P. 1
RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP KURIKULUM 2013

RPP BAHASA INGGRIS KELAS VII SMP KURIKULUM 2013

4.0

|Views: 58,991|Likes:
Published by Taryo Haerul Anam
RPP BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII KURIKULUM 2013
RPP BAHASA INGGRIS SMP KELAS VII KURIKULUM 2013

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Taryo Haerul Anam on Oct 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $0.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

11/18/2015

$0.99

USD

pdf

text

original

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP

)
Satuan Pendidikan Mata Pelajaran Kelas/Semester Materi Pokok Alokasi Waktu : SMP ...... : Bahasa Inggris : VII/1 : Animals, Things and Places Around Us : 3 x 4JP

A. TUJUAN PEMBELAJARAN: Siswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan benda-benda yang terdapat di lingkungan sekitar secara bersungguh-sungguh, berani, dan percaya diri dengan menggunakan struktur teks yang runtut dan unsur kebahasaan yang benar. B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR 1. KOMPETENSI DASAR: 3.5 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks untuk menyatakan dan menanyakan nama dan jumlah binatang, benda, dan bangunan publik yang dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari.

2. INDIKATOR PENCAPAIAN KD Dimensi Sikap dan perilaku Indikator Menunjukkan keantusiasan Menunjukkan kesungguh-sungguhan Menunjukkan sikap percaya diri Menunjukkan keberanian Menggunakan struktur teks yang tepat sesuai fungsinya. Memilih kata yang tepat sesuai dengan kelompok dan konteknya. Menggunakan ucapan yang benar Menyebutkan nama benda berdasarkan artikel, jumlah, kata ganti yang sesuai. Menanyakan keberadaan benda, bangunan umum, dan binatang di lingkungan sekitar menggunakan question words yang tepat. Mampu mengidentifikasi dan mengkomunikasikan keberadaan benda, bangunan umum dan binatang yang terdapat di sekitar rumah dan sekolah dengan lancar, akurat dan berterima.

Pengetahuan tentang Struktur teks Unsur kebahasaan

Ketrampilan

dan lain-lain.? D. dan plural (-s/es). (2) Nama bangunan umum: the post office. dan lain-lain. Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris terkait topik bahasan. Dwi widowati Inti . (5) Kata ganti it. the bank. chicks.. b. the hospital. d. c. (3) Kata tanya What?Which one? How many? (4) Penyebutan kata benda singular dengan a dan the. Are there .C. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran. they. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pertemuan 1 (2x40 menit) Yohanes Pendahuluan a. that.. these. (6) Ungkapan There is/are... Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis dengan sebuah kuis. mosquitoes. this. those. METODE PEMBELAJARAN: Pendekatan Strategi : : Scientific Approach Project-based learning (pertanyaan mendasar-perencanaan proyek-menyusun jadwalmonitoring-uji hasil-evaluasi) E. cockroaches. house lizard. dragon fly. MATERI PEMBELAJARAN (1) Nama benda dan binatang di sekitar rumah dan sekolah siswa: hen.

benda. benda. dan bangunan umum  Siswa menirukan ucapan guru beberapa kali • Dengan bimbingan dan arahan guru.Mengamati • Dengan mengamati gambar yang ditampilkan. kemungkinan menggunakan ungkapan lain. benda. siswa mengidentifikasi nama dan jumlah binatang. siswa mempertanyakan nama dan jumlah binatang. siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. Tahapan-tahapanya :  Guru menampilkan gambar kepada siswa  Guru mengucapkan beberapa benda yang ada dalam gambar secara general  Guru menunjuk siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang gambar yang telah di berikan dengan metode talking stick  Siswa mengajukan pertanyaan berdasarkan pada gambar Yohana Endah . Tahapan-tahapanya :  Guru menampilkan gambar yang kemudian di respon oleh siswa  Guru memberikan contoh pengucapan nama benda. struktur teks. Tahapan-tahapanya :  Guru menampilkan gambar yang kemudian di respon oleh siswa  Guru memberikan contoh pengucapan tentang menyebutkan dan menanyakan jumlah binatang. benda dan bangunan umum  Siswa menirukan ucapan guru beberapa kali Mempertanyakan • Dengan bimbingan dan arahan guru. binatang. dan bangunan umum (fungsi sosial. dan bangunan publik selama proses pembelajaran. membandingkan padanannya dengan yang ada dalam bahasa Indonesia. dan bangunan publik yang ada dalam bahasa Inggris. dan unsur kebahasaan). dsb.

di dalam dan di luar kelas. Siswa menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris. menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. benda. benda. dan bangunan umum dalam jurnal belajarnya. • Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. benda. benda. Kristina Dewi Pertemuan 3 (2x40 menit) Mengomunikasikan • • Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. dan bangunan umum yang telah dipelajari dengan ungkapan-ungkapan lainnya. benda. menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. . benda. dan tempat-tempat/fasilitas sekolah dalam bahasa Inggris dalam konteks simulasi.Mengeksplorasi Tahapan-tahapan :  Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan  Guru meminta siswa bekerja dalam kelompok  Guru membagikan lembar kerja siswa  Siswa bekerja dalm kelompok • Siswa menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. dan kegiatan lain yang terstruktur. dan bangunan umum dengan bahasa Inggris. role-play. dan tempattempat/fasilitas sekolah dalam bahasa Inggris dalam proses pembelajaran Pertemuan 2 (2x40 menit) Mengasosiasi Tahapan – tahapan :  Guru dan siswa bertanya jawab tentang hasil kegiatan yang telah mereka lakukan  Siswa melaporkan hasil kerja kelompok • Siswa membandingkan ungkapan. • Siswa berusaha menyebutkan dan menanyakan nama dan jumlah binatang. dan bangunan umum dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia.

public places) =This /that is =These /those are =There is/are = a. -s/es (singular and plural) • • Memberikan tugas. SUMBER BELAJAR • Buku Bahasa Inggris “When English Rings the Bell” H. baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya F. menjodohkan. Sikap: (Dengan lembar pengamatan) 2. MEDIA PEMBELAJARAN: • • • • Rekaman video percakapan LCD Computer Gambar-gambar yang relevan G.Penutup • • Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram (Lihat hal 283 buku materi pelatihan guru ) • Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran What did we learn today? =Vocabulary (Things. melengkapi kalimat dan pertanyaan lisan dari guru) 3. animals. Pengetahuan: (Menuliskan pada tabel. Keterampilan . PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN 1.

...........................................................) ..............2013 Guru Bahasa Inggris.(Dengan rubrik penilaian) Menyetujui Kepala Sekolah Jakarta....................................................................... .) (........ (......

6. 7. THINGS ANIMALS PUBLIC PLACES PICTURE A . 8. 5. 2. 9. 4. write 10 items based on the following classification ! NO 1.STUDENTS WORKSHEET Direction : After doing the observation outside the classroom. 10. 3.

7. PICTURE B THINGS PUBLIC PLACES . 5. 4. 8. 3.NOW WRITE ABOUT THE THINGS AND PUBLIC PLACES BASED ON THE PICTURE ! NO 1. 6. 2.

4. 2. 6. 8. 3.NOW WRITE ABOUT THE THINGS AND PUBLIC PLACES BASED ON THE PICTURE ! NO 1. 5. THINGS PUBLIC PLACES KELOMPOK 3 . 7.

YOHANA ENDAH S 4. DWI WIDOWATI 3. YOHANES 2. KRISTINA DEWI SMP BPK KELAPA GADING SMPN 19 JAKARTA SMP BPK KOTA SMPN 11 JAKARTA .5 1.RPP KD 3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->