P. 1
Bikin buah durian pake Blender

Bikin buah durian pake Blender

4.0

|Views: 1,598|Likes:
Published by Yoyog
Tips untuk pemula untuk Blender. Tutorial dasar modelling dan material bikin buah Duren pake Blender. Warning! It has nothing to do with The Durian Project by Blender Foundation.
Tips untuk pemula untuk Blender. Tutorial dasar modelling dan material bikin buah Duren pake Blender. Warning! It has nothing to do with The Durian Project by Blender Foundation.

More info:

Published by: Yoyog on Jul 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

Bikin durian pake Blender

Kali ini kita akan belajar cara sederhana bikin durian pakai Blender, tapi yang jelas bukan bikin jus duren loh ;) Mari kita mulai aja!
NB: Program Blender bisa diunduh di www.blender.org

Sebenarnya, gak ada cara yang pasti atau yang lebih tepat dalam membuat objek atau model 3d. Oleh sebab itulah diperlukan daya khayal, imajinasi dan kreativitas dari si seniman atau pembuatnya. Maka dalam proses membuat sebuah objek, kita ingin mencari cara yang paling mudah dan singkat dalam membuatnya. Demikian juga dalam pembuatan objek durian ini kita akan mencoba membuatnya dengan cara yang cukup sederhana namun tetap mendapatkan objek durian yang cukup “lezat”. Latihan ini cocok untuk dipelajari oleh pemula. Modelling Pertama-tama kita buka program Blender sehingga muncul tampilan seperti berikut:

Seperti kita lihat di atas adalah UI (user interface = antarmuka) program Blender dengan sebuah objek Box di tengah. Jika program anda memiliki skema atau warna tampilan sedikit berbeda tidak perlu khawatir, karena ini hanya perbedaan skema warna (color theme) saja. Hal tersebut akan dibahas lagi lain waktu.

Kemudian tekan X (del) dan klik erase untuk menghapus objek box yang ada di tengah. Sebelum melanjutkan pastikan view atau pandangan anda pada posisi Top (atas), jika belum, tekan tombol Num7 untuk kembali ke Top view kemudian tekan space dan pilih Add > Mesh > UVsphere dan pilih segments 15 dan rings 15. Sekarang muncul bola dengan jumlah lintang dan bujur masing-masing 15. Perhatikan, objek yang dibuat akan selalu muncul tepat di tengah-tengah 3d cursor (lingkaran berwarna merah-putih di tengah layar. Jika cursor dipindah ke tempat lain maka objek yang akan dibuat selalu muncul pada cursor.

Dalam kondisi terpilih semua tekan W lalu piih Subdivide Multi Fractal, Number of Cuts 2, Rand Factor sekitar 15 - 20. Sekarang tiap garis (edges) yang ada telah terbagi jadi 3 secara acak. Pilih 5 dari garis bujur yang ada sehingga bola terbagi 5 dengan derajat sama seperti gambar ± 72º, untuk mempermudah tahan Alt sambil menekan tombol mouse kanan (RM) sehinga terpilih satu garis bujur lalu sambil menekan shift pilih lagi garis yang lain (sambil tetap menekan Alt juga). Jika terjadi kesalahan bisa diulangi dengan menekan U (undo) atau A untuk batal memilih / deselect. Teruskan hingga terpilih kelima jari-jari tersebut.
Tips: Blender secara default menggunakan tombol mouse kanan (RM) untuk melakukan seleksi, untuk merubah menjadi tombol kiri (LM) caranya adalah dengan menggeser jendela User Preferences (yang ada di atas) ke bawah lalu klik pada tab View & Control hingga muncul berbagai opsi. Pada bagian Select With: pilih Left Button.

Perhatikan langkah berikut dengan cermat, terutama bagi pemula. Karena buah durian terdiri atas 5 bagian kita akan memodifikasi bentuknya sedikit. Tekan O untuk mengaktifkan proportional editing, kemudian tekan S dan geser mouse ke dalam tapi jangan klik mouse. Putar scroll wheel mouse ke bawah selagi merubah ukuran ini sehingga lingkaran di tengah kursor mouse mengecil hingga 1/5 ukuran bola, ini untuk merubah faktor proporsi ukuran terhadap vertex lainnya. Sekarang geser mouse sehingga ukuran dengan skala 0,8 dan klik. Sekarang bentuk objek sudah lebih proporsional.

Tekan A untuk deselect, lalu tekan lagi untuk memilih semua (select all). Ini trik "ajaibnya". Sekarang tekan E untuk extrude keluar dan pilih only vertice dan tekan Esc. Akan terlihat banyak vertice yang terpilih di sekitar objek. Tekan O untuk mematikan proportional editing. Tekan S dan perbesar vertice tadi dengan skala 1,3. Sekarang mulai terlihat banyak duri-duri tipis yang mencuat.
Tips: Vertice = vertex (adalah bentuk jamak dari kata vertex).

Kembali ke objek mode (Tab). Lihat pada Buttons Window lalu pilih Add modifier > Subsurf. Nah, sekarang garis tipis tersebut terlihat seperti duri betulan kan? Kalau bentuknya masih kasar, itu disebabkan level subsurf adalah 1, ini tidak jadi masalah karena render level subsurf secara default adalah 2, yang akan membuat bentuk lebih halus saat dirender. Cobalah merender dengan menekan F12.

Tips: merender sebuah scene dalam Blender tergantung view pada viewport camera. Ini berarti pandangan akan ditentukan oleh posisi dan arah kamera. Untuk melihat dari viewport camera cukup dengan menekan tombol Num0 (nol).

Ubah bentuk objek yang masih seperti bola dengan menekan S lalu Z, ini akan merubah ukuran objek secara vertikal, ubah dengan skala 1,3. Kembali ke Edit mode (Tab) terlihat vertice yang masih dalam keadaan terpilih. Tekan S lalu Z dan ubah dengan skala 0,9.

Setelah bentuk kulit selesai kita akan membuat bagian batangnya juga untuk menambah kesan realistis. Bagian batang yang dimaksud adalah sebagian pucuk batang yang terpotong di bagian pangkal buah. Cara membuat bagian batang cukup sederhana, pertama-tama kembali ke Object Mode lebih dahulu, kembali ke Top view lalu Add > Mesh > Circle, gunakan tombol fill. Tekan S lalu ubah ukuran menjadi 0,1. Klik pada Face select mode. Kemudian extrude (E) sehingga membentuk silinder memanjang. Tekan R untuk memutar sedikit arah lingkaran (10 derajat), lalu extrude lagi.

Klik pada Face select mode lalu pilih Edge (garis) yang memanjang saja dengan menggunakan border select (B). Pilih garis yang memanjang ke atas saja, bukan yang melingkar. Jika seluruh garis yang memanjang sudah terpilih, tekan W, Subdivide Multi Fractal. Pilih Number of Cuts 2, lalu Rand Factor 2. Setelah itu kembali ke Object mode (Tab) lalu klik Set Smooth pada tab Link and Materials. Perhatikan bahwa bentuk batang sekarang jadi agak tidak beraturan. Jangan lupa pindahkan objek batang tepat pada bagian pangkal kulit buah.

Sekarang keseluruhan bentuk sudah selesai, untuk berikutnya kita akan membuat material dan tekstur sederhana pada kulit serta batangnya.

Material dan Tekstur Pilih objek kulit durian yang sudah kita buat Material. Jika objek belum punya material klik Ubah Col (Color) dengan warna kuning agak dengan warna sedikit lebih hijau pucat seperti geser hardness untuk specularity ke angka 96. sebelumnya. Tekan F5 atau klik panel Add New untuk membuat material baru. kehijauan dan Spec (Specularity Color) pada gambar berikut. Pada tab shaders

Untuk menambah kesan warna kulit buah durian kita tambahkan tekstur ke dalam warna tadi. Tekan F6 atau klik Panel Tekstur. Klik Add New lalu pilih tekstur Stucci.

Kembali ke panel Material (F5) lalu pilih tab Map to dan pilih Col (untuk warna) serta Nor (normal map). Kemudian ubah warnanya sedikit berbeda dengan warna material, misalnya seperti gambar berikut.

Untuk batang cara membuat materialnya hampir sama hanya saja yang membedakan warnanya kecoklatan.

Sedangkan untuk teksturnya kita menggunakan jenis tekstur yang sama yaitu stucci dengan ukuran NoiseSize lebih kecil yaitu 130, lalu pilih Wall Out. Sedangkan pada panel material tesktur ini hanya digunakan pada Nor (nomal map) saja.

Nah, sekarang durian anda telah selesai, setelah beberapa setingan pada material dan lighting maka hasilnya akan jadi seperti ini:

Agustus 2008 Yoga Adiyanto

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->