P. 1
cara membuat sebuah kutipan

cara membuat sebuah kutipan

|Views: 15,201|Likes:
Published by muhamad ilyas
pengertian kutipan, jenis kutipan, kutipan langsung dan kutipan tak langsung.
pengertian kutipan, jenis kutipan, kutipan langsung dan kutipan tak langsung.

More info:

Published by: muhamad ilyas on Jul 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/27/2013

pdf

text

original

BAGAIMANA MENGUTIP PENDAPAT DARI SEBUAH TULISAN Dalam penulisan-penulisan ilmiah, baik penulisan artikel-artikel ilmiah

, karya-karya tulis, maupun penulisan skripsi dan disertasi, seringkali dipergunakan kutipan-kutipan untuk menegaskan isi uraian, atau untuk membuktikan apa yang dikatakan. Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Walaupun kutipan atas pendapat seorang ahli itu diperkenankan tidaklah berarti bahwa sebuah tulisan seluruhnya dapat terdiri dari kutipan-kutipan berfungsi sebagai bahan bukti untuk menunjang pendapat penulis Di dalam bahasa indonesia terdapat dua jenis kutipan, yaitu : 1. Kutipan langsung Kutipan langsung adalah kutipan yang ditulis sama persis dengan sumber aslinya, baik bahasa maupun ejaannya. Cara penulisannya ialaha sebagai berikut :
1.1. Kutipan yang panjangnya kurang dari empat baris dimasukkan ke dalam teks, -

Diketik seperti ketikan teks Diawali dan diakhiri dengan tanda petik (“) Sumber rujukan ditulis langsung sebelum atau sesudah teks kutipan Rujukan ditulis diantara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, tanda koma, tahun terbitan, titik dua, spasi, dan diakhiri dengan nomor halaman (Penulis, Tahun:Halaman).

-

1.2. Kutipan yang terdiri dari empat baris atau lebih, Diketik satu spasi Dimulai tujuh ketukan dari batas tepi kiri Sumber rujukan ditulis langsung sebelum teks kutipan Apabila pengutip memandang perlu untuk menghilangkan beberapa bagian kalimat, pada bagian itu diberi titik sebanyak tiga buah Bila pengutip ingin menghilangkan satu kalimat atau lebih, maka pada bagian yang dihilangkan tersebut diganti dengan titik-titik sepanjang satu baris Apabila pengutip ingin memberi penjelasan atau menggarisbawahi bagian yang dianggap penting, pengutip harus memberikan keterangan. Keterangan tersebut berada diantara tanda kurung, misalnya: (garis bawah oleh pengutip)

-

Apabila penulis menganggap bahwa ada satu kesalahan dalam kutipan, dapat dinyatakan dengan menuliskan symbol (sic!) langsung setelah kesalahan tersebut

Kutipan langsung ditampilkan untuk mengemukakan konsep atau informasi sebagai data. Titik-titik sepanjang satu baris menandai penghilangan sebuah kalimat, titik-titik sebanyak tiga menandai penghilangan kata, dan (sic!) menandai adanya kesalahan dalam kalimat 2. Kutipan tidak langsung Kutipan tidak lansung adalah kutipan yang tidak sama persis dengan aslinya. Pengutip hanya mengambil pokok pikiran dari sumber yang dikutip untuk dinyatakan kembali dengan kalimat yang disusun oleh pengutip. Adapun cara peraturan dalam pembuatannya adalah sebagai berikut : Kalimat-kalimat yang mengandung kutipan ide tersebut ditulis dengan spasi rangkap sebagaimana teks biasa Semua kutipan harus dirujuk Sumber sumber rujukan dapat ditulis sebelum atau sesudah kalimat-kalimat yang mengandung kutipan Apabila ditulis sebelum teks kutipan, nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka masuk ke dalam teks, diikuti dengan tahun terbitan diantara tanda kurung Apabila ditulis sesudah teks kutipan, rujukan ditulis di antara tanda kurung, dimulai dengan nama akhir sebagaimana tercantum dalam daftar pustaka, titik dua, dan diakhiri dengan tahun terbitan Demikianlah bagaimana cara pembuatan suatu kutipan dari tulisan orang lain, semoga dengan membaca tulisan di atas kita jadi mengetahui bagaimana cara pembuatan kutipan yang baik dan benar, dan juga semoga kita bisa mengaplikasikannya dalam kegiatan tulis-menulis yang sering kita lakukan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->