MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL

UPT MPK Universitas Sriwijaya

Potensi-Potensi yang dimiliki manusia
1. Kemampuan menggunakan bahasa 2. Adanya sikap etik 3. Hidup dalam alam tiga dimensi a. Bedasarkan pengalaman masa lampau b. Berdasarkan kebutuhan sekarang c. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai pada masa yang akan datang

melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. .Manusia sebagai makhluk individu • Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas dalam lingkungan sosialnya.

.Pengertian Individu • Kata Individu berasal dari kata “Individere” (bhs Yunani) yang berarti tidak dapat dipisahkan antara aspek jasmani dan rohani. Contohnya: ketika sdg melakukan pengamatan seluruh fisik mental kita bekerja. • Wilhelm Wundt (2000): individu merupakan suatu kesatuan yang berkegiatan secara keseluruhan. yang mempunyai makna sesuatu (manusia) yang tidak terbagi. dalam bahasa latin dikenal pula “Individum” .

manusia mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya  panca inderanya sudah berfungsi dgn baik. Secara psikologis. . dengan segala kelebihan yg dimilikinya.Dalam perkembangannya. semua manusia memiliki hasrat utk memenuhi segala kebutuhannya  ini adl sifat yg sangat manusiawi.

dorongan seksual dll. . dll. haus. baju bermerk.• Kebutuhan yang dirasakan manusia (felt need) bisa dibagi menjadi dua: 1. biasanya bersifat psikologis. 2. Ex: rumah mewah. Kebutuhan primer/internal/innate needs: kebutuhan yg datang dari dlm diri manusia yg biasanya bersifat biologis. Kebutuhan sekunder/eksternal/aquired need: kebutuhan dari luar sbg reaksi thd lingkungan sosial budaya. Ex:lapar.

David MC. Kebutuhan utk berkuasa: mengontrol/mengendalikan . Kebutuhan untuk affiliasi: berhub dg org lain 3.Cleland: ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi individu untuk Berperilaku: 1. Kebutuuhan untuk sukses: berprestasi 2.

lingkungan. individu akan tumbuh dan berkembang dengan kepribadian yang khas yang merupakan hasil perpaduan antara aspek fisik.  Kepribadian: perbedaan karakteristik yg plg dlm pd diri manusia (inner psycological characetristik) mns yg menggambarkan ciri unik dr masing-masing individu. . dan warisan/biologis/genetis.biologis dan mentalpsikologis yang dimilikinya. Dalam perkembangan.  faktor yg mempengaruhi kepribadian: keluarga.

Dapat berubah .Karakteristik kepribadian: 1.Konsisten dan berlangsung lama 3.Gambaran perbedaan individu 2.

Bekerja dg prinsip realitas. id: aspek biologis dlm diri manusia yg hrs segera dipenuhi.Unsur Kepribadian 1. Super ego: aspek psikologis dlm diri manusia berisi norma-norma. . Dlm perkembangannya bisa didominasi id atau super ego. 2. 3. Ego: penengah antara id dan super ego.

ia membutuhkan seseorang untuk berkomunikasi dan berbagi rasa. . namun dari sisi psikologis orang tidak dapat hidup sendiri.Manusia sebagai makhluk sosial • Dapatkah manusia hidup tanpa manusia lainnya ? Secara ekonomis bisa.

.Utk itulah kita tetap memerlukan keberadaan “orang lain”.Meskipun pd dasarnya manusia mampu memenuhi segala kebutuhannya. Oleh karena itu manusia disebut juga sebagai mahluk sosial. “Orang lain” diperlukan utk membantu memenuhi kebutuhan fisik sekaligus psikologis. namun manusia ttp memiliki keterbatasan atau kemampuan.

simpati : suatu proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain .Interaksi sosial • Interaksi sosial adalah proses sosial yang dilakukan oleh manusia sejak lahir sampai dewasa • Faktor interaksi sosial : 1. sugesti : proses ketika seseorang individu memberikan pandangan atau sikap yang kemudian diterima oleh individu lain di luar dirinya. tanpa ada pemikiran kritis sebelumnya 4. imitasi : proses peniruan 2. identifikasi : dorongan untuk menjadi identik (samadengan) individu lain 3.

.Ciri-ciri kelompok sosial • 1. 2. Menurut Muzafer Sherif (Santosa : 2004) Adanya dorongan/motif yang sama pada setiap individu sehingga terjadi interaksi sosial sesamanya dan tertuju dalam tujuan yang bersama Adanya reaksi dan kecakapan yang berbeda diantara individu satu dengan yang lain akibat terjadinya interaksi sosial Adanya pembentukan dan penegasan struktur kelompok yang jelas. 3. terdiri dari peranan dan kedudukan yang berkembang dengan sendirinya dalam rangka mencapai tujuan bersama Adanya penegasan dan peneguhan norma-norma pedoman tingkah laku anggota kelompok yang mengatur interaksi dan kegiatan anggota kelompok dalam merelisasi tujuan kelompok 4.

Jenis Kelompok • Primer • Sekunder .

Fungsi – Fungsi Pokok Keluarga 1. fungsi biologis orang tua ialah melahirkan anak 2. Fungsi Sosiologis merupakan proses dimana kepribadian si anak ditentukan lewat interaksi sosial 3. Fungsi Kasih Sayang merupakan kesediaan yang ada untuk menanggapi perasaan intim dan kasih sayang . Fungsi Biologis Keluarga merupakan tempat lahirnya anakanak.

sikap.• Kepribadian merupakan ciri manusia sebagai individu. • Sebagai tempat pertama individu melakukan sosialisasi. bermasyarakat. dll. berorganisasi. bergaul dan berinteraksi dengan masyarakat. • Keluarga merupakan kelompok sosial terkecil yang dikenal individu. . di dalam keluarga terdapat beberapa proses yang biasanya dilalui yaitu significant other dan play stage. manusia dicirikan sebagai makhluk yang selalu ingin berkelompok. Sementara sbg makhluk sosial. Ex: berkeluarga. beremosi. Keluarga merupakan dasar individu dalam memperoleh pendidikan.

anak pintar. . lucu. dokter. contohnya seorang anak yang bermain berpura-pura menjadi ayah. misalnya seorang anak akan tahu namanya ketika ayahnya memanggil dirinya berulangulang atau cap anak nakal. tampan dll yang disematkan orang-orang sekitar/anggota keluarga kepadanya. polisi dengan berbagai peran pura-puranya. • play stage adalah bagaimana seorang individu/anak mulai mengambil peran orang lain dalam bergaul.• significant other: adalah bagaimana individu mengenal dirinya sendiri dari orang lain.

• Jenis masyarakat : 1. Masyarakat Perkotaan .Masyarakat • Masyarakat merupakan kesatuan yang lebih luas daripada keluarga. Masyarakat Setempat 2. Masyarakat Pedesaan 3.

manusia harus menjaga hubungan baik dengan orang lain. Manusia harus: – Menghargai dan menghormati orang lain. – Menyadari keterbatasan diri sendiri dan menghargai kemampuan orang lain. .Kita harus bagaimana dg kepribadian manusia yg berbeda-beda dalam kaitannya kita sebagai makhluk sosial? Menyadari kenyataan tersebut. – Menyadari peran dan fungsinya dlm hubungan dgn orang lain.