Retensi Urine

Disusun Oleh : Endro Susanto

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN TAHUN 2013-2014

dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya oleh berbagai pihak yang berkepentingan. karena atas karunia-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Retensi urine. selaku dosen mata kuliah Kegawat Daruratan 2. Semoga Allah swt menjadikan makalah ini berguna bagi kita semua amin. Semoga tulisan ini memberikan manfaat yang baik guna kemajuan ilmu pengetahuan terutama dalam study Terapi Komplementer. Penulis merasa berbahagia bila ada pembaca yang ingin memberikan saran dan masukan bagi perbaikan tulisan ini. Penulis berharap referat ini dapat bermanfaat untuk kepentingan pelayanan kesehatan. baik bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. 1 Oktober 2013 Penulis .KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT.wb Pringsewu. karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Rekan-rekan dari Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Pringsewu Dalam hal ini penulis menyadari bahwa tulisan ini jauh dari sempurna. Dalam menyelesaikan Makalah ini penulis banyak menerima bantuan dan bimbingan yang sangat berharga dari berbagai pihak. pendidikan. Wassalmu’alaikum wr.

................................... 2...................................................... 2....................................................... i ii iii BAB I PENDAHULUAN 1.......................................................4 Implikasi Keperawatan .......1 Definisi ............................................................................................................................................... 1...........................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ........................................................................................................................................... 2....... BAB III PENUTUP 3.......................................................5 Penelitian ...........................3 Cara Kerja ............................. 2.......................................................................................................................1 Kesimpulan .........2 Tujuan ...................... DAFTAR ISI..................................................... DAFTAR PUSTAKA 13 2 3 3 5 1 1 ..................................................1 Lat Belakang....................2 Sejarah ........................... BAB II PEMBAHASAN 2.....6 Vidio .................................................................................................... KATA PENGANTAR .............................................................................. 2...................

Fungsi kandung kencing normal memerlukan aktivitas yang terintegrasi antara sistim saraf otonomi dan somatik. Salah satu penyebab retensi urine adalah BPH. Kartono dkk dari FKUI-RSCM Jakarta melansir data bahwa terdapat 17.2.BAB I PENDAHULUAN 1. Di klinik 50 % dijumpai penderita BPH berusia 60-69 tahun.2.6% untuk kasus retensi urin postpartum pervaginam. dr.2 TUJUAN 1.4 Untuk mengetahui definisi Untuk mengetahui etiologi Untuk mengetahui manifestasi klinis Untuk mengetahui klasifikasi dari retensi urin . 1. baik persalinan pervaginam atau sectio caesarea adalah retensi urin postpartum. Yip SK (Hongkong.1% untuk yang dipasang selama 24 jam pasca operasi sectio caesarea. Benign Prostat Hyperplasia merupakan penyakit yang sering diderita pada pria. Pada wanita Salah satu komplikasi umum yang terjadi setelah proses persalinan. 1997) melaporkan terdapat angka 14.1% kejadian retensi urin pada ibu melahirkan yang telah dipasang kateter selama enam jam dan 7. Retensi Urin merupakan suatu keadaan darurat urologi yang paling sering ditemukan dan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja.2.1 LATAR BELAKANG Traktus urinarius bagian bawah memiliki dua fungsi utama.3 1. Jaras neural yang terdiri dari berbagai refleks fungsi destrusor dan sfingter meluas dari lobus frontalis ke medula spinalis bagian sakral. sehingga penyebab neurogenik dari gangguan kandung kencing dapat diakibatkan oleh lesi pada berbagai derajat. yaitu: sebagai tempat untuk menampung produksi urine dan sebagai fungsi ekskresi. yang menimbulkan gejala-gejala bladder outlet obstruction.1 1.2 1. Pada tahun 1998. Retensi Urin adalah ketidakmampuan seseorang untuk mengeluarkan urin yang terkumpul di dalam buli-buli hingga kapasitas maksimal buli-buli terlampaui.2.

BAB II PEMBAHASAN 2. Retensio urine adalah tertahannya urine di dalam kandung kemih. Retensio urine adalah suatu keadaan penumpukan urine di kandung kemih dan tidak punya kemampuan untuk mengosongkannya secara sempurna. (PSIK UNIBRAW) . (Kapita Selekta Kedokteran). Retensi urine adalah ketidakmampuan untuk melakukan urinasi meskipun terdapat keinginan atau dorongan terhadap hal tersebut. (Depkes RI Pusdiknakes 1995).1 Definisi Retensi urine adalah suatu keadaan penumpukan urine di kandung kemih dan tidak mempunyai kemampuan untuk mengosongkannya secara sempurna. Retensio urine adalah kesulitan miksi karena kegagalan urine dari fesika urinaria. (Brunner & Suddarth). dapat terjadi secara akut maupun kronis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful