BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar Belakang Indonesia merupakan negara yang terdiri atas pulau-pulau dan berbagai suku daerah, hal ini membuat Indonesia kaya dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah dalam hal kulinernya. Setiap daerah memiliki ciri khas kuliner yang berbeda-beda. Ditambah lagi jumlah penduduk Indonesia yang cukup padat semakin memperkaya warisan kuliner di Indonesia. Makanan merupakan kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia. Makanan digunakan sebagai sumber energi untuk manusia melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti bekerja, sekolah dan

sebagainya. Maka sudah seharusnya kebutuhan akan pangan tercukupi untuk seluruh masyarakat. Untuk mencukupi kebutuhan pangan juga harus diperhatikan mutu serta kualitasnya agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Di era globalisasi seperti ini, waktu merupakan hal yang sangat mahal sehingga banyak orang yang lebih memilih untuk membeli makanan ketimbang untuk menyiapkan makanan di rumah karena alasan dikejar waktu. Maka tak heran jika saat ini begitu banyak masyarakat yang mulai melirik atau bahkan telah memiliki usaha dalam bidang kuliner. Usaha kuliner dinilai memiliki masa depan yang cerah karena usaha makanan banyak peminatnya. Diantaranya adalah usaha terang bulan. Disamping dapat memberikan untung yang besar, untuk memulai usaha ini pun dapat dikatakan bisa dimulai dengan modal yang minim. Terang bulan sudah tak asing lagi di masyarakat Indonesia dan memiliki banyak penggemarnya. Mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Makanan manis ini memang menjadi makanan yang sering disajikan pada acara-acara tertentu atau pada saat waktu bersantai. Diharapkan dengan usaha terang bulan ini dapat memajukan perekonomian Indonesia dengan meningkatkan pendapatan keluarga,

Kewirausahaan | 1

4. tujuan yang ingin diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1.3. 1) Untuk mengetahui tentang keamanan terang bulan untuk dikonsumsi. Kewirausahaan | 2 . 2) Masyarakat dapat mengetahui respon konsumen dan prospek usaha terang bulan.2. 1) Apakah terang bulan aman untuk dikonsumsi? 2) Bagaimanakah respon masyarakat dan prospek usaha terang bulan? 3) Apa yang harus dilakukan untuk menjadi wirausahawan yang sukses? 1. dapat disusun rumusan masalah sebagai berikut. 2) Untuk mengetahui respon masyarakat terhadap terang bulan dan prospek bidang usaha mikro.membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran dan mencukupi kebutuhan masyarakat akan panganan yang sehat. Manfaat Penulisan Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut. Tujuan Penulisan Sesuai dengan rumusan masalah di atas. 3) Pembaca dapat mengetahui cara menjadi wirausahawan yang sukses. 1) Masyarakat dapat mengetahui tingkat keamanan terang bulan untuk dikonsumsi. 1. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas. 3) Untuk mengetahui cara menjadi wirausahawan yang sukses.

jaringan usaha terbatas. Ciri-ciri usaha mikro antara lain: 1. modal relatif kecil. Kriteria kelompok Usaha Mikro adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro.1. Usaha Mikro 2. modal usahanya tidak lebih dari Rp 10juta (tidak termasuk tanah dan bangunan). Kegiatan usaha menggunakan teknologi sederhana dengan sebagian besar bahan baku lokal.Sedangkan Pengusaha Mikro adalah orang yang berusaha di bidang usaha mikro. namun ditunjukkan oleh kerja keras pemilik/sekaligus pemimpin usaha. usahanya mudah dimasuki atau ditinggalkan. 3. Maka itulah. pemiliknya bertindak secara naluriah/alamiah dengan mengandalkan insting dan pengalaman sehari-hari. 2. tidak memiliki tempat permanent. kegiatan usaha mikro ini belum disertai analisis kelayakan usaha dan rencana bisnis yang sistematis.BAB II KAJIAN PUSTAKA 2. dipengaruhi faktor budaya.1. dan menghadapi persaingan ketat.1 Pengertian Usaha Mikro Usaha mikro adalah usaha yang bersifat menghasilkan pendapatan dan dilakukan oleh menengah kebawah. Kecil dan Menengah (UMKM). Kewirausahaan | 3 . tenaga kerja tidak lebih dari lima orang dan sebagian besar mengunakan anggota keluarga/kerabat atau tetangga.

2. atau kue bulan adalah penganan sejenis kue dadar yang biasa dijajakan di pinggir jalan di Indonesia. Hal ini menyebabkan usaha mikro tidak terlalu terpengaruh oleh tekanan eksternal.karena intensitas tenaga kerja yang relatif lebih tinggi dan investasi yang lebih kecil. Di Pontianak makanan ini dinamakan apam pinang. karena dapat mengurang impor dan memiliki kandungan lokal yang tinggi. Di Indonesia terutama didaerah pengembangan usaha mikro menjadi kunci dalam usaha mengatasi kemiskinan dan pembangunan ekonomi daerah yang lebih berimbang. Nama penganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. kue atau martabak terang bulan. Martabak Bangka.2. 2.2.1. Terang Bulan 2. Definisi Martabak manis. Bagi daerah yang menamakannya kue bulan atau terang bulan. Kewirausahaan | 4 . atau terang bulan. Disamping itu tingkat penciptaan lapangan kerja lebih tinggi pada usaha mikro dari pada yang terjadi di perusahaan besar.2 Peran Usaha Mikro bagi Perekonomian Indonesia Usaha mikro mempunyai peran yang penting dalam pembangunan ekonomi.1. maka penganan martabak terbagi dua menjadi martabak manis atau martabak asin. kue pinang. penggemarnya merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" karena sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak. Dengan demikian pengembangan usaha mikro merupakan elemen terpadu dalam strategi daya saing nasional dan terkait erat dengan kebijakan promosi dan investasi. Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya martabak manis. bandung. Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik. atau Martabak Jepang. sehingga usaha mikro lebih fleksibel dalam menghadapi dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

coklat butir (meses.Adonan kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu. santan. kupas. soda kue. yang disiram susu kental manis. Sebagai pengisi biasanya diberikan taburan gula butir. atau parutan keju. air. cincang Wijen. Cara Membuat Terang Bulan Resep Terang Bulan Bahan Kulit: 1) 2) 3) 4) 5) 6) 250 gram tepung terigu 1 sendok teh ragi instan 150 gram gula pasir 350 cc santan hangat 2 butir telur ¼ sendok teh soda kue Bahan Isi menurut selera: 1) 2) 3) 4) 5) Susu kental manis Kacang tanah. sangrai. dan ragi yang dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang.2. telur ayam. muisjes). dan diolesi mentega dan margarin yang cukup banyak. sangrai Gula pasir Coklat Kewirausahaan | 5 . 2. dengan biji wijen dan kacang tanah yang dicacah.2.

Uleni sambil dituangkan larutan santan. uleni kembali sampai tercampur rata. Biarkan kurang lebih 15-20 menit di tempat yang hangat. 4) Tuang adonan ke dalamnya sampai naik dan permukaannya agak mengering dan bagian luarnya menjadi kecoklatan. dan mendapatkan secara Kewirausahaan | 6 . aduk sampai larut dan berbuih. menghadapi ketidakpastian .1 Pengertian kewirusahaan Pengertian kewirausahaan relatif berbeda-beda antar para ahli/sumber acuan dengan titik berat perhatian atau penekanan yang berbeda-beda. buat lubang ditengahnya. 3) Panaskan wajan terang bulan dan olesi margarine.3. taburi bahan tambahan dan bahan taburan dapat dikombinasi. diantaranya adalah penciptaan organisasi baru . 2) Campur tepung dan gula. 2.6) 7) Keju Parut Atau dapat diganti dengan bahan lainnya sesuai selera Cara Membuat: 1) Masukkan ragi ke dalam santan hangat. 5) Angkat dan letakkan ke atas telenan potong. sisihkan. Sesuai dengan selera. sampai gula larut. Kewirausahaan 2. menjalankan kombinasi (kegiatan) yang baru. 7) Disusul dengan susu kental manis. ekplorasi berbagai peluang . masukkan telur ke dalamnya. potong menurut selera.3. masukkan soda kue. 6) Taburkan gula pasir ke permukaan terang bulan hingga rata. 8) Lipat terang bulan menjadi 2.

kepemilikan. mencakup aspek-aspek : pembiayaan. (4) Mengembangkan usaha Tahap dimana jika hasil yang diperoleh tergolong positif atau mengalami perkembangan atau dapat bertahan maka perluasan usaha menjadi salah satu pilihan yang mungkin diambil. SDM. Kewirausahaan | 7 .3.bersama faktor-faktor produksi. 2. kepemimpinan yang meliputi bagaimana mengambil resiko dan mengambil keputusan. organisasi. diawali dengan melihat peluang usaha baru. dan melakukan evaluasi. Kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan (usaha).2 Proses Kewirausahaan Tahap-tahap kewirausahaan secara umum tahap-tahap melakukan wirausaha: (1) Tahap memulai Tahap dimana seseorang yang berniat untuk melakukan usaha mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan. pemasaran. (3) Mempertahankan usaha Tahap dimana wirausahawan berdasarkan hasil yang telah dicapai melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi. juga memilih jenis usaha yang akan dilakukan. (2) Tahap melaksanakan usaha Tahap ini seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek yang terkait dengan usahanya.

Kewirausahaan | 8 . ketekunan dan ketabahan.3 Ciri dan Watak Wirausahawan Sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah: 1) Percaya diri Keyakinan.3. energetik dan inisiatif. ketidaktergantungan. mempunyai dorongan kuat. berorientasi laba. 2) Berorientasi pada tugas dan hasil Kebutuhan untuk berprestasi. 4) Kepemimpinan Perilaku Memiliki jiwa pemimpin. mudah bergaul dengan orang lain. serta mau menerima saran-saran dan kritik 5) Keorisinilan Inovatif dan kreatif serta fleksibel.2. individualistis. tekad kerja keras. 3) Pengambilan resiko Kemampuan untuk mengambil resiko yang wajar dan suka tantangan. 6) Berorientasi ke masa depan Memiliki pandangan ke depan dan perspektif. dan optimisme.

000. Tabanan : SMA : 1 istri . 3 anak : Usaha Berjualan Terang Bulan Kaki Lima h) Jam Kerja : Dari jam 15.000.Rp 15.Rp 12.- 3.00 WITA (7 jam) i) Produksi per hari j) Harga per porsi 1) Biasa 2) Coklat Pisang Keju 3) Duren 4) Coklat Pisang Kismis 5) Coklat Kacang Keju Wijen 6) Spesial k) Jumlah yang terjual per hari : 30 .50 porsi : Rp 350.Hasil Wawancara Narasumber adalah seorang pedagang terang bulan yang telah memiliki tempat usaha dan beberapa pegawai.2.22.000.1.000.00 .BAB III HASIL PENGAMATAN 3.000.Biodata Pedagang a) Nama b) Umur c) Asal d) Alamat e) Pendidikan f) Jumlah Tanggungan g) Jenis Usaha : Rudi : 40 tahun : Bandung : Jl.Rp 12.: Rp 8.000.000.Rp 12.Rp 12. Pewawancara : Mengapa bapak memilih usaha berjualan terang bulan daripada usaha yang lainnya? Kewirausahaan | 9 . By Pass Kediri.

Pewawancara : Darimana bapak mendapatkan resep terang bulan ini? Apakah resep turun temurun atau coba-coba? Narasumber : Ini merupakan resep yang saya buat sendiri dengan mencoba mencari komposisi yang pas selama beberapa bulan. Pewawancara Narasumber Pewawancara Narasumber : Sudah berapa lama bapak menjalankan usaha ini? : Sekitar 3 tahun. belum dikurangi biaya produksi dan gaji pegawai.00-22. Pewawancara : Apa suka duka yang bapak rasakan dalam menjalani usaha ini? Narasumber : Pada awal memulai usaha belum bisa mendapat untung yang tetap sehingga hasil yang didapat tidak mencukupi modal awal bahkan harus meminjam modal untuk meneruskan usaha. Pewawancara Narasumber Pewawancara : Dari jam berapa bapak berjualan? : Dari jam 15. : Kira-kira berapa omset penjualan dalam tiap bulannya? Narasumber : Sekitar 12-15 juta per bulannya tetapi itu masih pendapatan kotor. : Berapa modal awal dalam memulai usaha ini? : Kurang lebih sekitar 8 juta. Kewirausahaan | 10 . itu sudah termasuk modal untuk membeli bahan. sewa tempat dan membeli perlengkapan lainnya.Narasumber : Karena dengan modal yang bisa dibilang kecil dapat menghasilkan untung yang cukup besar.00 WITA.

Kendala yang dihadapi biasanya terjadi pada awal memulai usaha karena belum bisa mendapat untung yang tetap sehingga hasil yang didapat Kewirausahaan | 11 .rendah kolesterol karena kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi.dan tidak terlalu beminyak seperti terang bulan pada umumnya. jadi bagi masyarakat yang ingin memulai usaha. namun usaha ini dapat menghasilkan untung yang sangat menjanjikan. Pewawancara : Apa yang bapak dan lakukukan untuk mempertahankan pelanggan bapak? Narasumber memuaskan pelanggan- : Menjaga cita rasa. bagaimana prospek usaha terang bulan ini untuk kedepannya? Narasumber : Saya rasa. Dari wawancara diatas dapat disimpulkan bahwa untuk memulai usaha terang bulan hanya diperlukan modal yang bisa dibilang kecil yaitu sekitar 8 juta. Pewawancara : Menurut bapak. Mulai menyiapkan bahan-bahan hingga melayani konsumen. usaha ini sangat menjanjikan dan peluangnya pun masih luas. pelayanan yang baik kepada Pewawancara : Menurut bapak. kesempatan untuk berusaha masih ada. kualitas. apa kelebihan terang bulan buatan bapak dengan terang bulan lainnya? Narasumber : Terang bulan yang saya buat memiliki tekstur yang lembut.Pewawancara Narasumber : Bagaimana proses pembuatan terang bulan ini? : Saya membuatnya sendiri dibantu dengan pegawai saya. dan tentunya memberikan konsumen.

kualitas. Terang Bulan Spesial (Sumber: Dokumentasi penulis.3.Dokumentasi Pengamatan Penulis Gambar 3.1. 2011) Kewirausahaan | 12 . Untuk memuaskan konsumen yang harus dilakukan adalah menjaga cita rasa. 3. dan tentunya memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen.tidak mencukupi modal awal bahkan harus meminjam modal untuk meneruskan usaha.

karena kandungan gulanya yang dapat berbahaya bagi penyakit diabetes. protein dari susu. Panganan ini juga digemari dari berbagai jenis kalangan.1. Kewirausahaan | 13 . suku. dapat mencoba usaha ini karena prospek kedepannya sangat menjanjikan.Keamanan Terang Bulan untuk Dikonsumsi Terang bulan sangat aman untuk dikonsumi karena memiliki banyak kandungan vitamin dari buah. telur dan kacang. Usaha terang bulan pun dianggap memiliki masa depan yang cerah dilihat dari peluang usahanya.BAB IV PEMBAHASAN 4. Lapangan usaha pun masih tersedia karena banyaknya peminat makanan ini. 4. Sehingga tak heran jika terang bulan memiliki banyak penggemar fanatiknya. khususnya pada kue terang bulan ini.Respon Masyarakat dan Prospek Usaha Terang Bulan Masyarakat sangat menggemari makanan bercita rasa manis ini karena selain manis. Diharapkan dengan adanya inovasi tersebut prospek usaha terang bulan semakin baik. dan usia. tetapi juga bergizi tinggi dan harganya yang cukup terjangkau. lemak dari santan dan mentega. Masyarakat Indonesia haus akan inovasi baru. Bagi masyarakat yang ingin memulai usaha baru. Tetapi bagi penderita diabetes harus berhatihati dalam mengonsumsi makanan ini. kalori dari gula dan tepung.2. kalsium dari susu dan keju serta masih banyak lagi kandungan lainnya sesuai dengan taburan pada terang bulan.

tujuan jangka panjang. Mencari peluang usaha baru (lama usaha dilakukan. Pembiayaan (pendanaan dan jumlah dan sumber-sumber dana). Usaha yang dilakukan sangat berperan dalam majunya suatu usaha.3. Kepemimpinan (kejujuran. Dengan bekerjasama dengan orang lain maka tujuan usaha lebih cepat dicapai. Kepemilikan (peran-peran dalam pelaksanaan usaha) e. f. Sumber Daya Manusia (tenaga kerja yang dipergunakan). d. terdiri atas : 1. proses manajerial). 2. g. b. agama. 4. Organisasi (pembagian kerja diantara tenaga kerja yang dimiliki). Yakin (self confidence).Cara Menjadi Wirausahawan yang sukses 4. dan jenis usaha yang pernah dilakukan).2. 4.1. Kewirausahaan | 14 . Pemasaran (lokasi dan tempat usaha). Penampilan sangat mempengaruhi daya tark konsumen maupun rekan kerja untuk bekerjasama dengan wirausahawan. Penampilan yang baik (good appearance). c. Yakin dan tidak putus asa dalam menjalankan usaha.4. Bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and through people).3.3. 3. Aspek-Aspek yang Perlu Diperhatikan dalam Melakukan Wirausaha Yang perlu diperhatikan dalam berwirausaha adalah: a. Mau kerja keras (capacity for hard work). Delapan Anak Tangga Menuju Puncak Karir Berwirausaha Delapan anak tangga menuju puncak karir berwirausaha.

7.5. Selalu berusaha untuk memajukan usahanya 8. Tidak malu untuk mencari ilmu baru demi kemajuan usaha. Kewirausahaan | 15 . Pandai membuat keputusan (making sound decision). 6. Mau menambah ilmu pengetahuan (college education). Memilih keputusan yang tepat dan sesuai. Ambisi untuk maju (ambition drive). Mampu berkomunkasi dengan baik dengan konsumen atau rekan kerja. Pandai berkomunikasi (ability to communicate).

Saran a.2. Bagi masyarakat agar lebih jeli lagi melihat peluang usaha demi terciptanya kesejahteraan keluarga. Untuk menjadi wirausahawan yang sukses. 5. Kewirausahaan | 16 . b. harus dapat melakukan proses penerapan kreativitas dan inovasi serta memiliki keyakinan dalam memecahkan persoalan dan menemukan peluang usaha. Terang bulan digemari dari berbagai jenis kalangan. dan usia. Terang bulan yang merupakan makanan yang aman untuk dikonsumsi dan bergizi karena kaya akan kandungan zat-zat yang berguna bagi tubuh. Usaha terang bulan pun dianggap memiliki masa depan yang cerah dilihat dari peluang usahanya.Simpulan 1. 3. Bagi pemerintah agar memperhatikan dan membantu perkembangan usaha mikro dengan memberikan bantuan dana maupun fasilitas. 2. suku.BAB V PENUTUP 5.1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful