9/27/2013

1. Ridha Hiola (P3300213013) Email : ridha_hiola@ymail.com 2. Mustasim (P3300213011) Email : mustasim06102010@gmail.com

Periodisasi Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Perkembangan pemikiran teorits Mengacu pada peradaban Yunani

Dimulai dari peradaban Yunani hingga zaman Kontemporer

1

bercocok tanam.9/27/2013 Manusia hanya menerima semua peristiwa sebagai fakta. beternak. pengamatan primitif Zaman batu muda (abad 100-20 SM) Berkembang pengetahuan . tulisan (gambar&simbol). Zaman logam (abad 20 SM-6 SM) Filsafat tumbuh subur/berkembang  Merupakan zaman keemasan filsafat karena pada masa ini orang memiliki kebebasan untuk mengungkapkan ide-ide atau pendapatnya. membaca dan kemampuan berhitung.000 tahun SM) Ciri khasnya menggunakan alat sederhana dari batu dan tulang.  Senang menyelidiki secara kritis Cikal bakal tumbuhnya ilmu pengetahuan modern 2 .  Bangsa Yunani pada masa itu tidak lagii mempercayai mitologi-mitologi. Zaman batu tua (4 juta tahun SM-20.

Dengan menggunakan pendekatan rasio di menjawab bahwa asal alam adalah air. Plato (427-347 SM) Aristoteles (384-322 SM) • Murid Socrates dan guru Aristoteles.9/27/2013 Periode filsafat yunani Terjadi perubahan pola pikir manusia dari mitosentris menjadi logosentris Pola pikir masyarakat yang sangat mengandalkan mitos untuk menjelaskan fenomena alam seperti gempa bumi dan pelangi pendekatan yang didasarkan pada ilmu pengetahuan dan rasio. * Thales (624-546 SM) Phytagoras (582-496 SM) Socrates (470-399SM) • Digelari Bapak filsafat. etika. Mitosentris Logosentris Inilah yang menjadi titik awal manusia menggunakan rasio untuk meneliti sekaligus mempertanyakan dirinya dan alam jagad raya. merupakan contoh istimewa selaku filsuf yang jujur dan berani. dan ilmu kedokteran dan ilmu alam. • Seorang filsuf Yunani. • Filsuf dari Athena. filsuf pertama sebelum Socrates. Fisika. dengan peninggalan terkenlnya yaitu teorema Phytagoras. Berkontribusi pada bidang metafisika. • Dikenal sebagai Bapak Bilangan. politik. filsuf pertama yang membangkitkan persoalan being (hal ada) dan mempertentangkan becoming (hal menjadi).. Merupakan orang pertama yang mengumpulkan & mengklasifikasikan spesies biologi 3 .

perluasan wilayah. datang menawarkan cahaya penerang yang mengubah masyarakat Arab jahiliyah menjadi masyarakat yang berilmu dan beradab. * Terjadi abad perkembangan kebudayaan di Asia Selatan dan timur. sehingga Islam * Terjadi * Kemajuan 4 . Perkembangan Ilmu Zaman Islam * Pandangan * Islam Islam tentang pentingnya ilmu tumbuh bersamaan dengan munculnya Islam itu sendiri. ilmu pengetahuan mendapat masa keemasannya.9/27/2013 * Aktivitas ilmiah terkait erat dan diarahkan pada keagamaan. pembinaan hukum serta penerjemahan filsafat Yunani. sehingga tidak ada aktivitas ilmiah dikenal dengan abad kegelapan. dimulai dengan lahirnya nabi Muhammad SAW pada abad ke-6. seperti. * Islam mengalami kebangkitan. ajaran Lao Tse (menjaga keharmonisan dengan alam) dan Confucius (konsep kode etik luhur mengatur akal sehat). * Jatuhnya kekaisaran Romawi barat pada 476 M.

5 . Ibnu Sina (980-1037 M) Al-Razi (856-925 M) • Dikenal sebagai A vicenna di dunia barat. Dikenal dengan bapak pengobatan modern.filosofi. Seorang filsuf ilmuan dan juga dokter. • Seorang filsuf dan theolog muslim Persia.9/27/2013 * Al Farabi (870-950 SM) Al. dokter klinis terbesar dan pengarang ensiklopedia ilmu kedokteran Contenes. pengobatan. bekontribusi dalam bidang matematika.Khawarizmi (582-496 SM) Al-Ghazali (1058-111 M) • Seoang komentator filsafat Yunani yang ulung di dunia Islam. dikenal sebagai Algazel di dunia barat. • Dikenal dengan Razes. • Hasil pemikirannya berdampak besar pada matematika dalm buku pertamanya Al-jabar.

Pascal. * Perkembangan ilmu pada abab 18 telah melaihrkan ilmu seperti taksonomi. Abad ke 19 lahir pharmakologi. dan ilmu oleh Leonardo da Vinci. arkeoloi. dan Keppler. *Sejarah ilmu modern dimulai dengan penemuan ilmu modern oleh Isaac Newton dan Leibniz yang yang menyatukan pengembangan ilmu Galileo.  Penemuan teropong bintang terbesar pada masa itu oleh Galileo Galilei. kalkulus dan statistika. palaentologi. * Ditandai dengan berbagai penemuan dalam bidang ilmiah.  Ditemukannya benua baru oleh Colombus. keahlian. Fermat.  Zaman penyempurnaan kesenian. geofisika.  Adanya penemuan para ahli perbintangan seperti Copernicus dan Galileo yang menjadi dasar munculnya astronomi modern.  Ditemukannya logaritme oleh Napier. ekonomi. 6 . dan melepaskan diri dari otoritas kekuasaan gereja yang membelenggu kebebasan mengemukakan kebenaran filsafat dan ilmu. dan sosiologi.9/27/2013  Renaisans merupakan era sejarah yang penuh dengan kemajuan dan perubahan yang mengandung arti bagi perkembangan ilmu. geomorphologi.  Manusia barat mulai berpikir secara baru. *Dikenal sebagai masa rasionalisme zaman modern karena muncul berbagai penemuan ilmu pengetahuan.

9/27/2013  Merupakan era tahun-tahun terakhir yang kita jalani hingga saat ini.  Perkembangannya meliputi hampir seluruh bidang ilmu dan teknologi. karena fisika di pandang sebagai dasar ilmu pengetahuan yang subjek materinya mengandung unsur–unsur fundamental yang membentuk alam semesta.  Adanya fisikawan termasyhur abad ke 20 yaitu Albert Enstein yang menyatakan bahwa alam itu tidak berhingga besarnya dan tidak terbatas. Misalnya ilmu kedokteran semakin menajam dalam bidang spesialis dan sub spesialis. 7 .  Teknologi rekayasa genetika berupa kloning  Perkembangan telepon yang berkembang cept menjadi handphone dengan berbagai variasi dll. tetapi juga tidak berubah status totalitasnya atau bersifat statis dari waktu ke waktu  Ditandai dengan penemuan berbagai teknologi canggih seperti komputer. internet  Kemajuan pesat ilmu pengetahuan sehingga terjadi spesialisasi ilmu yang semakin tajam. satelit komunikasi.  Menjadikan ilmu fisika sebagai titik perkembangan ilmu pada masa ini.

muncul teori Evolusi (charles Darwin).9/27/2013 Sejarah perkembangan ilmu Zaman pra Yunani kuno Zaman Yunani Zaman pertengahan (Zaman keemasan Islam) Zaman Rennaisance Zaman Kontemporer Zaman Modern Zaman Yunani (ilmu filsafat) Filsafat alam &ilmu sosial Ilmu alam (ilmu hayati dan non hayati) Ilmu Biologi (mempelajari mahkluk hidup) Muncul mikroskop elektron (kemajuan Teknologi) • Aristoteles (384-322 M) yaitu orang pertama meletakkan dasar ilmu Yunani dengan teori Abiogenesis (benda mati) • Abad 13. dan George mendel tentang pewarisan sifat mahkluk hidup. muncul Fransisco Redi dengan teori Biogenesis • Berkembang dengan penemuan mikroskop oleh Robert Hook. 8 .

9/27/2013 “knowledge is power” Francis Bacon (1561-1626) 9 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful