Skema Pengelompokkan Tumbuhan Biji

1. Tumbuhan Biji Terbuka (Gymnospermae)

Tumbuhan Biji (Spermatophyta)
2. Tumbuhan Biji Tertutup (Anglospermae)

a. Tumbuhan Berkeping Dua (Dikotil)

b. Tumbuhan Berkeping Satu (Monokotil)

Skema Pengelompokkan Tumbuhan Biji SPERMATOPHYTA GYMNOSPERMAE ANGIOSPERMAE CYCADOPHYTA PINOPHYTA GNETOPHYTA GINKGOPHYTA .

Asal-usul Gymnospermae SPERMATOPHYT A PROGYMNOSPERMAE melalui proses evolusi biji Hidup dengan GYMNOSPERMA ( Hidup pada masa mississipi dan pensylvania ) E Tumbuhan Paku Lycopsida & Sphenopsida KONIFE R * Konifer adalah Gymnospermae terbesar dan tertua .

Jika satu pohon hanya memiliki runjung jantan atau betina saja maka dinamakan berumah dua (dioseus). Coniferales. Cycadales. 2. Jika runjung jantan dan betina ada dalam satu pohon maka dinamakan berumah satu (monoseus). Zigot akan tumbuh menjadi tumbuhan baru. Daun berbentuk jarum dan kaku. Gymnospermae dibagi menjadi 3 ordo yaitu 1. dan 3. Runjung jantan menghasilkan sel sperma. Contoh dioseus yaitu pakis haji (Cycas rumphii) dan melinjo (Gnetum gnemon).         Umumnya berbentuk pohon besar. Peleburan sperma dan ovum menghasilkan zigot. Membentuk strobilus (runjung) yaitu runjung jantan dan betina. Gnetales. sedangkan runjung betina menghasilkan ovum. .

   Alat kelamin betina berbentuk pedang. Ordo ini memiliki batang tak bercabang. Contohnya pakis haji (Cycas rumpii) dan Zamia. Pakis haji adalah diosues. dan alat kelamin jantan berupa runjung berbentuk kerucut. Pakis haji dimanfaatkan sebagai tanaman hias.  Runjung berbentuk kerucut pada Pakis haji . tinggi batang dapat mencapai 10 meter. akar serabut dan daunnya di ujung batang.

Batang pinus dapat dibuat batang korek api. dan bahan bangunan. Getah pohon pinus dapat dibuat terpentin. Pinus daunnya berbentuk seperti jarum. Runjung jantan berbentuk kerucut sedangkan runjung betina berbentuk sisik. Batangnya lurus dengan tinggi mencapai 40 m. Tanaman Pinus . kertas.      Contohnya tumbuhan pinus (Pinus merkusii). balsam dan damar. tusuk gigi. Pinus adalah monoseus.

Melinjo dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Tanaman melinjo adalah monoseus.   tanaman melinjo . akar tunggang dan daunnya agak lebar. Ordo ini memiliki batang bercabang.  Contohnya tanaman melinjo (Gnetum gnemon). misalnya bijinya dibuat emping melinjo.

1. pada musim gugur dan musim dingin berwarna coklat dan daun berguguran. Hanya tersisa 1 spesies. 3. 4. Tumbuh berkelompok pada cabang batang yang pendek. 5. 6. Pada musim panas dan semi berwarna hijau. Bakal biji tidak dilindungi oleh bakal buah. batang lurus bercabang. Tubuh berupa pohon besar. yaitu Ginkgo biloba . 2. Merupakan tumbuhan berumah dua (dioseus). Bentuk daun seperti kipas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful