P. 1
Kasus kode etik apoteker

Kasus kode etik apoteker

|Views: 288|Likes:
Published by Syarfina Safirah
UU dan Etika Kesehatan : Studi kasus obat kadaluarsa di apotek
UU dan Etika Kesehatan : Studi kasus obat kadaluarsa di apotek

More info:

Categories:Topics
Published by: Syarfina Safirah on Oct 08, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/16/2015

pdf

text

original

Muh.

Aldila Satria Ade Rezki Amalia Syarfina Safirahidzni

Almy Sarah Zulfiana
Rasnita M. Maliku Satriyani

KASUS: Obat Kadaluarsa Beredar di Apotek

Syamsul Alam

ETIKA PROFESI KEFARMASIAN

jenis obat tersebut dinyatakan habis. . kemudian menawarkan Dialac yang tersimpan di dalam lemari pendingin. setelah obat tersebut diminumkan ke anaknya dengan cara mencampur ke susu. suplemen makanan dengan nomor registrasi POM SI. Dia mencari obat diare. Saat itu. Marwah mengaku panik. Warga Kelurahan Sudiang ini menuturkan. Dialac memiliki komposisi dan kegunaan yang sama dengan Lacto B. dirinya hendak membeli Lacto B. Hasinya. oleh penjaga apotek. dia membeli obat seperti itu (kadaluarsa) di salah satu apotek di Daya. WINTER Template 01 Namun. Penjaga apotek tersebut. si buah hatinya mengalami muntah hingga lima kali. Marwah mengatakan.Kasus : seorang ibu bernama Marwah menjadi korban obat kedaluwarsa. Menurut penjaga apotek tersebut. suplemen makanan.044 216 731 tersebut memiliki masa kedaluwarsa 19 November 2008 sebagaimana yang tercantum di pembungkus obat. kata Marwah. Dia pun kemudian membaca seksama sampul Dialac tersebut.

02 Pada kasus yang terjadi di apotek tersebut. dimana seorang pasien diberikan obat yang sudah kadaluarsa oleh pihak apotek. Kode etik apoteker Indonesia itu sendiri merupakan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak dan nilai-nilai yang dianut dan menjadi pegangan dalam praktik kefarmasian . dapat dikategorikan ke dalam kasus pelanggaran kode etik apoteker.

03 Di dalam Kode Etik Apoteker Indonesia Bab II tentang Kewajiban Apoteker Terhadap Pasien. dimana pasal 9 berbunyi : Pasal 9 Seorang apoteker dalam melakukan pekerjaan kefarmasian harus mengutamakan kepentingan masyarakat dan menghormati hak asasi penderita dan melindungi makhluk hidup insani .

bertanggung jawab. Berdasarkan pasal di atas. dan cara pakai obat yang tepat. khasiat. dan lebih mementingkan kepentingan dan keselamatan pasien. .04 Apoteker memiliki kewajiban dimana salah satu kewajibannnya yaitu seorang Apoteker harus memastikan bahwa obat yang diserahkan kepada pasien adalah obat yang terjamin mutu. apoteker sebagai mitra pasien dalam menjalani pengobatan seharusnya lebih teliti. keamanan.

05 Thank You .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->