I. 1.

Pilihlah jawaban (a, b, c, d, atau e) dengan memberikan tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling benar di lembar jawab yang disediakan! Perhatikan ciri-ciri komputer berikut! 1). Menuju sistem kecerdasan buatan. 2). Menggunakan untai terpadu skala besar yang dipadatkan. 3). Menggunakan untai elektronik. 4). Menggunakan tabung hampa. 5). Menggunakan untai terpadu yang dipadatkan dalam bentuk chip. Berdasarkan perkembangannya, komputer generasi ketiga dicirikan oleh nomor …. a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

2.

Dalam mengoperasikan komputer, adakalanya kita harus menghidupkannya terlebih dahulu, dan hal itu berarti kita akan memasukkan arus listrik ke dalam komputer dari keadaan mati. Proses tersebut dinamakan …. a. Stand by d. Turn off b. Warm booting e. Cold booting c. Restart Perangkat lunak mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik perangkat lunak dalam hal pengolah kata, pengolah angka, pengolah database, pengolah gambar, game, multimedia, presentasi, dsb. Berikut ini merupakan contoh perangkat lunak pengolah kata, kecuali …. a. Word Perfect d. Word Star b. Chi Writer e. Ms. Word c. Ms. PowerPoint Dalam perkembangannya, bahasa pemrograman terus mengalami perubahan sesuai dengan tingkat kebutuhan manusia. Pada generasi keempat, bahasa pemrograman yang berkembang disebut dengan istilah “bahasa deklaratif”, maksudnya …. a. Bahasa yang berbasis angka 0 dan 1. b. Bahasa yang diterjemahkan sesuai karakter mesin yang dimiliki komputer. c. Bahasa yang memerlukan pernyataan dan tanggapan. d. Bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa Inggris biasa, sehingga orang awam pun dapat dengan mudah menggunakannya. e. Bahasa yang merupakan aplikasi sains, data, sistem, dsb. Topologi jaringan yang memiliki kelebihan hubungan yang cepat dari setiap komputer ke pusat dan mudahnya melakukan kontrol dari pusat, tetapi memiliki kelemahan ketika pusat mengalami gangguan maka semua komputer tidak dapat beroperasi, adalah topologi …. a. Bus d. Ring b. Star e. Mesh c. Hirarki Keyboard termasuk dalam perangkat masukan (input device), dimana dalam operasionalnya keyboard mendapatkan suplai listrik yang sangat rendah untuk mengirimkan sinyal-sinyal yang dapat ditangkap oleh CPU, sehingga pengguna dapat melihat tampilannya langsung di monitor. Salah satu tombol pada keyboard yang berfungsi untuk mengcopy seluruh tampilan yang ada di layar monitor adalah …. a. Insert d. Delete b. Pause Break e. Print Screen c. Backspace

3.

4.

5.

6.

7.

Dalam UU No.19/2002 tentang Hak Cipta, didefinisikan bahwa pencipta adalah seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama, yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecekatan, keterampilan, atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi. Berdasarkan UU tersebut, dijelaskan pula mengenai karya cipta yang berkaiatan dengan teknologi informatika dan komputer, khususnya mengenai program komputer, yaitu yang diatur dalam …. a. Pasal 1 ayat (1) d. Pasal 76 b. Pasal 8 ayat (1) e. Pasal 1 ayat (8) c. Pasal 1 ayat (2)

8.

Pelanggaran atas hak cipta seseorang akan dikenakan sanksi hukuman sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 72 UU No.19/2002 tentang Hak Cipta, yaitu diancam dengan hukuman penjara minimal satu bulan dan maksimal tujuh tahun, dan atau dikenakan denda minimal Rp 1.000.000,00 dan maksimal Rp 5.000.000.000,00.
Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 1 of 21

Berikut ini merupakan beberapa tindakan yang dapat mengurangi kasus pelanggaran hak cipta, kecuali …. a. Penindakan tegas terhadap para pelaku pembajakan. b. Meniadakan pajak atas sebuah produk. c. Menempatkan petugas kepolisian di tempat-tempat tertentu. d. Melindungi sebuah produk dari hulu sampai hilir. e. Mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat. 9. Dalam menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi khususnya komputer, kita hendaknya memperhatikan aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Berikut ini meupakan beberapa tindakan yang mencerminkan perhatian terhadap K3, kecuali …. a. Ketika bekerja diselingi dengan istirahat atau berjalan-jalan sebentar. b. Memilih tuts keyboard yang lembut. c. Merapikan kabel-kabel dan menjauhkannya dari jangkauan anak-anak. d. Menjaga jarak pandang yang aman untuk mata. e. Selalu mengenakan kacamata hitam ketika menggunakan komputer.

10. Kekayaan intelektual yang diakui dan dilindungi kepemilikan haknya oleh Undang-Undang, meliputi hak cipta, hak paten, hak merk dagang, hak desain industri, hak topografi, dan hak penemu tanaman. Hak paten yang disimbolkan dengan ® merupakan …. a. Hak yang diberikan secara otomatis setelah seseorang menciptakan karyanya. b. Hak untuk sebuh desain tata ruang. c. Hak untuk penemuan baru dalam bidang teknologi, yang diberikan pada yang mendaftar terlebih dahulu. d. Hak atas penemuan varietas tanaman baru. e. Hak atas kekhususan barang dan jasa, meliputi kata-kata, simbol, gambar, atau gabungan dari semuanya, yang didaftarkan di kantor merk dagang. 11. Berikut ini merupakan beberapa tindakan yang mencerminkan pelanggaran terhadap Hak Cipta, kecuali …. a. Membeli lisensi kepada yang memiliki hak cipta. b. Mengcopy melebihi batas yang ditentukan. c. Penjualan CD/VCD bajakan. d. Mengambil data tanpa menyebutkan sumbernya. e. Membobol password sebuah sistem yang diproteksi.

12. Apabila kita akan mengggunakan software secara aman, maka kita harus memperhatikan lisensinya. Lisensi merupakan pemberian hak kepada pihak lain untuk menggunakan, mengedarkan, atau menjual kepada pihak lain. Pada saat ini, lisensi telah berkembang begitu banyak, salah satunya adalah lisensi shareware dimana pengguna dapat menggandakan tanpa harus meminta izin terlebih dahulu kepada perusahaan. Software yang memiliki lisensi ini adalah …. a. Linux d. FreeBSD b. Winzip e. Lotus c. Microsoft Access 13. Dalam pengklasifikasian software, kita dapat mengklasifikasikan software yang termasuk sistem dan software yang termasuk aplikasi, dimana software sistem meliputi sistem operasi, bahasa pemrograman, dan utility; sedangkan software aplikasi meliputi aplikasi khusus, office, multimedia, dan internet. Berikut ini yang menunjukkan kelompok software sistem adalah …. a. Linux, Fortran, CorelDraw d. Paint, Windows Media Player, Norman b. Windows XP, Winamp, Norton e. Windows Vista, Visual Basic, Ansav c. DOS, Pascal, Mozilla FireFox 14. Perhatikan gambar di samping! Microsoft Word sebagai salah satu aplikasi di bawah kendali Windows, memiliki beberapa tampilan menu, antara lain menu bar/utama, menu pull down, menu cascading, dan menu pop up. Pernyataan berikut ini yang kurang tepat menggambarkan menu yang ada pada gambar di samping adalah …. a. Penggaris vertikal dan horisontal diaktifkan. b. Menu yang sedang diakses adalah menu utama View, kemudian dimunculkan pull down dari menu tersebut, dan terakhir, dimunculkan menu cascading toolbars. c. Toolbars yang diaktifkan adalah toolbars standard, toolbars formatting, toolbars drawing, dan toolbars tables and borders. d. Microsoft Word secara default menampilkan delapan menu utama. e. Jenis tampilan layar yang dipilih adalah print layout.
Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 2 of 21

Theme. Background. b. manakah ikon yang bukan termasuk ke dalam kategori toolbars standard? a. menu bar/utama d. Berdasarkan pernyataan di atas. manakah yang bukan merupakan sub menu/pull down dari File? a. Gambar di bawah ini merupakan toolbara status. Kursor berada pada baris ke-42. Open. Word bekerja di bawah operasi Windows. 20. Berikut ini. Text Direction. 16. Autoformat. dan matematika. e. word art. screen saver. drawing. dan setting regional berupa waktu dan lokasi. Ketika kita akan menutup sebuah dokumen. Memformat tabulasi. Chi Writer cukup bisa diandalkan untuk pengetikan bidang teknik. kita tidak harus memilih tanda silang pada toolbars minimum dan maksimum. c. Jumlah halaman pada dokumen tersebut sebanyak 7 halaman. Print Preview. outlining. 4 e. Frames. kecuali …. c. Reveal Formatting. c. b. Columns. Melalui menu utama File. e. 22. e. Mengatur paragraf. menu pull down b. Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 3 of 21 . Kursor berada pada kolom ke-19. Full Screen c. fisika. Border and Shading. a. Word dalam aplikasi pengolah kata adalah …. Berikut ini. 3). tables and borders. Properties e. Save as Web Page b. 2 c. mengetahui properties dokumen. Open. Perhatikan gambar di samping! Berdasarkan kotak dialog Page Setup tersebut. diketahui informasi sebagai berikut. 5). Search. dan memiliki 16 sub menu. tetapi tampilannya kurang menarik. a. Save as. dan toolbars formatting. menu cascading e. Melalui menu utama View. database. dan kita akan dihadapkan pada sejumlah pilihan melalui ikon-ikon yang ada. Word Star memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus dihapal. sedangkan Ms. Versions. Apabila kita akan mengatur tampilan dari peripheral komputer kita misalnya desktop. shortcut c. mengirim dokumen. kita dapat mengelola dokumen secara keseluruhan. kecuali …. mengatur kertas yang akan digunakan untuk mencetak. printer. e. yaitu Font. misalnya membuka dokumen baru. mencari file. maka kita memilih …. mail merge. Menu Drop Cap digunakan untuk …. forms. Close 19. control toolbox. Tabs. kimia. tetapi kurang populer. Untuk mengatur tampilan themes. Drop Cap. Bullets and Numbering. d. dsb. auto text. d. a. menu pop up 18. 5 17. b. 21. Word Perfect mudah digunakan. a. mouse. d.15. New. Page Setup. Mengatur border dan warna latar. Change Case. desktop. Print. menyimpan dokumen. b. Paragraph. misalnya tolbars standard. faktor yang dominan melatarbelakangi tingginya penggunaan Ms. e-mail. Styles and Formatting. frames. dan Object. dan setting. appearance. Mengatur besar kecilnya huruf. c. kita dapat memunculkan toolbars-toolbars yang kita kehendaki agar muncul di tampilan monitor. toolbars drawing. Meskipun demikian. Word Star bekerja di bawah operasi DOS. tetapi kita dapat melakukannya dengan memanfaatkan menu … sebagaimana yang terlihat pada gambar di samping. Menu Format merupakan menu yang digunakan untuk mengatur dokumen. a. Word sangat familiar. Send to d. Fasilitas dan operasional Ms. 2). Perhatikan pernyataan berikut! 1). Menyisipkan huruf besar pada awal paragraf. maka kita dapat mengaturnya melalui Start kemudian memilih Control Panel. formatting. 4). toolbars yang sering diaktifkan penggunaannya adalah toolbars standard. Word banyak sekali. dimana kita dapat mengetahui beberapa informasi melalui toolbars tersebut. Halaman yang sedang diedit adalah halaman 7. dsb. d. 1 b. Toolbars yang ada di Ms. Pengguna komputer sedang melihat dokumen pada halaman 4. 3 d.

dsb. Ctrl+U e. Different first page e. Bold. e. Underline 24. Ctrl+v 26. a. misalnya kita akan mengganti jenis huruf. Itallic. Show preview and next preview b.3. Impact. a. number format b. fisika. kimia. Perhatikan kotak dialog Print di samping! Informasi yang kurang tepat adalah …. Apabila pada jendela kerja kita belum muncul ikon Equation Editornya. kita dapat memunculkannya melalui menu ViewDraft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 4 of 21 . kita dapat menggunakan tombol short cut berupa perpaduan …. a. dan memberikan garis bawah pada huruf. a. Underline d. Halaman yang dicetak 1-2. 29. Panjang kertas yang digunakan adalah 22 cm. a. maka kita dapat memunculkannya melalui menu View-Header and Footer. Lebar kertas yang digunakan adalah 11 cm. Itallic. I. Word menyediakan fasilitas untuk pengetikan rumus-rumus misalnya pada bidang matematika. page numbering 28. d. Perhatikan langkah-langkah pembuatan Bullets and Numbering seperti yang ada pada gambar! Misalnya kita ingin mengganti bullet yang bergambar dengan pesawat terbang menjadi bullet dengan gambar yang akan kita pilih sebagaimana yang ada pada gambar di sampingnya. Underline c. maka kita dapat menggunakan ikon pada toolbars formatting seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.… dst.iii. Switch between header anf footer 27. Printer tersebut dihubungkan melalui kabel USB001. Ketika kita mengedit teks. Ctrl+I c. Understyle e. Different odd and even c. Untuk memblok dokumen secara keseluruhan. maka kita memilih …. d. Namun. Apabila kita menghendaki menyisipkan catatan kaki pada dokumen yang sedang kita buat.… atau i. Understyle b. dan U merupakan ikon short cut yang apabila kita sorot akan muncul tulisan …. Pilihan format tersebut dapat kita munculkan melalui …. melalui adanya fasilitas Equation Editor. mengganti ukuran huruf. preview e. Cancel 25. Setiap halaman dicetak rangkap tiga. Jenis kertas yang digunakan adalah Envelope DL. Bookman Old Style. Customize d. ii. Itallic. Tidak ada halaman yang dikompres ke dalam ukuran kertas tertentu. Posisi cetakan adalah landscape.2. c. List Style b. e. Ms. b. Bell MT. Impact. memiringkan huruf. maka pada kotak dialog Bullets and Numbering kita memilih …. Pengaturan kertas itu berlaku untuk seluruh halaman dalam dokumen tersebut. Brush Script MT. OK c. Ctrll+B b. Bold. kemudian menuliskan catatan kaki dan secara otomatis catatan kaki tersebut akan muncul di setiap halaman. Reset e. c. Ikon B. Jenis printer yang digunakan adalah printer laser. a. apabila kita menghendaki adanya perbedaan catatan kaki pada halaman genap dan ganjil. b. terdapat pilihan format angka 1. alignment c. position d. menebalkan huruf. Ctrl+A d. 23.a. Pada pengaturan nomor halaman (Page Numbers). Insert auto text d.

memungkinkan kita untuk menghubungkan beberapa dokumen tanpa harus mengganggu dokumen induk. Perhatikan tabel di samping! Untuk mengetahui harga total tiap barang. cells e. =SUM(ABOVE) c. a. =MIN 37. Word. 36. Data sort c. Ketika kita akan menghapus. Radial. Berikut ini. 30. tak jarang mengalami perbaikan sehingga ada yang dtambah dan ada yang dikurangi. a. b. baik sebagian maupun keseluruhan. table d. e. Word menyediakan fasilitas untuk membuat grafik. Nama file dari dokumen yang sedang dibuat adalah 0708-SEM1. Tool box Organization Chart menyediakan fasilitas bagi kita untuk menambahkan/menyisipkan chart. e. a. c. Toolbars Table and Borders dapat diaktifkan melalui menu View-Toolbars-Table and Borders. misalnya untuk mengetahui harga total pensil. c. =COUNT d. e. Target. Sebagai contoh. =AVERAGE(RIGHT) e. kita memilih … pada tool box Organization Chart. b. Select c. Pada pengelolaan Table. Layout b. AutoFormat d. d. dan setelah itu kita sudah dapat Penulisan subscript dan superscript pada Equation Editor dapat kita lakukan dengan memilih …. kecuali …. rows 35. Pada gambar di samping ini dapat kita pahami bahwa …. manakah yang merupakan diagram jenis Radial? a. a. column c. 33. =B4*C4 38. langkah yang harus kita ambil adalah dengan memilih Table-Delete-dan kemudian akan muncul pilihan sebagai berikut. a. antara lain Cycle. Venn. Lokasi file yang dilink adalah di Local Disk F.Toolbars-Customize-Commands-Insert-Drag ikon Equation Editor menggunakannya. =AVERAGE b. dan selanjutnya kita tinggal memilih apa yang kita perlukan. apabila kita menghendaki tulisan yang ada tampilannya seperti yang terlihat pada gambar di samping. baik itu untuk assistant. Text direction b. d. b. gridlines b. Nama file dari dokumen yang sedang dibuat adalah UAS1-TIK. e. a. kita dapat memilih beberapa jenis diagram. File yang sedang dibuat belum dimasukkan hyperlinknya. maka kita mengaturnya melalui …. yang dilengkapi dengan fasilitas Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 5 of 21 . a. Word memungkinkan kita untuk mengetahui nilai tertinggi dari suatu data. b. maupun subordinat. kita menggunakan formula …. Untuk melakukan semua itu. =MAX e. Insert Shape e. yaitu dengan menggunakan fungsi …. a. Tabel yang sudah kita buat. coworker. 31. c. Alignment 34. c. Adanya fasilitas Hyperlink pada Ms. Table AutoFormat d. Text Wrapping 32. Table Properties e. File yang dilink bersumber dari internet. Ms. d. =MAX(A4:C4) b. =INT(A3:C3) d. Formula yang tersedia pada operasi Ms. d. kita dapat memilih …. Pada pembuatan diagram melalui fasilitas Insert-Picture-Chart-Diagram. Pyramid. =SUM(ABOVE) c. untuk memilih warna garis border pada tabel yang kita buat.

Word secara default pada task pane tersebut adalah sebagai berikut. […] c. 40. Stars and Banners d. Datasheet c. Gambar yang diminta adalah yang berkaitan dengan teknologi. Edit Text 42. Definisi yang paling tepat mengenai Record pada Mail Merge adalah …. Create Text Box link c. <…> e. e. Format AutoShapes d. Melalui toolbars drawing. bagian utuh dari data d. Labels b. a. b. Insert Word Art d. kecuali …. Word Art Gallery e. maka kita dapat menggantinya melalui …. Word Art Vertical Text 43. a. a. b. Mengedit dokumen Mail Merge yang sudah dibuat. Membuat daftar penerima dokumen Mail Merge. Pada saat membuat master. kita tidak perlu mengetik data yang sudah ada di database. Edit Text b. Basic Shapes c. karena nanti akan secara otomatis muncul pada dokumen. Membuat dokumen Mail Merge dengan memanfaatkan dokumen yang sudah ada. kecuali …. d. Callouts e. Untuk memunculkan Clip Art kita mengakses menu View. Hyperlink b.untuk mempercantik tampilan grafik tersebut. dan selanjutnya kita akan dihadapkan pada Task Pane Mail Merge. angka-angka e. a. a. kecuali…. jenis grafik 39. Memilih tipe dokumen yang akan dibuat Mail Merge. data yang isinya sama c. a. kita dapat memberikan keterangan berupa …. Clip Art yang ditampilkan adalah orang yang sedang menggunakan komputer dan disket. kemudian memunculkan menu Pop Up dengan cara klik kiri. Dalam pembuatan dokumen Mail Merge. (…) b. a. Order e. Perhatikan kotak dialog Clip Art di samping! Clip Art menyediakan fasilitas gambar-gambar yang secara default ada di komputer kita. Chart b. d. a. grid pada grafik d. dan dapat kita gunakan untuk mempercantik tampilan dokumen yang sedang kita buat. Mail Merge dapat kita akses melalui menu Tools-Letters and Mailing-Mail Merge. Text Box yang kita buat. Melalui kotak dialog seperti di samping.. Tanda bahwa database tersebut sudah masuk ke dalam master adalah adanya tanda …. Berikut ini merupakan beberapa hal yang berkaitan dengan gambar di samping. surat massal e. Letters d. <<…>> Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 6 of 21 . master surat 44. dapat kita hilangkan garis pinggirnya dengan mengaktifkan text box tersebut. database b. e. Apabila kita hendak mengganti tulisan di samping menjadi vertikal posisinya. Memulai membuat dokumen Mail Merge. E-mail messages e. Envelopes 45. Kotak dialog di samping disebut juga Task Pane.db dan master yang umumnya merupakan file berekstensi . {…} d. Komputer mencari Clip Art di semua media penyimpanan yang ada. sehingga muncul beberapa pilihan dan kita memilih …. judul c.doc. Berikut ini merupakan beberapa pilihan yang terdapat pada Autoshapes. legenda b. ada dua hal penting yang harus kita perhatikan yaitu database/recipients yang umumnya merupakan tipe file berekstensi . a. kita dapat memilih beberapa jenis AutoShapes sesuai dengan yang kita kehendaki. c. Connectors 41. c. Gambar di samping menunjukkan langkah-langkah pembuatan Mail Merge yang memasuki tahapan …. Text Wrapping c. 46. Beberapa jenis dokumen yang ditawarkan oleh Ms.

serat optik d. New Entry b. kabel thin koaksial c. Validate 49. Filter and Sort e. 4. Oleh karena itu. Chart d. Lebar kolom 1-3 tidak sama. dengan proses perhitungan sebagai berikut: 2 194 5 972 486 243 121 60 30 15 7 3 1 Page 7 of 21 Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 . Customize 48. kecuali …. maka kita memilih …. kita dapat memanfaatkan fasilitas berikut. Find Entry d. A 5. Delete Entry c. lebar kolom 4. 2. c. Ketika kita sudah melengkapi data alamat seperti yang terlihat pada gambar di samping.ooOoo………… Jawaban Soal Easy. 1. kadang-kadang.. Informasi yang kurang tepat berkaitan dengan gambar di samping adalah …. Konversi bilangan 1945 ke dalam bilangan biner adalah 11110011001. d. Word! Berikan penjelasan singkat mengenai kegunaan ikon-ikon yang ada pada toolbars di bawah ini! 3. Dokumen koran umumnya menggunakan format kolom. clear All c. Word Art e. Untuk berkreasi di Ms. maka untuk berpindah ke pengisian data berikutnya kita memilih …. B C D E F G H I J Sebutkan kegunaan lima fungsi yang ada pada fasilitas Formula di Ms. Word! ………. kita perlu memperbaiki data yang sudah kita masukkan dalam dokumen Mail Merge. kabel thick koaksial b. Secara default. Dokumen yang sedang dibuat diatur menggunakan tiga kolom. a. gelombang elektromagnetik Sebutkan sembilan menu utama yang ada pada Ms. Find d. a. e.98 cm.27 cm. Spasi pada setiap kolom secara default 1. apabila kita hendak membatalkan semua data yang sudah kita masukkan. Edit e. b. Word. a. dan pengaturannya dapat dilakukan menggunakan kotak dialog seperti di samping. AutoShapes II. Design Templates c. a. Pengaturan kolom dilakukan melalui menu Format. Jawablah dengan jelas dan tepat! 1. Konversikan bilangan 1945 ke dalam bilangan biner dan tuliskan pembuktiannya! Berikan penjelasan singkat mengenai media komunikasi berupa: a. 50. Clip Organizer b. Select All b.47.

CPU c. digunakan untuk jaringan antar workstation seperti LAN dengan daya jangkau 300 m. untuk mikropon dan speaker. a. digunakan untuk ethernet antar gedung dengan daya jangkau 500-2500 m. contohnya gelombang radio. Speaker 52. e. UPS e. serat optik. 4 e. TV. dan joy stick termasuk perangkat masukan (input device). File. Tools. 3. Pilihlah pernyataan berikut yang kurang tepat! a. disebut juga RG-8. Gelombang elektromagnetik (EM). Kabel koneksi yang terdapat pada monitor sejumlah … buah. d. scanner. Stavolt d. kecuali …. Fungsi dari ikon-ikon pada toolbars tersebut: A: memmbuat bentuk standar F: memilih warna garis B: membuat kotak secara otomatis G: memilih warna huruf C: membuat text box H: memilih tebal garis D: membuat diagram I: memilih tipe anak panah E: memasukkan gambar J: membuat efek bayangan 5. b. Lima fungsi yang ada pada fasilitas Formula di Ms. a. Insert. And. Format. D. dengan kemampuan menghantar data mencapai 512 mbps. PILIHLAH SATU JAWABAN (A. Word adalah: a. 4. Radar. Penjelasan mengenai media komunikasi berupa: a. AVERAGE : mencari rata-rata b. Window. 1 b. B. disebut juga RG-58. b. c. kabel thin koaksial. Help. merupakan kabel komputer yang dapat mengalirkan cahaya dengan daya jangkau ratusan km. 2 c. USB dan UPS dapat digunakan untuk menyimpan energi listrik cadangan. 54. 5 53. MIN : mencari nilai terendah f. Huruf/teks Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 8 of 21 . COUNT : menghitung jumlah item c. c. C.194 972 486 242 4 1 0 0 1 Pembuktian: 1 x 20 = 1 0 x 21 = 0 0 x 22 = 0 1 x 23 = 8 1 x 24 = 16 0 x 26 = 0 120 1 60 30 14 6 1 2 1 0 0 1 1 x 27 = 128 1 x 28 = 256 1 x 29 = 512 1 x 210 = 1024 Total = 1945 Terbukti 2. Headset biasanya memiliki dua port. If. Keyboard. Keyboard dan mouse dihubungkan ke CPU menggunakan port PS2. kabel thick koaksial. MAX : mencari nilai tertinggi e. Salah satu tehnik dasar penggunaan mouse yang harus dipahami pengguna komputer adalah penggunaa double click. 3 d. Power Supply b. bekerja dengan prinsip pemantulan sempurna cahaya dan dualisme gelombang partikel. A. ATAU E) YANG PALING TEPAT! 51. View. SUM : menjumlahkan data d. light pen. Perangkat keras yang berfungsi untuk menstabilkan arus litrik yang masuk ke dalam komputer adalah …. Fungsi-fungsi yang lain misalnya Int. Table. a. Berikut ini merupakan tipe data yang dapat direkam menggunakan scanner. d. Edit. dsb.

Bersifat permanen. yaitu melalui setting Basic Input Output System (BIOS). 59. Control Unit (CU) e. SVGA d. Komputer dapat melakukan operasi hitung karena di dalam komputer telah dilengkapi dengan perangkat berupa …. Berdasarkan tampilannya. VGA c. CGA b. Read Only Memory (ROM) 57. Bagian dari Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi untuk mengatur serta mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Dapat dibawa ke mana-mana. RDRAM e. a. Aritmetic and Logical Unit (ALU) c. Color e. monitor dapat dikelompokan sebagai berikut. kecuali …. Penggunaan mikropon pada komputer kita mensyaratkan tersedianya perangkat lain berupa …. DDRAM d. Perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau pun visualisasi hasil pemrosesan data. a. e. Data-data tersebut tersimpan dalam memori yang bernama …. Berikut ini merupakan tugas Control Unit (CU). b. Data mengenai perangkat yang ada pada komputer dapat ditampilkan pada saat proses booting. disebut …. a. kecuali …. a. Melakukan semua perhitungan matematik. a. Mengambil instruksi dari memori utama. VGA Card 56. XGA 63. Berikut ini merupakan neis-jenis Random Access Memory (RAM) yang ada di pasaran. a. Mengirim instruksi ke Aritmetic and Logical Unit (ALU). Microprocessor e. Speaker b. Kabel data e. Register Memory d. Read Only Memory (ROM) e. Merekam objek dan hanya dapat dibaca dengan menggunakan mesin pada media magnetic disk/tape. Mengambil data dari memori utama untuk diproses. a. Sound card d. Diagram c. Suara 55. 62. Random Access Memory (RAM) c. PCRAM 61. a. Processor b. Printer c. Grafik e. c. Printer d. b. c. Modem b. Mengatur dan mnegendalikan alat-alat I/O. Pilihlah pernyataan yang kurang tepat mengenai perangkat output kategori hard copy device! a. d. Modem Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 9 of 21 . disebut …. Aritmetic and Logical Unit (ALU) 58. SRAM b. Random Acces Memory (RAM) b.b. Contohnya adalah printer dan plotter. External Memory 60. d. e. Angka d. Infocus c. Mencetak tulisan/gambar pada media berupa kertas. kecuali …. SDRAM c. Cache Memory c. Motherboard d. Video Graphic Array (VGA Card) b. Control Unit (CU) d.

72. a. Kapasitas Floppy Disk dapat kita lihat pada tullisan DD dan HD. Berikut ini merupakan kelebihan 10omput operasi Windows. K b. Shut Down 69. Media penyimpanan berupa Digital Versatile Disk (DVD) memiliki kapasitas yang lebih besar daripada Compact Disk (CD). Shut Down 70. Double Drive. yang merupakan kependekan dari …. High Density d.44 MB c. Booting c. Double Density. Control Unit d. Dapat digunakan pada 10omputer server dan workstation/client. Wallpaper Windows e. Produk aslinya 10omputer mahal. Proses start up yang diawali dengan kondisii 10omputer off disebut …. Zip Drive c.e. Screensaver b. a. Hard Density c. Hard Drive e. X 71. e. a. c. Gratis. Sistem operasi Linux memiliki kelebihan sebagai berikut. a. b. Kasus pembajakannya cukup tinggi. 100 MB 68. yaitu mencapai sekitar …. High Density 66. Motor Controller e. Open source (dapat dikembangkan oleh pengguna). Warm Booting d. Driver 64. a. Display c. d. Stand by d. Relatif aman dari virus-virus yang biasa menyerang 10omputer dengan 10omput operasi Windows. c. 700 MB b. 1 GB d. Rangkaian elektronik c. Piringan logam (platter) b. Basic Input Output Sysem (BIOS) e. Digunakan secara meluas di masyarakat. a. Double Density. Cold Booting b. untuk memasuki Log Out maka kita harus memilih … menu. Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 10 of 21 . Hard Disk b. E c. Disk Drive. S d. Berikut ini merupakan contoh-contoh perangkat penyimpanan. LCD 65. kecuali …. Keberhasilan proses booting pada 10omputer dengan 10omput operasi Windows. Kurang meluas penggunaannya terutama pada masyarakat umum. 1. b. kecuali …. Dapat digunakan untuk 10omputer server dan workstation/client. 9 GB e. Flash Disk d. Chip Memory 67. Floppy disk b. User friendly. Pada 10omput operasi Linux. d. adalah adanya …. L e. Disk Drive. kecuali …. a. Hard Disk memiliki komponen-komponen berikut. DVD e. a. e. kecuali …. a.

Anti virus e. a. d. Mengatasi masalah pada jaringan. d. Adobe Photoshop. Menyaingi Windows dan Linux. a. Cobol c. 79. Program aplikasi 11ompu dalam jaringan yang berfungsi untuk menghitung durasi pemakaian suatu 11omputer client. e. Open Office Org. Menterjemahkan data masukan. Sistem billing c. c. Utility b. adalah …. kecuali …. Open Office Org. a. PHP e. Diproduksi oleh Apple. Unix c. Linux merupakan 11omput operasi turunan dari …. e. Open Office Org. Basic. Perangkat lunak yang difungsikan untuk memberikan serangkaian perintah yang disusun dalam sebuah file 11omputer adalah …. Fortran. Toolbar Drawing b. a. Perl 78. C++ b. Aplikasi Khusus 77. Office c. Impress d. Harganya bersaing. a. kecuali …. Sistem monitor c. Microsoft Excel 76. c. Sistem monitor d. a. 74. b. b. Microsoft Access e. Multimedia e. Auto revert d. Berikut ini merupakan utility.73. Memberikan keluaran ke perangkat yang bersangkutan. Mengalami perkembangan sampai Mac Syst 10. IBM OS/2 d. DOS b. Bahasa Pemrograman d. Macintosh System e. Data Source 75. Java d. a. Pascal. Mengatur seluruh proses kerja 11omputer. Calc d. a. Hanya digunakan untuk 11omputer produksi Apple (satu paket dengan hardwarenya). Berikut ini merupakan contoh-contoh bahasa pemrograman. Open Office Org. Writer c. maka kita dapat memunculkan …. Basic. Sistem operasi akan menjalankan fungsi sebagai berikut. Equation Editor e. Microsoft Word b. Mengatur penggunaan memori. Windows Vista 80. Sistem billing b. Partisi Hard Disk b. Perangkat lunak pengolah kata pada 11omput operasi Linux disebut …. Sistem proteksi 81. Partisi Hard Disk Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 11 of 21 . Math c. Macintosh System memiliki kelebihan berupa tingkat kestabilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan 11omput operasi yang lain karena …. kecuali …. a. Apabila kita menghendaki menuliskan rumus-rumus matematika pada 11omputer dengan 11omput operasi Windows. Aplikasi e.

a. Anti virus berfungsi untuk mencegah menularnya virus pada suatu komputer. Norman d. Lotus d. a. Topologi broadcast e. Norton c. Table e. Topologi Logika c. Microsoft Office PowerPoint e. Front Page 83. News b. Topologi Token passing 92. Report c. Hub Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 12 of 21 . Word Star c. Calculator 85. Jet Audio b. Winamp 89. Browsing 91. Windows Media Player 88. Database b. Impress 87. Topologi Fisik b. kecuali …. a. a. a.82. a. kecuali …. Power DVD d. Adobe Photoshop b. Berikut ini merupakan program grafis. pengguna komputer dapat menikmati berbagai layanan jasa seperti berikut. Microsoft Excel c. Notepad e. Form 86. ACDSee d. Corel Draw c. Calc e. Open Office Org. Open Office Org. Yang berfungsi untuk menjaga agar proses support berjalan stabil dan tidak mengalami degradasi dalam jarak tertentu adalah… a. Chat c. McAfee b. yang diorganisasikan berdasarkan skema/struktur tertentu. Program presentasi pada komputer operasi Linux adalah …. BIOS e. Program pengolah angka pada komputer operasi Linux adalah …. Berikut ini adalah produsen anti virus. Open Office Org. sekaligus memperbaiki data yang telah terinfeksi. Program pengolah kata pada komputer operasi DOS adalah …. Kumpulan data pada komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Lotus 123 b. Query d. Panda e. dan dapat digunakan untuk kegunaan tertentu disebut …. E-mail d. kecuali …. Open Office Draw e. Berikut ini merupakan program multimedia. Microsoft Access b. Topologi Semu d. Video Factory e. a. Spreadsheet b. Microsoft Word d. Open Office Org. Open Office Data Source d. Writer 84. kecuali …. Topologi aktual dengan kabel-kabel sebagai media jaringan merupakan pengertian dari… a. Melalui program internet. Draw c. Windows Media Player c. a.

ISP merupakan…. Satuan kecepatan modem adalah… a. Opera c. cm e. Chatting c. DOC b. PPT e. Internet Explorer e.b. Upload e. CDMA c. Penyebaran informasi melalui Internet dalam bentuk halaman website dibuat dengan format… a. Personal computer c. e-commerce c. media yang digunakan melalui saluran telepon dikenal dengan … a. untuk mengakses Internet. a. XLS c. Altavista b. Jaringan computer e. knot 99. Netscape Navigator 95. HTTP e. high based Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 13 of 21 . Apabila kita bermain internet dan kita ingin memasukkan gambar. volume based B. Perhitungan biaya akses internet yang bergantung pada jumlah data yang diambil dari Internet disebut… A. Modem e. CSMA/CD d. Switching c. Hosting 94. TCP/IP e. GPRS b. UTP b. flat rate D. Mozilla d. chatting d. Repeater d. browsing 96. Belanja melalui internet disebut… a. file dan lain-lain ke halaman internet maka hal itu disebut sebagai proses… a. X25 b. Umumnya. km b. ha d. Browsing d. Penyedia jasa internet d. artikel. unlimited E. timed based C. Download b. Di bawah ini yang bukan termasuk web browser adalah…. Browsing 97. hosting b. a. Nwlink c. Mac 98. e-mail e. Protokol standar yang digunakan dalam komunikasi jaringan adalah… a. Kbps c. MDB 100. HTML d. PPP d. Bridge 93.. FTP 101.

FTP D. Acrobat Reader C. Uniform Resource Locator www. dengan menggunakan perintah klik menu Start – klik Control Panel. Universal Resource Locator E.com D. Untuk melakukan setting koneksi ke ISP. C. 103.com B.com yaitu salah satu situs yang memberikan layanan…. Gopher C. home address bar status bar menu bar taskbar 110. lycos. 107. Advanced Format dokumen yang digunakan dan dapat diakses dengan word wide web adalah… A. Telnet E. E-learning Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 14 of 21 . Tools Gambar ini terdapat pada Internet Explorer yang disebut dengan …. 104. Programs E. Security C. General B. Flash Player B. System C. Real Player E. internic.102. Shockwave Player situs yang tidak termasuk memberikan layanan search engine adalah… A. E. Search engine D. 105. Kepanjangan dari URL adalah… A. Internet Options E. altavista. pada Internet Options pilihlah tab… A. A. Edit C. D. Windows Firewall B. Uniform Resort Locator B. E-mail C. A. 106. HTTP E. FTP B. View D. Phone and Modem Options D. Uniform Resource Language C. Network Connections Untuk mengatur web browser default Internet Explorer. msn. yahoo. B.com Yang tidak termasuk menu web browser Internet Explorer adalah… A.com C. A. 109. Format E. mlm B. Content D.excite. Universal Resource Language D. 108. Winzip D. HTML Plug-in yang mendukung web browser untuk membuka halaman web dengan format pdf adalah… A. kemudian klik dua kali….com E. File B.

Kotak Masuk Tanda aa.id h. 112. a.co. ee. Elekmedia mail c. 6 – 32 karakter e. s. cc. Batal b. Elektronik mailing list b. agustina_imoet@ yahoo. Kotak masuk t.co.. 5 – 32 karakter d. Eltronik mailing list d. Tambah d. Elektronik email Pada bagian pengisian ID Yahoo dan Email setelah @ yaitu yahoo. E-mail memiliki kepanjangan dari…. 4 – 32 karakter c. 10 MB d.com e. n. @ dalam penulisan alamat e-mail menunjukkan ….co. 117.. gmail. ymail. Sampah Untuk membuat folder baru pada webmail Yahoo. 200 MB e. 3 – 32 karakter b.id d. Elektronik mail e. 119. mailing.id Berapakah panjang karakter yag diijinkan oleh yahoo untuk pengisian sandi / password…. cinta-sejati @ yahoo. 7 – 32 karakter Jika semua data Anda telah terisi dengan benar pada lembar registrasi maka langkah berikutnya yaitu mengklik….Yahoo. f.co. dapat dilakukan dengan mengklik link… x. dd. Setuju c.id c. bb. jmail. a.id g. Dian asmara@yahoo. Selamat Atas e-mail anda di Yahoo Apabila kita telah berhasil mengirim pesan maka pesan kita akan berada di dalam….co. Terkirim u.111. Terkirim e.id selain itu adalah …. a.co. . identitas pengguna berlokasi di nama domain nama server nama pengguna Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 15 of 21 113. 1 GB m. Massal w..co. Selamat Menikmati di Yahoo q. Lanjut e. tyas-cute@ yahoo co id Kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh mail. Massal y. a.id j. 512 MB l. Selamat Tinggal dari Yahoo o. 116. 250 MB Setelah kita sukses membuat e-mail maka kita akan mendapatkan sebuah email dari yahoo yang bunyi topiknya adalah….co. Masuk d. 114. joko-waluyo@yahoo. Draf z.com b. vmail. 115.com adalah… k. Draf v. Selamat datang di Yahoo r. 120. 118.id i. Selamat bergabung dengan Yahoo p. Buat Akun Saya Penulisan ID yang benar adalah….

taskbar e. memindahkan pointer satu baris ke atas e. 258 d. 257 c. memindahkan pointer satu baris ke bawah c. Merge and Center Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 16 of 21 . mouse e. 4 e. 129. a. Excel adalah… a.534 d. b. a. e. Autotext Icon yang digunakan untuk menggabungkan sel dan mengetengahkan teks adalah… a. range d. title bar d. Jumlah kolom yang tersedia dalam Ms. cell c. 127. Gambar berikut disebut dengan istilah….121. 65. 128. menuju ke awal sel d. d. menuju pada sel tertentu 125. 256 b. Jumlah baris yang terdapat dalam Microsoft Excel adalah… a. 1 Standard Formatting Drawing Picture Autotext 2 3 4 5 Icon AutoSum ditunjukkan pada gambar nomor… 126. Excel berfungsi sebagai… a. Tombol F5 pada keyboard dalam lembar kerja Ms. status bar c.535 e. 65. 300 Gambar di bawah ini terdapat dalam toolbar… a. c. 3 d. 65. Mail Merge c. 5 Pada gambar soal no. Standard b. Formatting c.536 124.532 b. Picture e. menu bar 122.127 icon tersebut terdapat dalam toolbar…. 65.533 c. 2 c. formula bar b. a. 65. Perpotongan kolom dan baris disebut dengan … a. 259 e. Drawing d. menuju ke akhir sel b. pointer b. row 123. 1 b. Center b.

134. Paste Function Edit Function Insert Function Delete Function Format Function Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 17 of 21 132. Blok – Insert – Cells – Border d. format lebar untuk kolom adalah…. 1 b. Format – Security d. Blok – View – Cells – Border c. a. File b.35 b. Insert – Diagram e.40 c. View – Diagram d. 2 c. b. 133. 135. 8. Blok – Tools – Cells – Border Melebarkan colom dapat dilakukan dengan langkah… a.. c. d. File – Diagram b.. Tools – Options – Save e. Edit – Worksheet c. Insert – Security c. Tools – Options – Security Secara default. Decrease Indent Pengaturan Header and Footer dapat diakses melalui menu…. Insert – Column – Width b. Tools – Column – Width Secara default. 136. a. Insert e. Format – Diagram Sebagai media pengamanan file agar tidak dibuka oleh pihak lain maka dalam program Microsoft Excel 2003 dapat diberikan sandi atau password yaitu dengan procedure. 8. 8. lembar kerja yang aktif dalam workbook adalah…. File – Save b. a. Insert – Column – Height c. 3 d. 8.130. Format – Column – Height e.43 d. Borders e. Format Untuk mendesain garis. a. langkah yang benar adalah…. Edit – Diagram c. 138. d. a. Blok – Edit – Cells – Border b. View d. 131. Format – Column – Width d. File – Worksheet b. 5 Perintah untuk menambah lembar kerja baru yaitu…. 137. Edit c. e. a. . 8.45 e.47 Bentuk-bentuk diagram dapat kita temukan pada menu… a. 4 e. View – Worksheet d. Format – Worksheet Gambar di bawah ini yaitu…. Insert – Worksheet e. Blok – Format – Cells – Border e.. a.

Ctrl + P e. menambahkan sel e. Insert – Column d. Insert e. 147. Klik menu Edit – Sort d. Klik menu Data – Sort b. 146. Ctrl + Z Perintah untuk menyisipkan baris baru yaitu…. Ctrl + W c. 141. a. View d. Print Preview d. Ctrl + D Fungsi untuk pengaturan kertas dapat kita temukan pada menu…. File Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 18 of 21 140. a. dan Status Bar terdapat dalam menu… a. 142. Print Screen c. Decimal Pada kotak dialog Format Cells – tab Alignment. Ctrl + T b. a. Insert – Rows Fasilitas yang berfungsi menampilkan lembar kerja sebelum dicetak ke printer yaitu dengan melihat tampilan pada layer monitor yaitu… a. adalah… a. a. 145. Number c. General b. Ctrl + S c. 148. Perintah untuk membuat data secara berurutan menggunakan menu. yaitu dengan menekan shortcut…. Formula Bar. Ctrl + C d. dimana setelah sel telah diblok sebanyak nomor yang dibutuhkan. Klik menu Data – Fill c. menyembunyikan sel d. Currency d. separator. Accounting e. View – Rows c. 144. pemindahan data dapat dilakukan dengan keyboard. a. menghapus sel b. Edit c. Ctrl + Y e. memformat sel Selain menggunakan menu. menggabungkan sel c. dan format bilangan negative menggunakan…. Klik menu Edit – Fill e. File b. Format Untuk format angka dengan menggunakan opsi jumlah angka decimal. Print Area e.139. Print Out Icon Print yang difungsikan untuk pencetakan dapat pula digantikan dengan menekan tombol pada keyboard yaitu…. Klik menu Edit – Series Task Pane. Ctrl + X d. fungsi dari Merge cells adalah…. Ctrl + V b. Print Tab b. Format – Rows e. a. . symbol mata uang. Edit – Cells b.

Menghapus Sheet e. a. Ctrl + C c. e. Ctrl + A b. / c. 157. / c. divide d. multiply e. $ Operator % berada pada tingkatan ke…. add b. . Ctrl + V d. Edit View Insert Format Klik kanan pada tab Sheet – klik Rename yaitu perintah untuk…. 154. c. 3 d. a. 149. Menambah kolom baru c. + e. subtract c. a.. () d. Menghapus baris Shortcut keyboard yang berfungsi untuk memblok seluruh sel pada lembar kerja…. = d. divide d. a. 1 b. Ctrl + X Yang tidak termasuk dalam operator Microsoft Excel adalah…. operator logika c. Menambah baris baru b. % Pemasukan formula dalam lembar kerja Excel diawali dengan tanda…. group Operator ampersand dilambangkan dengan tanda…. 156. 2 c. Merubah nama Sheet d. a. & e. 155.b. 152. add b. * b. Ctrl + A b. operator referensi Tanda / disebut dengan operator…. 4 Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 19 of 21 150. @ b. operator perbandingan d. Ctrl + E e. Ctrl + V d. operator matematika b. a. Ctrl + S Shortcut keyboard yang berfungsi untuk mengopi teks pada sel yaitu…. 153. Ctrl + E e. Ctrl + C c. group Tanda * disebut dengan operator…. operator penggabungan e. a. 151. multiply e. subtract c. a. a. d.

11 b. 13 c.158. dapat ditemukan pula pada pull down menu…. a. 5 =5+3*2. AVERAGE e. STD d. SUM c. F4 e.lycos . AVG b. 13 c. File b. Apakah kepanjangan dari: a. & d. 18 =(5+3)*2. Edit c. perhitungan tersebut menghasilkan nilai…. 163. d. 159. Sebutkan nama-nama icon dibawah ini…. 15 d. e.CC yaitu Carbon Copy sebagai salinan surat yang diisi dengan beberapa alamat e-mail tujuan yang lain dan si penerima surat dapat mengetahui kepada siapa saja surat tersebut dikirim. Format Tombol function key yang berfungsi untuk membuat nilai absolut yaitu…. F1 b. HTML : Hypertext Markup Language b. a. 11 b. 160. * b. . <> Dalam fungsi statistika pada Excel. Jelaskan pengertian dari CC dan BCC yang terdapat pada lembar pengetikan e-mail .msn b.google . 15 d. 16 e. dapat digunakan perintah… a. Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 20 of 21 . 161. a. Insert e. View d. Sebutkan 5 macam search engine! . HTTP : Hypertext Transfer Protocol c. 16 e.altavista .yahoo . F2 c. a. F3 d. perhitungan tersebut menghasilkan nilai….BCC yaitu Blind Carbon Copy diisi dengan alamat e-mail tujuan yang lain dan sipenerima surat tidak akan mengetahui kepada siapa saja surat tersebut dikirim. a. WWW : World Wide Web c. = e. + c. 162. 18 Di bawah ini operator yang memiliki tingkatan paling tinggi adalah…. F5 ESSAY a. untuk mencari nilai rata-rata. COUNT Selain mengklik icon Chart dalam pembuatan grafik.

f.Volume Based .Flat Rate / Unlimited f.Mozilla . Sebutkan 4 macam yang termasuk dalam web browser! .Netscape Navigator Draft Soal LOMBA MAPEL TIK KAB>KEBUMEN 2008 Page 21 of 21 . g. b c d e f g h Font Size Bold Italic Underline Align Left Center Align Right Merge and Center e.a a. b. e.Internet Explorer . d.Time Based .Opera . h. c. Sebutkan 3 bentuk system pembayaran Internet! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful