P. 1
Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

|Views: 6|Likes:
Published by Bunga Nur Annisa

More info:

Published by: Bunga Nur Annisa on Oct 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/02/2014

pdf

text

original

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA Untuk mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, maka

perlu diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain; faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern), dan faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern). 1. Faktor Intern Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan ke dalam faktor intern yaitu Kecerdasan / intelegensi, bakat, minat dan motivasi. A. Kecerdasan/intelegensi siswa yang rendah Menurut Kartono (1995:1) kecerdasan merupakan “salah satu aspek yang penting, dan sangat menentukan berhasil tidaknya studi seseorang. Kalau seorang murid mempunyai tingkat kecerdasan normal atau di atas normal maka secara potensi ia dapat mencapai prestasi yang tinggi.” Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang rendah bisa saja disebabkan oleh tingkat inteligensi siswa yang rendah pula. B. Bakat Siswa yang Belum Ditemukan Bakat adalah kemampuan tertentu yang telah dimiliki seseorang sebagai kecakapan pembawaan. Ungkapan ini sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Ngalim Purwanto (1986:28) bahwa “bakat dalam hal ini lebih dekat pengertiannya dengan kata aptitude yang berarti kecakapan, yaitu mengenai kesanggupan-kesanggupan tertentu”. Dalam hal ini, siswa yang memiliki prestasi rendah bisa disebabkan karna siswa tersebut belum mampu menemukan bakat yang ia miliki. C. Minat Belajar Siswa yang Kurang Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenai beberapa kegiatan. Kegiatan yang dimiliki seseorang diperhatikan terus menerus yang disertai dengan rasa sayang. Menurut Winkel (1996:24) minat adalah “kecenderungan yang menetap dalam subjek untuk merasa tertarik pada bidang/hal tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang itu.” Seorang siswa yang memiliki minat belajar yang kurang, otomatis dalam meraih prestasi belajarnya pun juga rendah.

D. B. Rasa aman itu membuat seseorang akan Terdorong untuk belajar secara aktif. Keadaan sekolah ini meliputi cara penyajian pelajaran. A. alat-alat pelajaran dan kurikulum. Keadaan Sekolah Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal pertama yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. keadaan keluarga. sehingga akan menyebabkan menurunnya terhadap tingkat prestasi di sekolah. jika anak didik tersebut memiliki motivasi yang rendah. sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa akan rendah. Adanya rasa aman dalam keluarga sangat penting dalam Keberhasilan seseorang dalam belajar. Hubungan antara guru dan siswa kurang baik akan mempengaruhi hasil-hasil belajarnya. maka prestasi belajarnya pun rendah pula 2. Motivasi Belajar Siswa yang Rendah Motivasi dalam belajar adalah faktor yang penting karena hal tersebut merupakan keadaan yang mendorong keadaan siswa untuk melakukan belajar. karena rasa aman merupakan salah satu kekuatan pendorong dari luar yang menambah motivasi untuk belajar. Seorang anak yang berada di lingkungan keluarga khususnya orang tua yang kurang perhatian dan kasih sayang. Namun. . hubungan guru dengan siswa. lingkungan sekitarnya dan sebagainya. menyebabkan anak tersebut merasa tidak aman dan nyaman. Faktor Ekstern Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya di luar diri siswa. karena itu lingkungan sekolah yang baik dapat mendorong untuk belajar yang lebih giat. Keadaan Keluarga Keluarga merupakan lingkungan terkecil dalam masyarakat tempat seseorang dilahirkan dan dibesarkan. Persoalan mengenai motivasi dalam belajar adalah bagaimana cara mengatur agar motivasi dapat ditingkatkan. yaitu beberapa pengalaman-pengalaman. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar seorang anak didik akan berhasil jika mempunyai motivasi untuk belajar.

sebab dalam kehidupan sehari-hari anak akan lebih banyak bergaul dengan lingkungan dimana siswa itu berada. Siswa yang memiliki prestasi belajar yang rendah. kebanyakan adalah siswa yang bergaul dengan kumpulan anak-anak nakal yang berkeliaran tiada menentu. . Karena lingkungan alam sekitar sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan pribadi siswa. Lingkungan Masyarakat Di samping orang tua. sehingga menyebabkan siswa tersebut terpengaruh dengan perilaku lingkungannya. lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang tidak sedikit pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa dalam proses pelaksanaan pendidikan.C.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->