Perfeksionisme adalah kecenderungan seseorang untuk selalu memiliki atau mencapai kesempurnaan.

Seseorang dapat menampilkan karakter perfeksionis dalam hal pekerjaan, penampilan, ataupun kehidupan sosial.

Ciri-ciri Orang Perfeksionis

Orang yang perfeksionis dalam bekerja, biasanya akan mengerjakan segala sesuatu dengan sepenuh hati dan totalitas ; sebuah hal positif tentunya. D sisi lain, karena ingin menampilkan kinerja yang sempurna, totalitas ini juga mereka tampilkan dalam beberapa ciri berikut :

Terpaku pada detil, padahal sering kali detil ini tidak perlu. Misalnya bila mengerjakan slide powerpoint, di samping isi materinya, ia akan mencurahkan perhatian berlebih pada desain slide-nya, huruf-hurufnya, ukuran huruf, dll. Tentu perlu memperhatikan keindahan slide presentasi. Namun menjadi berlebih seseorang tidak dapat mulai menulis isi presentasinya karena sibuk memilih perpaduan desain dan ukuran huruf yang enak dipandang mata. Karena hal-hal di atas, biasanya orang perfeksionis membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan rekan-rekannya untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sebagian orang perfeksionis tidak dapat memenuhi tenggat waktu, meski sebagian besar dapat memenuhi tenggat waktu. Hanya saja mereka yang dapat memenuhi tenggat waktu biasanya membutuhkan usaha ekstra untuk mengerjakannya (mereka cenderung memaksakan diri untuk melakukan hal ini). Mereka menjadi lebih mudah lelah tetapi umumnya hasilnya memang memuaskan. Orang perfeksionis bukan hanya tidak dapat menerima bila hasil pekerjaannya tidak sempurna di matanya tetapi juga sulit menerima ketidaksempurnaan hasil pekerjaan orang lain. Oleh karena itu, salah satu cirinya adalah gemar mengkritik.

Tapi jangan salah. Ia juga cenderung menilai sesuatu sesuai dengan standarnya yang tinggi. dan paling benar. belum tentu orang perfeksionis itu teliti. selalu ingin memperbaikinya atau mengubah sesuai dengan standar kesempurnaannya. Memeriksa pekerjaan berulang-ulang. Karena cenderung terpaku pada detil yang tidak perlu kadang kala ia malah membuat kesalahan pada bagian lain yang lebih penting. karena ia selalu dapat dengan mudah melihat “cacat cela” orang lain. Misalnya seorang perfeksionis berhasil memesona hadirin dengan presentasinya. Sedapat mungkin orang perfeksionis menghindari melakukan kesalahan.Orang perfeksionis selalu dapat dengan mudah ‘menangkap’ kelemahan/kesalahan yang diperbuat orang lain. sulit melakukan sesuatu secara spontan. Mereka sulit menerima hasil pekerjaan orang lain. Cenderung tidak mudah puas. . mendapatkan banyak tepuk tangan dan ucapan selamat. dan terpaku memikirkan kesalahan/cacat kecilnya dibandingkan apa yang sudah berhasil ia raih. orang perfeksionis menjadi tidak mudah percaya pada kemampuan orang lain. Hal ini menyulitkan mereka untuk mendelegasikan tugas atau bekerja sama dalam tim kerja. karena menganggap dirinya yang paling sempurna. karena itu cenderung enggan tampil bila ia tidak yakin benar bahwa ia mampu. tidak fleksibel dengan perubahan. Orang lain sering salah mengerti dan menganggap orang perfeksionis tidak percaya diri (khususnya dalam hal ini orang tua salah mengerti anaknya yang perfeksionis) padahal mereka adalah individu yang paham benar kemampuannya dan karena ingin tampil sempurna ia enggan “tampil” bila menganggap dirinya tidak cukup siap. Ketika kedua hal ini bergabung. untuk meyakinkan diri bahwa sudah sempurna dan karena tidak ingin melakukan kesalahan. Cenderung tidak ingin dipersalahkan. dan biasanya jadi gelisah dan mudah jengkel/marah bila segala sesuatu berjalan tidak sesuai dengan rencana/yang sudah ia perkirakan. Orang perfeksionis cenderung terencana (organized). tetapi ia malah sibuk memikirkan kesalahan kecilnya seperti ada salah kata yang ia ucapkan dalam presentasi itu.

harus selalu tampil “lucu”. Orang ini cenderung khawatir tidak tampil rapi atau menarik. Laki-laki atau Perempuan ? Jika ditanyakan mengenai proporsi antara laki-laki dan perempuan yang cenderung perfeksionis. saya mencatat lebih banyak perempuan yang perfeksionis. kerapian. orang perfeksionis dalam kehidupan sosial umumnya mengambil keputusan sesuai dengan norma yang berlaku dalam lingkungannya. Orang-orang ini selalu khawatir jika ada yang tidak menyukainya. bedaknya luntur atau tidak dsb. Sulit bagi menerima kenyataan bahwa tidak semua orang menyukainya atau tidak semua orang menghargai hasil pekerjaannya atau apa yang ia miliki. Ada juga orang perfeksionis sebatas terobsesi dengan kebersihan. keteraturan. mengkhawatirkan dandanannya. Perempuan harus lebih ‘menonjol’ performanya bila ingin mendapatkan perhatian untuk dipromosikan. cerdas. Lama kelamaan mereka dapat menjadi lelah sendiri karena harus memikirkan apa yang mesti mereka perbuat untuk menyenangkan orang lain agar orang lain ini menyukai mereka. Ada juga orang yang perfeksionis dengan penampilannya. Disukai adalah kebutuhan mereka. Maksudnya perempuan perlu menampilkan kinerja ekstra bila ingin menduduki posisi penting dibandingkan laki-laki untuk menduduki posisi yang sama. Mereka tidak berani melakukan gebrakan atau sesuatu yang berbeda/menyimpang dari norma umum karena khawatir akan penilaian negatif orang lain. Oleh sebab itu. kritik dari orang lain adalah ketakutan mereka yang terbesar. hanya perempuan yang benar-benar “luar biasa” yang dapat dipromosikan. Dengan . dan menyenangkan. Dua penyebab di antaranya adalah : a) Dalam dunia pekerjaan.Sementara itu orang yang perfeksionis dalam hal kehidupan sosial merasa harus disukai semua orang.

biasanya muncul dalam . menjadi perfeksionis juga merugikan. Merasa ada yang tidak sreg. merasa masih ada yang kurang. Konsekuensinya perempuan pun ‘tertuntut’ untuk menampilkan yang sempurna dibandingkan laki-laki. Namun hal-hal ini tidak menutup kemungkinan sebagian laki-laki memiliki karakter perfeksionis karena perfeksionisme banyak dipengaruhi oleh pola asuh. b) Perempuan dididik sedemikian rupa sehingga lebih mengaitkan sesuatu dengan perasaannya. Orang perfeksionis umumnya mudah lelah. dsb. Laki-laki secara umum untuk memiliki level toleransi lebih tinggi terhadap ketidaksempurnaan orang lain karena tidak ingin direpotkan oleh hal-hal detil. karena memang laki-laki cenderung berpikir lebih praktis. Namun demikian. Sementara lakilaki dididik untuk mengandalkan rasio. Biasanya orang-orang perfeksionis memang memiliki prestasi yang memuaskan. juga di mata orang lain. Mereka mudah stres/tertekan karena menuntut diri sendiri dan orang lain dengan standar yang tinggi. Jika stres muncul dalam bentuk fisik. Sebaiknya Perfeksionis atau Tidak ? Menjadi perfeksionis memiliki sisi positif. Tentu hal ini baik dan membawa dampak positif untuk karir. Hasil pekerjaan umumnya cenderung memuaskan. Adalah tidak rasional untuk mengerjakan sesuatu yang sama berulang-ulang.sendirinya kondisi ini seolah mensyaratkan perempuan untuk tampil optimal. Adalah tidak rasional untuk terus marah-marah karena ada teman datang terlambat sementara toh dia sudah datang atau toh tidak ada lagi yang bisa dilakukan untuk mengubah keadaan misalnya. khususnya secara mental/psikologis.

Orang perfeksionis meski cenderung menghasilkan kinerja optimal tetapi ia cenderung tidak menghargai/menyayangi diri sendiri. Mereka juga cenderung tegang karena sifatnya yang memang cenderung kaku. Di sisi lain. Dalam relasi dengan pasangan. Tetapi kita tidak perlu menjadi perfeksionis untuk bisa tepat waktu. Sedikit Saran untuk Si Perfeksionis . yang terpenting sebaiknya adalah mengerjakan sesuatu dengan tetap optimal. maag. ia tahu kapasitasnya. Sebaliknya jika mengatakan lebih banyak untungnya. Orang yang menyayangi diri sendiri. karena cenderung akan menjadi orang yang tertekan dengan standar kesempurnaannya sendiri dan menimbulkan tekanan pula pada orang lain di sekitarnya. dll. bekerja melampau batas untuk mendapatkan hasil sesempurna yang ia inginkan. orang akan menganggap perfeksionis itu buruk. Dalam pandangan saya.bentuk sakit kepala. mengupayakan yang terbaik. tidak fleksibel. sulit untuk mengatakan lebih banyak untung atau ruginya menjadi perfeksionis. Sebagian besar di antara mereka kurang disukai rekan sekerja (atau bawahan) khususnya bila bekerja dalam tim. dan menghargai orang lain. Jika mengatakan lebih banyak ruginya. Sebuah contoh misalnya orang perfeksionis cenderung tepat waktu. Orang yang menghargai orang lain akan memiliki kesadaran bahwa ia seharusnya tepat waktu bila memiliki janji dengan orang lain. ia akan mengenali batas-batas dirinya. migrain. sejauh mana ia harus bekerja dan kapan sebaiknya beristirahat dan menyenangkan diri sendiri. orang akan berlomba-lomba menjadi perfeksionis. Namun demikian. dan tidak bisa spontan. mereka cenderung mengalami banyak konflik karena sifatnya yang mudah mengkritik dan selalu menemukan ketidaksempurnaan. Padahal perfeksionis memiliki sisi-sisi positif. Ia cenderung memaksakan diri. ‘sentuhan’ orang perfeksionis akan membedakan kualitas sesuatu hal yang ia kerjakan. Hal lain yang juga penting adalah menyayangi diri sendiri. selalu menjadi perfeksionis juga tidak baik.

Jika Anda merasa perfeksionis. Anda akan teryakinkan dengan sendirinya bahwa Anda bisa tidur dengan kondisi seperti itu. Tidak ada cara lain untuk mengurangi perfeksionisme kecuali melakukan hal-hal yang selama ini berusaha dihindari. Nah tiap kali kita sudah mulai melihat “kekurangan” orang lain. Cobalah sesekali biarkan kondisinya seperti itu (tidak rapi di mata Anda). Misalnya orang perfeksionis biasanya selalu menganggap hasil pekerjaan orang lain tidak sempurna atau selalu ada cacatnya. Misalnya seringkali orang perfeksionis merasa bahwa dia harus mengulang melakukan sesuatu bila ada cacat sedikit saja. Pertamatama mungkin memang sulit. dan belajar melakukan “kesalahan”. Anda dapat berefleksi tiap kali melakukan sesuatu yang “berbau” perfeksionis. Mungkin terdengar kontradiktif. tetapi sekali saja berusaha dan Anda bisa. coba katakan stop pada diri sendiri dan coba temukan kelebihan orang tersebut. Sambil tentunya melakukan penentangan-penentangan terhadap pikiran-pikiran negatif yang timbul. Orang perfeksionis perlu belajar menerima keterbatasan diri. Nah ia harus belajar sesekali mendiamkan saja “cacat” itu. Jika sudah menyadari bahwa Anda memiliki kecenderungan perfeksionis. tetapi itulah yang perlu dilakukan. Tetapi karakter ‘perfeksionis’ mengqndung makna ‘berlebihan’ (excessive). lalu pergilah tidur. menerima kekurangan diri. . pertahankanlah sisi-sisi positifnya tetapi ada pula hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan. Salah satu ciri orang perfeksionis adalah memiliki obsesi untuk sesuatu hal.Menjadi perfeksionis tidaklah buruk. Misalnya ada orang perfeksionis yang tidak dapat tidur jika tempat tidur atau ruangan masih berantakan.

hal ini yg menyebabkan inner beauty si cewek simple lebih wow dan banyak menarik perhatian para cowok. karna menurut mereka masa ceria ada ketika mereka lagi bareng sama temen-temen atau pacar mereka. asik sih . buat mereka tempat paling nyaman adalah rumah buat melakukan segala aktifitas. sayang banget gak sih? CEWEK CUEK . cewek gaul itu cenderung jarang banget dirumah . CEWEK GAUL cewek gaul hm kalo didenger dari type nya pasti dalam pikiran kita cewek gaul berbanding terbalik sama cewek simple . cewek simple itu cenderung ceria dan gak pernah kesulitan dalam menyelesaikan masalah. siapa yang mengharuskan Anda untuk tampil sempurna? Orang lain atau Anda sendiri? Siapa yang mengharuskan Anda untuk disukai semua orang? Apakah mungkin dalam hidup ini kita menyenangkan SEMUA orang? Dst. iya bener banget. mereka lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah dan gak sungkan ngluarin banyak duit buat hal yg gak terlalu penting. waktu buat keluarga. karna mereka terlalu easygoing mereka jd lebih gampang ngorbanin tugas-tugas dan kegiatan sekolah cuman buat nongkrong bareng. buat temen. CEWEK SIMPLE cewek simple itu identik dengan kata 'rumahan' yg lebih suka ngabisin waktu buat dirinya. cewek simple juga pinter banget mbagi waktu antara sekolah . tapi kelemahan cewek gaul adalah mereka gak punya tanggung jawab . tentanglah pikiran itu. cewek gaul easygoing banget dan akan slalu berpenampilan menarik ketika mereka mau hang out. buat pacar bahkan buat dirinya sendiri.Misalnya tiap kali merasa “dituntut” untuk tampil sempurna.

pribadi ini adalah pribadi dingin . keluarganya . biasanya cewek cuek ini juga sensitif banget . cewek romantis akan selalu . berbahagialah kalian para cowok yg punya cewek dengan tipe ini. pacarnya sekalipun apalagi sama orang yg gak mereka kenal. hm cewek cuek itu menarik dan selalu bikin penasaran . cuek bukan berarti gak peduli. kadang cewek jaim itu banyak banget yg naksir tp temen-temennya banyak yg gak suka *nah gimana tuh?* tiap kali dideketin cowok . bahkan sangaaaaat romantis. mereka akan dekat dan ketika cowok mulai sayang . cewek cuek . kalo dari sifatnya sih nggak jauh beda dari cewek cuek . tp jangan salah cewek cuek sebenernya punya perhatian lebih buat orang-orang disekitarnya . cewek jaim itu ramah banget tapi mereka selalu berusaha menutupi seluk beluknya sendiri. mereka cenderung bermuka dua karna selalu keliatan keras dimata temen-temennya tp selalu berusaha lembut didepan pacarnya. romantis itu apa sih maksudnya? cewek romantis adalah mereka yg pinter banget bikin melayang. siap-siap ditinggalin deh. mereka akan nunjukkin pribadi mereka yg ketus itu ke semua orang . temen-temennya . ketus . nggak ramah dan susah ditaklukin. sok jual mahal dengan cuek ke semua cowok. mereka akan langsung ngerti perasaan orang cuma dengan ngliat matanya. cuman mereka nggak ngerti gimana cara mengekspresikannya sehingga mereka lebih memilih diam dan gak ngurus. jd berbanggalah para cowok yg punya cewek cuek CEWEK JAIM cewek jaim akan cenderung gak jadi dirinya sendiri karna mereka pengen selalu keliatan perfect dimata orang. ya dong pastinya mereka romantis . cuman pribadi mereka akan lebih keliatan dibuat-buat dan gak natural.cuek . cewek cuek gak akan pandang bulu . mereka akan lebih memilih diam daripada harus ikutan ngurusin urusan orang lain yg buat dia sangatlah nggak penting. disulut dikit mereka pasti langsung kasar kalo ngomong *yah ini gue dong?* tp cewek cuek itu peka banget . daaaaan cewek jaim itu identik dengan 'populer' CEWEK ROMANTIS cewek romantis .

cewek riang adalah tipe pribadi cewek terbaik buat dijadiin temen apalagi pacar. mereka sangat susah ditaklukin. so pasti itu berarti cewek riang adalah cewek yg sangat pengertian. mereka akan selalu punya cara untuk membuat orang-orang disekitarnya senyum. tajir dan gak kurang apapun lah *tapi gak tau deh kalo kurang kasih sayang* cewek perfeksionis akan selalu berpikir panjang tentang apa yg akan dia lakukan jd kesannya cewek perfeksionis akan jarang ngambil resiko karna mereka gak mau nglakuin kesalahan atau gagal. perhatian dan tegar tentunya. pinter. tp gak semua cewek romantis itu tulus. gak cuman dirinya sendiri. mereka jarang sekali bahkan nggak pernah ngeluh tentang hidupnya. jadi hati-hati ya CEWEK PERFEKSIONIS perfeksionis berarti mereka yg selalu menuntut kesempurnaan.menjadikan pasangannya sebagai raja dengan kata dan puisi indah yg terus mereka lontarkan. jadi jangan heran kebanyakan cewek perfeksionis pasti pacarnya ganteng. di dunia ini kan antara orang baik dan orang jahat seimbang. malah kebanyakan cewek romantis itu pembual. cewek perfeksionis akan selalu memperhatikan penampilan dan perbuatan mereka dengan sedetail-detailnya. eits. loh kok gitu? iyalah . jd pasti banyak banget yg iri sama si cewek riang ini. cewek dengan tipe ini sangat setia lo CEWEK RIANG dari tipenya udah keliatan kalo tipe cewek ini sangat menyenangkan. cewek romantis juga sangat pinter bikin suasana jadi menyenangkan. tapi hey para cowok. mereka akan selalu riang dan gak akan pernah ngliatin kesedihannya di depan banyak orang. cewek perfeksionis sama kyak cewek cuek. ya meskipun kadang kesannya agak kurang gaul . ya pemberi harapan kosong atau ya harapan palsu lah. cewek riang identik dengan banyak temen dan banyak yg gak suka juga. semuanya kelihatan indah dan mereka gak manja. biasanya cewek perfeksionis juga memperhatikan kesempurnaan pasangannya. cewek riang.

Menaruh perhatian yang berlebih kepada hal-hal negatif daripada hal-hal yang positif. 5. 11. 13. 14.hm sebenernya kalo dispesifikin lagi masih banyak banget tipe pribadi cewek didunia ini. 15. Datang terlambat karena selalu saja ada satu hal yang masih harus dikerjakan. 16. Selalu memeriksa pekerjaan yang dilakukan orang lain. Terlalu berlebihan dalam memberikan komitmen. 7. 4. 2. Menolak untuk mendengarkan kritik atas diri mereka sendiri. Bersaing dengan sangat keras. nah kamu termasuk pribadi yg mana nih? 16 HAL YANG DILAKUKAN SEORANG YANG PERFEKSIONIS 1. 12. Sepertinya tidak pernah puas atas pekerjaannya. 3. 9. 8. Susah sekali dalam mengambil keputusan. . tp ya intinya sih cuman itu. Jarang mendelegasikan tugas kepada orang lain. Terlalu mempermasalahkan hal-hal detail. Seringkali mengkritik orang lain. Suka menunda-nunda pekerjaan. Menyebut diri sendiri “bodoh” saat mereka melakukan sesuatu secara tidak sempurna. 6. Selalu melakukan sesuatu pada menit-menit terakhir. Selalu menyibukkan diri dengan sesuatu. Selalu merasa ingin memegang kendali. 10.

” 11. “Aku harus berhasil dalam apapun yang aku lakukan.” 14.” 16. “Setiap detail pekerjaan haruslah sempurna. “Kalau aku melakukan kesalahan.16 HAL YANG DIPIKIRKAN SEORANG YANG PERFEKSIONIS 1.” 5. “Aku tidak bisa mengerjakannya dengan baik.” 9. “Aku tidak disenangi orang lain. “Aku tidak pernah bisa mengerjakannya dengan sempurna. aku adalah orang yang payah kalau hasilnya jelek. “Aku adalah orang yang hebat kalau hasilnya baik. atau orang-orang akan berpikir bahwa aku tidak (pintar. bagus. mampu).” . pasti ada yang salah dengan diriku. “Aku harus menyelesaikan apa yang aku lakukan sebelum memulai pekerjaan yang lainnya. “Segala sesuatu seharusnya dikerjakan dengan benar dari awalnya. “Sebaiknya aku tidak berbuat kesalahan di sini.” 6.” 13. buat apa donk?” 2.” 12. Abu-abu adalah tanda-tanda pikiran yang kebingungan.” 3. “Aku harus selalu lebih selangkah ketimbang orang lain.” 4. “Aku orang yang bodoh.” 7.” 15.” 10.” 8. “Kalau aku tidak bisa melakukannya secara sempurna. “ Hanya ada satu cara yang benar dalam melakukan suatu pekerjaan. “Orang-orang tidak boleh mengkritik diriku. “Semuanya harus jelas hitam putihnya.

2. 10. Dari sekian banyak pria yang mendekatinya. 8. 12. Sangat mengkhawatirkan akan hal-hal yang detail. 6. Takut akan penolakan. 9. 5. yaitu dia seorang perfeksionis akut. 14. Takut kelihatan tidak mampu. Ketakutan atau gelisah setiap saat. 3. Marah kalau kebiasaan rutinnya terganggu. Gelisah saat menyampaikan pendapatnya kepada orang lain. Semua hal harus serba perfek. akhirnya dia memilih pria yang sepadan . 11. Dia cantik. 15.15 PERASAAN SEORANG PERFEKSIONIS 1. Merasa jijik atau marah atas diri sendiri saat mereka mendapatkan kritik. 4. Dihantui dengan perasaan membenci diri sendiri. Merasa bersalah kalau membuat orang lain kecewa. Capek dan tidak bisa beristirahat. 13. Merasa sangat malu akan kesalahan yang telah mereka lakukan. baik. Tidak berani. Malu karena punya rasa takut. Takut kelihatan bodoh. dan mempunyai karir yang bagus. Gugup saat hal-hal di sekelilingnya tampak kacau. Tapi ada hal yang para pria tidak tau. Tentu banyak pria yang ingin mendekatinya. 7.

“Kenapa harus perempuan itu yang kamu pilih. tapi tak direspon juga.dengan dirinya. Tanpa sungkan. Jalan terakhir pun ia tempuh. Rasa gelisah pun muncul. Sampai sebulan ia menunggu telepon dan sms dari si pria. ada hal yang membuat si pria sangat tersinggung berat yaitu ketika perempuan ini mengomentari cara dia makan. Seminggu setelah kejadian itu. yaitu ke kantor si pria tersebut. yaitu pria yang ganteng. Karena si perempuan ini masih mencintai si pria itu maka ia pun memberanikan diri tuk sms. . Intinya. ia sangat yakin bahwa si pria pasti akan kembali padanya karena pria itu sangat mencintainya. si pria itu sudah memiliki perempuan lain. Aku sudah capek selalu mengikuti keinginanmu yang semuanya harus serba perfect! No body’s perfect!” Si perempuan sangat kaget dengan reaksi si pria karena selama ini si pria selalu menurut padanya. ia menurut saja dengan apa yang diinginkan si perempuan ini. tapi tak direspon. Tak terasa tiga bulan pun berlalu dan si pria itu tidak menelepon dan sms si perempuan ini. ia menerima setiap komentarnya terhadap penampilannya. Si pria pun saat itu juga meninggalkan perempuan itu sambil berkata. tapi tak kunjung ada. baik. “Kenapa sampai cara makan pun harus kamu yang atur? Aku tau lah mana yang bagus dan mana yang jelek. Ternyata. baik. Cara si perempuan ini mengomentari pria tersebut cukup tidak etis. Apa yang kurang dari aku? Aku cantik. dan mempunyai karir yang bagus. Sampai suatu saat. Akhirnya ia pun nekat menelepon si pria itu. harus begitu. harus begini. yang notabene penampilannya lebih baik aku daripada dia. Berkali-kali ia sms. Pria tersebut sangat mencintai perempuan ini walau ia selalu dikomentari. tapi tak direspon juga. tak kunjung direspon. dan berkarir bagus. ia tidak menelepon si pria itu tuk minta maaf karena ia merasa si pria itu masih mencintainya dan ia merasa yakin si pria itu pasti akan meneleponnya.” Ia hanya bisa menangis tanpa merenungi apa yang terjadi pada dirinya. Ia pun menjadi sedih sekali. yaitu di depan banyak orang yang sedang makan di sebuah restoran. Tapi. Berkali-kali ia telepon. Tapi si perempuan ini masih yakin si pria ini pasti lagi sibuk maka ia pun menunggu lagi.

2. akhirnya ia pun sadar bahwa “No body’s perfect”. waktu jua lah yang mencerahkan pemikiran si perempuan itu. Akhirnya ia pun merelakan si pria yang ia cintai menikah dengan perempuan pilihannya dan ia pun berusaha merubah pemikiran dan perilakunya. dan juga penuh pertimbangan dalam menyelesaikan persoalan. pintar atau setidaknya mempunyai wawasan yang luas. . Karakter cowok dan seleranya 1. Tapi meskipun begitu cowok seperti ini panda. manja dan penuh perhatian.Akhirnya. punya rasa percaya diri yang tinggi dan yang pasti lembut dan juga romantis. Untuk cewek yang di sukai adalah cewek yang penurut. dan terlalu banyak mengatur pasangannya. sampai ia dapat memahami bahwa menerima orang lain apa adanya itu lebih penting dibanding selalu berpikiran tuk menjadi sempurna dan menjadikan orang lain mengikuti keinginannya. tidak ketinggalan jaman. Dan untuk masalah penampilan cowok flamboyan lebih baik dari cowok yang lainnya. feminim. tegas. Selain itu cowok flamboyaan juga pandai dalam bergaul dan yang paling menyenangkan bisa bersikap romantis dengan pasangannya Untuk cewek yang di sukai cowok flamboyan adalah cewek yang hampir sama dengan dirinya yaitu cewek yang juga pandai bergaul. Karakter cowok perfeksionis Ciri cowok seperti ini sedikit kurang baik karena mudah sekali cemburu. Setelah merenungi tingkah lakunya dan respon teman-temannya terhadap tingkah lakunya. tukang kritik. Karakter cowok flamboyan Karakter cowok flamboyan itu mempunyai ciri yang sedikit sensitif. Sampai detik ini pun ia masih belajar tuk memahami orang lain.

sebaiknya perhatikan cara-cara berikut ini: 1. Yang terakhir karakter cowok anak mami. 4. bicara penuh kelembutan dan yang pasti bisa menjadi pengganti ibunya serta tidak banyak tuntutan yang aneh-aneh. penampilan apa adanya. Karakter cowok cool Cowok atau pria seperti ini sedikit bicara. Silahkan di pelajari dan semoga bisa menjadikan pertimbangan untuk menentukan pasangan yang pantas dan lebih serasi. dan yang paling penting tidak terlalu banyak tuntutan. mempunyai rasa percaya diri yang terlalu. tidak suka basa-basi dan juga misterius. Itulah karekter cowok dan juga cewek yangh di sukainya. Karakter cowok anak mami. Karakter cowok cinta diri sendiri Karakter cowo cinta diri sendiri itu tidak suka jika mendapat kririkan. aleman.3. cengeng. mandiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cewek yg di sukai cowok seperti ini adalah cewek yang berpenampilan apa adanya. Untuk cewek yang di sukai adalah cewek yang pintar. Memaafkan diri sendiri Tidak ada seseorang yang sempurna. dan juga tidak bisa menyelesaikan persoalan. ciri cowok seperti ini manja. mandiri pintar dan penampilan selalu bagus. 5. manja. asyik di ajak ngobrol dan yang paling penting tidak banyak tingkah. Memang baik memiliki keinginan untuk memperbaiki diri namun . mudah bergaul. Agar tidak membuang-buang tenaga. untuk cewek yang di sukainya adalah cewek yang dewasa.

Tujuan akan membantumu tetap pada arah yang benar sehingga tujuan kamu pun tercapai dengan mudah. Memisahkan antara hasil dan penilaian Jangan sampai kamu ketakutan karena penilaian orang lain. Berharaplah kamu mendapat masukan agar dapat meningkatkan hasil kerjamu. 2. Belajar dari masukan Belajarlah dari pendapat atau masukan orang yang ahli mengenai apa yang kamu kerjakan. Semuanya memiliki nilai tersendiri. 12. Berfokus Apakah tujuan kamu melakukan sesuatu? Apakah demi hasil yang maksimal atau untuk menyelesaikan suatu hal tepat waktu? Dengan mencari hal yang penting. Pasang deadline Saat mengerjakan sesuatu kamu harus memasang deadline sehingga mau tidak mau pada waktu tersebut. Dedaunan yang jatuh ke tanah akan berubah menjadi pupuk bagi akar tanaman. 3. Terkadang membayangkan mengerjakan sesuatu nampak begitu sulit dan menakutkan namun bila kamu memulainya segera. Kamu bisa belajar menerima kritik dan saling memberi masukan dengan anggota lain. Terimalah masukan dari orang lain. 11.ada saat dimana kamu harus puas dengan apa yang kamu miliki dan berusaha berdasarkan kemampuan yang ada. Ini adalah cara yang baik untuk mengontrol sifat perfeksionismu. kamu bisa membersihkan rumah dalam waktu singkat tanpa terlalu memperhatikan setiap detilnya. Ambil contoh membersihkan rumah. setiap orang pasti memiliki interpretasi sendiri-sendiri. 7. pekerjaan tersebut ternyata tidak begitu menyulitkan. 10. 5. 6. Misalnya saat kamu membuat . Bergabung dengan komunitas Bergabunglah dengan komunitas yang melakukan hal positif namun kamu juga bisa melakukan kesalahan tanpa takut kena marah. Perfeksionis biasanya dipengaruhi oleh bagaimana pandangan orang lain terhadap dirinya. Harmonisasi suara yang sumbang ternyata dapat menghasilkan musik yang indah. Pikirkan kesalahanmu Kesalahan bukanlabh sebuah kegagalan. Misalnya saat kamu belajar bahasa asing. Mencoba hal baru Metode yang telah terbukti belum tentu menjadi yang paling efektif. Jangan berharap akan pujian dari orang lain karena hasil kerja kamu. Aktivitas tidak biasa yang kamu lakukan akan membantumu belajar melalui kesalahan. pekerjaanmu harus beres. kamu bisa mengontrol sifat perfeksionismu. bisa saja metode yang kamu gunakan salah. 4. Menyadari keindahan atas ketidaksempurnaan Kumpulan sesuatu yang tidak sempurna bisa menjadi sesuatu yang indah. Memiliki tujuan Tentukan apakah hasil yang ingin kamu raih. Misalnya saat melihat lukisan. 9. Menjajal kreativitas Di bidang kreativitas tidak ada aturan baku mengenai salah dan benar. Mulailah sekarang Jangan menunda-nunda pekerjaan. 8.

(GT) Perfeksionis. Larangan bagi orang perfeksionis adalah membandingkan dirinya dengan orang lain. Selain cara-cara di atas. Walaupun pada prosesnya kamu merasa membuat banyak kesalahan namun kamu berhasil menyelesaikan banyak hal tanpa terlalu memperhatikan detail pekerjaan. bantulah orang lain yang ingin seperti kamu. Berusahalah untuk menjadi orang yang sabar dan jangan mengharapkan mereka akan belajar dengan sempurna. Orang perfeksionis biasanya memiliki standar yang tidak rasional mengenai kesalahan-kesalahan kecil yang ia lakukan. Jadwalkan waktu untuk melakukan hal yang ingin kamu lakukan. ada hal lain yang juga harus diperhatikan oleh pemilik sifat perfeksionis. seseorang tidak akan belajar tanpa membuat kesalahan. 13. walaupun sebenarnya sudah di luar batas kemampuannya . Bagi Anda yang memiliki sifat atau perilaku perfeksionis. boleh dikatakan suatu sifat atau problem kejiwaan dalam diri manusia yang hampir selalu memiliki kesempurnaan.makanan yang terlalu matang tapi teman-teman kamu menyukainya. Siapapun yang menyukai pekerjaanmu biasanya akan berfokus pada hasilnya tanpa peduli pada prosesnya. Apabila kamu dapat melakukan sesuatu yang luar biasa. Pekerjaan itu mungkin tidak sempurna namun berhasil meraih sebuah tujuan. Selain itu. Bercermin pada kesuksesan Pikirkan sesuatu yang telah kamu buat atau lakukan yang mendulang sukses. Jadilah orang yang fleksibel atau siap menghadapi kejadian yang tidak terduga dan di luar rencana. Sadarilah bahwa setiap individu memang diciptakan berbeda. terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang mungkin belum Anda ketahui. Berikut ciriciri orang perfeksionis : Selalu bekerja dengan sepenuh hati dan totalitas Berambisi untuk mewujudkan apa yang mereka inginkan Cenderung memaksakan diri untuk melakukan segalanya.

atau mengikuti kegiatan lainnya di luar rumah. melontarkan humor ringan ketika Anda bergaul dengan orang lain. seperti meyakini kemampuan Anda. Seseorang yang perfeksionis. Anda dapat mulai belajar untuk mempercayai kemampuan seseorang untuk membantu Anda. sudah baik dan masih dalam kondisi . dan akan terus berusaha hingga membuatnya tampak sempurna baginya. dan sebagainya untuk belajar mengenai pembagian kerja dalam kelompok. perkumpulan anak muda. bukan sebagai alasan untuk merendahkan Anda. Untuk mengontrol sifat perfeksionis. Jadikanlah saran dan kritik untuk membangun dan sebagai acuan produktivitas dan semangat kerja Anda. walaupun menurut orang lain. namun mungkin bisa sedikit dikurangi atau dikontrol agar tidak sampai merugikan orang lain. Anda bisa berbagi dengan kawan atau bersenda gurau. baik saran atau kritikan. Anda dapat sedikit bersantai dengan membaca buku humor atau film lucu. Atau mungkin Anda dapat pergi ke luar kota. yang walaupun di mata orang lain biasa saja Cenderung sulit untuk rela mendelegasikan tugas atau pekerjaannya kepada orang lain Cenderung tidak mudah percaya atau terkadang meremehkan kemampuan orang lain Mudah emosi dan sering egois Sifat perfeksionis tidak selalu mengerjakan semuanya dengan sempurna dan juga bukanlah hal yang jelek. Anda juga dapat bergabung dengan organisasi. cenderung untuk menginginkan semuanya berjalan sempurna dan untuk itu mereka harus melakukannya sendiri. mungkin Anda dapat melakukan hal berikut ini: Refreshing dan lebih santai sehingga setiap masalah tidak selalu harus dihadapi dengan serius dan bermuka tegang. jika ada satu atau sedikit kekurangan saja. dan nasihat yang membangun. atau kelompok arisan. Atau jika Anda masih terbilang orang sibuk.Mudah sekali kecewa. Bersikap terbuka. agar nantinya Anda tidak mudah untuk meremehkan kemampuan orang lain.

diperlukan usaha yang berkelanjutan agar Anda dapat mengubah sedikit demi sedikit kepribadian perfeksionis. Untuk itu.yang wajar. . menjadi lebih baik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer: Get 4 months of Scribd and The New York Times for just $1.87 per week!

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times