ARTIKEL JURNAL ILMIAH “SUMBER DAYA (ALAM, BUATAN, MANUSIA)”

Dosen Pengampu Sri Mursiti Rombel 5 Kelompok 4: 1. Restu Lucky 2. Nurma Anisa R. 3. Willy Alif Indaka 4. Aji Budianto 5. M. Shofiuddin

:

(5302411) (5302411162) (5302241165) (5302411175) (5302411205)

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2013/2014

dan pengaturan air irigasi. Pupuk berbeda ditambahkan dalam penelitian ini adalah EM4 (effective . Namun tanpa disadari penggunaan pupuk kimia secara terusmenerus terbukti merugikan. dan kehidupan mikroorganisme menurun. Perlu adanya penguraian kandungan organic dalam limbah cair tersebut dengan tujuan memecah senyawa komplek menjadi senyawa-senyawa organik yang lebih sederhana sehingga tanaman lebih mudah menyerap nutrisi yang terkandung dalam pupuk cair organik tersebut. Pupuk Organik Pupuk adalah material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga mampu berproduksi dengan baik. hara. Mengacu pada lima hal tersebut. Lima hal tersebut yang membantu Indonesia meraih status Swasembada pangan pada tahun 1984. kimia.Aktivatoryang microorganisms). Pada dasarnya limbah cair industri perikanan tidak dapat dimanfaatkan langsung sebagai pupuk cair karena kandungan bahan organiknya berupa lemak dan protein tidak dapat diserap langsung oleh tanaman. Pemakaian pupuk kimia dalam jangka panjang dapat merusak sifat fisik. paket pupuk. pengolahan tanah. Ketika teknologi intensifikasi yang mengandalkan bahan agrokimia (pupuk kimia) diterapkan di Indonesia terbukti mampu meningkatkan hasil pertanian. dan biologi tanah sehingga kemampuan tanah untuk mendukung ketersediaan air. Pemanfaatan sumber bahan organic dari hewan dengan memanfaatkan limbah cair industri perikanan bisa menjadi salah satu alternatif.Pengaruh Penambahan Effective Microorganisms pada Limbah Cair Industri Perikanan Terhadap Kualitas Pupuk Cair Organik PENDAHULUAN Kebutuhan pangan yang besar menuntut manusia untuk mengembangkan teknologi atau sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Penemuan pupuk kimia (anorganik) merupakan salah satu pemicu terjadinya revolusi hijau (bidang pertanian) di dunia. paket pemberantasan hama dan penyakit. Khususnya di Indonesia pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto dibuat sebuah sistem dalam pertanian yang di dalamnya terdapat lima hal yaitu. pupuk merupakan salah satu komponen penting dalam peningkatan produksi pangan di Indonesia. Material pupuk dapat berupa bahan organik ataupun nonorganic (mineral). bibit unggul.

. Konsep dari effective microorganisms(EM) telah dikembangkan oleh Professor Teruo Higa. Uversitas Ryukyus. Jamur fermentasi (Saccharomyces sp). Jepang.). Pupuk digolongkan menjadi dua jenis berdasarkan sumber bahan penyusunnya. Limbah Cair Limbah cair (liquid waste) dapat didefinisikan sebagai suatu limbah hasil kegiatan yang secara fisik berbentuk cair. oli bekas. Effective Microorganisms Produk EM4 Pertanian merupakan produk bakteri fermentasi bahan organik tanah yang dapat menyuburkan tanah dan menyehatkan tanah. seperti: minyak. dapat berbentuk padat atau cair yang digunakan menyuplai bahan organik untuk memperbaiki sifat fisik. Definisi tersebut menunjukkan bahwa pupuk organik lebih ditujukan kepada kandungan C-organik atau bahan organik dari pada kadar haranya.dengan suplemen. EM terdiri dari kultur campuran dari beberapa mikroorganisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman. yaitu pupuk organik/alami dan pupuk kimia/sintetis (BUMN. Pupuk organik adalah sebagian besar atau seluruhnya terdiri atas bahan organik yang berasal dari tanaman atau hewan yang telah melalui proses rekayasa. Menurutnya pula limbah cair merupakan suatu substrat yang komplek yang terdiri dari berbagai jenis bahan organik.2008). keadaan tanah dan meningkatkan hasil panen. 2011).). 2013). Okinawa. Nilai Corganik itulah yang menjadi pembeda dengan pupuk organik (Simanungkalit dkk. 1995).2006). yaitu bakteri asam laktat (Lactobacillus sp. Terbuat dari hasil seleksi alami mikroorganisme fermentasi dan sintetik di dalam tanah yang di kemas dalam medium cair (EM4 Indonesia. residu senyawasenyawa kimia dan sebagainya (Fitria. Penelitian menunjukkan inokulan dari EM kultur pada ekosistem tanah dan tanaman dapat memperbaiki kualitas tanah. Effective microorganisms (EM) mengandung spesies terpilih dari mikroorganisme utamanya yang bersifat fermentasi. kandungannya didominasi oleh air beserta bahan-bahan kontaminan lainnya atau didominasi oleh bahan cair lain (bukan air). dan biologi tanah. dan Actinomycetes (Higa et al. bakteri fotosintetik (Rhodopseudomonas sp. kimia.. baik yang dapat terurai secara biologi maupun tidak .

buangan dari kapal. terumbu karang. Kekayaan alam di Indonesia terbentuk dari beberapa faktor. Sumber daya alam adalah lingkungan alam (environment) yang memiliki nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia (Rita. . Sebagaimana diketahui bahwa 70% permukaan bumi didominasi oleh perairan atau lautan. diantaranya dari limbah rumah tangga. Dari segi geologi. Sumber daya alam yang meliputi sumber daya alam hayati maupun non hayati dan sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Laut merupakan suatu ekosistem yang kaya akan sumber daya alam termasuk keanekaragaman sumber daya hayati yang dimanfaatkan untuk manusia. Kehidupan manusia di bumi ini sangat bergantung pada lautan.19/1999 tentang “Pencemaran Laut” diartikan sebagai masuknya/dimasukkannya makhluk hidup. Selain untuk keberlangsungan hidup manusia. Dari segi astronomi. mangrove. sehingga manusia harus menjaga kebersihan dan kelangsungan kehidupan organisme yang hidup di dalamnya. dan berbagai jenis bahan tambang yang terdapat di dalamnya. minyak bumi. 2010). dan tumpahan minyak dari kapal tanker. sampah. seperti ikan. Berbagai jenis sumber daya yang terdapat di laut. dan mineral yang terkandung didalamnya. minyak bumi. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (selanjutnya disebut PP) No. rumput laut. mineral. seperti berbagai jenis ikan.DAMPAK PENCEMARAN AIR LAUT AKIBAT TUMPAHAN MINYAK Indonesia kaya akan sumber daya alam yang dimilikinya. Dari segi perairan di Indonesia yang kaya akan sumber daya alam hayati dan hewani. Indonesia berada pada daerah tropis yang memiliki curah hujan sangat cukup sehingga banyak ragam dan jenis tumbuhan yang tumbuh secara cepat. laut juga merupakan tempat pembuangan sampah dan pengendapan barang sisa yang diproduksi manusia. zat energi dan atau komponen lain kedalam lingkungan laut oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan laut tidak sesuai lagi dengan baku mutu atau fungsinya. Indonesia tepat berada pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kayak akan mineral. Lautan juga menerima bahanbahan yang terbawa oleh air yang mengakibatkan pencemaran itu terjadi.

emisi trasportasi laut dan buangan pestisida dari pertanian. Pencemaran minyak bumi dilepas pantai bisa diakibatkan oleh sistem penampungan yang bocor.Namun. Sumber dari pencemaran laut ini antara lain adalah tumpahan minyak. buangan sampah dari transportasi darat melalui sungai. Dampak yang terjadi akibat dari pencemaran tersebut adalah tertutupnya lapisan permukaan laut yang dapat menyebabkan penetrasi matahari berkurang. sumber utama pencemaran lebih sering terjadi pada tumpahnya minyak dari kapal tanker. Hasil ekspoitasi minyak bumi diangkut oleh kapal tanker ke tempat pengolahan minyak bumi (crude oil). sisa damparan amunisi perang. sehingga perlu disadari bahwa semua negara pantai mempunyai kepentingan terhadap masalah pencemaran laut. Penyebaran limbah tersebut dapat berdampak pada beberapa negara. Pengaruhnya dapat menjangkau seluruh aktifitas manusia di laut dan karena sifat laut yang berbeda dengan darat. Namun. menyebabkan proses fotosintesis terganggu. atau kapal yang tenggelam yang menyebabkan lepasnya crude oil ke badan perairan (laut lepas). maupun akibat kecelakaan kapal. maka masalah pencemaran laut dapat mempengaruhi semua negara pantai baik yang sedang berkembang maupun negara-negara maju. Pencemaran lingkungan laut merupakan masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsa-bangsa. Pencemaran laut diartikan sebagai adanya kotoran atau hasil buangan aktivitas makhluk hidup yang masuk ke daerah laut. pengikatan oksigen terganggu. pencemaran yang sering terjadi adalah tumpahan minyak baik dari proses di kapal. Dampak dari lepasnya crude oil di perairan lepas pantai mengakibatkan limbah tersebut dapat tersebar tergantung kepada gelombang air laut. dan dapat menyebabkan kematian. pengeboran lepas pantai. .

angin. SDA (Sumber Daya Alam) akan terjaga kelestarianya tergantung pada manusia yang mengolahnya. tanah. Semua kekayaan yang ada di bumi ini. sebagai pemenuhan kebutuhan manusia.cahaya matahari. manusia juga bisa menerapkan sistem teknologi canggih untuk mendukung kelangsungan pembaharuan hasil bumi. udara. sehingga manusia dapat mengetahui kondisi apa dan bagai mana yang sedang terjadi pada keberlangsungnya pembaharuan hasil bumi. Lalu dari sisi lingkungan sendiri sangat menguntungkan bagi manusia dengan adanya hasil bumi tersebut manusia bisa memanfaatkannya untuk keperluan industri. dan juga manusia dapat mengetahui hasil akhirnya. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas. . baik biotik maupun abiotik. poin yang pertama adalah poin positf. yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia.PEMANFAATAN HASIL BUMI DENGAN MEMPERHATIKAN PELESTARIAN INGKUNGAN Pengertian Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi. dari sisi manusia menguntungkan sisi lingkungan. Dari kedua sisi ini memiliki dua poin. Pada dasarnya Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam. dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati. sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. namun serasi dan seimbang. hewan. lebih jelasnya lagi. Tumbuhan. positif di sini dalam artian dari kedua sisi saling menguntugkan. dan juga berbagai keperluan lainnya dalam aktivitas manusia. Oleh karena itu. bahan tambang. Dan juga sebaliknya. apakah akan baik atau cenderung gagal. dan mikro (jasad renik). yaitu. di mana sisi manusia bisa menguntungkan dengan cara melakukan pembaharuan terhadap lingkungan yang hasil buminya sudah di manfaatkan. manusia bisa memantau atau memonitor secara lansung selama proses pembaharuan berjalan. dengan penerapan teknologi. air. dan dikarenakannya antara manusia dan lingkungan itu ada saling keterkaitannya. misalnya: tumbuhan. dan tidak hanya itu saja. manusia. Aktivitas atau kelangsungan hidup manusia bergantung pada hasil bumi atau juga SDA (Sumber Daya Alam) untuk pemenuhan berbagai kebutuhan penunjag hidup. perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan tersebut. hewan.

tetapi kerugian yang ditimbulkan oleh alam terhadap manusia. yang dimaksudkan disini ialah adanya dampak atau pengaruh lain yang sifatnya merugikan bagi kedua sisi. lebih tepatnya lagi ialah bencana akibat adanya kerusakan alam. yaitu poin negatif. Lalu dari sisi lingkungan sendiri dapat merugikan manusia. Dari serangkaian pernyataan di atas. Dengan demikian.Dan selanjutnya ialah poin yang kedua. dan juga dari kerusakan lingkungan tersebut akan timbulah bencana yang disebabkan oleh alam. atau juga di sebut gejala alam. dapat kita pastikan bahwa kerusakan lingkungan akan terjadi. serta menurut penelitian yang saya lakukan. Dari sisi manusia akan sangat merugikan sekali terhadap lingkungan apabila manusia hanya memanfaatkan hasil bumi dengan tidak memperhatikan kelestarian lingkungan dan tanpa adanya usaha manusia untuk melakukan pembaharuan terhadap lingkungan.longsor. tetapi disamping itu ada bencana yang murni karena alam. atau bisa juga disebut dengan gempa berpotensi tsunami. . itu tidak secara keseluruhan disebabkan hanya oleh alam melainkan karena ulah manusia sendiri yang ceroboh dan tidak peduli atau tidak memperhatikan kelestarian lingkungan juga tidak pernah ada usaha untuk melakukan pembaharuan terhadap lingkungan alam dan sehingga terjadilah kerusakan lingkungan alam yang dapat menimbulkan bencana. bahwa dalam memanfaatkan SDA (Sumber Daya Alam) itu harus adanya aturan dan batasan-batasan yang mengatur pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) agar lebih teratur dalam pemakaiannya dan juga agar pemakaiannya tidak berlebihan yang bisa merusak lingkungan alam.kebakaran hutan dll. gejala alam yang timbul bisa berupa gempa bumi yang disebabkan adanya pergeseran lempeng bumi dan juga bisa mengakibatkan tsyunami. hususnya lingkungan yang diambil hasil buminya. Bencana tersebut bisa merupakan banjir. dimana apa bila itu terjadi bisa menyebabkan suatu bencana alam. Gejala alam ni pada dasarnya timbul karena sebuah fenomena alam atau juga bisa disebut proses alam. Dan dengan adanya aturan atau batasanbatasan dalam hal pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam) itu adalah salah satu usaha yang dapat diupayakan untuk pelestarian lingkungan alam.

Jadi pada intinya proses pembaharuan atau pelestarian lingkungan alam itu harus ada kesiapan-kesiapan terlebih dahulu. maksud dari kesiapan disini ialah adanya perencanaan untuk hasil kedepanya agar berkelanjutan dan kepastian dalam hasilnya yang baik dan tidak menunjukan adanya kecenderungan untuk gagal. agar supaya kelestarian alam dan sumber dayanya tetap terjaga dan juga berkelanjutan. dan keadaan iklim. sebelum segala sesuatu yang tidak kita inginkana akan benar-benar terjadi. sebelum kita benar-benar melakukan pembaharuan SDA (Sumber Daya Alam) ada baiknya kita lakukan penelitian terhadap lingkungan alam yang akan diperbaharui. maksudnya adalah. dan maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan lingkungan alam. dan oleh karena itu pembaharuan harus bersifat selektif dalam menentukan pembaharuan yang akan dilakukan. kita upayakan untuk menanam tanaman atau tumbuhan yang memiliki nilai daya guna yang sangat tinggi. Dalam upaya melestarikan lingkungan alam tentunya tidak sembarang dan terpadu begitu saja. mulai dari keadaan tanah atau struktur tanah. .keadaan sumber air. kita harus mengikuti langkah-langkah atau proses pelestarian. juga memiliki nilai ekonomi atau harga jual yang cukup untuk dipasarkan. dengan alasan tersebut secara tidak langsung kita ditungtut untuk berupaya melestarikan lingkungan alam ini. Maka dari itu kita harus menyadarinya sejak dini. upaya penelitian ini juga memudahkan kita dalam menentukan tanaman atau tumbuhan apa saja yang sesuai dengan karakteristik dari lingkungan alam tersebut untuk proses pembaharuan. selain memiliki nilai daya guna yang tinggi untuk dimanfaatkan manusia. Lalu untuk seterusnya dalam pembaharuan SDA (Sumber Daya Alam). mungkin itulah bagai mana pentingnya sebuah pembaharuan atau pelestarian terhadap lingkungan alam.Dalam menghadapi masalah rusaknya serta semakin menipisnya SDA(Sumber Daya Alam) yang diakibatkan oleh manusia dalam pemanfaatannya yang berlebihan dan juga tanpa adanya aturan atau batasan-batasan tertentu yang mengatur dalam hal pemanfaatan SDA (Sumber Daya Alam). Dengan begitu kita bisa mengenali karakteristik lingkungan alam tersebut.

SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER DAYA HUTAN Allah berfirman dalam Al Qur’an “Dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata. gas alam. yang mesti harus disyukuri dan dipelihara oleh manusia sebagi khalifah di muka bumi ini. tanah longsor.1997). karena memegang peranan dalam proses ekologi yang merupakan sistem pendukung kehidupan di bumi ini. 50:7-8). sumber daya alam yang secara potensial bisa diperbaharui (potentially renewable resources) antara lain udara segar. sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui (nonrenewable resources) antara lain minyak bumi. Untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang mengingat Allah” (QS. Fungsi hutan sebagai penghasil kayu dan penghasil hutan lainnya. Firman Allah tersebut menggambarkan betapa sempurnanya bumi ciptaan Allah tersebut. tanaman dan sebagainya (Yakin. Sumber daya hutan merupakan satu kesatuan ekosistem yang komponen utamanya adalah tumbuh-tumbuhan yang potensial untuk diperbaharui. 2003). Sumber daya alam (natural resources) adalah segala sesuatu yang diproleh dari lingkungan fisik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan umat manusia atau dengan kata lain sumberdaya alam adalah sumbangan bumi berupa benda hidup atau benda mati (living and nonliving endowments) yang bisa diekploitasi aleh manusia sebagai sumber makanan. air bersih. peredam erosi. lahan dan sebagainya. sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable resources) dan sumber daya alam gabungan yang dapat dan tidak dapat diperbaharui (Karmana. mineral non energi dan sebagainya. 1997). Karakteristik sumber daya alam meliputi sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable resources).PENGELOLAAN SUMBER DAYA HUTAN YANG BERKELANJUTAN I. banjir. abrasi pantai dan pembuat iklim mikro serta sebagai sumber plasma nutfah (gen . Sumberdaya hutan sangat penting bagi lingkungan hidup manusia.Ada tiga tipe/jenis sumber daya alam yaitu sumber daya alam yang tidak pernah habishabis (renewable perpetual resources) antara lain sinar matahari. angin. bahan mentah dan energi (Yakin.

Selain itu kawasan hutan dapat dikonversi bagi kepentingan pembangunan di sektor lain (Irianto. 1999). komponen utama sumberdaya hutan merupakan tumbuh-tumbuhan.pool). Mengingat betapa pentingnya keberadaan hutan dalam menjaga stabilitas lingkungan hidup. Kerusakan sumber daya hutan dapat menimbulkan kerusakan ekosistem hutan. karena adanya efek spons yang dimiliki oleh hutan yang bekerja dengan menyerap air kemudian menahannya sehingga air akan mengalir lebih lambat dan merata ke dalam sistem sungai. maka kelestarian sumber daya hutan sangat penting untuk dijaga. Dalam kawasan hutan terdapat berbagaimacam sumber daya hayati dan fisik yang saling berhubungan dan ketergantungan satu sama lainnya. hilangnya spesies-spesies tertentu baik flora maupun fauna. karena adanya vegetasi secara alam yang menutup tanah. II. . sehingga tanah dapat terlindung dari pengikisan oleh air hujan dan juga hutan berperan penting dalam mengatur tata air. Untuk itulah diperlukan adanya pemahaman yang mendalam dan luas tentang pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hutan memiliki fungsi melindungi tanah. dan juga dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Dengan demikian hutan akan dapat mencegah terjadinya banjir dan erosi serta tanah longsor pada saat musim hujan. SUMBER DAYA HUTAN SUATU KESATUAN EKOSISTEM Sumber daya hutan dipandang sebagai suatu kesatuan ekosistem. Dengan demikian untuk manjaga kelestarian sumber daya hutan dalam upaya menjaga lingkungan hidup. serta pendangkalan daerah aliran sungai. demikian pula sebaliknya pada musim kemarau hutan dapat terus mensuplai air sehingga terhindar dari bahaya kekeringan. maka sangat dibutuhkan pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan secara baik dan konsisten. sebab kalau tidak maka akan terjadi kerusakan sumber daya hutan yang akan berakibat pula pada kerusakan lingkungan secara menyeluruh baik fisik maupun sosial ekonomi dan budaya.

deposit air tanah. maka suplai atau penawaran SDA jenis ini akan berkurang atau habis yang akhirnya mengakibatkan kepada proses degradasi lingkungan (environmental degradation). SDA jenis ini bisa dipertahankan ketersediaannya jika proses eksploitasinya atau pemanfaatanya berada pada titik produksi yang berkelanjutan (sustainable yield) yaitu pada kondisi dimana SDA itu bisa dimanfaatkan tanpa mengurangi kemampuannya untuk memproduksi kembali pada suatu wilayah tertentu atau seluruh dunia. SDA jenis ini adalah sumberdaya yang bisa habis dalam jangka pendek jika digunakan dan dicemari secara cepat tetapi akhirnya bisa diganti melalui proses alam. Jika pemanfaatannya melampaui kemampuan teknologi dan alam untuk memproduksi kembali maka SDA jenis ini bisa berkurang bahkan habis terutama untuk jangka waktu tertentu. hal ini tergantung tingkat eksploitasi dan pemanfaatannya. .Sumber daya hutan ini merupakan sumber daya alam (SDA) yang potensial untuk diperbaharui. Tapi itu tidak berarti bahwa SDA jenis ini tidak bisa habis atau pasti bisa diperbaharui. Menurut Yakin (1997). misalnya pohon-pohon di hutan. Jika pemanfaatan SDA jenis ini melebihi tingkat berkelanjutan tersebut. dan lain-lain. udara segar. rumput di padang rumput.

cengkeh. Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak jenis tumbuhan yang dapat hidup dan tumbuh dengan cepat. emas. Protokol Nagoya sendiri merumuskan tentang pemberian akses dan pembagian keuntungan secara adil dan merata antara pihak pengelola dengan negara pemilik sumber daya alam hayati. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang. Tingginya tingkat biodiversitas Indonesia ditunjukkan dengan adanya 10% dari tanaman berbunga yang dikenal di dunia dapat ditemukan di Indonesia. dan perak. timah. berdasarkan Protokol Nagoya. dan bahkan kayu yang banyak diantaranya menempati urutan atas dari segi produksinya di dunia. bauksit.tembaga. 18% dari jenisterumbu karang.9 juta km2 juga menyediakan potensi alam yang sangat besar. akan menjadi tulang punggung perkembangan ekonomi yang berkelanjutan (green economy). serta memuat penjelasan mengenai mekanisme pemanfaatan kekayaan sumber daya alam tersebut. 12% dari mamalia. Kekayaan alam di Indonesia yang melimpah terbentuk oleh beberapa faktor. serta mengandung juga berbagai jenis sumber mineral.Sumber Daya Alam di Gunung Samping Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. timah. gas alam. kelapa sawit. Indonesia terletak pada titik pergerakan lempeng tektonik sehingga banyak terbentuk pegunungan yang kaya akan mineral. Di bidang agrikultur. 16% dari hewan reptil. b) Dilihat dari sisi geologi.wikipedia. Sumber Daya Alam dan Pertumbuhan Ekonomi Sumber daya alam dan tingkat perekonomian suatu negara memiliki kaitan yang erat. Indonesia juga terkenal atas kekayaan tanaman perkebunannya. antara lain: a) Dilihat dari sisi astronomi. seperti biji coklat. (http://id. 17% dari burung.karet. batu bara. dan 25% dari hewan laut. Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Fakta tersebut menunjukkan tingginya keanekaragaman sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia dan hal ini. c) Daerah perairan di Indonesia kaya sumber makanan bagi berbagai jenis tanaman dan hewan laut. Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman.org/wiki/Sumber_daya_alam) Wilayah perairan yang mencapai 7. Di samping itu. seperti petroleum. dimana kekayaan sumber daya alam secara teoritis akan menunjang pertumbuhan ekonomi yang . nikel.

tebu b) Bahan bangungan: kayu jati.org/wiki/Sumber_daya_alam) Contoh mengatasi hal tersebut dan menjadikan kekayaan alam sebagai pemicu pertumbuhan negara adalah Norwegia dan Botswana. Akan tetapi. perang saudara. Oleh karena itu. . 25: 2002). pada kenyataannya hal tersebut justru sangat bertentangan karena negara-negara di dunia yang kaya akan sumber daya alamnya seringkali merupakan negara dengan tingkat ekonomi yang rendah.wikipedia. jagung. daun binahong. kina.pesat (Madya. Korupsi. Di samping itu. pengalihan investasi dan penyokongan ekonomi ke bidang industri lain. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya: a) Bahan makanan: padi. negara yang kaya akan sumber daya alam juga cenderung tidak memiliki teknologi yang memadai dalam mengolahnya. Hal ini disebabkan negara yang cenderung memiliki sumber pendapatan besar dari hasil bumi memiliki kestabilan ekonomi sosial yang lebih rendah daripada negaranegara yang bergerak di sektor industri dan jasa.gandum. Tumbuhan merupakan melimpah. kayu mahoni c) Bahan bakar (biosolar): kelapa sawit d) Obat: jahe. Kasus ini dalam bidang ekonomi sering pula disebut Dutch disease. Organisme ini sumber daya alam yang sangat beragam dan memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigenmelalui proses fotosintesis. lemahnyapemerintahan dan demokrasi juga menjadi faktor penghambat dari perkembangan perekonomian negara-negara terebut. serta peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pemberdayaan sumber negara yang telah daya berhasil alam(http://id. diperlukan pembenahan sistem pemerintahan. tumbuhan merupakan produsenatau penyusun dasar rantai makanan. mahkota dewa e) Pupuk kompos. Untuk mengatasi hal tersebut. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan hal ini akan berdampak pada rusaknya rantai makanan. Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnyakonsumen tingkat di atasnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful