi pembuatan surat berdasarkan informasi yang tersedia .

Bab 2 Database Penyewaan Buku IRD Database Penjualan HP

2.2 Kamus Data Kamus data berfungsi membantu pelaku sistem untuk mengartikan aplikasi secara detail dan mengorganisasi semua elemen data yang digunakan secara detail dan mengorganisasi semua elemen data yang digunakan dalam sistem secara persis sehingga pemakai dan penganalisis sistem mempunyai dasar pengertian yang sama tentang masukan, keluaran, penyimpanan dan proses. Kamus data sering disebut juga dengan sistem data dictionary adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Dengan menggunakan kamus data, analisis sistem adapat mendefinisikan data yang mengalir di sistem dengan lengkap. Pada tahap analisis, kamus data digunakan sebagai alat komunikasi antara analisis sistem dengan pemakai sistem tentang data yang mengalir dari sistem, yaitu tentang data yang masuk ke sistem dan tentang informasi yang dibutuhkan oleh pemakai sistem. Simbol-simbol yang digunakan dalam pembuatan ER diagram adalah 1.Entity(Rectangler)

Digunakan untuk menggambarkan obyek yang di identifikasikan kedalam lingkungan. 2. Atribut (oval)

Digunakan untuk menggambarkan elemen elemen pada suatu entity, yang menggambarkan karakter entity.

3.Hubungan (Diamond)

Entity dapat berhubungan satu sama lain. Hubungan ini disebut dengan relationship. 4.Garis (Line)

Digunakan untuk menghubungkan dengan entity relasi/hubungan, maupun ebtity dengan atribut. 2.3 Relasi Antar Tabel

2.4 Struktur tabel penjualan HP

Bab 3

Database Penjualan HP
3.1 Spesifikasi software yang digunakan dalam pembuatan database 1. Mc.Access Pengartian Mc.Access
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah

sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. Sejarah Mc.Access Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8 megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar. Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft

mengembangkan Microsoft Visual Basic, pembuatform antarmuka yang digunakannya dinamakan

sementara

mesin

dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Kedua proyek tersebut dikembangkan secara terpisah, dan mesin pembuat form yang digunakan oleh keduanya tidak saling cocok satu sama lainnya. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).
Microsoft Windows XP (Service Pack 12 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas)

Microsoft 2007 Access 2007

Microsoft Office System 2007

3.2 Spesifikasi Hardware yang di gunakan dalam database Kami membuat database tersebut dalam sebuah laptop bertype satelite c600 dengan spesifikasi sebagai berikut : Spesifikasi TOSHIBA Satellite C600-1014U : - prosessor : Intel Core 2 Duo P7570,2.26 GHz,Cache 3 MB - chipset : Intel GM45 - memory RAM : 2GB DDR3, maksimal 8GB - Video / VGA : Intel HD - Layar monitor : 14inch WXGA LED - Resolusi : 1366x768pixel - Harddisk : 320 GB Sata 5400rpm - DVD±RW : ada - LAN card : ada,10/100Mbps - Wifi : ada, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, IEEE 802.11n - Bluetooth : ada, Bluetooth v3.0 + HS - Port tersedia : 2xUSB,1xVGA,LAN,Audio - Berat : 2,1kg

Bab 4 Kesimpulan Database Penjualan HP Dengan dibuat nya Database tentang penujualan HP ini para pengusaha jual beli HP akan terbantu dan lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya seperti tentang penyimpanan data barang, stok barang, data konsumen, data karyawan dan transaksi. Sehingga para pengusaha penjualan HP dapat meminimalisir tentang kerugian dan laba Saran Agar lebih menarik tentang tampilan Program Database penjualan HP ini akan lebih menarik apabila Database tersebut diconectsikan dengan aplikasi Visual Basic.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->