Tutorial by: Yaufani Adam FB: Yaufani Adam Ditulis untuk www.ginilho.

com

Tutorial Membuat Buletin
Tingkat kesulitan: mudah

Buletin adalah media yang murah dan mudah untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Biaya produksi yang mudah membuat buletin menjadi pilihan favorit organisasiorganisasi untuk menyebarkan wacana dan pemikiran mereka. Untuk keperluan promosi kita juga dapat membuat buletin sederhana yang mudah dibuat hanya dengan beberapa langkah saja. Pada Tutorial kali ini, kita akan membuat bulletin menggunakan software CorelDraw. Berikut ini panduannya selangkah demi selangkah. 1. Jalankan software Corel Draw lalu buka File baru dengan mengklik File>New 2. Atur kertas dengan posisi landscape 3. Kemudian klik menu Tool> Options. Setelah muncul window seperti gambar di bawah ini, atur nilainya sebagaimana pada gambar.

4. Hasil dari proses di atas adalah area kerja menjadi layaknya sebuah booklet sebagaimana gambar di bawah ini.

Boleh disebarluaskan dengan tetap mencantumkan nama penulis asli.

Siapkan beberapa artikel pendek dan gambar pendukungnya.ginilho. Kita akan berkreasi sebebas mungkin berdasarkan kreativitas masing-masing dengan format dasar sebagai berikut: Boleh disebarluaskan dengan tetap mencantumkan nama penulis asli. 6. Pada latihan ini.Tutorial by: Yaufani Adam FB: Yaufani Adam Ditulis untuk www. Pengerjaan dimulai dari halaman pertama (halaman muka). kita akan membuat bulletin dengan empat halaman dan akan kita mulai pengerjaannya dari halamn pertama.com 5. .

Gunakan tools-tools CorelDraw yang sudah kita pelajari pada pertemuan sebelumnya. buat layout sebagaimana gambar di bawah ini. 8. Pengerjaan Halaman Dalam. Hal yang paling penting pada pengerjaan halaman dalam adalah layout teksnya.ginilho. Dengan menggunakan Text Tool . Boleh disebarluaskan dengan tetap mencantumkan nama penulis asli.com Slogan Nama Buletin Edisi Terbit Gambar yang relevan dengan tema utama tema utama Artikel lainnya 7. .Tutorial by: Yaufani Adam FB: Yaufani Adam Ditulis untuk www.

12. Hasilnya akan seperti ini. prosesnya sama persis ketika kita membuat halaman dalam. jika ada artikel yang hendak ditampilkan. Buka file artikel yang ingin kita masukkan ke dalam bulletin kemudian copy artikel tersebut. Cara membuat layoutnya adalah sebagaimana cara membuat kotak menggunakan Rectangle Tool . 11. Setelah layout selesai dikerjakan.Tutorial by: Yaufani Adam FB: Yaufani Adam Ditulis untuk www. 13. . Selesai Boleh disebarluaskan dengan tetap mencantumkan nama penulis asli. 10.com 9.ginilho. Untuk halaman belakang. langkah selanjutnya adalah mengisikan teks ke dalam layout yang sudah kita buat tadi.

ginilho. kunjungi Facebook: Yaufani Adam dan Twitter @yaufaniadam. Kini.Tutorial by: Yaufani Adam FB: Yaufani Adam Ditulis untuk www. Senang dengan dunia seni sejak duduk di bangku SD.ginilho. yaitu menulis. Beberapa dimuat di blog pribadinya. Kemampuan seninya semakin terasah setelah ia memutuskan untuk terjun di bidang desain grafis dan desain web. Meskipun akhirnya tidak menempuh pendidikan formal di bidang seni. . namun bakatnya ia asah dengan aktif mempelajari tutorial-tutorial baik melalui buku ataupun internet. Tulisan yang dihasilkan berjenis tutorial dan howto yang kemudian dipublikasikan di situs tips dan trik yang ia bangun.com. Karya-karya yang ia hasilkan sudah tak terhitung jumlahnya.solusidesain. ia punya aktifitas lain yang cukup dia senangi. Ingin mengenal lebih jauh.net. www. Beberapa karya masih dapat dilihat di website bisnisnya. Menggambar adalah salah satu mata pelajaran favoritnya.com Tentang Penulis Nama Profil Yaufani Adam Penulis adalah seorang desainer grafis dan desainer web. selain aktif mendesain. www. : Profil Singkat : Boleh disebarluaskan dengan tetap mencantumkan nama penulis asli.