P. 1
Etika Pasar Bebas

Etika Pasar Bebas

|Views: 113|Likes:
Published by Vhy Ituw Nophy

More info:

Published by: Vhy Ituw Nophy on Oct 04, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/24/2014

pdf

text

original

ETIKA PASAR BEBAS

Oleh Novi Dwi Arifiati

Pasar Bebas Pengertian Free market competitions atau yang biasa kita kenal dengan pasar bebas. merupakan pasar dimana didalamnya tidak ada unsur intervensi (campur tangan) dari pemerintah .

Etika Pasar Bebas Ada dua etika yang harus di pegang oleh para pelaku pasar agar pasar selalu dalam kondisi ideal dan fairness : 1. pasar harus dalam kondisi ekuiblirium 2. adanya optimasi manfaat barang oleh pembeli dan penjual .

Namun para penjual menjamin sepenuhnya para pembeli akan menerima barang sesuai dengan contoh/sample yang diperlihatkan di bursa pada saat dilaksanakannya transaksi baik mengenai jumlahnya. .PASAR KOMODITAS • PENGERTIAN Pasar Komoditi adalah tempat dipertemukannya aktivitas permintaan dan aktivitas penawaran barang. kualitasnya. Pada saat terjadinya transaksi. tidak diperlihatkan jumlahnya secara keseluruhan. cara pengiriman dan bahkan waktu penyerahannya. dalam hal ini barang-barang yang akan diperjualbelikan di pasar. harganya.

5. Boikot Predatory pricing . production) Penimbunan Barang Kecurangan & manipulasi Diskriminasi harga 6.Larangan Pasar Komoditas 1. Kartel (kesepakatan antar perusahaan yg berkompetisi: price. 4. 7. Monopoli 2. marketing. 3.

untuk mewujudkan perekonomian Indonesia yang efisien melalui penciptaan iklim usaha yang kondusif. adalah lembaga independen yang dibentuk untuk mengawasi pelaksanaan Undang-Undang tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. yang menjamin adanya kepastian kesempatan berusaha yang sama bagi semua pelaku usaha. KPPU. Maksudnya. .Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Komisi Pengawas Persaingan Usaha.

atau alat bukti lain guna penyelidikan dan atau pemeriksaan. Menyimpulkan hasil penyelidikan dan atau pemeriksaan tentang ada atau tidak adanya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. Melakukan penyelidikan dan atau pemeriksaan terhadap kasus dugaan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat yang dilaporkan oleh masyarakat atau oleh pelaku usaha atau yang ditemukan oleh Komisi sebagai hasil penelitiannya.KPPU sesuai UU No 5 Tahun 1999 Tugas • Melakukan penilaian terhadap perjanjian. • Menyusun pedoman dan atau publikasi yang berkaitan dengan Undang-undang ini. dokumen. wewenang • Menerima laporan dari masyarakat dan atau dari pelaku usaha tentang dugaan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. dan atau menilai surat. terhadap kegiatan usaha dan atau tindakan pelaku usaha yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat • Melakukan penilaian terhadap ada atau tidak adanya penyalahgunaan posisi dominan yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak. Melakukan penelitian tentang dugaan adanya kegiatan usaha dan atau tindakan pelaku usaha yang dapat mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. • Memberikan saran dan pertimbangan terhadap kebijakan Pemerintah yang berkaitan dengan praktek monopoli dan atau persaingan usaha tidak sehat. • • • • • . • Memberikan laporan secara berkala atas hasil kerja Komisi kepada Presiden dan Dewan Perwakilan Rakyat. • Mengambil tindakan sesuai dengan wewenang Komisi sebagaimana diatur dalam Pasal 36. meneliti. Memanggil pelaku usaha yang diduga telah melakukan pelanggaran terhadap ketentuan undang-undang in Mendapatkan.

berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham. maka jelaslah bahwa pasar modal juga merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan kepada masyarakat. termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan. Dilihat dari pengertian akan pasar modal diatas. obligasi-obligasi.PASAR MODAL Pengertian Secara umum : suatu sistem keuangan yang terorganisasi. pasar modal adalah suatu pasar (tempat. dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek (Sunariyah. . Dalam arti sempit. serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar. 2000 : 4).

termasuk sertifikat atau surat pengganti serta bukti sementara dari surat-surat tersebut. • Bursa efek : pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran dan permintaan efek pihakpihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka. bukti keuntungan dan surat-surat jaminan. obligasi atau surat berharga lainnya. opsi obligasi. bukti penyertaan dalam modal atau pinjaman lainnya. obligasi atau bukti lainnya. yang disebut efek. • Efek : setiap saham. .Bursa Efek • Pasar modal : suatu bidang usaha perdagangan surat-surat berharga jangka panjang seperti saham.

Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan (BaPePam) • Yaitu. . pengaturan dan pengawasan sehari-hari kegiatan pasar modal. • Tujuan BaPePam : untuk mewujudkan terciptanya kegiatan pasar modal yang teratur. efisien dan melindungi kepentingan permodalan di Indonesia. wajar. badan pemerintah yang bertugas untuk melakukan pembinaan.

persetujuan atau pendaftaran dari bapepam • Penipuan • Manipulasi pasar • Perdagangan orang dalam (insider trading) .Pelanggaran di Pasar Modal • Melakukan kegiatan di pasar modal tanpa izin.

e. f. denda yaitu kewajiban untuk membayar sejumlah uang tertentu. d. pembatalan persetujuan.Sanksi dalam Pelanggaran Pasar Modal Menurut PP No. peringatan tertulis. c. pencabutan izin usaha. b. pembatasan kegiatan usaha. dang.pembatalan pendaftaran .45 Tahun 1995 Tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal Pihak yang melakukan pelanggaran dikenakan sanksi administratif berupa: a. pembekuan kegiatan usaha.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->