SISTEM PENYEARAH DENGAN DUA KONVERTER FLYBACK PARALEL UNTUK MENINGKATKAN FAKTOR DAYA DAN MENURUNKAN DISTORSI HARMONISA

*) **) Mochamad Ashari Moh. Zaenal Effendi **) Teknik Elektro FTI-ITS, PENS, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Fax: 031-593 1237, e-mail: ashari@ee.its.ac.id *)

ABSTRAK
Paper ini membahas perancangan dan implementasi sebuah sistem penyearah dengan metode baru, yaitu dengan penambahan dua buah konverter flyback yang diparalel untuk meningkatkan faktor daya dan menurunkan distorsi harmonisa. Konverter pertama dioperasikan pada mode arus kontinyu untuk mengatur magnitudo tegangan outputnya. Sedangkan konverter yang lain dioperasikan dalam mode arus tidak kontinyu. Mode diskontinyu akan memperbaiki faktor daya dan bentuk gelombang arus input, yang berarti pula menurunkan distorsi harmonisa. Sebuah prototype penyearah 4 amp/ 250 volt dc telah dibuat untuk keperluan test di laboratorium. Hasil simulasi dan test menunjukkan bahwa sistem ini mampu menjaga faktor daya pada >0,9, efisiensi >80% dan distorsi harmonisa dibawah ambang standard IEC 1000-3-2 untuk beban diatas 40% rating kapasitas.

Gambar 1: Penyearah sederhana dengan kapasitor

KATA KUNCI : Penyearah satu fasa, konverter flyback, mode konduksi diskontinyu, factor daya, distorsi harmonisa 1. PENDAHULUAN Penyearah atau rectifier adalah bagian dari catu daya dc yang digunakan pada peralatanperalatan elektronik dan konverter daya seperti variable speed drive, uninterruptible power supply, power kondisioner [1]-[4]. Penyearah konvensional pada umumnya hanya dilengkapi dengan kapasitor seperti ditunjukkan pada Gambar 1. Beberapa tipe penyearah jenis ini diketahui mempunyai factor daya kurang dari 0,6 dan mempunyai bentuk arus input yang non sinusoida seperti terlihat pada Gambar 2. Distorsi harmonisa yang terjadi pada umumnya cukup tinggi dan melampaui ambang batas yang ditetapkan oleh standard IEEE 519-1995 maupun IEC 1000-3-2.

Gambar 2: Bentuk gelombang pada penyearah sederhana

Upaya untuk memperbaiki faktor daya dan distorsi harmonisa pada penyearah telah dibahas oleh beberapa peneliti lain dengan cara menambahkan konverter Boost [5]-[6], Buck [7], Flyback [8], Buck-Flyback [9] dan Flyback-Forward [10]. Marek Gotfryt berhasil menyajikan penggunaan konverter Boost dengan mode konduksi diskontinyu untuk menaikkan faktor daya [6]. Dilain pihak, tegangan output yang dihasilkan ternyata mengandung riak yang cukup tinggi, sehingga diperlukan filter ekstra untuk meratakan tegangan outputnya. Penggunaan dua macam konverter untuk memperbaiki faktor daya pada penyearah juga disajikan pada paper [9][10]. Pada metode ini konverter yang digunakan mempunyai fungsi yang berkebalikan yaitu salah satu untuk menaikkan tegangan dan lainnya untuk menurunkan tegangan.

1

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful