O L E H

SANDY KURNIAWAN S NIM 0612 3031 0166

 Pengertian Earth Tester Dalam ilmu instalasi listrik dikenal kata pentahanan. Pentahanan ini mempunyai nilai tahanan yang harus sesuai dengan PUIL yang berlaku yaitu sekitar 2-10 ohm. . Pentahanan disini berfungsi untuk menyalurkan arus hubung singkat yang terjadi pada suatu instalasi listrik. Tujuan utama dari adanya pentanahan adalah menciptakan jalur yang low-impedance (tahanan rendah) terhadap permukaan bumi untuk gelombang listrik dan transient voltage. Untuk pengukuran tahanan tanah maka digunakankanlah alat yang dinamakan earth tester. dari lonjakan listrik. Sistem pentanahan atau biasa disebut sebagai grounding adalah sistem pengamanan terhadap perangkat-perangkat yang mempergunakan listrik sebagai sumber tenaga. petir dll.

check kembali instalasi kabel. · Tekan push button. · Lihat penunjuk voltase tanah apabila jarum bergerak dengan cepat sampai mentok ke ujung volt meter. Cara penggunaan earth tester: · Pada switch pilih mode Ω. · Baca nilai resistansi yang terbaca pada alat tersebut. · Lakukan instalasi earth tester seperti tampak jarak L adalah sebesar 5 meter. . · Adjust ohm meter sampai nilai voltase pada galvanometer “0 volt”. Itulah nilai resistansi tanah.

.

Daftar Pustaka    http://id.youtube.com/watch?v=-139ISzCr3g .com/2011/01/cara-penggunaan-earth-tester.org/wiki/Sistem_Pentanahan http://ligthningprotection.blogspot.wikipedia.html http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful