PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

Diajukan untuk memenuhi salah satu pengayaan Geografi

Disusun oleh : Nurul Afni Pujiyanti Kelas XI IPS 4

SMA NEGERI 15 GARUT Jalan Panawuan No.3a Telepon (0262) 2248936 2013

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah usaha meningkatkan kualitas manusia secara bertahap dengan memerhatikan faktor lingkungan. Menjamin pemerataan dan keadilan. melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi. . Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. d. c. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni bagi generasi anak cucu kita kelak. Menggunakan pandangan jangka panjang. Menggunakan pendekatan integratif. Menghargai keanekaragaman hayati. yaitu keterbatasan kemampuan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan baik masa sekarang maupun masa yang akan datang. Konsep pembangunan berkelanjutan merupakan kesepakatan hasil KTT Bumi di Rio de Jeniro tahun 1992. yaitu: a. dari balita sampai manula. Upaya pemerintah untuk mewujudkan kehidupan adil dan makmur bagi rakyatnya tanpa harus menimbulkan kerusakan lingkungan ditindaklanjuti dengan menyusun program pembangunan berkelanjutan yang sering disebut sebagai pembangunan berwawasan lingkungan. b. b. Pembangunan berwawasan lingkungan dikenal dengan nama Pembangunan Berkelanjutan. khususnya kebutuhan pokok manusia untuk menopang hidup. Di dalamnya terkandung 2 gagasan penting.UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja. Gagasan kebutuhan. Adapun ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan adalah sebagai berikut: a. Gagasan keterbatasan.

24 Tahun 1986.Pada masa reformasi sekarang ini. tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mempunyai tujuan di antaranya: a. pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan. 5 Tahun 1960 yang mengatur tentang Tata Guna Tanah. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan. Menerbitkan UU No. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. efektif. penganggaran. 4 Tahun 1982. 2) Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3). Hal-hal yang dilakukan pemerintah antara lain: a. Pada tahun 1991. dan berkelanjutan. Sehubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam. 1. dan pengawasan. Mengoptimalkan partisipasi masyarakat. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. pembangunan nasional dilaksanakan tidak lagi berdasarkan GBHN dan Propenas. harus diperhatikan tatanan/tata cara lingkungan itu sendiri. c. Upaya yang Dilakukan Pemerintah Pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memikirkan dan mewujudkan terbentuknya pelestarian lingkungan hidup. b. Pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon. tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup. d. Dalam hal ini manusialah yang paling tepat sebagai pengelolanya karena manusia memiliki . berkeadilan. dengan tujuan pokoknya: 1) Menanggulangi kasus pencemaran. tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan). b. 3) Melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL). Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien. tetapi berdasarkan UU No. agar lingkungan tetap lestari. 25 Tahun 2000. c. pelaksanaan. e.

beberapa kelebihan dibandingkan dengan organisme lain. dan mampu berpikir serta meramalkan keadaan yang akan pengembangan lingkungan hidup. Melindungi negara terhadap dampak kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. pemulihan. Mewujudkan manusia sebagai pembina lingkungan hidup. Untuk mencegah dan menghindari tindakan manusia yang bersifat kontradiksi dari hal-hal tersebut di atas. manusia datang 2. memperbaiki. 4. Melalui penerapan pengelolaan lingkungan hidup akan terwujud kedinamisan dan harmonisasi antara manusia dengan lingkungannya. penataan. dan mengkondisikan lingkungan seperti yang dikehendakinya. pemerintah telah menetapkan kebijakan melalui Undang-undang Lingkungan Hidup. manusia memiliki ilmu dan teknologi 3. 3. seperti: 1. Melaksanakan pembangunan berwawasan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang. Manusia mampu merombak. pengendalian. Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu dalam pemanfaatan. manusia memiliki akal dan budi sehingga dapat memilih hal-hal yang baik. pengawasan. . Pengelolaan ini mempunyai tujuan sebagai berikut. Mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan hidup sebagai tujuan membangun manusia seutuhnya. Mengendalikan pemanfaatan sumber daya secara bijaksana. 1. pemeliharaan. 2.

dan kertas menjadi barang-barang yang bermanfaat. Upaya pengelolaan limbah yang saat ini tengah digalakkan adalah pendaurulangan atau recycling. Undang-undang lingkungan hidup bertujuan mencegah kerusakan lingkungan. dan menindak pelanggaran-pelanggaran yang menyebabkan rusaknya lingkungan. Undang-undang lingkungan hidup antara lain berisi hak. Peran serta tersebut diatur dengan perundang-undangan. Barang siapa yang dengan sengaja atau karena kelalaiannya melakukan perbuatan yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup atau tercemamya lingkungan hidup diancam pidana penjara atau denda. 4. Setiap orang berkewajiban memelihara lingkungan dan mencegah serta menanggulangi kerusakan dan pencemaran lingkungan 3. . 2. misalnya plastik. Dengan daur ulang dimungkinkan pemanfaatan sampah. Undang-undang ini berisi 9 Bab terdiri dari 24 pasal. meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Setiap orang mempunyai hak untuk berperan serta dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup. Setiap orang mempunyai hak atas lingkungan hidup yang balk dan sehat. aluminium. Upaya pengelolaan yang telah digalakkan dan undang-undang yang telah dikeluarkan belumlah berarti tanpa didukung adanya kesadaran manusia akan arti penting lingkungan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas lingkungan serta kesadaran bahwa lingkungan yang ada saat ini merupakan titipan dari generasi yang akan datang. 1.Undang-undang lingkungan hidup Undang-undang tentang ketentuan-ketentuan pokok pengelolaan lingkungan hidup disahkan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 11 Maret 1982. wewenang dan ketentuan pidana yang meliputi berikut ini. kewajiban.

. Dalam tiap rumah tangga terdapat tempat sampah yang berwarna-warni sesuai peruntukkannya. dan tenaga gerak. Tenaga panas matahari disimpan dalam sel-sel solar untuk kemudian dimanfaatkan dalam keperluan memasak. Selain tenaga surya. memanaskan ruangan. Di beberapa negara maju telah banyak dilakukan pemisahan sampah organik dan anorganik untuk keperluan daur ulang. Tenaga surya ini tidak menimbulkan polusi.Usaha lain dalam mengurangi polusi adalah memanfaatkan tenaga surya. tenaga angin dapat pula digunakan sebagai sumber energi dengan menggunakan kincir-kincir angin.