P. 1
Contoh Footnote

Contoh Footnote

|Views: 42|Likes:
Published by Regy Yudha
penulisan footnote
penulisan footnote

More info:

Published by: Regy Yudha on Oct 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2014

pdf

text

original

BAB II SEPEDA

Sepeda merupakan salah satu kendaraan yang masih memiliki banyak peminat sampai sekarang .“ Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat
duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya ”.
1

Sepeda

merupakan kendaraan yang pada jaman dulu sering digunakan untuk berpergian. Tetapi jaman sekarang sepeda sudah jarang digunakan lagi untuk berkendaraan perjalanan jauh. Kini kebanyakan sepeda digunakan untuk sarana berolah raga.

Selain itu sepeda adalah kendaraan beroda yang dikayuh oleh tenaga manusia. Adapun pengertian yang lainnya yaitu sepeda merupakan kendaraan yang beroda dua. Pernyataan yang lainnya pun tentang sepeda yaitu kendaraan yang digerakan dan dikendalikan oleh tenaga manusia. Dengan kata lain, telah begitu banyak definisi yang menekankan bahwa 2 sepeda adalah kendaraan beroda dua yang dikendalikan dan dikayuh oleh tenaga manusia .

Sepeda sudah menjadi alat transportasi di Indonesia sejak kemunculannya sampai saat ini masih eksis di kalangan masyarakat Indonesia yang cenderung memilih transportasi modern yang lebih cepat seperti, kendaraan bermotor. Kini sepeda telah menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk kegiatan berolahraga. Biasanya masyarakat yang mempunyai hobi bersepeda membentuk komunitas pencinta sepeda yang secara rutin melakukan kegiatan bersepeda bersama-sama.

1

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dudi Wiyancoko dan Andya Primanda.2010.Desain sepeda Indonesia. Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia.h.196

2

6

1 7

Sepeda pertama kali berasal dari Perancis seperti yang dituliskan di Ensiklopedia Colombia. Sepeda mulai digunakan pada awal abad ke- 18. Saat itu kendaraan roda dua tersebut disebut velocipede.

“Selama bertahun-tahun velocipede ini menjadi rancangan kendaraan roda dua pada jaman tersebut. Saat itu velocipede belum terbuat dari besi atau pun logam logam lainnya seperti jaman sekarang ini. Modelnya pun masih primitif.”3

Dalam perkembangannya sepeda dianggap kurang memuaskan. Hingga akhirnya sekarang bermunculan banyak kendaraan baru seperti mobil atau motor yang lebih memuaskan. Di Amerika Serikat, Hiram Maxim (1869-1936), anak dari pencipta sebuah mobil, telah menulis dengan mengenang kembali ke belakang dalam buku otobiografinya bahwa sepeda itu tidak dapat memuaskan tuntutan yang telah diciptakannya sendiri.

Jakob Oetama dan A Rahman Zainuddin.2006.Sejarah Sosial Media. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.h.225

3

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->