P. 1
PRANATA SOSIAL

PRANATA SOSIAL

|Views: 102|Likes:
Published by Hendra Saputra

More info:

Published by: Hendra Saputra on Oct 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2013

pdf

text

original

PRANATA SOSIAL

(tanpa judul) BAB I PRANATA SOSIAL A.Pengetian Pranata sosial bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada... Pranata sosial berasal dari

Sabtu, 15 Januari 2011
BAB I PRANATA SOSIAL
A.Pengetian Pranata sosial
Pranata sosial berasal dari bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada beberapa ahli sosiologi yang mengartikannya sebagai lembaga kemasyarakatan. Menurut Horton dan Hunt (1987), yang dimaksud dengan pranata sosial adalah suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dianggap penting. Dengan kata lain, pranata sosial adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir yang yang mengejawantahkan nilai-nilai serta prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat. Tiga kata kunci di dalam pembahasan mengenai pranata sosial adalah: 1. Nilai dan Norma; 2. Pola perilaku yang dibakukan atau yang disebut prosedur umum, dan 3. Sistem hubungan, yakni jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku sesuai dengan prosedur umum yang berlaku. Menurut Koenjaraningrat (1978) yang dimaksud dengan pranata-pranata sosial adalah sistem-sistem yang menjadi wahana yang memungkinkan warga masyarakatnya untuk berinteraksi menurut pola-pola resmi atau suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepda aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan mereka. Pranata sosial adalah sesuatu yang bersifat konsepsional,artinya bahwa eksistensinya hanya dapat ditangkap dan dipahami melalui sarana pikir, dan hanya dapat dibayangkan dalam imajinasi sebagai suatu konsep atau konstruksi pikir.

Memberi pedoman pada anggota masyarakat tentang bagaimana bertingkah laku atau bersikap di dalam usaha untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. 1. karena pranata sosial sebenarnya memang produk dari norma sosial. Untuk mewujudkan tujuannya. menurut Soerjono Soekanto (1970). Semakin kompleks kehidupan masyarakat semakin kompleks pula pranata yang dibutuhkan atau yang dihasilkan guna pemenuhan kebutuhan pokoknya dalam kehidu[an bersama. tujuan utama diciptakannya pranata sosial. Oleh karena itu.. Sebuah komunitas dimana manusia tinggal bersama membutuhkan pranata demi tujuan keteraturan. Berfungsi untuk memberikan pegangan dalam mengadakan sistem pengendalian sosial (sosial control). 3. pranata sosial di dalam masyarakat dengan demikian harus dilaksanakan fungsi-fungsi berikut. 2. karena pranata sosial merupakan tuntutan mutlak adanya suatu masyarakat atau komunitas. sehingga dapat terwujudnya kesatuan yang tertib. Hal ini mengingat bahwa sumber pemenuhan hidup yang dapat dikatakan tidak seimbang dengan jumlah manusia yang semakin bertambah baik kuantitas maupun kualitasnya. B. selain untuk mengatur agar kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi secara memadai. Pranataberjalan seiring dengan semakin majunya masyarakat. Secara umum. norma-norma sosial yang terdapat didalam pranata sosial akan berfungsi untuk mengatur pemenuhan kebutuhan hidup dari setiap warganya secara adil atau memadai. Menjaga keutuhan masyarakat dari ancaman perpecahan atau disintegrasi masyarakat. baik masyarakat sederhana maupun masyarakat kompleks atau masyarakat modern.Tujuan dan Fungsi Pranata Sosial Diciptakan pranata sosial pada dasarnya mempunyai maksud serta tujuan yang secara prinsipil tidak berbeda dengan norma-norma sosial. sehingga dimungkinkan pertentangan yang bersumber pada perebutan maupun ketidakadilan dalam usaha memenuhi kebutuhannya akan ancaman kesatuan dari warga masyarakat.Pranata sosial terdapat dalam setiap masyarakat. Sanksi-sanksi atas pelangaran norma-norma sosial merupakan sarana agar setiap warga . juga sekaligus untuk mengatur agar kehidupan sosial warga masyarakat bisa berjalan dengan tertib dan lancer sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. Dengan demikian pranata sosial telah siap dengan berbagai aturan atau kaidah-kaidah yang dapat harus dipergunakan oleh setiap anggota masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hiodupnya.

sehingga tertib sosial dapat terwujud.Karakterisrik Pranata Sosial Karakteristik umum dari Pranata Sosial yang dikemukakan oleh Gillin and Gillin. sedangkan sekumpulan dari peranan-peranan sosial seolah-olah merupakan perwujudan konkret dari pranata sosial. Denagn demikian sanksi yang melekat pada setiap norma sosial itu merupakan pegangan dari warga untuk meluruskan maupun memaksa warga masyarakat agar tidak menyimpang dari norma sosial. tidak disadari dan tidak diharapkan orang banyak. Pranata sosial itu relative mempunyai tingkat kekebalan tertentu. Misalnya dalam pranata keluarga mempunyai fungsi laten dalam pewarisan gelar atau sebagai pengendali sosial dari perilaku menyimpang. Fungsi manifes adalah fungsi pranata sosial yang nyata. 1964:67-70) 1. a.Fungsi laten adalah fungsi pranata sosial yang tidak tampak. disadari dan menjadi harapan sebagian besar anggota masyarakat. Pranata Sosial terdiri dari seperangkat organisasi daripada pemikiran-pemikiran dan pola-pola perikelakuan yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas kemasyarakatan. Karakteristik ini menegaskan kembali bahwa pranata sosial terdiri dari sekumpulan norma-norma sosial dan peranan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. C. (Soemardjan dan Soemardi. dimana norma-norma sosial ini terbentuk melalui proses yang tidak mudah dan relative lama. Artinya. Selain fungsi umum tersebut. sehingga sewajarnyalah apabila pranata sosial kemudian dipelihara sebaik-baiknya oleh setiap warga masyarakat. karena pranata sosial akan tetap tegar di tengah kehidupan masyarakat. 2. pranata sosial itu pada umumnya mempunyai daya tahan tertentu yang tidak lekas lenyap dalam kehidupan bermasyarakat. karena pranata sosial itu memiliki nilai-nilai yang tinggi. diantaranya karena pranta sosial itu terdiri dari norma-norma sosial. panjangnya umur pranata sosial itu pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa factor. norma-norma sosial ini merupakan unsur abstraknya dari pranata sosial. b. karena menampakkan diri sebagai bentuk assosiasi atau lembaga. Sementara itu normanorma sosial itu pada umumnya berorientasi pada kebutuhan pokok dari kehidupan masyarakat. Kekebalan pranata . tetapi ada.masyarakat tetap conform dengan norma-norma sosial itu. tampak. pranata sosial memiliki dua fungsi besar yaitu fungsi manifes (nyata) dan fungsi laten (terselubung). Misalnya dalam pranata keluarga mempunyai fungsi reproduksi yaitu mengatur hubungan seksual untuk dapat melahirkan keturunan. sebagai berikut.

Di dalam pranata sosial. 3. Dengan tujuan inilah maka merangsang pranata sosial untuk dapat melaksanakan fungsinya. tujuan akan motivasi ataupun mendorong manusia untuk mengusahakan serta bertindak agar tujuan itu dapat terwujud. Tidaklah mungkin dapat terjadi ada pranata sosial berfungsi. . Alat-alat perlengkapan pranata sosial dimaksudkan agar pranata yang bersangkutan dapat melaksanakan fungsinya guna mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh Karena itu. seperti adanya sarana maupun prasarana yang harus tersedia untuik mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Adakalanya fungsi pranata sosial itu tidak diketahui ataupun tidak disadari oleh sekelompok masyarakat yang menjadi anggotanya. Sebaliknya. akan tetapi hal ini bukanlah dimaksudkan bahwa adanya tujuan akan menjamin berfungsinya pranata sosial. Oleh karena itu apabila pranata sosial telah mempunyai tujuan tertentu yang akan dicapai. Peralatan pranata sosial dapat pula bersifat hardware maupun software. yang dimaksud dengan tujuan adalah sesuatu yang harus dicapai oleh golongan masyarakat tertentu dan golongan masyarakat yang bersangkutan akan berpegang teguh padanya.Pranata sosial merupakan alat-alat perlengkapan yang dipergunakan untuk mencapai tujuannya. dan sering kali terjadi fungsi itu baru disadari setelah diwujudkan dan ternyata berbeda dengan tujuannya. 5. Pranata sosial itu mempunyai tujuan yang ingin dicapai dan diwujudkan. Dengan demikian maka dapatlah dikatakan bahwa tujuan paranata sosial itu dapat tercapai apabila fungsinya dapat berjalan sebagaimana mestinya. 4.sosial juga dipengaruhi oleh usaha dari para warga masyarakat untuk semangkin mengukuhkan atau melestarikan bahwa ada kecenderungan manusia untuk memperoleh serta meningkatkan kedudukan seseorang akan meningkat pula peranan yang dimainkan dalam kehidupannya. Lambang dari suatu pranata sosial dapat berupa gambar sesuatu. tulisan maupun slogan-slogan. tetapi pranata sosial itu sendiri tidak dapat menjalankan fungsinya. juga tidak jarang dimaksudkan untuk pencerminan secara simbolis yang menggambarkan tujuan dan fungsi pranata sosial yang bersangkutan. Tujuan dasarnya adalah merupakan pedoman serta arah yang ingin dicapai. Lambang pranata sosial secara umum dapat dikategorikan dalam dua hal. Pranata sosial pada umumnya dilakukan dalam bentuk lambang-lambang. Lambang disamping merupakan spesifikasi dari suatu pranata sosial. maka tujuan tersebut akan mandul atau steril. yang dimaksud dengan fungsi pranata sosial adalah merupakan peranan pranata dalam sistem sosial dan kebudayaan masyarakat. Peralatan yang diperlukan atau yang dimiliki setiap pranata sosial tergantung dari jenis pranata yang bersangkutan. tetapi tidak mempunyai tujuan yang ingin dicapai.

fungsi maupun nilai-nilai yang terkandung di dalam pranata sosial yang bersangkutan. menyebut masalah. Seperti kita ketahui. Lambang yang bersifat presentasional ini biasanya mengandung nilai-nilai dari tujuannya juga bersifat sacral.Pertama. . adalah lambing yang bersifat discursive.masalah yang berhubungan dengan negara kota dengan istilah politheia dalam buku karangannya yang berjudul politicos (ahli polis). misalnya burung garuda dan bendera merah putih akan menghadirkan Negara Republik Indonesia. dokumen yang tertulis dapat merupakan landasan pranata yang autentik dipergunakan sebagai pedoman. Kedua. Oleh karena itu. lambang atau symbol yang bersifat presentasional.Pengertian dan ciri-ciri Pranata Politik Istilah “politik” yang kita kenal sekarang bermula dari kegiatan kenegaraan yang dijalankan di yunani. bahwa kata politik berasal dari kata polis yang berarti “negara kota”. 6. Plato. dan dokumen ini sebenarnya adalah merupakan konkretisasi dari karakteristik yang pertama. seorang ahli filsafat di yunani pada zaman itu. yaitu lambang yang dapat menghadirkan pranata yang bersangkutan. BAB II PRANATA POLITIK A. pusat kegiatan politis di yunani. Dokumen ini dimaksudkan menjadi suatu landasan atau pangkal tolak untuk mencapai tujuan serta melaksanakan fungsinya. yaitu lambang yang tidak ada kaitan atau tidak ada sambungannya dengan tujuan.Pranata sosial mempunyai dokumen baik yang tertulis maupun tidak. sehingga lambing yang dipergunakan itu biasanya sekedar untuk menunjukkan spesifikasi dari pranata sosial yang bersangkutan.

baik tertulis ataupun tidak tertulis yang berfungsi mengatur semua aktivitas politik dalam masyarakat atau negara.Fungsi Pranata Politik Pranata politik dibentuk untuk menyelenggarakan lepentingan bersama bukan kepentingan individu/ golongan tertentu.selanjutnya Kornblum menyatakan bahwa politik menentukan siapa. dan bagaimana memiliki kekuasaan.J. Ciri-ciri atau karakteristik Pranata Politik 1. dan dalam hal ini disebut sebagai pranata politik. negara. Asosiasi tersebut melaksanakan fungsi-fungsi untuk kepentingan umum. pranata politik merupakan perangkat norma dan status yang menkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang. dan untuk memilih pemimpin yang berwibawa.W. Menurut Korrnblum. yakni : . Asosiasi tersebut dineri kewenangan luas jangkauan kewenangan hanya dalam teritorial tertentu. 3. pemerintah hanyalah salah satu unsur negara. karena pemerintah merupakan alat atau aparat negara yang melaksanakan fungsi-fungsi dan kekuasaan negara. Pranata yang memegang monopoli penggunaan paksaan fisik dalam suatu wilayah tertentu. Hanya yang perlu diperhatikan bahwa Negara tidak sama artinya dengan pemerintahan. James W. keamanan nasional (militer).Dr. B. Selain itu. dan 4.bilamana. negara. kebijaksanaan. dan lain sebagainya. maksudnya sama. Pranata politik harus berdiri ditengah-tengah kompetisi yang berlangsung dimasyarakat. kekuasaan. yudikatif. Dengan demikian istilah pranata pemerintahan.Vender Zanden menyebutkan pranata politik dimasyarakat manapun pada dasarnya selalu memiliki empat fungsi. dan partai politik. 2. Adanya komunitas manusia yang secara sosial bersatu atas dasar nilai-nilai yang disepakai bersama.legislatif. Dengan demikian.Jadi. untuk mendamaikan pertentangan-pertentangan.Schoerl adalah peraturan-peraturan untuk memelihara tata tertib. Pranata politik adalah serangkaian peraturan. Adanya asosiasi politik atau biasa disebut pemerintahan yang aktif. karana dalam istilah politik sudah tercakup istilah pemerintah. pranata politik memelihara peraturan yang memungkinkan kehidupan bermasyarakat berjalan dengan damai dan tertib. pranat politik akan meliputi eksekutif. politik. Selain itu pengertian pranat politik menurut Prof. Jadi.

Pranata politik berusaha menengahi pertentangan yang ada sehingga memuaskan semua pihak. dalam masyarakat yang sudah kompleks. Dalam masyarakat seperti ini tidak diperlukan polisi atau aparat petugas kontrol resmi. dan sebaginya.yang dialamnya dirumuskan apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Anggota-anggota masyarakat tidak akan mampu menyajikan berbagai pelayanan kebutuhan pokok melalui prosedur tradisionil. Dalam masyarakat yang masih tradisional dan tidak mempunyai pranata politik formal. Pengturan terip masyarakat tidak dilaksanakan melalui tindakan yang spontan dan kolektif dari anggota masyarakat. Sementara itu. Norma merupakan aturan yang menentukan perilaku yang tepat dan yang tidak tetap.1. Pranata pollitik dengan alat-alat yang dimilikinya melindungi warganya dari serangan musuh. Fungsi menengahi pertentangan kepentingan (arbitration of conflicting onterest). Gillin dan Gillin dalam versi lain menyebutkan tiga fungsi pranata politik. yaitu : 1.karena fungsi pemaksaan aturan dilakukan oleh pranata lain. Pertentangan dapat timbul antara majikan dan buruh. tetapi oleh struktur khusus yang mempunyai kewenangan untuk melak sanakan paksaan fisik. antara golongan. Mengatur hubungan-hubungan di dalam masyarakat. Individuindividu dalam memenuhi kebutuhannya seringkali berebutan dan bertentangan satu sama lain. Prnata politik menyusun rencana dan mengarahkan kegiatan-kegiatan anggota masyarakat demi tercapainya tujuan masyarakat. 4. tetapi seringkali melibatkan kelompok masyarakat. 3.struktur politik yang khusus diperlukan untuk mengadakan kontrol. maka folkwasy dan mores dilaksanakan melalui tindakantindakan yang spontan dan kolektif dari anggo masyarakat. baik dengaan diplomasi maupun dengan kekerasan atau perang. sehingga terjasi persaingan yang tidak sehat dan bertentangan kepentingan antara anggota masyarakat. Fungsi pemaksaan norma (enforcement norms). Fungsi merencanakan dan mengarahkan (planning dan direction). Pertentengan itu tidak saja melibatkan individu. Fungsi melindingi masyarakat dari serangan musuh dari luar. 2. Pranta politik mengadakan keseimbangan dan mengadili. Apalagi kalau masyarakat itu heterogen sehingga sukar sekali dicapai persetujuan bersama. dalam mana customs dan tradisi sudah tidak mampu lagi diandalkan untuk mengataur kehidupan politik warga masyarakat. Sedangkan. .

eksekutif (Presiden-pemerintahan) dan yudikatif (MA-MK). dan seterusnya) merefleksikan . pendidikan. melindungi warga negaranya dari serangan negara asing. Dengan kata lain pranata politik berfungsi untuk memajukan kesejahteraan sosial. dan sebagainya. Selanjutnya dalam kehidupan masyarakat. Yang dimaksud superstruktur adalah pengetahuan sosial (berbagai pandangan dandoktrin yang dihasilkan manusia: filosofi. 4. menyelenggarakan pelayanan umum. komunikasi dan sebagainya. 5. berbangsa. Eksternal security maksudnya menjaga keamanan dari luar. 3. melaksakan undang-undang yang telah disetujui. Suprastruktur politik. listtik . seperti pendidikan. Artinya pranata politik memelihara ketertiban dalam masyarakat dengan kewenangan yang dimilikinya. kesehatan. melaksanakan pelayanan-pelayanan sosial serta kebutuhan pokok masyarakat seperti : sandang. kesejahteraan. Artinya pranata politik melalui alat-alat yang dimilikinya berusaha mempertahankan negara dan warga masyarakat dari serangan pihak luar. General welfare maksudnya berusaha melaksanakan kesejahteraan umum. C. dan sebagainya. melembagakan norma-norma melalui undang-undang. baik dengan cara persuasif maupun dengan paksaan fisik. kalau kita inventarisasi maka secara rinci pranata poltik adalah : 1. 3. politik. Selain suprastruktur terdapat pula superstruktur. 2. air. pangan. Atas dasar defenisi dari berbagai ahli yang ada. 2. 3.Pelembagaan Pranata Politik 1. dan bernegara maka fungsi dari pranata politik adalah sebagai berikut: 1. Mengatur dan menyelenggarakan kepentingan serta kebutuhan seluruh anggota masyarakat. memelihara kesiapsiagaan atau kewaspadaan dalam menghadapi bahaya. yaitu lembaga-lembaga kenegaraan terdiri legislatif (MPR-DPR). pendidikan. Artinya pranata politik merencanakan. 6. papan. Melindungi warganya dari serangan musuh atau negara lain. Internal order maksudnya memelihara dari dalam. kesejahteran.2. seperti perawatan kesehatan. energi. menyelesaikan konflik yang terjadi di antara warga masyarakat. baik melalui diplomasi maupun peperangan. agama.

seperti partai politik. ideologi. Infrastruktur politik yakni lembaga-lembaga yang ada dalam masyarakat. organisasi kemasyarakatan. bagaimana suatu penguasaan basis.54 Tidak ada komentar: Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke Facebook Beranda Langganan: Entri (Atom) Mengenai Saya hajirRakal BloggErs Sejati Makassar. pekerja. dan yang termuat dalam superstruktur adalah. Berbagai lembaga politik merupakan superstruktur di atas fondasi ekonomi. kelompok kepentingan (interest group) & kelompok penekan (pressure group). atau penguasaan faktor produksi serta hubungan-hubungan antar produksi akan mempengaruhi suatu superstruktur. politik.sistem ekonomi dari masyarakat. Sulawesi-Selatan. 2004: 241). pengetahuan seni. dan sebagainya (Hardiman. Diposkan oleh hajirRakal BloggErs Sejati di 07. yang tercakup di dalam basis itu sendiri adalah kekuatan produktif (alat-alat kerja. Dalam Penyusunan keputusan-keputusan kebijaksanaan diperlukan adanya kekuatan yang seimbang dan terjalinnya kerjasama yang baik antara suprastruktur dan infrastruktur politik sehingga memudahkan terwujudnya cita-cita dan tujuan-tujuan masyarakat/negara . pengalaman atau teknologi) dan hubungan-hubungan produksi. media massa. Indonesia Good JOb Lihat profil lengkapku Pengikut Arsip Blog . Karl Marx mengatakan. mencakup pranatapranata politik yang ada dalam masyarakat. 2.

. sistem-sistem yang menjadi wahana yang memungkinkan warga masyarakat itu untuk berinteraksi menurut pola-pola resmi atau suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat. pengertian pranata sosial adalah sistem norma yang bertujuan untuk mengatur tindakan maupun kegiatan masyarakat untuk memnuhi kebutuhan pokok dan bermasyarakat bagi manusia. organisasi sosial maupun lembaga kemasyarakatan. Soerjono Soekanto.. 1. lembaga kemasyarakatan (Pranata Sosial) adalah himpunan normanorma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat. Pengertian Pranata Sosial Pengertian pranata sosial secara prinsipil tidak jauh berbeda dengan apa yang sering dikenal dengan lembaga sosial. Jadi. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi. Horton dan Hunt (1987). 2. Tanpa adanya pranata sosial. Diberdayakan oleh Blogger. Dengan kata lain. ▼ 2011 (1) o ▼ Januari (1)  <!--[if gte mso 9]> Normal 0 f. 1. Tiga kata kunci di dalam setiap pembahasan mengenai pranata sosial adalah: 1. selain untuk mengatur agar kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi secara memadahi. Koentjaraningrat (1979). I. 4. pranata sosial adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir dan mengejewantahkan nilai-nilai serta prosedur umum yang mengatur dan memenuhi kegiatan pokok warga masyarakat. Pola perilaku yang dibakukan atau yang disebut prosedur umum. yakni jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku sesuai dengan prosedur umum yang berlaku. Nilai dan norma. 3. 3. Contoh: (a) Pranata Pendidikan mengatur bagaimana sekolah harus mendidik anak-anak hingga menghasilkan lulusan yang handal. Tujuan Pranata Sosial Pranata Sosial. II. Sistem hubungan. karena di dalam masing-masing istilah tersebut terisrat adanya unsur-unsur yang mengatur setiap perilaku warga masyarakat. semua norma-norma dari segala tingkat yang berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan. juga sekaligus untuk mengatur agar kehidupan sosial warga masyarakat bisa berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku. suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting. FishAda kesalahan di dalam gadget ini Template Awesome Inc. kehidupan manusia nyaris bisa dipastikan bakal porak poranda karena jumlah prasarana dan sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia .1 Pengertian Pranata Sosial menurut para ahli. Gambar template oleh diane555.. 2.

2. menimbun dan mendistribusikan harta benda (economic institutions) 3. memproduksi. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup. yakni seperti pada bagan berikut: Bila fungsi pranata sosial adalah sebagai berikut: dijabarkan 1. Mengurus kebutuhan jasmani manusia (somatic institutions) 2.2 Fungsi Pranata Sosial Pranata Sosial memiliki fungsi utama. Memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions) 5. sementara jumlah warga masyarakat yang membutuhkan justru semakin lama semakin banyak. Memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia (educational institutions) 4.relatif terbatas. Menjaga keutuhan masyarakat dari ancaman perpecahan atau disntegrasi masyarakat. Memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan (religius institutions) 7. norma-norma sosial yang terdapat di dalam pranata sosial akan berfungsi untuk mengatur pemenuhan kebutuhan hidup dari setiap warganya secara adil atau memadai. Memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kebutuhan berkelompok atau bernegara (political institutions) 8. Memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aesthetic and recreational institutions) 6. . Hal ini mengingat bahwa sumber pemenuhan kebutuhan hidup yang dapat dikatakan tidak seimbang dengan jumlah manusia yang semakin bertambah baik kuantitas maupun kualitasnya. Oleh karena itu.1 Tujuan Pranata Sosial menurut Koentjaraningrat 1. Memenuhi kebutuhan sosial dan kekerabatan (kinship atau domestic instituions) 2. sehingga dapat terwujudnya kesatuan yang tertib. sehingga dimungkinkan pertentangan yang bersumber perebutan maupun ketidakadilan dalam usaha memenuhi kebutuhannya akan ancaman kesatuan dari warga masyarakat.

Mempunyai alat-alat perlengkapan yang dipakai mencapai tujuan. gabungan antara gambar. 3. tulisan. Karakteristik / Ciri-ciri 1. Berdasarkan Sistem Nilai yang diterima Masyarakat . perdagangan dan utang piutang. 4. Berdasarkan Pengembangannya   Cresive institutions (pranata yang utama) adalah institusi yang paling primer dan tumbuh dari adat istiadat. Pranata sosial mempunyai tradisi. Memberikan pedoman pada anggota masyarakat untuk bertingkah laku / bersikap untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Memiliki satu atau beberapa tujuan. dan bendera panji. Lambanglambang biasanya merupakan ciri khas dari pranata sosial. Dengan demikian pranata sosial telah siap dengan berbagai aturan atau kaidah-kaidah sosial yang dapat dan harus dipergunakan oleh setiap anggota masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Memberi pegangan pada masyarakat untuk menandakan sistem pengendalian sosial (social control). tulisan. 2. baik tertulis maupun tidak tertulis (peraturan/hukum). Lambang-lambang tersebut dapat berupa: gambar (logo). IV.2. Dengan demikian sanksi yang melekat pada setiap norma sosial itu merupakan pegangan dari warga untuk meluruskan maupun memaksa warga masyarakat agar tidak menyimpang dari norma sosial. Sanksi-sanksi atau pelanggaran norma-norma sosial merupakan sarana agar setiap warga masyarakat tetap konform dengan norma-norma sosial itu. Jenis-jenis Pranata Sosial 1. fungsi dan tujuan dari lembaga sosial yang bersangkutan. maupun logo. karena pranata sosial aka tetap tegar di tengah kehidupan masyarakat.Lambang-lambang suatu organisasi mengandung makna. agama dan hak milik. Contoh: pendidikan. sehingga tertib sosial dapat terwujud. yang secara simbolismenggambarkan tujuan dan fungsi pranata sosial. Merupakan suatu organisasi dari pola-pola pemikiran dan perilaku yang terwujud melalui aktivitas-aktivitas sosial. 6. Memiliki alat-alat perlengkapan yang digunakan untuk mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan. III. 3. artinya suatu pranata akan berakhir ketika manusia tidak lagi membutuhkannya. Enacted institutions (pranata yang dibuat) adalah institusi yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan atau tujuan tertentu. 7. Memiliki tingkat kekekalan tertentu. 2. 5. Contoh: perkawinan.

dll. Berdasarkan sudut Penerimaan Masyarakat   Approved institutions adalah pranata sosial yang diterima masyarakat. dll. Konghucu dan sebagainya. Hindu. pengadilan. Kategori Pranata Sosial Norma hukum diciptakan oleh pranata sosial. dll). Subsidiary institutions adalah pranata yang dianggap kurang penting. Kristen.  Basic institutions adalah pranata sosial yang sangat penting untuk memelihara dan mempertahankan tata tertib dalam masyarakat. Unsactioned institutions adalah pranata sosial yang ditolak masyarakat. sekolah dan negara. Contoh: pranata industrialisasi. seperti bagan berikut ini: . Budha. Berdasarkan Fungsinya   Cooperative institutions adalah pranata sosial yang dihimpun pola serta tata cara yang diperlukan untuk menacapai tujuan pranata. dan pranata sosial dapat diterapkan jika ada lembaga sosial. 3. Regulative institutions adalah pranata sosial yang bertujuan mengawasi adat istiadat yang tidak termasuk bagian mutlak dari pranata itu sendiri. industri. Contoh: perusahaan. 4. Contoh: keluarga. Islam. Contoh: pemeras. V. Berdasarkan Faktor Penyebarannya   General isntitutions adalah pranata sosial yang dikenal secara umum oleh masyarakat di dunia. Contoh: Katolik. Contoh: rekreasi. Contoh: pranata hukum (kejaksaan. preman. Contoh: agama. penjahat. Restucted institutons adalah pranata yang dikenal oleh kelompok masyarakat tertentu saja. 5.

Pranata Keluarga. 2. kebodohan menuju kecerahan dan kecerdasan pengetahuan atau dari tidak tahu menjadi tahu. aman dan tenteram. Pranata Ekonomi. yang berfungsi untuk memenuhi keperluan manusia sehubungan dengan kegiatan berbakti kepada Tuhan sebagai perwujudan dari hak azasi manusia. Pranata keluarga merupakan sistem norma dan tata cara yang diterima untuk menyelesaikan beberapa tugas penting. Keluarga berperan membina anggota-anggotanya untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik maupun lingkungan budaya di mana ia berada. Pendidikan merupakan proses yang terjadi karena interaksi berbagai faktor yang menghasilkan penyadaran diri dan penyadaran lingkungan. Berdasarkan fungsi untuk memenuhi keperluan hidup dari warga masyarakat dikenal istilah religious institutions. Pranata Agama. Bila semua anggota sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tinggal maka kehidupan masyarakat akan tercipta menjadi kehidupan yang tenang. Pranata ekonomi adalah sistem norma atau kaidah yang mengatur tingkah laku individu dalam . 4. Agama merupakan sesuatu yang mengatur kehidupan manusia dengan manusia maupun dengan penciptanya. Pranata Pendidikan.Berdasarkan bagan tersebut pranata sosial dapat dibagi dalam beberapa kategori sebagai berikut: 1. Pendidikan ialah proses membimbing manusia dari kegelapan. Agama merupakan salah satu pranata yang sangat penting dalam mengatur kehidupan manusia. sehingga menampilkan rasa percaya akan lingkungan. 3.

untuk mendamaikan pertentanganpertentangan. . 2004. Jakarta: Yudhistira. 1 2 3 Lembaga Keluarga Pak Petrus Gereja. Perumahan Peran serta politik Pengembangan keturunan Perdagangan Pernikahan No. Pranata Politik. Partai Politik Daftar Pustaka 1. 5. 2006. yudikatif. 2. Pratiwi. Sri. Sosiologi Suatu Pengantar. Pranata politik merupakan perangkat norma dan status yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan politik akan meliputi eksekutif. Media Semesta. Sosiologi: Teks dan Pengantar. J. Departemen Pendidikan Nasional. dan c) mengatur produksi barang dan jasa. “Pranata Sosial” dalam http://sosiologi.ac. Download: 24 Januari 2013. 3. Surakarta: CV. Maryanto (ed. KUA Pemilihan Umum KPU.). LKS Geografi dan Sosiologi Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 (Execelen: Panduan Aktif Untuk Siswa Berprestasi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Pakaian.id/. Tim Sosiologi dan Geografi. Sudarmi. b) mengatur distribusi barang dan jasa. Contoh Kategori Pranata Sosial Kegiatan dan Kebutuhan Pranata Makanan. 6. Jakarta: Kencana. Pranata politik adalah peraturan untuk memelihara tata tertib.ub. Ratih Nur. Soekanto. Jakarta: Pusat Perbukuan. 2008. Fungsi pranata ekonomi adalah: a) mengatur konsumsi barang dan jasa. dan untuk memilih pemimpin yang berwibawa. 5. Dwi dan Bagong Suayanto. Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu 2: SMP/MTs Kelas VIII. militer dan partai politik. 2005. Narwoko. legislatif. Soerjono. Pengetahuan Sosial: Sosiologi dan Geografi. 4.masyarakat guna memenuhi kebutuhan barang dan jasa.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->