1. Asam amino yang tidak memiliki sifat optis aktif adalah …. A. glisin B. valin C. alanin D. tirosin E. glutamin 2.

Berikut ini yang merupakan asam amino esensial adalah .… A. glisin B. valin C. alanin D. tirosin E. asam glutamat 3. Perhatikan struktur dipeptida berikut.

4. Ikatan peptida ditunjukkan oleh nomor …. A. 1 B. 2 C. 3 D. 4 E. 5 5. Di antara pereaksi berikut yang tidak termasuk uji untuk protein adalah …. A. xantoprotein B. Hopkin-cole C. Millon D. Tauber E. Sakaguchi 6. Pereaksi yang cocok untuk menguji adanya tirosin, fenilalanin dan triptofan (mengandung cincin benzena) di dalam protein adalah …. A. Xantoprotein B. Hopkin-cole C. Millon D. Nitroprusida E. Sakaguchi 7. Pernyataan berikut yang tidak tepat untuk protein adalah …. A. protein terbentuk dari asam amino melalui polimerisasi B. protein dengan larutan NaOH dan CuSO4memberi warna ungu C. protein jika dihidrolisis akan menghasilkan asam amino D. asam amino penyusun protein adalah asam a–amino, asam b–amino, dan asam g–amino. E. terjadi ikatan peptida di antara tiap dua monomer protein.

8. Suatu protein dapat memiliki struktur a–heliks. Hal ini disebabkan adanya …. A. muatan positif dan negatif sama B. ikatan hidrogen intramolekul C. ikatan hidrogen antarmolekul D. ikatan peptida E. gaya van der Waals 9. Suatu protein dapat memiliki struktur sekunder karena memiliki …. A. muatan positif dan negatif sama B. ikatan hidrogen intramolekul C. ikatan hidrogen antarmolekul D. ikatan peptida E. gaya van der Waals 10. Berikut ini yang bukan tergolong jenis protein adalah …. A. hemoglobin B. kasein C. enzim D. insulin E. glikogen 11. Hemoglobin merupakan salah satu contoh struktur protein berupa struktur …. A. primer B. b–sheets C. kuartener D. a–heliks E. tersier 12. Peristiwa denaturasi protein terjadi jika protein, kecuali …. A. dipanaskan B. dilarutkan ke dalam asam pekat C. dibakar D. dilarutkan ke dalam basa kuat E. didinginkan hingga beku

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful