P. 1
Siklus 1 RPP

Siklus 1 RPP

|Views: 14|Likes:
Published by Viha Ancillia
Hidrolisis
Hidrolisis

More info:

Published by: Viha Ancillia on Sep 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2014

pdf

text

original

PEMERINTAH KOTA PROBOLINGGO DINAS PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 Jl. Soekarno Hatta 137 Probolinggo Telp.

/ Fax. (0335) 421566 Website: http://sman1-prob.sch.id e-mail: sman1.prob@yahoo.co.id

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER PERTEMUAN ALOKASI WAKTU STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR : KIMIA : XI/1 : Ke-I : 2 x45 Menit : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya : 4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut. INDIKATOR A. Kognitif 1. 2. 3. 4. Menjelaskan pengertian Hidrolisis Memahami macam-macam garam dan sifatnya Meramalkan sifat larutan berdasarkan pembentukan garamnya Menghitung pH Hidrolisis :

B. Afektif 1. Karakter 2. Kemampuan social I. : Teliti, jujur, dan Disiplin : bertanya, beropini, dan menghargai pendapat, :

TUJUAN PEMBELAJARAN A. Kognitif

Pada saat dan setelah pembelajaran diharapkan siswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian Hidrolisis 2. Memahami macam-macam garam dan sifatnya 3. Meramalkan sifat larutan berdasarkan pembentukan garamnya 4. Menghitung pH Hidrolisis

Anion pada garam ini (anion basa yang menerima proton dari air) mengalami hidrolisis. Garam dari asam kuat dan basa kuat. Contoh garmanya adalah CH3COONa yang terionisasi dalam air sebagai berikut : CH3COONa(aq) → CH3COO-(aq) + Na+(aq) CH3COO. MATERI AJAR HIDROLISIS Hidrolisis adalah suatu reaksi peruraian dalam air. Hidrolisis pada dasarnya merupakan reaksi asam basa Bronstead-Lowry. CH3COO-(aq) + H2O(l) Na+(aq) + H2O(l) Adanya garam ini dalam air akan menyebabkan pH naik. pH<7 Tergantung Ka dan Kb : : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. NaCl dalam air terionisasi sempurna menjadi ion Na+ dan Cl. Berdasarkan asam basa pembentuknya garam dikelompokkan menjadi 4. Garam dari asam lemah dan basa kuat. CH3COOH(aq) + OH-(aq) . Salah satu contoh garamnya adalah NaCl.bereaksi dengan H+ dari air. II. beropini. jujur. Kemampuan social : Terlibat dalam proses belajar mengajar berpusat pada siswa. Sedangkan hidrolisis garam adalah peruraian garam menjadi ion positif dan ion negatif yang terjadi di dalam air. Karakter disiplin 2. siswa dinilai membuat kemajuan dengan menunjukkan karakter teliti. dan menghargai pendapat. Larutan garam yang terhidrolisis ini bersifat basa (pH > 7). pH=7 Basa.sesuai persamaan : NaCl(aq)  Na+(aq) + Cl-(aq) Na+(aq) + H2O(l) Cl-(aq) + H2O(l) 2. dan 1.B. yakni : GARAM AK+BK AL+BK AK+BL AL+BL Tidak terhidrolisis Terhidrolisis parsial Terhidrolisis parsial Terhidrolisis total Netral. siswa dinilai membuat kemajuan: bertanya. karena [H+] berkurang dan [OH-] bertambah. Garam asam kuat dan basa kuat berasal dari elektrolit kuat dan tidak terhidrolisis dalam air. pH>7 Asam. Garam asam lemah dan basa kuat mengalami hidrolisis parsial dalam air. Afektif 1. Larutannya bersifat netral (pH = 7).

dalam larutan garam tersebut. x Selanjutnya tetapan hidrolisis Kh dapat dijabarkan sebagai berikut : CH3COOH(aq) CH3COO-(aq) + H2O(l) H2O(l) CH3COO-(aq) + H+(aq) K1 = Ka Kh = CH3COOH(aq) + OH-(aq) K2 = Kh H+(aq) + OH-(aq) K = Kw Tetapan hidrolisis (Kh) dari reaksi hidrolisis tersebut adalah Besarnya pH garam ditentukan dari konsentrasi ion OH.Persamaan tetapan hidrolisis CH3COO. Garam dari asam kuat dan basa lemah Garam asam kuat dan basa lemah mengalami hidrolisis sebagian (parsial) dalam air. membentuk reaksi : NH4+(aq) + H2O(l) Cl. Contoh garam dari jenis ini adalah NH4Cl.di atas dapat dituliskan [CH 3 COOH ][OH − ] Kh = [CH 3 COO − ] Konsentrasi CH3COOH dan OH.adalah sama dan konsentrasi ion terhidrolisis CH3COOadalah konsentrasi garam dikalikan jumlah ion terhidrolisis dalam garam tersebut atau [G].+ H2O(l) NH3(aq) + H3O+(aq) Sehingga.] = dimana Kw = tetapan kesetimbangan = 10-14 Ka = tetapan kesetimbangan asam G = konsentrasi garam terhidrolisis x = jumlah ion lemah pada garam 3.dari air. garam ini terhidrolisis sebagian atau terhidrolisis parsial Adanya garam ini dalam air dapat menyebabkan penurunan pH (pH < 7). garam ini terionisasi dengan persamaan reaksi : NH4Cl(aq)  NH4+(aq) + Cl-(aq) Ion NH4+ dari garam NH4Cl yang berasal dari basa lemah NH 4OH akan bereaksi dengan ion OH. Garam ini mengandung kation asam (kation yang memberi proton pada air) yang mengalami hidrolisis. Besarnya pH dari garam ini dapat ditentukan dengan rumus tetapan hidrolisis berikut : .x . sehingga persamaan di atas dapat dituliskan Kh = [OH − ] 2 [G ] . Keterangan : Kh = tetapan hidrolisis [ OH.Dalam air.

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN : A. c.[G ]. Apersepsi : meninjau kembali tentang perhitungan larutan penyangga ketika penambahan asam dan penambahan basa 2.dari garam CH3COONH4 akan bereaksi dengan ion H+ dari air. karena ion-ion dari garam ini dapat bereaksi dengan ion-ion dari air.[ H+] = Kw . atau [OH-] = Kb . Garam dari asam lemah dan basa lemah. Jika Ka = Kb  larutan garam bersifat netral (pH = 7).dari air III. Salah satu contoh garam jenis ini adalah CH3COONH4(aq) (amonium asetat). dimana Kh = CH3COOH(aq) + OH-(aq) Sedangkan ion + NH4+ dari garam CH3COONH4 bereaksi dengan ion OH. Garam dari asam lemah dan basa lemah ini dapat terhidrolisis sempurna. Harga pH larutan dapat ditentukan dengan rumus : [H+] = Ka . METODE PEMBELAJARAN Exercise Methode (SEM) : Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) kombinasi dengan Structure IV. b.x Kb di mana Kh = Kw Kb Keterangan : Kh = tetapan hidrolisis Kw = tetapan kesetimbangan = 10-14 Kb = tetapan kesetimbangan basa G = konsentrasi garam terhidrolisis x = jumlah ion lemah pada garam 4. Jika Ka > Kb  larutan garam bersifat asam (pH < 7).maka ion CH3COO. Jika Ka < Kb  larutan garam bersifat basa (pH > 7). sesuai persamaan : CH3COO-(aq) + H2O(l) menurut reaksi : NH4+(aq) + H2O(l) NH3(aq)+ H3O+(aq) Karena garam ini terhidrolisis sempurna atau terhidrolisis total. Karena OH terionisasi menjadi H+ dan OH. maka harga pH bukan tergantung pada konsentrasi garamnya tetapi tergantung pada harga Ka dan Kb-nya. Pre-test . a. KEGIATAN AWAL : 10 menit 1. yang terionisasi menurut reaksi : CH3COONH4(aq)  CH3COO-(aq) + NH4+(aq).

Informasi : menyampaikan tujuan pembelajaran 5. 4. Siswa melakukan elaborasi tentang Garam dari Asam Kuat dan Basa Kuat o Siswa berdiskusi tentang ionisasi Garam dari Asam Kuat dan Basa Kuat Siswa melakukan elaborasi tentang Garam dari Asam Lemah dan Basa Kuat o Siswa berdiskusi tentang ionisasi Garam dari Asam Lemah dan Basa Kuat o Siswa berdiskusi tentang menghitung pH Garam dari Asam Lemah dan Basa Kuat (Latihan 1) o Secara acak dalam satu group siswa menulis jawaban dari Latihan 1 di papan tulis C. Dan sifat dari garam tersebut tergantung zat penyusunnya yang akan dijelaskan dalam baab hidrolisis ini. Motivasi: memberikan kontroversi kecil tentang ketika reaksi asam-basa sama-sama habis bereaksi apakah pH nya selalu sama dengan 7?? ternyata tidak karena dalam reaksi tersebut terbentuk sebuah garam. Siswa mendapat Lembar Kerja Kelompok (LKK) dan nomor kelompok B. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok heterogen 6. V. 3. Asam Lemah. Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan 3. : 70 menit Melakukan elaborasi tentang pengertian hidrolisis o Siswa mengingat kembali tentang contoh dari Asam Kuat. KEGIATAN INTI 1. Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran yakni tentang perhitungan pH Garam dari Asam Kuat dan Basa Lemah.3. ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR : . Siswa dan group yang aktif diberi reward smile dan menempelkannya di lembar “Collect Your Smile Reward” 4. KEGIATAN AKHIR : 10 menit 1. Basa Kuat dan Basa Lemah o Siswa berdiskusi tentang Hidrolisis Garam o Siswa berdiskusi tentang pembentukan garam dan sifat-sifat dari garam tersebut o Siswa berdiskusi dan meramalkan sifat dari beberapa garam (Gamez) o Semua siswa dalam satu group bekerja sama adu cepat mengisi LKK (Lembar Kerja Kelompok) 2. Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran 2.

Jakarta: Yudistira. karena Mg(NO3)2 merupakan garam yang berasal dari asam kuat danbasa kuat. 2. Na2CO3 5. larutan Mg(NO3)2 0. Al2(SO4)3 6. VI. NH4CN Tentukan pH dari : a. larutan KNO3 0. Muchtaridi. NH4Cl 3. Michael.2 M = 7. Purba. 4. karena KNO3 merupakan garam yang berasal dari asam kuat dan basa kuat. tes dan observasi Format penilaian. Kimia Jilid 2 untuk SMA Kelas XI.5 M Jawab: pH KNO3 0.Media: Power Point. 2010. NaCl 2. PENILAIAN : Teknik penilaian. Tulis reaksi ionisasi garam (CH3COO)2Ba! Jawab: Dalam air. Larutan Basa Asam Sifat pH 7 <7 >7 >7 <7 7 >7 3. Chemistry For Senior High School.2 M Jawab: pH Mg(NO3)2 0. Sedangkan hidrolisis garam adalah peruraian garam menjadi ion positif dan ion negatif yang terjadi di dalam air. (CH3COO)2Ba terionisasi sempurna membentuk ion CH3COO. Isilah table dibawah ini Hasil Pengamatan No. CH3COONH4 7. 1. larutan KCl 0. tes tertulis.5 M = 7.dan Ba2+ (CH3COO)2Ba  CH3COO-(aq) + Ba2+(aq) Perhatikan reaksi hidrolisis yang terjadi pada garam diatas! . lembar pengamatan sikap Penilaian Kognitif 1. Jakarta: Erlangga. b. 2007.01 M Pembentuk Pembentuk Larutan Kuat Kuat Netral Lemah Kuat Asam Kuat Lemah Basa Kuat Lemah Basa Lemah Kuat Asam Lemah Lemah Netral Lemah Lemah Basa Jawab: pH KCl 0. karena KCl merupakan garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah. c. CH3COONa 4. Jelaskan pengertian dari hidrolisis Jawab: Hidrolisis adalah suatu reaksi peruraian dalam air.01 M = 7.

3 . hitung massa CH3COONa yang harus dilarutkan dalam 100 ml air ! (Mr=82... Basa atau Netral !! a) Na2S b) (NH4)2SO4 c) K2SO4 d) (CH3COO)2Ba e) Na2CO3 f) AlCl3 g) Ca(NO3)2 ..02 M ! (Kb = 1..10-5) Jawab: NH4Cl(aq) -----> NH4+(aq) + Cl-(aq) 0.. 10-6 = 6 – log 3. Jawab: pH = 10 pOH = 14-10 = 4 [OH-] = 10-4 [G] = 10 M n = 10 x0. 0.CH3COO. Tentukan pH larutan NH4Cl 0.8. Untuk membuat larutan garam CH3COONa dengan pH=10. Asam...+ H2O  CH3COO + OHBa2+(aq) + H2O(l)  (tidak ada reaksi) 5.. 10 -6 pH = -log 3..02 M [H+] = 3.. Ka=10-5).3 .3 6.1 = 1 mol m CH3COONa = 1 x 82 = 82 gram Gamez  Ramalkan apakah larutannya Bersifat.02 M.

Hitunglah pH pada Titik Akhir Titrasi (TAT) dan sifat larutan!! (Ka=5x10-10) Format penilaian sikap a.1 M (Ka = 2x10-5) 7.25M (Ka CH3COOH=8. Nama 1 2 3 4 5 6 7 Rubrik Penilaian Teliti Juju r Disiplin Total Skor : C6H5OH + NaOH  C6H5ONa +H2O .8x10-5) Latihan 1 1.1M (KaCH3COOH=10-5) dititrasi dengan 20 mL larutan NaOH 0.25M (KaCH3COOH=10-5) dicampur dengan 60 mL larutan KOH 1. Ka HCN = 6. Pada titrasi 25 mL CH3COOH 0.8x10-5 . Sebanyak 80 mL larutan phenol.1M.6x10-4) j) NH4CH3COO (Kb NH3= 1. Hitunglah pH larutan garam CH3COONa 0.25M (Ka C6H5OH=8.4 M (Ka HCN=10-5) b) (CH3COO)2Ca 0. C6H5OH 0.8x10-5 . Ka CH3COOH = 1.2x10-10) i) NH4F (Kb NH3= 1. Tentukan pH larutan –larutan berikut a) KCN 0.10-6) 2.h) NH4CN (Kb NH3= 1. Tentukan pH larutan yang terjadi 4. perilaku berkarakter No. tentukan pH larutan (CH3COO)2Ca 0.1 M (Ka = 8x10-5) 5.1 M oleh NaOH 0.5M. Sebanyak 40 mL larutan CH 3COOH 2. Sebanyak 20mL larutan CH3COOH 0.8x10-5 . Hitunglah pH larutan garam BaF2 0. Ka HF = 6.1 M (Ka=10-5) 6. Tentukan pH larutan yang terjadi 8.1M. Titik Akhir terjadi setelah penambahan 25mL NaOH 0.10-5) dicampur dengan 20 mL larutan NaOH 1M terjadi reaksi Tentukan pH larutan yang terjadi 3.1 M.

Jika siswa mengerjakan mencontek tanpa usaha untuk memahami jawaban dari soal yang diberikan 3 Disiplin 4 : Sangat Baik. Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari 10 menit dari waktu yang telah ditentukan 1 : Kurang. Jika siswa kurang dapat mengisi data hasil praktikum dengat tepat akurat. Jika siswa mengerjakan sesuai dengan soal dan mandiri 3 : Baik. 2 data tidak tepat 1 : Kurang. Jika siswa tidak dapat mengisi data hasil praktikum dengat tepat akurat. Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari 15 menit dari waktu yang telah ditentukan Total skor maksimal Nilai Skor = Total Skor Total Skor Maksimal x 100 12 b. Nama Bertanya Total Skor . Jika siswa dapat mengisi data hasil praktikum dengat tepat akurat. Jika siswa dapat mengisi data hasil praktikum dengat tepat akurat. Jika siswa dapat mengumpulkan tugas tepat waktu 3 : Baik.No 1 Kriteria Teliti Skor 4 : Sangat Baik. semua data tidak tepat 2 Jujur 4 : Sangat Baik. Jika siswa mengerjakan berdiskusi dengan teman 2 : Sedang. Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari 5 menit dari waktu yang telah ditentukan 2 : Sedang. tetapi masih ada 1data yang tidak tepat 2: Sedang. keterampilan social Memberikan Pendapat Menghargai Pendapat No. minimal 3 data 3 : Baik. Jika siswa mengerjakan mengerjakan mencontek tapi masih berusaha untuk memahami jawaban dari soal yang telah diberikan 1 : Kurang.

sedikit emosi. dengan bahasa yang kurang sopan 3 Menghargai pendapat 4 : Sangat Baik. Jika siswa dapat memberikan pendapat dengan benar. Jika siswa tidak bertanya atau pasif 2 Memberikan 4 : Sangat Baik. pendapat tidak emosi. emosi Total skor maksimal 12 Nilai Skor = Total Skor Total Skor Maksimal x 100 . Jika siswa dapat bertanya kritis dan sesuai materi 3 : Baik. emosi. tidak emosi 3 : Baik. Jika siswa dapat bertanya sedikit kritis dan sesuai materi 2 : Sedang. Jika siswa dapat memberikan pendapat dengan benar. dendam. Jika siswa dapat menghargai pendapat. Jika siswa dapat menghargai pendapat. dengan bahasa yang sopan 2 : Sedang. emosi. sedikit emosi 1 : Kurang. sedikit dendam. Jika siswa dapat memberikan pendapat kurang benar. Jika siswa tidak dapat menghargai pendapat. Jika siswa dapat bertanya tidak kritis tetapi sesuai materi 1 : Kurang. tidak dendam. tidak dendam namun sempat sedikit emosi 2 : Sedang.1 2 3 4 5 6 7 Rubrik Penilaian No 1 Kriteria Bertanya Skor 4 : Sangat Baik. dengan bahasa yang sopan 1 : Kurang. Jika siswa dapat menghargai pendapat. Jika siswa tidak dapat memberikan pendapat dengan benar. dengan bahasa yang sopan 3 : Baik.

M. ABDULLAH.Mengetahui Kepala SMAN 1 Probolinggo Probolinggo. 09 September 2013 Guru Mata Pelajaran Drs. 19570313 198203 1 015 _________________ . H.Pd NIP.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->