P. 1
Isi Makalah

Isi Makalah

|Views: 20|Likes:
Published by Muhammad Rizal
si Makalah
si Makalah

More info:

Categories:Book Excerpts
Published by: Muhammad Rizal on Oct 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/25/2014

pdf

text

original

Tugas TIK

Pendahuluan Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer tidak hanya berperan dalam bidang pengetikan atau penghitungan, namun telah merambah ke berbagai bidang lainnya, termasuk bidang komunikasi. Bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, niliter, seni, hiburan, jaringan telekomunikasi dan lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer untuk membantu memecahkan masalah. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran, alat analisis, dan hal-hal yang terkait dengan kegiatan akademik. Pemanfaatan komputer dalam bidang ekonomi dan bisnis dapat kita liahat melalui berbagai sector usaha yang sekarang hampir seluruhnya terkomputerasi.

SK 1 : Melakukan operasi dasar komputer

A. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur Pengertian Booting. Tiga komponen yang dibutuhkan untuk mengaktifkan komputer yaitu, hardware, software, dan user(brainware). Hardware merupakan perangkat keras yang terdiri dari cpu, keyboard, dan perangkat pendukung lainnya. Software adalah program yang mendukung untuk operasional hardware. sedangkan user atau Braindware adalah pengguna komputer. Langkah awal dalam mengoperasikan komputer adalah proses booting. Booting adalah proses pemasukan arus litrik ke dalam peralatan

1

Bahrawi Basri X-1

Tugas TIK

komputer,sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna user. Program yang menghubungkan pengguna dengan komputer adalah sistem operasi (operating sistem). Sistem operasi dalam bentuk disket disebut Disk Operating System (dos) dan jika dalam bentuk tape disebut Tpe Operating System (tos). Cara Booting ada 2 macam yaitu Booting komputer dari keadan mati (tidak mendapat suplai listrik) yang dikenal sebagai tooth booting dan Booting pada saat komputer sudah hidup (mendapat suplai listrik) dikenal sebagai warm booting. Cold Booting Langkah-langkah proses booting dingin (cold boot) 1. Pastikan bahwa kabel pada power suplay atau listrik sudah terpasang dengan baik. 2. Hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor, biasanya ada pada bagian bawah layar monitor. 3. Tekan tombol power pada bagian depan cpu Jika dekstop sudah tampil, artinya komputer sudah dapat digunakan. Keunggulan dari penggunaan dekstop adalah icon-icon short cut (perintah cepat) yang ada pada walpaper. 4. Klick tombol start 5. Klick turn off komputer 6. Pilih turn off komputer. Komputer untuk beberapa saat akan mengecek keadaan dirinya dan tak lama kemudian lampu di cpu akan padam.

2

Bahrawi Basri X-1

Tugas TIK

B. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi Sebelum menggunakan perangkat lunak aplikasi, Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar perangkat lunak Anda aktif. Apabila perangkat lunak aplikasi Anda belum terpasang, langkah pertama yang harus Anda lakukan, Yaitu meng-instal-nya tarlebih dahulu. Cara meng-instal-nya, yaitu dengan memasang CD software aplikasi, kemudian klik Start-Run-Browse. Pada kotak Look

in pilih Drive CD-ROM dan cari file setup.exe. Kemudian klik, open. Selanjutnya, klik OK, maka proses peng-install-an program aplikasi dimulai. Ikuti langkahlangkah pada proses peng-install-an tersebut. Perlu diketahui, dalam CD Microsoft Office terdapat program aplikasi Ms Word, Ms Excel, Ms Accsess, Ms Power Point, Ms Front Page, dan Ms Outlook. Hal ini berarti, sekali Anda meng-install Microsoft Office secaraFull package (paket penuh), otomatis semua program aplikasi tersebut akan ter-install. Setelah program Anda ter-install, klik Start-All Program, kemudian pilih ikon program aplikasi Anda. SK 2 : Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi berbagai peralatan A. Mendeskripsikan fungsi , proses kerja komputer, telekomunikasi, serta teknologi informasi dan komunikasi

a. Peralatan Teknologi Informasi 1. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurutprosedur yang telah dirumuskan. 2. Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik).

3

Bahrawi Basri X-1

Tugas TIK

Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara). 3. Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. 4. Internet (Interconnected Network) yaitu jaringan komputer yang saling mentrasfer data menggunakan Internet Protool (IP). 5. Faksimili (fax) yaitu alat mengirim atau menerma Informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi. b. Peralatan Teknologi Komunikasi 1. Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. 2. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah 3. Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik. 4. Telepon genggam seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan denganjaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless)

4

Bahrawi Basri X-1

b. mouse 5 Bahrawi Basri X-1 .  Siklus pengolahan data System pengolahan data elektronik adalah system pengolahan data yang saling berhubungan dan bekerjasama satu dengan yang lain dan menggunakan peralatan computer. Pengolahan data adalah manipulasi data jadi bentuk lain yang lebih berarti dan lebih berguna sehingga akan memberikan suatu informasi. dan monitor (layar) Berdasarkan fungsinya dikelompokan menjadi: 1. Perangkat keras pada computer antara lain CPU (Central Processing Unit). Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi data nenjadi bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan computer. processing. dan output. a. Keyboard (papan ketik).  Perangkat Keras (Hardware) Komputer Perangkat Keras adalah peralatan yang dapat disentuh dan terlihat fisiknya. Keyboard Digunakan untuk megetik dan memasukkanperintah atau data yang akan diolah computer. Perangkat Input Data (Input Device) adalah perangkatyang digunakan untuk menerima input (memasukkan data dan perintah) ke dalam computer untuk diolah lebih lanjut.Tugas TIK Proses Pengolahan Data  Membedakan data dan informasi Data adalah kumpulan fakta yang memberikan gambaran tentang sesuatu. Suatu system pengolahan data terdiri atas 3 tahapan dasar yaitu input.

6 Bahrawi Basri X-1 . Kamera Digital Merupakan kamera yang menggunakan sensor olektronik untuk mengubah data yang ditangkap menjadi data. Perangkat Output Data (Output Device) 1. digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan monitor.  VGA Card. merupakan komponen utama yang yang menentukan kemampuan computer.mengatur dan menentukan alat. Dan juga disebut dengan Visual Display Unit (VDU) 2. 3. digunakan sebagai tempat menancapkan alat yang biasanya berupa kartu (card)  Motherboard. LCD Proyektor Berfungsi untuk menampilkan gambar (Visual) hasil pemrosesan data. Bagian dalam dari CPU terdiri atas komponen berikut :  Sound Card merupakan kartu tambahan yang digunakan untuk mengolah suara.kamera digital juga juga merupakan salah satu perangkat input.  Slot Ekspansi. 2. terutama yang berbasis Grapical User Interface (GUI) c.atau TV. Perangkat Proses Data (Processing) CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari computer yang mengatur dan memproses seluruh kerja computer. Monitor (Screen) Merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketik pada keyboard setelah diolah oleh prosesor.video.monitor digital.seperti : mengorganisasikan.Tugas TIK merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol program aplikasi.

4. c. d. 4. media ini bersifat non-volatile artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran listrik. ZIP drive merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB. Disket (Floppy Disk) Merupakan memori penyimpanan yang terdiri atas satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis. Pariferal Device Merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk mengoptimalkan fungsi computer . Memory Card (flash memory card) 7 Bahrawi Basri X-1 . Media Penyimpanan Data (Memori/Storage) Storage Device (Perangkat Penyinpanan) merupakan media untuk menyimpan informasi baik melalui magnetisasi medium tertentu (Magnetic Storage Media) atau sinar laser (Optical Disk) 1.Tugas TIK 3. Printer Digunakan utuk mencetak dokumen dan gambar dari format elektronik (Softcopy) kedalam bentuk nyata (Hardcopy). b. Hard Disk Disebut juga Hard Drive. 5. Media penyimpanan magnetic a. Speaker Merupakan peangkat multimedia yang digunakan untuk mendengarkan opening sound ketika kompute sedang membaca sistm operasi.

laptop. 2. serta berukuran kecil hingga mudah dibawa-bawa. Bedanya. ipod. Media Kabel Merupakan alat penghubung untuk membangun jaringan informasi dan komunikasi menggunakan media kasat mata. tetapi memanfaatkan gelombang elektromagnetik dan cahaya sebagai media. e. seperti kamera digital. USB Flash disk (flash drive atau USB keys) Perangkat ini memiliki kapasitas data yang besar. Media Nirkabel Digunakan untuk menbangun jaringan komunikasi tanpa menggunakan media kasat mata. CD (Compact Disk) CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki lubang ditengahnya yang berdiameter 15 mm. Media Jaringan Informasi dan Komunikasi 1. tidak gampang rusak. 2. DVD (Digital Versatile Disk) DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. handphone. memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada CD biasa.Tugas TIK Perangkat ini merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik. Media Penyimpanan Optikal (Optical Disk) a.Media komunikasi Nirkabel antara lain: a) Gelombang micro (microwave) Merupakan gelombang elektromagnetik yang menggunakan frekuensi tinggi. b. serta video game console. b) Satelit 8 Bahrawi Basri X-1 .

c) Gelombang Radio Frekuensi yang dipergunakan pada gelombang radio berkisar antara 3 KHz sampai dengan 300 GHz.Tugas TIK Dipergunakan untuk komunikasi jarak jauh terutama pada daerah-daerah yang cakupannya luas dan belum ada jaringan telepon. Kecepatan akses internet tergantung pada jenis koneksi dan modemnya. Kecepatan minimal modem adalah 28. d) Inframerah dan Bluetooth Transmisi inframerah dipergunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan kecepatan mencapai 4 Mbps. Secara ekonomi. komunikasi jaringan kabel memiliki ruang lingkup yang terbatas. 9 Bahrawi Basri X-1 . Kelebihan dan Kekurangan jaringan komunikasi menggunakan media kabel antara lain sebagai berikut : 1. Modem dapat digunakan secara bersama menggunakan network card. penggunaan media kabel lebih mahal disbanding penggunaan nirkabel 2.800 bps. dan DSL modem. 4. terutama penggunaan jaringan komunikasi pada area luas atau jarak jauh. Biaya instalansi dan perawatan media kabel lebih mahal dibanding nirkabel 3. Cara Kerja Modem dan Fungsi Satelit Pada Jaringan Komunikasi · Cara Kerja Modem Modem adalah perangkat tambahan untuk computer. kondisi jaringan yang dibangun lebih baik dan kokoh secara structural disbanding penggunaan nirkabel.Ada beberapa modem yaitu dial-up cable modem. baik berupa card (modem internal) maupun eksternal.

10 Bahrawi Basri X-1 . satelit pengirim atau penerima dapat bergerak kemana saja ketika menerima atau mengirim data. dan siaran televisi. Yaitu pada ATM. Contohnya. telepon. Program Paket: Merupakan program khusus yang dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. GL dan MYOB. Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Lunak atau Software Aplikasi TIK Pengelompokan Perangkat Lunak (Software) Aplikasi Sofhware aplikasi merupakan sekumpulan program/perintah yang secara khusus digunakan untuk mengolah data. internet. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi 2 macam: 1. Contohnya Ms. 2. Contoh: Penggunaan satelit pada komunikasi data.Word dan Ms.Excel.Tugas TIK · Fungsi Satelit Digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Program Aplikasi : Merupakan program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu.

misalnya dalam suatu ruangan dan gedung. twisted pair. 11 Bahrawi Basri X-1 . •Pada setiap komputer harus dilengkapi dengan kartu antarmuka yang disebut dengan NIC (Network Interface Card) atau LAN (Local Area Network) •Jaringan kabel biasanya digunakan pada area yang kecil. •Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.Tugas TIK B.wireless. dan serat optik. •Sebuah jaringan biasanya terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Menjelaskan fungsi dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline. •Setiap komputer yang terhubung dalam jaringan memiliki MAC Address atau IP Address (Internet Protocol) yang berbeda-beda. •Jaringan komputer wireline bekerja dengan menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung antar komputer.modem dan satelit) Jaringan Kabel (Wireline) •Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektronik.

d.Tugas TIK Keunggulan Jaringan Wireline •Transmisi data 10 s. 12 Bahrawi Basri X-1 . untuk membangun sebuah jaringan komputer dapat dimungkinkan tanpa menggunakan kabel (nirkabel). 100 Mbps. •Waktu untuk instalasi lama •Membutuhkan tempat dan lokasi jaringan permanen •Membutuhkan biaya perawatan rutin •Sulit untuk berpindah tempat Jaringan Tanpa Kabel (Wireless) •Seiring dengan kecanggihan teknologi informasi. •Transmisi data berjalan dengan lancer •Biaya peralatan terjangkau Kelemahan Jaringan wireline •Penggunaan terbatas pada satu tempat yang terjangkau kabel. •Delay atau waktu koneksi antarkomputer cepat.

sinar inframerah (infrared). •Komputer mobile. 13 Bahrawi Basri X-1 . bluetooth. •Kecepatan Instalasi Proses instalasi jaringan ini relatif lebih cepat dan mudah karena tidakmembutuhka n kabel yang harus dipasang sebagai penghubung.Tugas TIK •Untuk mengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakangelombang radio (Radio Frequency). seperti notebook dan Personal Digital Assistant (PDA) merupakan komputer yang dapat digunakan pada jaringannirkabel. dan melalui gelombang mikro (microwave). Keunggulan dan keuntungan jaringan nirkabel : •Mobilitas Jaringan nirkabel menyediakan pengaksesan secara realtime kepadapengguna jaringan di mana saja selama berada dalam batas aksesnya.

Kelemahan Jaringan Nirkabel •Transmisi data hanya 1-2 Mbps yang jumlahnya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel. •Biaya peralatannya mahal. •Kemampuan Jangkauan Konfigurasi jaringan dapat diubah dari jaringan peer-topeer untuk jumlahpengguna yang sedikit menjadi jaringan infrastuktur yang lebih b anyak.Bahkan. anggaran biaya dapat ditekan walaupuninvestasi a wal pada jaringan nirkabel ini lebih besar biayanya daripadajaringan kabel. •Adanya delay atau waktu koneksi yang besar 14 Bahrawi Basri X-1 . bisa mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah denganjang kauan yang luas. •Pengurangan Anggaran Biaya Bila terjadi perpindahan tempat.Tugas TIK •Fleksibilitas tempat Jaringan nirkabel atau wireless sangat fleksibel terhadap tempat. Biaya i nstalasi dapat diperkecil karena tidakmembutuhkan kabel dan biaya pemeliharaan pun lebih murah. •Transmisi data dari komputer yang berbeda dapat mengganggu satu sama lainnya. berbeda dengan jaringan kabel yang tidak mungkin untuk dipasang tanpa kabel.

•Kapasitas jaringan memiliki keterbatasan yang disebabkanspektrumnya tidak besar (pita frekuensinya tidak dapat diperlebar). Berdasarkan teknologinya. dan banyak sumber interferensi. modem dapat dibedakan menjadi : •Modem Dial-up (Modem Telepon) 15 Bahrawi Basri X-1 . •Sinyalnya terputus-putus (intermittence) yang disebabkan oleh adanya benda yang menghalangi sinyal jaringan dengan Modem •Modem merupakan media elektronik untuk menghubungkan komputer dengan jaringan Internet.Tugas TIK •Adanya masalah propagasi radio. me nerjemahkan sinyal analog menjadisinyal digital. •Modem bekerja menggunakan sinyal digital yangditerjemahkan menjadi sinyal analog untuk ditransmisikandan sebaliknya. seperti terhalang. terpantul. •Keamanan data atau kerahasiaan data kurang terjamin.

•Di Indonesia.beberapa ISP yangdapat melayanijasa internetdengan modem dialup diantaranyaTelkomnet. aksesinternet dialupdapat dilakukansecara langsungdengantelkomnet@instan.Wasantaranet. •Untuk dapat berlanggananinternet dengan model dial-up dapatmenghubungi ISP (Internet Service Provider). •Untuk saat ini. Telkom dapatmelakukan konfigurasi atau settingsendiri dengan menyediakan mod em dial-up. •Modem internal dipasangpada slot ekspansimainboard sedangkanmodel eksternal dipasang kan padakomputer dengan menggunakan kabeldata serial ataupun kabel data USB. •Jenis modem dial-up yangberedar di pasaran terdiridari modem internal danmodem eksternal. 16 Bahrawi Basri X-1 .Bila telah memilikiline telepon dari PT.Indosatnet.Tugas TIK •Bekerja denganmenggunakan jaringanwireline yaitu kabeltelepon. danCBNnet.

Multiple redundant OC3 dapatmenangani kebutuhan bandwith dari banyakpelanggan.Tugas TIK •Cable Modem •Cable Modem memiliki cara kerja yangmenyerupai cara kerja Network Interface Card(NIC) atau kartu ethernet yang dipasang padakomputer untuk Local Area Network (LAN). penyedia jasa televisi kabelharus menghubungkan diri dengan penyedia jasa backbone Internet yang lebih besar.Kemudian cablemodem dihubungkan de ngan kartu jaringan (Network Interface Card) yang terdapat dalam PC (Personal Computer). Saat ini ISP untuk j aringan Internet cable modem memberikan layanan dengankebel SOHO (Small Office Home Office). •Perbedaan cara kerja antara modem dengan ethernet adalah pada masalah jarak. Kedua sinyal itu tidak akan mencampuri satu sama lainnya. yaitudengan koneksi OC-3 (155 Mbps) atau multiple redundant OC-3. Kecepatan cable modem berkisar antara 3 – 56 Mbps.Kecepatan data down stream (sinyal masuk) rata-rata berkisar antar 456 Mbps. •Proses kerja dari cable modem adalah memisahkan sinyal dari TV kabel menjadi dua. sedangkan padaethernet yangmemiliki kecepatan 10 atau 100 Mbps (megabit persecond) hanya bisa dalam jarak maksimum kurang lebih 1 km. •Untuk dapatterhubung Internet.yaitu sinyal untuk televisi dan sinya l data yang dihubungkan ke cable modem. dan bisa bekerja dalam jarak 100 km lebih. Modemtidak dipengaruhi oleh jarak walaupun hanya memiliki kecepatan 50 Kbps (kilobits per second).Beberapa ISP 17 Bahrawi Basri X-1 .

•Untuk dapat terhubung Internet.linknet. dan indosatnet.net. mynet. •Modem DSL •Saat ini. •Teknologi untuk modem DSL yang baru tersediaadalah ADSL (Asymmetric Digital Subscribber Line). 18 Bahrawi Basri X-1 . DSL (Digital Subscriber Line) merupakan pesaing utama cable modem.net. •Ditinjau dari segi kecepatan dan biaya tidakberbeda jauh dengan cable modem. Saat ini ISP untukja ringan Internet cable modemmemberikan layanan dengan kebel SOHO (Small Office Home Office).net.Tugas TIK yang melayani internet denganjaringan kabel adalah cbn. Beberapa ISP yang melayani internet dengan jaringankabel adalah cbn.net. penyedia jasatelevisi kabel harus menghubungka n diridengan penyedia jasa backbone Internet yang lebih besar. Multiple redundant OC3 dapatmenangani kebutuhan bandwith daribanyak pelanggan. yaitu dengan koneksiOC-3 (155 Mbps) atau multiple redundantOC-3.id. dan indosatnet.id.linknet. •Di Indonesia tidak semua daerah terjangkau oleh teknologi DSL. mynet.

Teknologi ADSL akanmengembangkan modem dengan kecepatan 52 Mbps.5 Mbps. di mana kecepat an downstream(data masuk) maksimum 1. •Kecepatan ADSL tidak terlalu jauh berbeda dengankabel modem.Tugas TIK •ADSL menggunakan jaringan kabel telepon yangsudah diupgrade atau memiliki enhancementtertentu. dankecepatan upstream (data keluar) berkisarantara 64 Kbps. ADSL tidak membutuhkan salurantelepon kedua tetapi membutuhkan splitteruntuk pembagian antara modem dengantelepon. kurang lebih 50 kali lebih baik dari yangada sekarang. Jaringan Satelit 19 Bahrawi Basri X-1 .

•Untuk dapat berhubungandengan satelit. 20 Bahrawi Basri X-1 . •Penentu kode pos elektronisTCP/IP dan standarisasi protokolTCP/IP. yaitu satelit menerima sinyaldari stasiun bumi (uplink) kemudianmemperkuat sinyal. padajaringan komputerdigunakan protok olkomunikasi yangmempunyai banyakfasilitas yaitu sebagaikode pos elektronispad a pengiriman surat elektronis. •Penentuan kode pos elektronisTCP/IP dan standarisasi protokolTCP/IP dilakukan secar a terpusatbertempat di nic. •Cara kerja transmisi data melalui denganmemperhatikan komponenkomponentersebut. Cara Kerja Satelit •Cara kerja satelit sistem konvensionalyaitu dengan mengirimkan sinyal darikomp uter dan direlai oleh satelit tanpadilakukan pemrosesan dalam satelit. TCP/IP. mengubah frekuensidan mentransmisikan kemb ali data kestasiun bumi penerima yang lain (down-link). Sebagianbesar jaringan komputer menggunakanprot okol komunikasi. pantai barat Amerika Serikat.mil daerah Palo Alto.Tugas TIK •Layanan jaringan satelitdapat menghubungkanbeberapa peralatanteknologi inform asi dankomunikasi di seluruhbelahan dunia.

Sedangkan beberapa kekuranganyang dimiliki adalah : •Keamanan data kurang terjamin •Peralatan yang sangat mahal 21 Bahrawi Basri X-1 .Tugas TIK Internet dengan Satelit Teknologi Internetdengan satelitmerupakanpilihan terbaikuntuk daerahdengan geo grafisyang luas. yaitu : •Jangkauan yang luas antarbenua. Satelit sebagai jaringan internetdan multimedia memiliki beberapa kelebihan. •Mampu mentransmisikan data dengan kecepatantinggi. •Pembangunan infrastrukturnya relatif cepat.

perangkat lunak terdiri atas perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. yaitu: a. A. Sistem Operasi Fungsi: Mengaktifkan seluru perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masingmasing dapat saling berkomunikasi b. PERANGKAT LUNAK SISTEM a. Program Paket: 1. Program Utility (Alat Bantu) Fungsi: Membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi c.Tugas TIK C. Mendemonrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak aplikasi teknologi informasi dan komunikasi Secara umum. PERANGKAT LUNAK APLIKASI Terbagi dua. Bahasa Pemrograman Fungsi: Mengubah arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer B. Perangkat lunak aplikasi pengolah kata Fungsi: Mengolah data dalam bentuk teks 22 Bahrawi Basri X-1 . Program Aplikasi b.

Tugas TIK 2. sehingga produk ciptaannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/hak paten. Perangkat lunak aplikasi pengolah berbasis presentasi Fungsi: Membuat format presentasi dalam bentuk slide 4. maka harus membeli ke pemilik hak paten. Apabila seseorang atau perusahaan ingin memakai produk tersebut. Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi. Merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum. Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya komputer. Perangkat lunak aplikasi pengolah data Fungsi: Pembuatan database 5. Perangkat lunak aplikasi multimedia Fungsi: Mengolah data menjadi hiburan 8. Perangkat lunak aplikasi pengolah statistik Fungsi: Mengolah data dalam bentuk angka agar lebih mudah dianalisis 7. Perangkat lunak aplikasi pengolah grafis Fungsi: Mengolah objek sehingga memiliki tampilan yang lebih baik 6. Perangkat lunak aplikasi pengolah angka Fungsi: Mengolah data berupa angka 3. hak paten terhadap merek dagang diberlakukan. Perangkat lunak aplikasi internet Fungsi: Untuk browsing internet SK 3 : Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi A. 23 Bahrawi Basri X-1 .

Adobe PageMaker. mengurangi. Winzip Computing Corp. dll. Microsoft Corp. 5. 4. Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader. Beberapa cara untuk menghargai hasil karya orang lain. Norton Corp. 24 Bahrawi Basri X-1 .Tugas TIK Beberapa contoh hak cipta pada perangkat lunak : 1. mengeluarkan program multimedia Xing MPEG Player. 4. MS DOS. Xing Technology Corp. Adobe Corp. mengeluarkan produk software sistem operasi Microsoft Windows. mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop. atau menambah hasil karya orang lain. atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten. 2. menyalin. 2. khususnya perangkat lunak komputer : 1. 6. Tidak membajak. dll. software aplikasi Microsoft Office. mengeluarkan software aplikasi CorelDraw. dll. Tidak mengubah. mengeluarakan program utility Winzip. 3. mengeluarkan produk antivirus Norton. Menggunakan perangkat lunak yang asli. WodPerfect. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan. 3. Corel Corp. dll. dll. dll.

Gunkan ground listrik yang baik agar tidak menyisahkan tegangan listrik pada casing atau monitor. maka posisi tangan pada keyboard dibuat senyaman mungkin. b. apakah tegangannya naik turun atau tidak. jika posisi mata lebih tinggi atau lebih rendah. Dan pilihlah Tuts Keyboard yang lembut untuk mengetik. maka sebaiknya digunakan layar yang Low Radiasi. sebab dengan tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan CPU rusak. Bagian-Bagian Peralatan Komputer yang Berbahaya bagi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. sehingga tangan tidak cepat lelah. sehingga pengguna komputer tidak terkena setrum. c. Demikian juga posisi tangan pada keyboard. Posisi duduk yang benar di depan komputer antara lain tempat duduk yang ideal dan bersandar. antara lain : pengaturan posisi duduk yang benar. 1. kursi yang ideal bisa berputar dan dapat diatur tinggi rendahnya. Agar kesehatan tidak terganggu. dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dan monitor. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubungan pendek pada rangkaian listriknya. Ketahanan seseorang di depan komputer dipengaruhi oleh banyak hal. Pengguna komputer atau user kadang-kadang berada di depan komputer berjamjam bahakan berhari-hari. a. maka dibutuhkan kenyamanan dalam menggunakan komputer. 25 Bahrawi Basri X-1 . Yang kedua adalah posisi mata terhadap layar. pengaturan cahaya. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU. maka leher jadi cepat lelah.Tugas TIK B. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (k3) dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi.

b. g. atau dengan memakai screen filter (kaca peredam) pada monitor. Atur jarak antara maa dengan monitor sesuai dengan aturan bila perlu gunakan screen filter di monitor. Perhatikan pencahayaan diruangan tersebut. b. f. Penempatan keyboard dan mouse tidak terlalu sulit atau sesuai dengan jangkauan tangan. b. Hindari sinar yang menyilaukan. d. Upayakan posisi monitor 2-3" (5-8 cm) di atas pandangan. 26 Bahrawi Basri X-1 . h. Posisi Duduk dan Jarak Pandang dengan Monitor yang Benar Posisi Duduk : a. Tempatkan keyboard dan mouse pada tempat yang mudah dijangkau. Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan komputer : a. e. dianjurkan menggunakan kursi yang dapat digerakkan ke depan dan ke belakang. 2. Gunakan kursi yang nyaman. Jarak Pandang : a. Jangan menggunakan keyboard dengan memukul. Atur jarak badan dengan monitor sekitar satu lengan. Upayakan kaki berpijak pada lantai atau pijakan pada meja komputer dengan nyaman. Jarak pandang mata dengan monitor adalah 46-47 cm. e. Posisi kepala tidak menengadah dan pandangan sejajar dengan monitor.Tugas TIK d. Upayakan lengan dan siku dalam keadaan rileks dan berada disamping badan. Gunakan kursi yang memiliki sandaran. c. c. Gunakan penyangga dokumen (document holder) saat mengetik naskah yang diletakkan sejajar dengan layar monitor. jika perlu gunakan screen filter.

Azerbeijan (3) dan Vietnam (11). k. praktik pembajakan itu justru merugikan masyarakat karena perangkat komputernya mudah rusak dan terserang virus komputer. Cukupkan frekuensi istirahat sejenak untuk melepas lelah. Jika kemiringan meja keyboard ke atas. Praktik pembajakan software atau piranti lunak komputer di Indonesia masih tinggi karena masih rendahnya kesadaran dan budaya masyarakat dalam menghargai hak cipta software. l. jumlah tersebut diperkirakan jauh lebih besar karena masih banyak praktik 27 Bahrawi Basri X-1 . Menurut dia. Sheyoputra dalam sosialisasi Piagam Hak Kekayaaan Intelektual (HKI) di Medan.Tugas TIK i. Gunakan meja komputer dan meja keyboard yang stabil (tidak ada goncangan). Indonesia menempati peringkat 12 dalam pembajakan software di bawah Armenia (peringkat 1). Menghargai pentingnya hak atas kekayaan intelektual (Haki) dalam teknologi informasidan komunikasi . j. C. “Padahal secara teknis.” kata Perwakilan Business Software Alliance (BSA). Gunakan meja keyboard yang bisa diubah kemiringannya dengan posisi mouse menyesuaikan posisi keyboard. Bangladesh (2). dalam dua tahun terakhir pihaknya telah menjadi saksi ahli dalam 108 persidangan kasus pembajakan software yang berhasil ditemukan pihak kepolisian. maka mouse diletakkan lebih tinggi. Letakkan monitor dan keyboard lurus dengan pandangan. maka mouse diletakkan lebih rendah. Berdasarkan data BSA internasional. sedangkan jika kemiringin mejakeyboard ke bawah. Rabu. Donny A.

Tugas TIK pembajakan software yang belum terungkap atau tidak diproses secara hukum karena minimnya pengetahuan personel kepolisian dalam bidang teknologi itu. Hak Kekayaan Intelektual sering disingkat HKI dan secara umum lebih sering dikenal sebagai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). perusahaan-perusahaan yang memproduksi software itu mengalami kerugian sekitar 350 Dollar AS. e-learning. sistem penilaian. sistem perpustakaan sekolah online. Digolongkannya program komputer sebagai hasil karya yang 28 Bahrawi Basri X-1 . misalnya website sekolah. Undang-Undang Hak Cipta No. Perlindungan program komputer melalui UUHC sekarang ini tidak lepas dari adanya perkembangan Hak Cipta. 19 Tahun 2002 dan HAKI. Penggunaan lisensi software komputer yang digunakan dalam proses pembelajaran (khususnya mata pelajaran TIK) dan administrasi sekolah. Dimana SDM pihak sekolah kadangkala memiliki keterbatasan waktu dan keahlian untuk membuat sistem tersebut. Banyaknya praktik pembajakan software itu menyebabkan perusahaan yang memproduksi perangkat lunak tersebut mengalami kerugian yang sangat besar. sistem administrasi sekolah. Menurut konvensi ini program komputer dilindungi sebagai karya tulisan. Konvensi Bern yang memberi perlindungan untuk karya literatur dan artistik. dan website alumni sekolah. “Sedangkan untuk tahun 2007 jumlahnya meningkat hingga 411 Dollar AS. tahun 2006. Pengajaran tentang HAKI dalam mata pelajaran TIK dimana ditunjukkan kepada siswa bahwa software yang digunakan adalah legal.” katanya. khususnya untuk program komputer dalam berbagai bentuk pengaturan. Pengembangan sistem informasi sekolah. informasi selengkapnya di Dirjen HKI Departemen Hukum dan HAM.

misalnya C++.Tugas TIK berbasis teks atau tulisan (Literary Works) menurut konvensi ini karena adanya proses penulisan kode-kode perintah (coding) dari programmer atau pencipta yang memerlukan penguasaan pengetahuan yang cukup dalam teknik dan bahasa pemrograman juga kesabaran dalam penulisan kode-kode tersebut. Indonesia mengambil bagian dari perjanjian Internasional lain yang menyangkut Hak Cipta. Source Code tidak dapat dimengerti oleh komputer sehingga harus dikompile dengan menggunakan kompiler agar program yang berbentuk Source Code dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer dalam bentuk Binary Code. yaitu General Agreement on Tariff and Trade/GATT sebagai perjanjian perdagangan multilateral. Universal Copyright Conventions yang dalam mukadimahnya antara lain dikemukakan “bahwa negaranegara peserta yang tergabung dalam konvensi ini terdorong oleh hasrat untuk memberikan perlindungan atas penciptaan daripada karya-karya sastra. ilmiah dan kesenian di seluruh dunia”. selain itu juga mengatur pelaksanaan penegakan hukum dibidang Hak Atas Kekayaan Intelektual secara ketat. PHP. Persetujuan TRIP’s memuat norma-norma dan standar perlindungan bagi karya intelektual manusia dan menempatkan perjanjian internasional dibidang Hak Atas Kekayaan Inteletual sebagai dasar. Java. Perl. Indonesia melalui kabinet karya (Kabinet Juanda) tahun 1958 menyatakan dengan resmi tidak ikut serta dalam konvensi Bern tentang Hak Cipta dengan berbagai alasan yang mengundang pro dan kontra. Dalam putaran Uruguay telah menghasilkan Aspekaspek dagang Hak Atas Kekayaan Intelektual/TRIP’s. 29 Bahrawi Basri X-1 . sehingga dihasilkan Source Code (kode sumber) dari program komputer yang berupa teks yang dapat dimengerti oleh orang yang mengerti bahasa pemrograman.

Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi. Secara umum. A. Pengertian Operating System (OS) dan Prosesor Komputer Dalam Ilmu komputer. karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Melakukan operasi dasar pada operating system (os) komputer . Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem. manajemen memori. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi 30 Bahrawi Basri X-1 .Tugas TIK SK 4 : Mengggunakan operating system (os). Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk. Biasanya. dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Dalam Ilmu komputer. Sedangkan softwaresoftware lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan. dan antar-muka user. skeduling task. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut. istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua software yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi software terinstall.

Dalam banyak kasus. B. termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsifungsi standar. dimana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu. sehingga dalam setiap pembuatan program baru.Tugas TIK dasar sistem. sekaligus untuk mengontrol mereka. Mekanisme Boot. yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 2. Lakukan setting sebagai pengguna saja dulu. yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 3. yang akan kita setting adalah berupa tampilannya saja. yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 5. Command Interpreter atau shell. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal. Melakukan setting peripheral pada operating system(OS) computer Dalam Operating sistem bisa dilakukan setting dali mulai yang sederhana sampai setting yang sifatnya tehnis. tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal. Kernel. Pustaka-pustaka. dengan membuka desktop. kita membuka Display Properties : 31 Bahrawi Basri X-1 . lalu klik kanan mouse. yang bertugas membaca input dari pengguna 4. Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: 1.

Makin kecil tampilannya makin pada resolusinya. untuk latihan setting screen saver. Coba saja. lalu kita klik umpama Settings Setelah diklik setting maka ada pilihan berikut di dawah : Lalu kita klik pilih color qualitynya yang lebih rendah maka. kita boleh memilih tampilan apa tergantung ketersediaan filenya. Gambarnya sebagai berikut. Tidak Display saja yang bisa dilakukan setting. maka di layar akan lebih besar bentuk gambarnya. kita biasa lihat hasilnya. setting. appearance.Tugas TIK Themes. desktop screen saver. ada banyak menu yang bisa dilakukan setting. kita buka dari mulai Control 32 Bahrawi Basri X-1 . Atau kalau kita geser screen resolutionnya lebih kecil.

1. bahkan ada yang mencapai ribuan file. pilih properties 4. klik menu start 2. maka akan muncul kotak Taskbar properties 33 Bahrawi Basri X-1 . klik taskbar. koneksi internet. operasi pengedditan. seprti pengelompokkan menu yang berkaitan dengan operasi file.Tugas TIK PANEL. klik kanan mouse anda 3. termasuk keperluas jaringan. Melakukan manajemen file File yang digunakan untuk menjalankan suatu program tidaklah sedikit jumlahnya. 1. Biasanya sudah menjurus pada setting untuk keperluan tehnis. Taskbar dan start menu Taskbar adalah mengatur tampilan menu pada start. dan sebagainya. C. Agar file-file tersebut dapat bekerja dengan maksimal dan mudah pengontrolannya. maka perlu dilakukan manajemen file. setting dan utility a.

arahkan penunjuk mouse dan klik ke customize. maka akan muncul di bawah ini. b. klik ok jika anda tidak ingin mengubah tampilan.Tugas TIK Start menu properties 1. jika ingin mengubah setiap tampilan 3. klik taskbar 5. membuat shortcut 1. klik properties 4. klik kanan mouse anda 3. atur tampilan taskbar dan start menu sesuai denghan keinginan anda 2. 34 Bahrawi Basri X-1 . klik apply. klik menu start 2.

Alt+O(format). Menu cascading adalah menu sekunder atau lanjutan yang muncul pada saat memilih bagian menu utama. misalnya : Alt+ F(File). 35 Bahrawi Basri X-1 . format. maka akan muncul beberapa submenu tools. Alt+E(edit). Tampilan menu ini yang disebut menu cascading. dst.advanced 2.recycle bin ( unerase mengembalikan file atau directory) . edit. Setelah pointer digerakkan ke picture akan muncul menu sekunder di sebelah kanannya seperti clip art. tools. folder atau direktori) . view. dan help. insert.find ( file/ folder) – pencarian file atau folder . utility . menu pull-down menu pull-down merupakan kumpulan perintah computer yang disajikan berdasarkan kelompok atau kesamaan perintah.find (fasilitas find adalah fasilitas yang mempermudah pencaharian suatu file. Cara menggunakan menu pull-down adalah dengan menekan tombol alternate secara permanent dan diikuti dengan menekan huruf yang di garis bawahi. Contoh pada saat memilih menu insert seperti (gambar menu cascading).find (file / folder) – date modified . pilih program-program yang akan dibuat shortcut nya c.find (file/ folder) .. window. from file.Tugas TIK 6. Yang dimaksud menu pull-down adalah file. table.dst…………. selain itu menu pull-down juga dapat dikatakan menu yang muncul pada saat klik bagian tertentu akan mucul ke atas atau ke bawah.

Tugas TIK Menu pop-up. Untuk memilih klik menu pop-up dipilh paragraph maka kita dapat melkukan pemformatan paragraph mulai dari spasi jenis huruf perataan dan sbg. menu-menu disamping digunakan dalam berbagai keadaan sesuai dengan kebutuhan. Perubahan dari menu pop-up bergantung pada letak dari indicator mouse di letakkan. Jika diletakan pada lembar kerja MS. Folder tersebut diperkenalkan dalam dunia computer sejak kehadiran windows 95. menu yang dapat muncul dan dapat disembunyikan atau on-off. akan muncul seperti berikut Secara keseluruhan. caranya dengan klik tombol kanan mouse cara manu ini lebih cepat daripada pulldown dan cacscading.Word. 3. cara kerjanya sebagai berikut 36 Bahrawi Basri X-1 . tujuannya adalah untuk mengelompokkan beberapa file terutama yang sejenis ke dalam satu tempat tersendiri. Folder Folder disebut juga direktori. membuat folder melalui desktop. a.

klik bagian kanan mouse. mana folder baru akan dibuat 5. klik bagian kanan mouse. membuat folder melalui windows explorer 1. 2. letakkan penunjuk mouse start. setelah muncul tampilan 3. pilih new. ketik nama folder baru pada pesan new folder b.Tugas TIK 1. pilih explore 4. letakkan di drektori. Drag and drop Fasilitas drag and drop dapat digunakan untuk membuat duplikat suatu objek atau memindahkan objek tertentu ke tenpat lain. Dalam pemakaina fasilitas drag and 37 Bahrawi Basri X-1 . 6. beri nama folder sesuai dengan yang anda inginkan 4. pilih menu file. klik folder sbb 2. pilih new folder seperti berikut.

lembar kerja. File transaksi ( transaction fiel). File pelindung (back up file). yakni file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi. File file merupakan nama kumpulan sejumlah data teks. d.file yang masih aktif di dalam data base. file ini disebut juga file arsit( archival file). 5. e. dsbg. Dalam menulioskan nama file. Di dalam proses aplikasi file dapat di katergorikan menjadi beberapa bagian yaitu sbb. grafik. File ini merupakan file yang penting karena berisi record-record yang sangat diperlukan dalam organisasi b. c. File laporan ( report file). Contoh penggunaanya sama dengan mengopy data. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan file-file data base 6. File sejarah (history file0. program. Mengganti nama file File-file yang telah ada di dalam media penyimpana dapat dilakukan penggantian nama atau bisa disebut rename. a. Fili ini digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. hal yang perlu diperhatikan adalah tidak diperbolehkan membuat nama file yang sama persis di dalam satu folder. tetapi masih disimpan sebagai arsit.Tugas TIK drop harus menggunakan mouse pada system computer. File ini merupakan salinan dari file. Jika melakukan pengopian file dengan nama file yang sama. File induk (masterfile). untuk itu 38 Bahrawi Basri X-1 . maka file yang ada akan terhapus ininya dan berarti dengan data dari file yang baru. Hal teresebut dilakukan bila kita ingin mengganti nama file yang salah atau akan melakukan pengopian file dengan nama file yang sama. File ini berisi informasi yang akan ditampilkan.

anada hendak memformat disket di drive A denagn memasukkan label Disk data. format disket memformat adalah membuat jalur rekaman baru pada disket sehingga membentuk track-track dan sector-sektor sebagai tempat merekam data yang disertai dengan penelitian keadaan baik tidaknya jalur tsb Memformat disket dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu DOS prompt dan window explorer . a. computer dalam tampilan C:\>WINDOWS> 2. maka crania adalah sbb 1. and strike ENTER when ready 39 Bahrawi Basri X-1 . kemudian kita akan mengopy data baru dengan nama bab 1 juga. b.Tugas TIK sebelum melakukan pengopian data dari file dengan nama yang sama dibuthkan penggantian nama file terelebih dahulu. Drag atau blok nama file yang akan diganti c. insert new disk for drive A: b. tekan enter 7. Misalkan nama file yangv lama bab 1. maka file lama kita rename dulu. selanjutnya akan ditampilkan pesan sbb a. piloih rename e. a. langkah-langkahnya adalah sbb. melalui MS-DOS prompt misalnya. kemudian klik kanan mouse d. arahkan penunjuk mouse pada nama file yang akan diganti. Ketikan FORMAT A:/V:DISK DATA 3. ganti nama file yang adac dengan nama file sesuai yang anda inginkan f.

pada kotak isian lable.Tugas TIK 4. bila anda ingin memformat disket dgn cra full format c. .664 bytes available on disk 512 bytes in eachallocation unite 2. bila anda ingin memberi system pada disket. format complete 1.829 alllocation unites available on disk d. verifying 1. computer melakukan proses hingga muncul tampilan sbb a.457.664. full. ketikan label yang anda inginkan 4. pada kotak daftar pilihan capacity pilih dan klik kapasitas disket yang akan anda format/ 2.44M c. agar disket tersebut dpt anda gunakan untuk memboot computer . pilih Y dan ikuti petunjuk di layar bila ingin memformat lagi. 3. bytes total disk space 1. ikuti langkah berikut ini 1. Untuk menggunakan kotak dialog format.OEOD e. bila anda ingin memformat disket dgn cara quick format b. copy system files only . jika tidak pilih N selanjuutnya akan ditampilkan DOS prompt lagi. volume serial number is 1 E 3A. klik tombol perintah start 40 Bahrawi Basri X-1 . format another( Y/N)_ 5. pada kotak format type pillih dan klik tombol pilihan brkut ini a.457. checking eekisting disk format b. quick ( erase).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->