ASKEP KELOMPOK KHUSUS IBU MENYUSUI

1. Jumlah ibu menyusui Berdasarkan hasil dari wawancara yang dilakukan pada tanggal 21 Juni 2013 jam 14:30 dengan ibu Sri selaku bidan Des di Desa Candi, Dusun Ngablak kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang mengatakan bahwa dari Dusun Ngablak tersebut di dapatkan data bahwa jumlah ibu menyusui dengan ASI dan susu formula ada 25 orang ibu, rata-rata bekerja sebagi ibu rumah tangga. 2. Keluhan ibu menyusui Dari hasil wawancara dengan beberapa ibu mengeluh sakit saat menyusui karena puting susu sering digigit oleh bayi. Ibu juga mengeluh air susu yang keluar sedikit sehingga ibu memberikan PASI sejak bayi berusia 2-4 bulan karena ibu merasa jika nutrisi bayi kurang cukup jika hanya dikasih ASI 3. Nutrisi ibu menyusui a) Jenis nutrisi Dari hasil wawancara yang di lakukan di Dusun Ngablak sebagian ibu menyusui mengatakan mengkonsumsi buah dan sayur dan sebagian ibu menyusui mengatakan buahbuahan, sayur, susu, dan ibu yang lain juaga mengatakan nutrisi untuk ibu menyusui, seperti buah pisang, pepaya, dan mengkonsumsi sayur seperti sawi, kol, brokoli, daun pepaya, daun singkong, dan kacang panjang b) Pantangan nutrisi Dari hasil wawancara yang dilakukan tidak ada pantangan nutrisi pada saat menyusui karena ibu mengerti semua makanan yang dikonsumsi sangat bermanfaat untuk bayi yang disusuinya c) Usia bayi yang diberikan ASI Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan rata-rata ibu menyusui mengatakan bayi nya diberikan ASI Eksklusif sampai berumur 2-4 bulan, dan setelah itu di berikan susu formula dan makanan tambahan yaitu bubur sum-sum dan bubur Nestle sebagai tambahan makanan bagi bayinya karena ibu merasa bayi tidak cukup dengan ASI saja di Dusun Ngablak rata-rata (100%).

e) Breast care Dari hasil wawancara yang di dapatkan dari 25 ibu menyusui di Dusun Ngablak Desa Candi rata-rata tidak tahu tentang breast care. Rata-rata mereka menjawab manfaat ibu menyusui yaitu untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.4. oleh sebab itu mereka memberikan alternatif susu formula dan makanan tambahan bubur sum-sum dan nistle sebagai makanan tambahan. . Ibu juga menjelaskan mengapa mereka tidak memberikan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan karena bayinya tidak cukup dengan ASI saja. karena belum pernah di ajarkan oleh bidan desa dan kader kesehatan yang ada di dusunnya. Jumainah dan Istiyani selaku ibu menyusui mengatakan pada saat menyusui ASI keluar sedikit sehingga ibu memberikan PMT sejak bayi berusia 2-4 bulan karena ibu merasa jika nutrisi bayi kurang cukup jika hanya dikasih ASI. d) Teknik menyusui Dari hasil wawancara yang didapatkan di Dusun Ngablak yaitu ibu yang menyusui dengan ASI Eksklusif mengatakan tidak tahu teknik menyusui yang benar setelah mahasiswa melakukan wawancara dengan ibu menyusui. sebagai tumbuh kembang dan menjadikan anak mereka lebih pintar. c) Manfaat ibu menyusui Dari hasil wawancara yang di dapatkan rata-rata ibu bisa menjelaskan saat ditanya tentang manfaat ibu menyusui. Winarni. f) Pengeluaran ASI saat ibu menyusui Dari hasil wawancara yang di hasilkan dengan ibu Triswiyati. ibu juga bisa menjawab saat ditanya tentang manfaat ASI eksklusif. Pengetahuan a) Tingkat pendidikan ibu menyusui Rata-rata pendidikan terakhir ibu menyusui adalah SD sebanyak 8 orang (80%) dan SMP 2 orang (20%) b) Pengetahuan ibu tentang ASI esklusif Dari hasil wawancara yang dilakukan di dusun Ngablak ibu bisa menjelaskan seputar tentang ASI.

Psikologis ibu menyusui. Berapa lama rencana ibu untuk menyusui bayinya. d. Dari hasil wawancara yang di hasilkan para ibu menyusui memberikan makanan tambahan setelah 2-3 bulan dengan bubur sum-sum dan bubur nestle sejak bayi berusia 24 bulan. Dari hasil wawancara yang di hasilkan ibu mengatakan jika ibu mendapat masalah ibu menyusui mengatakan bila ada kesulitan dalam menyusui ibu segera konsultasi ke bidan Desa untuk mendapatkan solusi dalam mengatasi masalah saat menyusui. dan ada sebagian ibu mengatakan akan menyusui bayinya sampai usia 2 tahun.5. Perilaku ibu saat menyusui Dari hasi wawancara yang di hasilkan ibu mengatakan sehabis bekerja selalu mencuci tangan sebelum menyusui bayinya tapi tidak menggunakan sabun. Perilaku Ibu menyusui a. 6. Dari hasil wawancara yang di hasilkan ibu menyusui pernah merasa stres karena bayi ada kesulitan ketika minum ASI. Dari hasil wawancara dengan ibu menyusui di Dusun Ngablak dari 25 orang ibu menyusui mengatakan sampai berusia 1 tahun bila anaknya sudah mampu makan nasi dengan lauk. . Apakah ibu memberikan pemberian makanan tambahan. Dari hasil wawancara yang di hasilakn ibu menyusui mengatakan ibu memberikan ASI sehari kurang lebih 7 kali e. b. Berapa kali ibu menyusui bayinya dalam sehari semalam. c. Cara ibu mengatasi masalah dalam menyusui. ibu merasa stres juga dikarenakan bayi tetap saja menangis meskipun masih minum ASI.

100 % ibu tidak mengetahui tentang cara perawatan payu dara saat menyusui (breast care) PROBLEM Resiko tidak tercukupinya kebutuhan ASI pada bayi di Dusun Ngablak Menurunnya produksi ASI pada ibu menyusui . b. mengeluh sakit saat menyusui Eksklusif karena puting susu sering digigit 2. Berdasrkan wawancara dengan dan ketidakmampuan beberapa ibu. 100% ibu menyusui tidak mengetahui nutrisi ibu menyusui. c. Hasil wawancara dengan beberapa ibu tentang ASI ibu. ibu menyusui tentang b. Ibu mengatakan tidak mengetahui komposisi makan pada tentang teknik menyusui yang ibu menyusui) benar 3. (komposisi. ibu mengeluh air susu yang keluar sedikit sehingga ibu menyusui tentang ibu memberikan PASI sejak bayi perawatan payu dara berusia 2-4 bulan karena ibu merasa jika nutrisi bayi kurang saat menyusui (breast cukup jika hanya dikasih ASI. Ds: 1. DS : a) Kurangnya pengetahuan a.Analisa Data NO DATA FOKUS ETIOLOGI 1. Kurang pengetahuan Do: ibu menyusui tentang a. Ibu mengatakan merasa stres nutrisi ibu menyusui karena kesulitan dalam menyusui (porsi makan. Rata-rata tingkat pendidikan ibu tekhenik menyusui dan menyusui adalah SD sebanyak 8 tentang perawatan orang (80%) payudara. porsi makan pada ibu menyusui) d. Kurang pengetahuan oleh bayi. Kurangnya pengetahuan a. 2. Rata-rata tingkat pendidikan ibu menyusui adalah SD sebanyak 8 orang (80%) b. 100% ibu tidak mengetahui tentang teknik menyusui yang benar c. care) DO : a. 100% ibu menyusui tidak menyusi bayinya dengan ASI Eksklusif sampai 6 bulan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful