P. 1
Pembuatan Media Pertumbuhan Mikroba

Pembuatan Media Pertumbuhan Mikroba

|Views: 145|Likes:
Published by M Zandhio Fahly

More info:

Published by: M Zandhio Fahly on Oct 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2014

pdf

text

original

PEMBUATAN MEDIA PERTUMBUHAN MIKROBA

Mikroorganisme dapat ditumbuhkan dan dikembangbiakan pada suatu substrat yang dinamakan medium. Medium untuk pertumbuhan mikroba ini memenuhi persyaratan nutrien yang dibutuhkan mikroba tersebut. Kebutuhan dasar mikroba antara lain : air, karbon, energi, mineral, dan faktor tumbuh. Media terdiri dari 3 macam bentuknya, yaitu : medium cairan, padatan, dan semisolid.Perbedaan ini disebabkan oleh ada tidaknya bahan pemadatan. Bahan pemadatan dapat berupaamilum, gelatin, selulosa, dan agar-agar. Agar-agar adalah media yang paling umum digunakan. Medium cairan tidak menggunakan bahan pemadat sedangkan medium padatan dan semisolid menggunakan bahan pemadat. Berdasarkan fungsinya media dapat dibedakan atas medium umum, selektif, dan differensial. Berdasarkan komposisi kimianya dikenal medium alami, medium semisintetis, dan medium sintetis. Pengertian Media Media adalah pembenihan substrat atau dasar makanan untuk menumbuhkan dan membiakkan suatu mikroorganisme. Media yang baik bagi pemeliharaan mikroorganisme ialah yang mengandung unsure-unsur makanan yang diperlukan, dapat berupa garam-garam anorganik seperti protein, peptone, asam-asam amino dan vitamin-vitamin. Bahan-bahan makanan yang disediakan untuk menumbuhkan mikroorganisme disebut kultur media. Sedangkan mikroorganisme yang tumbuh dan berkembang biak pada suatu kultur media disebut kultur. Fungsi Media Media dapat berfungsi untuk membiakkan, mengasingkan dan meyimpan mikroorganisme dalam waktu yang lama di laboratorium. Media juga dapat berfungsi untuk mempelajari sifat-sifat koloni/pertumbuhan, sifat-sifat biokimiawi mikroorganisme. Selain itu dalam laboratorium mikrobiologi kedokteran dapat berfungsi untuk pembuatan antigen, toksin dan untuk pasasi kuman dengan tujuan perubahan virulensi dan lain-lain.

Syarat-syarat membuat media Syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam membuat media adalah : 1. Media harus mengandung semua unsur makanan pertumbuhan dan perkembangbiakan mikroorganisme.

yang

diperlukan

untuk

2. Media harus mempunyai tekanan osmosa, tegangan permukaan, dan pH yang sesuai dengan kebutuhan mikroorganisme. 3. Media harus dalam keadaan steril sebelum ditanami mikroorganisme yang dimaksud, jadi tidak ditumbuhi oleh mikroorganisme yang lain yang tidak diharapkan Komposisi Media Di Laboratorium mikrobiologi, untuk pekerjaan rutin biasanya dibuatkan media standar yang terdiri dari : kaldu, pepton, karbohidrat. Jika diperlukan media padat, dapat ditambahkan agar. Media standar ini disediakan untuk mempermudah macam-macam media yang dikehendaki sesuai dengan tujuannya. Misalnya membuat media agar miring, untuk membiakkan mikroorganisme, media agar

Pada hakekatnya komposisi media yang baik adalah sesuai dengan kebutuhan mikroorganisme seperti pada habitat aslinya (kondisi alamiah). media selektif . Misalnya sekian gram serbuk kering dilarutkan dalam sekian liter mililiter air suling. yaitu suhu yang sesuai dengan tubuh manusia. Dewasa ini untuk keperluan penelitian maupun pekerjaan di laboratorium banyak dipermudah dengan adanya bermacam-macam media yang tersedia dalam bentuk serbuk kering. maka harus menggunakan media tertentu yang dilakukan dengan bermacam-macam media diperkaya. jika ingin membiakkan mikroorganisme yang dapat hidup di usus manusia misalnya. Sehingga untuk menyiapkan media cukup mengikuti aturan pakai yang dituliskan pada tabel. maka harus menggunakan media tertentu yang dapat hidup diusus manusia misalnya. Oleh karena itu.artinya tidak perlu lagi menentukan pH nya. media agar dam lempeng.darah untuk membiakkan kuman yang memerlukan darah. sebab hal ini sudah dilakukan terlebih dahulu pada pembuatan serbuk. dan 0 media differensial. Serbuk kering ini sudah siap dipakai. untuk melihat hemolisis dan lain-lain. . Sedangkan pengereman (inkubasi) media harus dilakukan pada suhu 37 C. kemudian disterilkan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->