O L E H

SANDY KURNIAWAN S NIM 0612 3031 0166

Pentahanan ini mempunyai nilai tahanan yang harus sesuai dengan PUIL yang berlaku yaitu sekitar 2-10 ohm. Untuk pengukuran tahanan tanah maka digunakankanlah alat yang dinamakan earth tester. Pentahanan disini berfungsi untuk menyalurkan arus hubung singkat yang terjadi pada suatu instalasi listrik. petir dll. dari lonjakan listrik. Pengertian Earth Tester Dalam ilmu instalasi listrik dikenal kata pentahanan. Sistem pentanahan atau biasa disebut sebagai grounding adalah sistem pengamanan terhadap perangkat-perangkat yang mempergunakan listrik sebagai sumber tenaga. . Tujuan utama dari adanya pentanahan adalah menciptakan jalur yang low-impedance (tahanan rendah) terhadap permukaan bumi untuk gelombang listrik dan transient voltage.

· Lihat penunjuk voltase tanah apabila jarum bergerak dengan cepat sampai mentok ke ujung volt meter. . Itulah nilai resistansi tanah. · Lakukan instalasi earth tester seperti tampak jarak L adalah sebesar 5 meter. Cara penggunaan earth tester: · Pada switch pilih mode Ω. · Baca nilai resistansi yang terbaca pada alat tersebut. · Tekan push button. check kembali instalasi kabel. · Adjust ohm meter sampai nilai voltase pada galvanometer “0 volt”.

.

wikipedia.blogspot.html http://www.com/2011/01/cara-penggunaan-earth-tester.youtube.com/watch?v=-139ISzCr3g .Daftar Pustaka    http://id.org/wiki/Sistem_Pentanahan http://ligthningprotection.