Disampaikan pada Penyebaran Informasi Produk Terapetik, Kosmetik, Pangan dan Bahan Berbahaya

1.
2. 3. 4. 5.

6.
7. 8.

Pendahuluan Defnisi Harmonisasi ASEAN di Bidang Kosmetik Kategori Produk Kosmetik Persyaratan, Penggolongan & Ijin Edar Kosmetik Wadah dan Penutup Kosmetik Efek Samping Kosmetik Cara Menyimpan Kosmetik

* mengubah penampilan. * melindungi supaya tetap dalam keadaan baik. * memperbaiki bau badan * tidak dimaksudkan untuk mengobati atau menyembuhkan suatu penyakit. untuk : * membersihkan. * menambah daya tarik. kuku.KOSMETIKA adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis. . bibir dan organ genital bagian luar). atau gigi dan rongga mulut . rambut.

.Harmonisasi ASEAN Di Bidang Kosmetika Januari 2008 Brunei Filipina Indonesia Kamboja Laos Malaysia Myanmar Singapura Thailand Vietnam Adalah regulasi baku di bidang kosmetik yang disetujui oleh negara anggota Asean untuk diterapkan di masing-masing negara.

Kosmetika Lisensi adalah kosmetik yang diproduksi di wilayah Indonesia atas dasar penunjukan atau persetujuan tertulis dari pabrik di negara asalnya Kosmetik impor adalah kosmetik produksi pabrik kosmetik luar negeri yang dimasukkan dan diedarkan di wilayah Indonesia Kosmetik kontrak adalah kosmetik yang produksinya dilimpahkan kepada produsen lain berdasarkan kontrak .

2. minyak. dsb) 8. lotion. kaki. emulsi. gel. Sediaan perawatan rambut * Sediaan pewarna rambut dan pemucat rambut * Sediaan pengeriting rambut dan pelurus rambut * Sediaan penata rambut * Sediaan pembersih (lotion. minyak untuk kulit (wajah. lacquers. Parfum. sediaan mandi. tangan. serbuk) Bedak rias wajah. Krim. bedak badan antiseptik. minyak) * Sediaan hairdressing (lotions. sabun mandi antiseptik. Sediaan mandi (garam mandi. Sabun mandi. dan lain-lain 6. dsb) Masker wajah (kecuali peeling kimiawi) Alas bedak (cair. bedak badan. 4. sediaan kebersihan badan lainnya 5. 3. gel. pasta. Sediaan Depilatori 9. sediaan wangi-wangian 7. Deodoran dan anti perspiran 10. shampoo) * Kondisioner (lotion. krim. serbuk.1. busa mandi. brilliantines) .

Sediaan perawatan gigi dan mulut 15.Sediaan bibir 14.Sediaan perawatan dan rias kuku 16. .Sediaan pencerah kulit 20.Sediaan lainnya.Sediaan cukur (krim.11.Sediaan rias dan pembersih rias untuk wajah dan mata 13. busa.Sediaan kebersihan daerah kewanitaan 17.Sediaan mandi surya 18. losion) 12.Sediaan penggelap warna kulit tanpa matahari 19.Sediaan anti-wrinkle 21.

4.PERSYARATAN. c. PENGGOLONGAN DAN IJIN EDAR KOSMETIK (Keputusan Ka Badan POM No: HK.menggunakan bahan yang memenuhi standar dan persyaratan mutu serta persyaratan lain yang ditetapkan.1745 tgl 5 Mei 2003 ttg Kosmetik) PERSYARATAN PRODUKSI KOSMETIKA Pasal 2 : TREND PENDAFTARAN PRODUK PANGAN MD DAN ML (2005 – 2009) 6000 Kosmetik yang diproduksi dan atau diedarkan harus memenuhi persyaratan sbb : Jumlah Persetujuan 5000 4000 3000 2000 1000 0 a.terdaftar pada dan mendapat izin edar dari Badan Pengawas dan Makanan.diproduksi dengan menggunakan CARA MLPEMBUATAN KOSMETIK YANG BAIK.05. 2005 2006 Obat 2007 2008 2009 Tahun MD .00. b.

Kosmetik yang digunakan di sekitar mata.Pendaftaran produk PENGGOLONGAN KOSMETIKA dari daerah Pasal 3 : 2005 -2009 Berdasarkan bahan dan penggunaannya serta untuk maksud evaluasi produk. Kosmetik yang mengandung bahan dgn persyaratan kadar dan penandaan. Kosmetik golongan II adalah yang tidak termasuk golongan I Lanjutan Persyaratan. Kosmetik yang mengandung bahan dan fungsinya belum lazim serta belum diketahui keamanan dan kemanfaatan nya. Kosmetik yang digunakan untuk bayi. d. kosmetik dibagi 2 (dua) golongan : 1. c. Kosmetik golongan I adalah : a. rongga mulut dan mukosa lainnya. Penggolongan dan Ijin Edar Kosmetik … Catatan : Tahun 2005 belum ada pendelegasian . 2. b.

Penggolongan dan Ijin Edar Kosmetik … IZIN EDAR KOSMETIKA Pasal 10 : 1. produsen kosmetik yang mendapat izin usaha Industri. Yang berhak untuk mendaftarkan adalah : a. b. 2. Kosmetik sebelum diedarkan harus didaftarkan untuk mendapatkan izin edar dari Kepala Badan.Lanjutan Persyaratan. badan hukum yang ditunjuk atau diberi kuasa oleh perusahaan dari negara asal. . perusahaan yang bertanggungjawab atas pemasaran. c.

Apotik yang meracik atau membuat di tempatnya dan menjual langsung kepada pemakai. 3. Pasal 3) . rumah sakit. (Permenkes No. dokter. 2. 236/Men. pendidikan atau analisa kimia. Salon kecantikan. poliklinik atau instalasi kesehatan yang memproduksi untuk keperluan sendiri. Badan pemerintah dan atau swasta yang memproduksi untuk keperluan ilmu pengetahuan(riset).Kes/Per/X/1977 ttg Perijinan Produksi Kosmetika dan Alat Kesehatan.Ijin produksi tidak berlaku bagi : 1.

BAGAIMANA WADAH DAN PEMBUNGKUS KOSMETIKA? Wadah dan pembungkus harus diberi penandaan yang berisi informasi yang lengkap. dicetak. . keamanan dan cara penggunaan serta informasi lain yang dicantumkan pada etiket dan atau brosur atau bentuk lain yang disertakan pada kosmetik Etiket adalah keterangan berupa tulisan. diukir. dengan atau tanpa gambar yang dilekatkan. dicantumkan dengan cara apapun pada wadah atau dan pembungkus. obyektif dan tidak menyesatkan Penandaan adalah keterangan yang cukup mengenai manfaat.

yaitu : CD : untuk kosmetika produksi dalam negeri. CL : untuk kosmetika impor Tanda kosmetik yang sudah dinotifikasi adalah : CA 12345678912 .PENANDAAN Tanda kosmetik yang sudah terdaftar dapat dilihat pada label kemasannya.

TAHUN 2009 ??????!! !!!!!!! .

Kuku : perubahan warna kuku dan peradangan jaringan sekitar kuku. kerusakan rambut. dan iritan dalam sediaan kosmetik sekitar mata. Jerawat 3. sabun. atau infeksi oleh mikroba yang terhisap dapat mencemari sediaan. Fotosensitivitas MATA SALURAN PERNAFASAN Rasa tersengat/terbakar : akibat pemaparan Akibat pemakaian Aerosol bahan iritan. mengakibatkan gangguan Pigmentasi konjungtiva saluran nafas. kerontokan rambut. . seperti : alkohol. yang digunakan dalam ruangan dengan ventilasi Konjungtivitis alergikaAkibat bahan alergen buruk. KULIT 1.Macam-Macam Efek Samping Kosmetik RAMBUT DAN KUKU Rambut : iritasi kulit kepala. masuknya partikel-partikel sediaan kosmetik ke Bedak powder yang dalam mata. Dermatitis 2.

EFEK SAMPING PEMAKAIAN KOSMETIK .

Dermatitis kontak akibat alergi terhadap lanolin dalam moisturizer Dermatitis kontak berupa Kemerahan pada kelopak mata atas akibat alergi terhadap bahan berbahaya dalam eyeshadow .

FAKTOR RESIKO Faktor-faktor yang dapat memicu terjadinya efek samping dari kosmetik diantaranya :  Penggunaan atau cara pemakaian kosmetik yang tidak tepat.  Adanya pencemaran mikroba pada waktu penyimpanan kosmetika  Kosmetika yang mengandung bahan yang mempunyai potensi terjadinya efek samping atau kosmetika yang diproduksi dengan menggunakan bahan diluar batas konsentrasi makasimal  Mengandung bahan berbahaya atau kosmetika ilegal .  Kondisi kesehatan atau daya tahan tubuh pemakai.

Indeks Resiko Kosmetik (FDA)      Susu pembersih Shampo Kosmetik anti akne Krim pelembab Pewarna rambut : IR rendah : IR rendah : IR sedang : IR tinggi : IR tinggi Penanganan Efek Samping Kosmetik : •Stop Kosmetik •Identifikasi Bahaya •Ke Dokter .

zirkonium (dalam aerosol). formaldehid. Pengawet. metilenklorida.BAHAN-BAHAN PENYEBAB EFEK SAMPING DAN KERACUNAN DALAM KOSMETIKA    Bahan pewangi (fragrance). propelan. dll Bahan karsinogenik dalam kosmetika (bahan berbahaya) : senyawa merkuri. rodamin B . kloroform. hexaklorofen. banyak bersifat alergen dan iritan. misal : paraben.

BAHAN YANG DILARANG DIGUNAKAN DALAM KOSMETIKA         Antimon dan derivatnya Asam retinoat dan garamnya (Tretinoin) Hormon Raksa dan senyawanya Sel. toksin atau serum Dll…… KOSMETIKA . jaringan atau produk yang dihasilkan dari manusia Talidomid dan garamnya Vaksin.

lotion dan shampo dan lain-lain  Senyawa merkuri dikenal sebagai bahan yang dapat menghilangkan bercak coklat pada kulit (bercak ketuaan) dan mencegah keriput .MERKURI  Senyawa merkuri banyak digunakan dalam kosmetik pemutih kulit dan sebagai pengawet dalam krim.

iritasi setelah penggunaan pada kulit Penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri dalam jangka waktu yang lama. merkuri akan terakumulasi dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan ginjal. eritema dan pigmentasi.EFEK MERKURI TERHADAP KESEHATAN    Merkuri cepat terabsorpsi ke dalam kulit yang rusak dan dapat terakumulasi dalam tubuh Dapat menimbulkan alergi. Minstrel boy . serta dapat menyebabkan kanker.

hilang ingatan dan agresif .MERKURI DILARANG …!!! Sebagai bahan pemutih kulit dalam Kosmetik MERKURI Sebagai Bahan pengawet dalam kosmetika sekitar mata dapat digunakan FENILRAKSA NITRAT dan TIOMERSAL Maksimal 0. tremor. marah.007% (dihitung sebagai Hg. peningkatan salivasi dan gangguan psikologis : depresi. perasaan malu. cemas.) Gejala khas keracunan merkuri : Radang mukosa mulut.

D&C Red 19. CI Food Red 15 Merah K11 .ZAT WARNA DALAM KOSMETIK Diizinkan: o o o o o o Pigmen Yellow 3 CI 11710 Carmoisine CI 14720 Food Red 2 CI 14815 Curcumin Beta Croten D & C Orange No. D&C Orange 17) Merah K3 (CI Pigmen Red 53. D&C Red 9) Merah K10 (Rhodamin B. D&C Red 8) Merah K4 (CI Pigmen Red 53. 4 CI15510 Dilarang Jingga K1 (CI Pigmen Orange 5.

• Tidak boleh digunakan pada produk pemutih. • Hanya boleh untuk pewarna rambut 0.3 % EFEK SAMPING : • • • • Hiperpigmentasi permanen Kemerahan kulit Iritasi kulit Peradangan pada kulit .

pembengkakan (oedema).ASAM TRETINOAT PENGGUNAAN : Jerawat yang disertai dengan komedo. . Pada penggunaan normal menyebabkan. papula dan pustula. Pada ibu hamil dapat menyebabkan perdarahan dan memiliki efek teratogenik. EFEK SAMPING Efek Topikal : menyebabkan kulit terasa pedih dan panas yang berlangsung sementara. Tretinoin dan derivatnya tidak boleh digunakan dalam sediaan kosmetik. tapi masuk kedalam golongan sediaan obat. kemerahan dan pengelupasan kulit.

D dari provitamin D3 pada kulit .D .Berbagai gangguan kulit lainnya .Kulit terbakar .Dermatitis hingga Kanker kulit .Mengaktifkan pembentukan Vit. EFEK SINAR MATAHARI KEUNTUNGAN .Ketuaan pada kulit .Melancarkan peredaran darah .Meningkatkan pembentukan Hemoglobin KERUGIAN .Kulit tidak elastis .MENGENAL KOSMETIK TABIR SURYA DAN PERHATIAN PENGGUNAANNYA LATAR BELAKANG Dasar pemikiran adanya kosmetik tabir surya adalah adanya efek merugikan dari radiasi sinar matahari.Membantu absorbsi kalsium dalam usus oleh adanya Vit.Denaturasi (penguraian) komponen protein dalam kulit .

Panjang gelombang sinar matahari dari 334.3 nm dapat memberikan efek penggelapan warna kulit dan kemerahan kulit minimal.2-336. yaitu Ultraviolet (UV) dan sinar infra merah. sinar tidak tampak.MENGENAL SINAR MATAHARI Sinar matahari terbagi menjadi sinar yang tampak. UV-A UV-B UV-C : 320-400 nm : 290-320 nm : 200-290 nm .

mengurangi efek dari efek sinar matahari yang merusak. Tabir surya adalah zat yang dapat menyerap 85% sinar matahari pada panjang gelombang 290 nm sampai 320 nm (UV) tetapi dapat meneruskan sinar pada panjang gelombang lebih dari 320 nm .TABIR SURYA Merupakan kosmetik yang dapat melindungi kulit.

SPF • Merupakan Angka yang menunjukan daya proteksi sediaan tabir surya terhadap paparan sinar matahari. kulit akan terlindungi oleh tabir surya selama 300 menit (20 x 15). . Maka bila menggunakan tabir surya dengan nilai SPF 15. • Bila tanpa tabir surya kulit akan mengalami rasa terbakar dalam waktu 20 menit.

Ulangi setiap 2 jam pada tengah hari dan setelah berenang. Amati reaksi alergi. jangan sengaja berjemur.     . iritasi. Penggunaan tabir surya yang terlalu sering akan mengakibatkan kurangnya pembentukan vitamin D. sebagai pencegahan hendaknya mengkonsumsi suplemen vitamin D. bila terjadi hentikan penggunaan tabir surya. biarkan beberapa menit sebelum keluar rumah. pakaian lengan panjang dan kaca mata pelindung.Informasi Penggunaan  Gunakan tabir surya dengan nilai SPF minimal 15. Bila perlu gunakan topi.

eyeliner cair) sebaiknya disimpan selama 3-6 bln saja Alas bedak dapat bertahan hingga 2 tahun Lipstik.Cara Penyimpanan Kosmetik yang Baik          Taruhlah dalam tempat yang kering dan sejuk Pastikan peralatan tatarias anda tertutup dengan baik Sebaiknya tidak meletakkan kosmetika di kamar mandi Hindari tempat menyimpan yang terkena paparan sinar matahari Produk yang banyak mengandung air (maskara. eye liner atau lip liner memiliki masa pakai selama 2 tahun Alat tatarias yg berupa bubuk (perona mata) dapat bertahan selama 3 tahun Cat kuku dapat disimpan hingga 1 tahun .

ada 27 produk yang tidak terdaftar. mengandung : • Merkuri (Hg).00.15 C. mengandung : • Merkuri (Hg). No : KH. • Asam Retinoat.I. • Zat warna Rhodamin. ada 51 produk yang tidak terdaftar.3 . mengandung : • Merkuri (Hg).01.01. yaitu bahan yang dil No : KH.I .2. C. 45170) .01. • zat warna Rhodamin B dan Merah K.00.002.3984 Tanggal : 2 September 2004.Food Red No. • Hidroquinon > 2 %.PUBLIC WARNING/PERINGATAN TENTANG KOSMETIKA TIDAK TERDAFTAR MENGANDUNG BAHAN DILARANG N0. ada 10 Produk tidak terdaftar .2003 Tanggal : 3 Januari 2003.10 ( Rhodamin B . : KB. • Merah K.3352 Tanggal : 7 September 2006.

Hidroquinon > 2%.6081 Tanggal : 1 Agustus 2007 ada 26 produk tidak terdaftar. mengandung : • • • • • Merkuri (Hg).Nomor : KH.00. zat warna Rhodamin B / Merah K.01. Diethylene Glycol (DEG) 7 Maret 2008 Penarikan 4 Produk kosmetik Produk kosmetik yang Ditarik Kembali di Singapura 28 Maret 2008 Pembatalan Persetujuan Produk DOCTOR KAYAMA DOCTOR KAYAMA Whitening Night Cream (CL 1004600452) DOCTOR KAYAMA Whitening Day Cream (CL 1004600454) . Retinoic Acid / Tretinoin.432.10.

25.4213150 .go. Bandung 40171 Telp : 022 .pom.id TERIMA KASIH .go.UNIT LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN (ULPK ) BBPOM DI BANDUNG TERIMA KASIH Jalan Pasteur no.id Website BPOM : www.4266620 Faks: 022 . SMS : 081320707035 e mail: bpom_bandung@pom.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful