Mengkritisi Jurnal Judul : Gambaran Sikap Tenaga Kesehatan dan Pelaksanaan Metode Kangguru Pada Bayi Berat Lahir

Rendah Di Ruang Perinatologi RSUD dr. Soeprapto Cepu Tahun 2011 Penulis Sumber 1. : Nawang Puspitaningtyas, Rahayu Astuti, Dewi Puspitaningrum : http://jurnal.unimus.ac.id

Judul Jurnal

Cara penulisan judul : pada judul penelitian tersebut penulisannya kurang benar karena : a) Seharusnya jumlah kata dalam judul tidak lebih dari 15 kata, tetapi jumlah kata judul jurnal ini terdiri dari 20 kata. b) 2. Judul sudah cukup informatif menjelaskan isi pokok jurnal.

Isi abstrak Cara penulisan abstrak pada jurnal ini kurang benar karena : • Seharusnya abstrak dibuat dalam 2 versi bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tetapi abstrak jurnal ini hanya dibuat dalam bahasa Indonesia. • Seharusnya abstrak diketik miring (italic) dengan font arial 9 dan jarak spasi 1, tetapi dalam abstrak jurnal ini tidak diketik miring, font arial 12 dan jarak spasi 1.5. • Kata kunci seharusnya juga dibuat dalam 2 versi bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdiri dari 2-5 kata. Dalam abstrak jurnal ini, kata kunci dibuat dalam bahasa Indonesia saja dan terdiri dari 4 kata. • Panjang abstrak sudah benar, yaitu terdiri dari 141 kata (minimal 120 kata dan maksimal 250 kata).

3. Pendahuluan

6. 7. Bahan dan metode : • Desain penelitian sudah sesuai dengan judul dan tujuan penelitian yaitu deskriptif. Tahun. Contohnya : Notoadmojo. Hasil dan pembahasan : Dari penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar tenaga kesehatan memiliki sikap positif terhadap metode kanguru (60%) dan sebagian besar tenaga kesehatan pernah melaksanakan metode kanguru yaitu sebanyak (73. secara konsisten). 2007. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. S. Simpulan dan saran : Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebagian besar tenaga kesehatan memiliki sikap positif dan pelaksanaan yang baik. Contohnya : Alimul A. sampel. Daftar pustaka : a) Buku : • Pengarang. H. Penutup terdiri atas kesimpulan dan saran. meliputi keterangan populasi. S. judul buku. Jakarta: Rineka Cipta Notoadmojo.3%). seharusnya tidak perlu dijelaskan definisi operasional setiap variabel penelitian 5. Jakarta: Rineka Cipta .• Latar belakang masalah dalam jurnal ini sudah terdapat landasan teori yang merupakan penguat dari statement penulis. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. sedangkan item berikutnya cukup diberi tanda: ‐‐‐‐‐‐‐ (lima atau tujuh strip. variabel penelitian dan cara pengolahan data. Penulisan daftar pustaka dengan nama pengarang yang sama seperti diatas dalam jurnal ini belum memenuhi kaedah penulisan. Jakarta: Salemba Medika • Penulisan nama lengkap hanya untuk item pertama. 2005. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Penulis telah memberikan kesimpulan penelitan. • Dalam bahan dan metode. Tempat terbit: penerbit Pada jurnal ini penulisan daftar pustaka seperti diatas sudah sesuai dengan kaedah. • Tujuan penelitian dalam pendahuluan tidak dijelaskan secara konkrit 4. dapat diberikan saran jika perlu.

worldbank. 2005b. P. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. 2005a. Kasus Guru di Tiga Propinsi. nama tempat penerbitan. jam). (2002): Aid. Lembaga/Badan Badan Kepegawaian Negara.http://www. diakses pada tanggal 22 Juni 2011. . tahun. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan. diikuti dengan tahun. Pusat Penelitian dan Pengembangan. 1975. Contoh: Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia. Edisi Kedua.Hoeffler.Notoadmojo. Jakarta: Rineka Cipta ________. 2007. Judul artikel/makalah. Jakarta: Rineka Cipta b) Website Nama penulis.org. Jakarta Nama lembaga penanggung jawab langsung ditulis paling depan. Pukul 22. AND a. S. judul karangan. Contoh : Collier.30 Pada jurnal ini penulisannya belum sesuai dengan kaidah penulisan daftar pustaka yang dikutip dari website karena belum dicantumkan jam berapa data tersebut diakses. bulan. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. 2007. dan nama lembaga tertinggi yang bertanggung jawab atas penerbitan karangan tersebut. Jakarta: Rineka Cipta ________. Tahun. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Policy and Growth in Post ‐Conflict Societies. Jakarta: Rineka Cipta Yang seharusnya : Notoadmojo. (2000): Peta Potensi Kepegawaian. dalam …(alamat situs secara lengkap dan waktu akses : tanggal.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful