KATA PENGANTAR

Penyusun mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karuniaNya sehingga dapat menyelesaikan Laporan Survey Investigasi Geofisika. Survey investigasi yang dilakukan kali ini dengan menggunakan metode resistivity, gravity dan magnetik untuk memetakan groundwater di daerah pengukuran yang ditentukan, di lingkungan Kampus UI Depok. Laporan tugas pengolahan data Survey investigasi dengan menggunakan metode resistivity, gravity, dan magnetik ini disusun untuk memenuhi salah satu kewajiban mahasiswa sebagai tugas individu dari mata kuliah Investigasi Geofisika. Selain itu agar mahasiswa dapat menguasai pengolahan data metode resistivity, gravity, dan magnetik dalam mata kuliah investigasi geofisika. Dengan demikian diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan yang lebih setelah mengikuti mata kuliah tersebut. Kemudian penyusun mengucapkan terima kasih kepada dosen pengajar mata kuliah investigasi geofisika dan asisten atas bimbingan dan arahannya selama perkuliahan. Selain itu penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan sekelompok yang telah bekerja semaksimal mungkin sehingga proses akuisisi berjalan dengan cukup baik dan lancar.

Penyusun

Laporan Investigasi Geofisika

1

BAB I PENDAHULUAN Laporan Investigasi Geofisika 2 .

dan pole-dipole. untuk mencari konten yang terkandung dalam perut bumi. Ada beberapa konfigurasi elektrode yang dapat dipilih dalam proses pengukuran. Schlumberger. bumi kita tidaklah homogen. seperti metode gravitasi. maka kita memerlukan metode geofisika. Kemudian dari data tersebut. dan seismik. dan arus ( I ). Metode-metode tersebut. Laporan Investigasi Geofisika 3 .BAB II TEORI DASAR Bila dilihat dari sifat fisis batuannya. mineral. polepole. dapat dicari besarnya nilai apparent resistivity/resistivitas semu (ρ) dengan melakukan perhitungan yang menggunakan persamaan : ρ=K ∆V I dengan K adalah faktor geometri yang nilainya bergantung pada jarak AB dan MN. Untuk melakukan hal-hal tersebut. dipole-dipole. seperti minyak. Ada banyak metode geofisika yang dapat digunakan. Data yang diperoleh dari pengukuran adalah spacing (AB/2). Setelah itu data yang digunakan dalam processing adalah nilai AB/2 dan harga dari apparent resistivity (ρ). A. dan geothermal kita perlu menentukan konfigurasi struktur geologi dan komposisi bawah permukaan dari bumi tersebut. elektrikal. elektromagnetik. Metode Resisitivity Metode Elektrikal dalam hal ini Resistivity memanfaatkan sifat resistivitas listrik batuan untuk menganalisis dan menentukan formasi bawah permukaan. Metode ini digunakan dengan melakukan pengukuran beda potensial yang ditimbulkan akibat injeksi arus listrik ke dalam bumi. Oleh karena itu. Penggunaan metode ini biasanya disesuaikan dengan karakteristik dari konten dan struktur yang akan kita cari. geomagnet. seperti Wenner. gas. MN. beda potensial (∆V).

Nilai gravitasi di ekuator akan berbeda dengan nilai gravitasi di daerah kutub. Metode Gravity Selain tidak homogen. Bentuknya memimipih di bagian ekuatornya. U Ekuato r Gambar 1 Oleh karena bentuk bumi yang tidak homogen dan bulat sempurna ini. Perbedaan jari-jari tersebut sekitar 21 km. Nilai gravitasi di kutub 51860 g. Pemipihan ini disebabkan oleh adanya kesimbangan antara gerakkan gaya gravitasi dan gaya sentrifugal dari efek rotasi bumi itu sendiri. maka percepatan gravitasinya akan mengalami variasi. S Laporan Investigasi Geofisika 4 . Bentuk bumi yang memipih di ekuator dapat dilihat melalui gambar di bawah ini. Jari-jari bumi di ekuator lebih besar dari pada jari-jari di kutub karena gaya sentrifugal di ekuator menarik massa ke luar.u lebih besar daripada di ekuator. bentuk bumi juga tidak bulat sempurna.B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful